Cara Mudah Memasak dengan Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai

Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai

Cara Mudah Memasak dengan Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai. Nasi Kebuli udah pada tahu donk ya rasanya? Gurih dengan aroma rempah yang cukup khas. Kalau bosan dengan nasi lemak atau nasi uduk atau nasi kuning.. bisa dicoba deh bikin nasi kebuli. Saya biasanya menyantap nasi kebuli saat ada acara bareng teman atau beli jadi aja ..

Nah tapi kan ada kalanya kita pengen bikin sendiri nasi kebulinya. Bisa disesuaikan dengan selera kita, termasuk lauk dan pelengkap lainnya. Kalau bingung dengan bumbu-bumbu nasi kebuli, bisa langsung aja pakai bumbu nasi kebuli siap pakai dari Cairo Food.

Baca Juga : Kuliner Cang Nyiat Pan

Bumbu Nasi Kebuli Cairo Food

Eh ternyata saya baca-baca tentang nasi kebuli, aslinya bukan dari Arab ya.. Tapi justru dikenal sebagai salah satu kuliner Betawi yang memang ada pengaruh dari keturunan Arab. Sementara di Arab sendiri justru tidak ada nasi Kebuli. Cara mudah memasak nasi kebuli ya memang pakai bumbu kebuli siap pakai. Bumbu nasi kebuli Cairo Food bisa jadi pilihan nih… Secara kalau meracik selain banyak banget aneka bumbunya, khawatir gak pas aja rasanya..

Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai

Bumbu Nasi kebuli dari Cairo Food sudah dipercaya sebagai standar oleh pengelola restoran, hotel dan catering. Kalau udah gitu yakin donk ya..kalau bumbu ini terbuat 100% dari rempah alami, bukan kimia atau perisa, bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami.

Ada 2 varian Bumbu Nasi Kebuli siap pakai dari Cairo Food, yaitu Original dan Aromatic. Bumbu Nasi Kebuli Original bisa dan cocok untuk dijadikan bumbu kuah marak maupun untuk nasi goreng kebuli. Sedangkan Nasi Kebuli Aromatic memiliki rasa dan wangi yang jauh lebih harum dan lebih cocok untuk Nasi Kebuli saja. Kita juga bisa pilih yang kemasan 100 gram atau 1 kilogram.

Bumbu kebuli Aromatic Cairo Food mengandung kayumanis, biji kelabat, bunga lawang, biji ketumbar, cumin, biji pala, lada hitam, cengkeh, lengkuas, jahe putih, serai, kapulaga putih, daun salam, kapulaga hijau, daun jeruk purut, caraway, kunyit kuning, dan beras putih.Beras putih berfungsi sebagai anti kempal alami, tapi komposisinya maksimal hanya 1,9%.

Kadaluarsa produk sekitar 15 bulan sampai 24 bulan tergantung dari kualitas rempah seperti musim, jenis, ย dan metode pemrosesan awal. Kadaluarsa akan tercantum berbeda setiap batch. Pastikan disimpan rapat di freezer atau di tempat kering agar bisa tahan lama. ย 

Baca Juga : Kuliner Sumenep

Cara Memasak dengan Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai

Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai

Nah sekarang waktunya cobain deh..nasi kebuli yang pakai bumbu siap pakai. Siapin bahan-bahannya ya…

Bahan:

  • 1 kg Daging Kambing dengan atau tanpa tulang
  • 1 Liter Beras Basmati atau Beras Pera IR 42
  • 250 gram Bawang Bombay dipotong dadu kecil
  • 6 siung Bawang Putih dipotong kecil
  • 4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
  • 3 sdm Minyak Samin/Mentega
  • Air secukupnya
  • Garam sesuai selera

Cara memasak

  1. Tumis bawang bombay di dalam panci dengan minyak samin/mentega hingga layu, lalu masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi lebih coklat.
  2. Masukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar sampai aromanya tercium kuat.
  3. Masukkan air secukupnya sekitar 1.2 Liter tergantung jenis beras yang kita gunakan. Kalau menggunakan beras pera IR 42, maka gunakan air sebanyak 1.2 Liter. Tapi kalau yang dipakai beras basmati, maka bisa menggunakan 1.4 Liter air. Semua tergantung selera ya…. Air juga bisa dtambahkan lagi kalau memang kebih suka nasi kebuli yang lebih basah.
  4. Masukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk. Selalu jaga agar volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging. Daging kambing membutuhkan waktu sekitar 45 menit-2 jam tergantung umur dan jenis kambing. Selalu cek dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau belum.
  5. Kalau daging sudah empuk, cuci beras beberapa kali sampai bersih lalu masukkan ke dalam panci. Khusus untuk beras basmati, harus direndam terlebih dahulu dalam air selama 5-10 Menit, lalu tiriskan dan masukkan ke dalam panci. Tapi kalau kita pakai beras pera IR 42, bisa langsung masukkan aja ke dalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan (gak perlu direndam).
  6. Masak Nasi Kebuli hingga matang.
  7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

Gampang banget kan cara memasak dengan bumbu nasi kebuli siap pakai. Cuzzz cobain ..Bumbunya bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia & Shopee atau di website resmi https://cairofood.id. Bisa via whatsapp ke 081218222610 juga loh…

46 Replies to “Cara Mudah Memasak dengan Bumbu Nasi Kebuli Siap Pakai”

  1. wah, asyik banget nih sudah ada bumbu nasi kebuli siap pakai dari Cairo Food. jadi bisa bikin nasi kebuli sendiri di rumah tanpa ribet.

  2. Ma kasih ya Mb ulasannya, btw itu berasnya apakah bisa diganti dengan merek lain kah, enak kayaknya mau cobain

    1. Bisa donk..yang penting jenis nasinya yang pera atau kaku gt.. tapi kalo seleranya beras yang punel ya gpp juga sih…

  3. Boleh nih kak nanti dicoba, aku penasaran mau cicip. Secara aku belum pernah makan nasi kebuli hehhee

  4. Menarik banget ini. Ada bumbu instan naso kebuli. Kapan-kapan aku coba ah. Lumayan untuk konten masal di tiktok, hihi

  5. Lhah…aku ya pakai bumbu ini sih. Tapi berhubung aku cuma berdua ama suami, lagi cari takeran yang pas nih untuk rice cooker paling kecil…
    Jadi pengen coba lagi deh…
    Makasih artikelnya…

  6. Saya kira nasi kebuli juga dari Arab, tapi ternyata malah aslinya Betawi ya. Saya belum pernah masak nasi kebuli, nggak tahu bumbunya apa aja. Asyik ya kini sudah ada yang produksi bumbunya, nggak repot meracik

  7. wah sangat praktis ya dengan adanya bumbu kebuli instan ini. penasaran infin coba juga nih..cari bahan2 dan bjmbunya dulu ah..

  8. Aku sangat suka makan nasi kebuli mbak, biasanya dipadukan dengan krengsengan kambing..
    Dengan adanya bumbu instan nasi kebuli ini, masak nasi kebuli jadi makin mudah ya mbak

  9. wah, mauuu…
    Udah lama pingin masak nasi kebuli
    sayang, bumbunya seabrek
    Biasanya beli bumbu yang gak familier gitu cuma berakhir di lemari bumbu, hiks

    Beruntung ada bumbu siap pakai dari Cairo Food ya?

    1. Iya yaa…Ambu.
      Pakai bumbu yang praktis begini, jadi berasa mendadak pinter masak nasi kebuli.
      Yuummii~

  10. Masakan nasi kebuli sepertinya perlu dicoba suatu saat, kelihatannya dari pemaparan cukup lengkap

  11. saya belum pernah nih makan nasi kebuli, hihih, kudet banget yaaa..
    karena emang gak pernah makan kambing jadi gak begitu penasaran sih, tapi jadi pengen coba juga deh, buatnya ternyata simple ya kalau pake bumbu jadi gini ๐Ÿ˜€

  12. Enaknya emak-emak zaman now, terbantu banget sama banyak bumbu siap pakai. Nasi kebuli yang bikinnya seribet itu aja udah ada versi bumbu jadinya. Mungkin saya harus coba bikin yang porsi kecil dulu, cukup pakai bumbu 100 gram. Ntar kalo dah kerasa pas enaknya, baru deh beli 1 kg kalo perlu. Wkwkwk.

  13. Wah, ternyata begitu cara masaknya. Engga terlalu susah kalau ada bumbu instan, ya. Kebayang aromatik nasi kebuli. Pagi-pagi saya baca ini, kok jadi lapar, ya. Hehe

  14. Sedap banget sih ini, jadi nggak perlu ke restoran tinggal make bumbu ini ya kak dan beli

  15. Nurul+Mutiara+R.A says: Balas

    Bermaanfaat banget ini resepnya. Cocok bagi siapapun yang pengen buat nasi kebuli melalui cara praktis. Cuma kalau di Pekalongan tuh yang susah nyari beras basmati yang panjang2 itu mbak

  16. Wah, kebetulan ada temen2ku nih yng jualan nasi kebuli. Duh, saya pikir nasi kebuli ini dari arap ternyata dari betawi ya?

    Btw, keluarga saya memang sering pesan nasi kebuli misalnya pas tasyukuran anak atau keluarga yang milad. Soal rasanya, nasi kebuli emang juara ya… makasih info bumbu praktis nasi kebuli serta paparan resepnya lebgkap baget kak Dian..

    1. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, termasuk untuk urusan masak. Apalagi masakan luar seperti nasi kebuli. Ini praktis banget ya mbk.. Tinggal cemplang cemplung aja hehe

  17. Ooohh bisa juga ya pakai beras biasa. Tak kira hanya bisa dengan beras Basmati aja. Nanti mau coba ah. Anak-anakku seneng banget dengan nasi Kebuli. Apalagi kalau lauknya daging kambing bakar. Duuhh itu makannya bisa berpiring-piring.

  18. Kemarin pak suami lagi kepengen cicip masakan timur tengah, cuma aku mager belanja rempahnya, takut gagal juga hihihi. Tapi karena ada bumbu praktis kaya gini, jadi semangat mau mencobanya nih, sepertinya lezat!

  19. Yum yumm yuummmm
    bentar lagi idul Qurban, waktunya masak2 menu kebuli dkk.
    pakai bumbu ini, dijamin mantuullll

    1. Nah, iyah ya Mba asik nih butuh idul Adha. Moga bisa pake daging juga, alhamdulillah

  20. Wowwwww, jadi sekarang tuh kita udah ga pusing lagi ya kalau kepngen makan nasi kebuli pakai bumbub siap masak aja dari Cairo Food. Selama ini aku belum pernah masak sendiri beras brasmati loh hihihihi ๐Ÿ™‚ Ga pernah juga masak nasi kebuli. Btw kalau aku ga doyan daging kambing, bisa diganti dengan daging sapi atau ayam kan?

  21. mba, aku pengen banget bisa menikmati nasi kebuli seperti yang lain entahlah kenapa lidah ini kok gak nerima nasi kebuli ya, rasanya aneh banget. padahal banyak yang bilang enak parah

  22. coba nginget2…kayakna aku belum pernah sekalipun makan nasi kebuli
    Cuma udah sering dengar aja hahaha
    Di sini jadi tau kalau ternyata nasi kebuli malah dr Betawi yg ada pengaruh dari keturunan Arab. Wah, jadi ini hasil akulturasi budaya ya…

  23. Ih praktis nih mba kalau ada yg kayak gini.. pengin skali2 masak nasi kebuli. Klo di dkt rumah ada yg jual selalu rameee tp aku blm pernah, hanya pernah diundang makan bersama di rumah ttangga. Nasi kebuli… nikmatnyaa. Duh jadi mau, ini bisa via online juga pula yaa belinyaa.. asyiik

  24. aku udah lumayan sering masak nasi kebuli dengan bumbu siap apkai juga mba, tp tetap aku tambahkan lagi dengan bumbu segar. so far selalu berhasil dan anak-anak sm suami sukaa. bahkan pernah krn ga sempat bikin dan saumi pingin kami order gt yg sudah ready to eat. kata suami enakan yg saya bikin hahaha
    Nah tapi aku blom pernah coba yg merk cairo nih. jadi pingin nyoba deh…

  25. Aku suka banget nasi kebuli. Apa lagi kalau bumbunya cocok. Jadi pingin coba yang cairo food ini, deh.

  26. Kalau kangen nasi kebuli biasanya aku beli di resto Arab dekat rumah eh senang banget kalau ada bumbu instan siap pakai kayak gini lebih praktis ya dan murah daripada ke restoran

  27. Wah baru tau Mak kalau nasi kebuli ini bukan kuliner asli Arab, tapi rasanya kok kayak Arab banget. Eh gimana? hahaha… Aku belum pernah bikin nasi kebuli tapi kalau pas lagi di acara ada nasi kebuli, aku dengan senang hari akan mencicipinya. Ga aka lewat. Enak soalnya. Mudah-mudahan rajinnya segera kumat biar bisa bikin sendiri. Enak banget bisa bikin banyak, budgetnya jadi lebih murah, kan daripada beli hihihi

  28. aku sudah beli dan mencoba memasak dengan bumbu instant nasi kebuli ini mbak
    sekarang jadi nggak ribet lagi klo masak kebuli

  29. asikk nih ada bumbu nasi kebuli siap pakai. masaknya jadi praktis, tapi tetap enak. molly nunggu nih nasi kebuli merah khas sumsel kira2 bisa gak ya pake bumbu ini?

  30. wohooo, mba saya suka nasi kebuli, tapi selama ini selalu susah dicari… kalau di Jakarta dulu punya langganan nasi kebuli, di sini masih belum dapat yang pas di lidah… sepertinya bisa nih jadi solusi kalau di stok di rumah malah bisa bikin nasi kebuli sendiri ya… cobain ah

  31. wah mudah banget ya mbak, tinggal masuk masukin aja bumbunya hehe dulu waktu aku tinggal di malaysia saya suka pakai bumbu instan mandi itu mbak, mirip sih dengan kebuli tapi warnanya mungkin agak berbeda

  32. Praktis nih mbak. Apalagi yang namanya nasi kebuli itu biasanya bumbunya ribet. Dengan ini memudahkan banget buat para emak

  33. owh ini bumbunya saja ya tanpa beras basmati. Apa ada yang sepaket dengan beras basmati sekaligus supaya mudah gitu membuatnya tinggal cemplung-cemplung?
    kemasan besar yang sekilo kayaknya cocok buat hajatan atau bahkan jualan nasi kebuli.

    1. Iya bumbunya aja.. dijual terpisah..

  34. biasanya aku suka bel iaja dulu pas di jakarta
    kalau sekarang aku ga tau beli dimana huhu. tapi jadi pengen bikin ih idul adha pakai nasi kebuli kayaknya oke ini makan bareng keluarga

  35. Paling sulit ngeracik bumbu nasi kebuli, seneng banget deh kalau ada yang udah siap untuk dimasak gini. Thanks loh mba untuk contekan resepnya.

  36. Nasi kebuli itu enaaaak sekali. Tapi kalau masak sendiri dengan bumbu sendiri, gabisa otentik. Pakai yang siap pakai gini praktis dan citarasa sesuai yang diharapkan. Mau aaah

  37. Ahay,…ini dia yang aku cari2, pengen bisa masak nasi kebuli sendiri, tapi bingung bumbunya. Nanti cobain ah udah tau bumbunya hahhaa

  38. Mbak Diane maaf tanya, anti kempal itu maksudnya gimana mbak?

    Aku belum pernah makan nasi kebuli bikinan sendiri. Biasanya beli, atau dikasih orang. Suka banget sih enggak, biasa saja. Tapi kalau dikasih pasti habis sih, karena memang enak dan khas banget rasanya.

    Kalau dilihat dari bahan dan cara memasak, ada kemiripan dengan Nasi Lemak yang biasa dimasak oleh masyarakat di kampung nenekku. Bedanya beras yang dipakai ya beras biasa, dan dagingnya bisa sapi atau kerbau.

    Terima kasih informasi bumbu nasi kebuli-nya mbak. Suatu hari harus kucoba sendiri di rumah.

    1. Anti kempal tu gak menggumpal gitu kak.. terutama bahan tepung2an.. Nahini ada anti kempalnya tapi alami..jadi kalo pake lebih gampang tercampurnya. kalau nasi lemak disini lebih simple sih bumbunya..

  39. nasi kebuli kesukaan kelluarga ku juga ini gak sangka ternyata ada bumbu instant nya yang memudahkan buat bikin sendiri di rumah

Tinggalkan Balasan