Wisata Sumenep yang Bisa Dikunjungi Selama Masa Pandemi

Masa pandemi sudah berlangsung satu tahun lebih di negeri kita tercinta. Sampai memasuki pertengahan 2021 belum ada tanda-tanda pandemi berakhir. Tapi kita gak bisa berdiam diri dan gak kemana-mana sama sekali. Bagaimana pun kehidupan harus terus berjalan, termasuk dunia pariwisata. Tempat wisata harus tetap hidup meski mungkin tak bisa seramai dulu lagi.

Sumenep yang pernah masuk zona merah akhirnya juga mulai membuka tempat-tempat wisata. Tapi sampai Mei 2021 masih ada juga tempat wisata yang masih belum dibuka, seperti Museum Keraton dan Pantai Lombang. Ada juga beberapa tempat yang sudah dibuka untuk umum bahkan sejak tahun 2020.

Baca Juga : Sewa Mobil Praktis

Untuk tempat wisata Sumenep yang sudah buka tetap memperhatikan protokol kesehatan, minimal pengunjung diwajibkan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan menjaga jarak. Ketahui yuk, tempat wisata apa saja di Sumenep yang bisa dikunjungi selama masa pandemi..

WISATA BUKIT PASIR SLOPENG

Wisata ini berada tak jauh dari pantai Slopeng, kecamatan Dasuk. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang landai dan bersih termasuk bukit pasir yang berada di sekitar pantai. Bukit pasir merupakan ciri khas wisata ini. Jadi sebelum bisa melihat pantai..pengunjung harus ‘mendaki’ bukit pasir yang menurut saya tergolong curam.

Tapi tak perlu khawatir karena tersedia tangga yang akan memudahkan pengunjung untuk sampai ke atas bukit. Anak tangganya sekitar 90 an deh.. terbuat dari besi dengan jarak antar anak tangga yang tidak terlalu jauh.

Dari atas bukit pasir kita bisa melihat pantai sekaligus hamparan sawah hijau di sisi selatan bukit. Di tempat wisata ini pengunjung bisa bermain di pantai dan outbond di sekitar bukit pasir. Tiketnya juga tergolong murah sekitar 5000 rupiah tidak termasuk parkirnya yaa…

Saya berkunjung ke Bukit Pasir ini di bulanDesember 2020. Boleh disimak videonya disini ya..

GUA SOEKARNO

Wisata Gua Soekarno yang unik ini terletak di kecamatan Pasongsongan, kabupaten Sumenep. Guanya luas banget, jadi pengunjung bisa leluasa menelusuri gua yang dipenuhi ornament alami dan buatan. Di gua ini pengunjung juga bisa bersantai di café. Yap..cafenya ada di dalam gua gitu.. Saking luasnya tuh gais…

Wisata Sumenep
Sebuah acara resmi di dalam Gua Soekarno

Selama masa pandemic gua ini tetap buka, dengan tiket seharga 15.000 per orang. Di pintu masuk disediakan masker (untuk pengunjung yang gak pakai masker), pengukuran suhu tubuh, dan tangan pengunjung disemprot hand sanitizer juga.

Baca Juga : Asuransi Perjalanan

PANTAI EKASOGHI

Pantai yang terletak di kecamatan Saronggi ini baru dibuka sejak Maret 2020. Sebagai tempat wisata sumenep yang baru, tentu saja Pantai Ekasoghi masih sangat diminati pengunjung.  Dengan tiket 15.000 per orang, pengunjung bisa bebas menikmati pemandangan pantai dan mangrove.

Wisata Sumenep
Tempat cuci tangan sebelum masuk Pantai Ekasoghi

Oiya tempat cuci tangan juga disediakan, pengukuran suhu tubuh pengunjung, dan tentu saja wajib bermasker. Pantai ini bisa dikunjungi mulai pagi sampai malam hari. Mau sunrise atau sunset..bisa ..

WISATA MANGROVE KEDATIM

Wisata Sumenep
Wisata Mangrove Kedatim

Sumenep memang kayak dengan potensi alam, termasuk hutan mangrove. Di desa Kebun Dadap Timur kecamatan Saronggi juga terdapat hutan mangrove yang cukup luas dan lebat. Lokasi ini baru saja dibuka sebagai destinasi wisata yang cukup menarik. Namanya Wisata Mangrove Kedatim (WMK).

Pengunjung bisa berjalan menyusuri hutan mangrove hingga 1 km. Pemandangan muara yang luas juga menjadi daya tarik tempat wisata ini. Setelah lelah berjlana-jalan menyusuri hutan bakau, pengunjung bisa bersantai di café di tengah hutan.

Pengunjung cukup membayar tiket 10.000 per orang ya..

Nah selain tempat wisata yang sudah saya sebutkan di atas..masih ada wisata lainnya yang jiuga sudah buka, yaitu Boekit Tinggi Daramista kecamatan Lenteng, Pantai Sembilan di Gili Genting, Gili Labak, dan Gili Iyang.

Setiap berkunjung ke tempat wisata saya tak lupa mengabadikannya baik lewat foto dan video. Biasanya hasil dokumentasi saya share juga di media sosial, seperti Instagram, Twitter, Youtube, Facebook, dan tentu saja blog. Bukan hanya untuk narsis-narsisan loh.. Dengan mengunggah konten positif tentang wisata Sumenep saya sih pengennya masyarakat di luar sana jadi tahu kalau banyaaak banget wisata keren di Sumenep..Dan Sumenep menjadi salah satu destinasi yang masuk daftar wajib dikunjungi..

Upload Konten Modal Gokil Max

Modal buat share begitu selain konten itu sendiri ..tentu saja akses internet yang memadai. Smartfren hadir di Madura dengan paket GOKIL MAX yang harganya emang gokil sekaligus kuota paling besar. Paket baru ini dibekali dengan dukungan jaringan telekomunikasi Smartfren yang 100% 4G LTE dan kuota besar sampai 36 GB yang bisa digunakan internetan sepuasnya, siang atau di tengah malam sampai pagi hari.

Pelanggan Smartfren bisa mendapatkan paket GOKIL MAX dalam bentuk voucher data, kartu perdana, maupun paket data yang tersedia di aplikasi MySmartfren. Pilihan paket ini terdiri dari :

Wisata Sumenep
  • GOKIL MAX Rp30.000 dengan total kuota 39 GB (Kuota  Nasional 3 GB, Kuota Lokal 6 GB, Extra Kuota (01.00-05.00) 30 GB, dan masa berlaku 30 hari);
  • GOKIL MAX Rp50.000 dengan total kuota 71 GB (Kuota Nasional 7 GB, Kuota Lokal 14 GB, Extra Kuota 50 GB (01.00-05.00) dan masa berlaku 30 hari)
  • GOKIL MAX Rp70.000 dengan total kuota 106 GB (Kuota Nasional 12 GB, Kuota Lokal 24 GB, Extra Kuota 70 GB (01.00-05.00), dan masa berlaku 30 hari).

Kuota Lokal Smartfren berbeda dari yang lain karena area cakupannya sangat luas, meliputi banyak kota, kabupaten, bahkan provinsi. Seluruh area yang tercakup dalam Kuota Lokal ini telah dilakukan 100% optimasi network, serta peningkatan kapasitas hingga 20%, dan didukung jaringan yang 100% 4G.

Selain Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep), GOKIL MAX bisa dinikmati juga di kota lainnya di Jawa Timur, yaitu Gresik, Lamongan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Pasuruan, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Mojokerto, Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Madiun, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Magetan, Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Nganjuk, Jombang, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Tulungagung, dan Trenggalek.

Yuk pakai GOKIL MAX juga dan upload konten-konten positif tentang daerahmu…

48 Replies to “Wisata Sumenep yang Bisa Dikunjungi Selama Masa Pandemi”

  1. Aku baru sekali mba ke Sumenep. Perjalanan dari Surabaya tersaji pemandangan alam yang indah. Berharap bisa balik lagi ke Sumenep karena ada wisatanya yang bagus seperti bukit pasir ini ya

  2. Rata-rata yang dibuka itu wisata alam ya karena kan udaranya jadi banyak, bukan di ruangan. Aku dulu pernah ke Sumenep, tapi belum jalan-jalan. Kangen banget buat liburan. Sayang masih pandemi

  3. Seru banget nih jalan-jalan ke Sumenep. Nanti kalau anak udah lebih gede pengen jalan-jalan ke Jawa Timur dan Madura. Kayaknya bakal jadi road trip yang seru.

  4. Asik banget ya ini tempat wisatanya bisa jadi referensi juga nih kalau suatu saat nanti mau ke Sumenep. Aku kalau pas lagi liburan gitu juga suka berbagi momen ke teman-teman di instagram, koneksi internet yang stabil itu adalah kunci ya mak.

  5. Widihhh keren nih paket gokilnya. Btw, kakek aku orang sumenep tapi aku belom prnah kesana, wkwkwk jadi pengen ke hutan mangrovenya

  6. Udah diajakin ma temen temen traveling buat ke Sumenep nih mbak. Belum sempat oke, udah atur destinasi eh pandemi!

    Sumenep sekarang terkenal yaaa

  7. seneng banget deh liat kamu mak rekreasi berwisata di Sumenep yang maasyaallah indah banget ya ternyata, semoga aku ada kesempatan juga buat berkunjung ke sana. dan ya, setuju banget sinyal yang kuat adalah kunci keeksisan saat traveling biar bisa update di media sosial or menghubungi orang-orang yang penting saat wisata

  8. wah, asik nih kalau bisa ke sumenep dan main ke tempat wisata yang mbak share ini. Aku pernah sekali aja ke madura dan mampir tebing putih (apa ya namanya?)
    Nah, punya paket internet yang lancar juga wajib kalau ke tempat wisata ya mbak biar bisa update sosmed ^_^

  9. Aku penasaran sama cafe yang ada di dalam Gua Soekarno. Kayaknya jadi pengalaman baru banget deh kalau bisa nongkrong di sana, ya. Dan Tempat wisata di Sumenep tiket masuknya wow murah-murah sekaliii. Meski sering jalan-jalan nggak akan bikin kantong bolong ini mah.

  10. Sumenep ternyata memiliki tempat2 wisata yang indah dan menarik. Kapan ya bunda bisa wisata ke tempat2 menarik indah dan asri, sekedar memandangnya saja ketinggian tangga yg membuat para wisatawan lokal or asing menaiki jenjangnya dengan perasaan hepi. Tp bunda padti gak zkan kuat menaiki jenjang anak tangga setinggi itu. Md2an Allah madih memberi bunda kesehatan dan umur panjang utk melihat keindahan wisata di Sumenep.

    1. Wah, belum pernah ke sumenep jd semuanya gak tau.. Aduh, aku ini.

      Tyt pd keren semua destinasi wisatanya. Penasaran sm goa soekarno ini.

  11. Pengen piknik tapi belum berani walhasil hanya jalan kaki saja tiap hari, Sumenep wisatanya unik dan menarik ya..

  12. Banyak juga ya obyek wisata di Sumenep, dan tiket masuknya murah-murah banget. Saya belum pernah ke Madura, pengen banget ngerasain nyeberang suramadu dan berwisata ke sana

  13. Aku penasaran dengan Goa Soekarno. Ada sejarahnya kah mbak sehingga dinamakan demikian? Dan mengenai cafe dalam goa, apakah tiap hari buka dan bagaimana dengan pengunjungnya, apakah selalu ada dan ramai? Terus terang sebagai orang yang takut dengan ruang sempit dan gelap, aku kok gak nyaman ya kalau ngafe di goa. Apalagi kalau tempatnya jauh dan terpencil, rasa-rasa ada aura gimana gitu 😀
    Tapi yang unik-unik memang menarik, dan ada saja yang suka ya.

    1. Cuma inisiatif pengelolanya aja sih yang tokoh idolanya Bung Karno kak..Cafe buka setiap hari (kecuali Jumat) mengikuti jadwal bukanya gua. Pengunjung yang masuk ke gua pasti lewat juga di cafenya..Cafenya ada di bagian yang luas dan tinggi banget atap guanya..pas ada lubang lebar sprti di gambar postingan ini kak.. Jadi ya gak kerasa kalo lagi ada di dalam gua sih..hehe. Boleh kapan-kapan mampir kak..

  14. Destinasi wisata Sumenep yang menggoda. Noted, bisa jadi wishlist kalau seklaian mudik ke Jawa Timur nanti. Mana harag tiket masuknya terjangkau sekali waaah beberkan GOKIL Max Smartfren bisa keliling Sumenep nih

  15. Mbak, anak tangganya kalo hujan aman gak sih? Mengapa tidak dibikin alami aja menggunakan batu alam. Menarik ya tempat wisata pantai tapi harus menaiki bukit dulu.

    1. Aman sih mbak… Mungkin nanti lama-lama diganti yang lebih bagus..

  16. mupeng halan2 ke sumenep.
    sekarang nabung dulu, ah
    ntar klo udah aman jaya sentosa, insyaALLAH cuss!

    1. cuzzzz langsung yooo

  17. Sudah lama nggak ke slopeng mbak
    terakhir pas masih kanak kanak, hehe
    tapi klo ke sumenep lumayan sering sih, ada saudara yg tinggal di kampung arab sumenep
    btw klo ada smartfren, mau upload konten apa saja dan kapan saja aman ya mbak, pasti lancar

    1. Kampung Arab deket rumahku loh…

  18. Aku belum kesampaian pergi ke Sumenep. Tapi pernah sekali nyeberang Jembaratn SUramadu dan makan bebek sinjay hahaha 🙂 Ternyata destinasi wisata di SUmenep keren2 ya seperti di Bukit Pasir Slopeng. Pakai smartfren memang oke nih kalau kita mau browsing maps dll lancar ya 🙂 Jalan jadi makin happy.

  19. Banyak banget wisata pilhan di Sumenep, moga yang alami2 gak diwarnain hehehe
    Iya ya kalau jaln2 gak lengkap rasanya kalau gak mengabadikan momen dengan video dan foto makanya nih butuh kuota yang mumpuni supaya gak mati gaya ya mbak
    Thanks infonya

  20. Prioritas tempat wisata selama pandemi ini memang bagusnya yang outdoor dan alam ya mba jadi bisa lebih jaga jarak dan sirkulasi udara tetap baik. Bersyukur masih ada tempat wisata yang buka ya mba biar tetap bisa refreshing di sumenep

  21. firsty molyndi says: Balas

    aku juga pake smartfren gokil max nih. emang gokil banget kalo jalan2 terus upload konten tuh jadi mudah soalnya ngebut internetnya

  22. Fenni Bungsu says: Balas

    memang mengabadikan momen dibutuhkan, kalau menurut daku. Makanya perlu jaringan internet mumpuni seperti ini, biar gampang share destinasi wisata yang keren, seperti Sumenep 🤩

  23. Sumenep keren. Saya penasaran sama gua soekarno. Saat ini wisata virtual dulu, nanti betulan berangkat kl pandemi reda. Amin

  24. alamak lumayan mba itu anak tangganya 90an kalau bawa krucil wes aku ngomel sepanjang jalan wkwkwk :p baru tahu juga ada Gua Soekarno semoga yah pandemi lekas berakhir jadi bisa jalan lagi ke Sumenep

  25. Kok aku jadi kangen Saronggi yo mbaa.. inget pas seru-seruan makan ager-ager di sana di tengah terik matahari hehehee… Kangen semua yang ada di Madura pokokmen.

  26. Aku pengen banget datang ke pantai slopeng sumenep yang sudah terekenal akan keindahannya mbak
    sekalian makan rujak soto disana

  27. Wah mauuu….

    baru tau kalo Sumenep punya destinasi wisata

    selama ini hanya puter puter dan jajan soto madura

    nanti kalo ke Surabaya, mampir ke Sumenep lagi ah

  28. Impian banget deeh…main ke Sumenep.
    Sahabatku dulu orang Sumenep. Anaknya cantik dan baaiiik banget.
    Terus dia becanda bilang “Orang Sumenep ya, kaya aku semua, Len..”
    Kan aku jadi penasaran yaa… Apakah karena lingkungan alamnya yang masih bagus dan terjaga seperti destinasi wisata yang kak Di ceritakan ini?

  29. Catet ahh, lagi – lagi daerah Indonesia keren – keren untuk dijelajahi. Dan kalau lagi traveling, ga lengkap ya kalau ga sambil update konten. Smartfren selalu juara urusan kuote internet, di aku juga manteng nih sinyalnya padahal aku tinggal di Gunung hhee.

  30. Laela Dzuhria Wahyudo says: Balas

    Aku baru tahubada Goa Soekarno lho. Namanya Goa Soekarno apakah karena ada sangkut paut sejarahnya dg Soekarno? Langsung searching. Hehehe agar tahu sejarahnya Goa tersebut.

  31. Wah ternyata Sumenep ada tempat yang indah banget begini ya? Ada bukit-bukit juga. Kalau wisata untuk anak-anak juga ada nggak Mbak? Siapa tahu ada rezeki bisa berkunjung ke sana.

  32. Jadi makin penasaran dengan Gua Soekarno dan hutan mangrove di Sumenep nih. Nabung dulu biar bisa berkunjung ke sana. Kalau internet lancar saat jalan2 itu bikin happy ya, krn bisa langsung di-share ke medsos saat itu jug keindahan yg kita lihat.

  33. Kak ajak aku kemari ya, kalau aku main ke Sumenep
    salah satu destinasi wisata incaranku sekalian main di kamu hehehe

  34. Belum pernah sampai ke Sumenep. Ternyata destinasi wisatanya keren-keren juga ya. Semuanya menarik untuk dikunjungi. Pengen banget lihat hutan bakaunya. Pasti istagenic buat jadi spot foto-foto keren.

  35. Wah senengnya bisa ke Sumenep. Walau alm ayahku orang sumenep namun saya peribadi belum pernah ke kota tersebut.. Kalau ga salah paling jauh ya mba kota itu tapi objek wisatanya oke punya ya

  36. Luar biasa senangnya pasti ya kak bisa liburan bareng keluarga besar, mata jadi melek dan pikiran jadi lebih fresh. Viewnya juga keren nih kak di hutan mangrove kedatim pinggir pantainya, saya suka nih berkunjung ke mangrove…

  37. Belum pernah ke Sumenep, kapan-kapan pengen coba hihi. Pengen liat Goa Soekarno, penasaran. Di sana prokes yg diterapkan terbilang ketat juga ya, jadi pengunjung pun nyaman buat liburan

  38. Wah enaknya bisa berlibur bareng keluarga, viewnya juga cakep bisa bikin konten nih… Kapan kapan mau juga ajh traveling ke sumenep

  39. Saya jadi penasaran sama Goa Soekarno itu, mba
    seru kali ya makan di cafe dalam goa, hihihi

    Yang wisata Mangrove udah kebayang panas dan silaunya kayak apa, hahaha
    dulu pernah ke hutan Mangrove di Jakarta dan pulang-pulang aku menghitaaam!
    Sunscreen harus kudu wajib dipake kalau mau jalan-jalan ke hutan mangrove

  40. Begitu beragam destinasi yang terbilang menarik di Sumenep ini
    Apalagi yang Gua Soekarno selain bisa melihat bermacam ornamen juga ada cafe, hmm kaya apa ya nuansa brsantai di cafe dengan konsep tak biasa ini.

Tinggalkan Balasan