SMA Pintar Lazuardi, Perpaduan Sekolah Online dan Offline

SMA Pintar Lazuardi

Menjelang tahun ajaran baru biasanya kita para orang tua disibukkan dengan memilih sekolah untuk anak-anak. Entah sekolah TK/PAUD, sekolah dasar, sampai sekolah tingkat perguruan tinggi. Tahun ini saya memilih sekolah SMP untuk si Kecil. Nah kakaknya baru tahun depan insyaallaah masuk SMA. Kalau SMP saya udah gak perlu bingung sih..sudah jelas pilihan anaknya juga.

Nah untuk SMA memang saya lagi pilih-pilih mulai sekarang. Kan masih tahun depan? Iya..kan perlu persiapan..muali dari system pembelajarannya gemana..sampai pembiayaannya.. Sepertinya kalau tingkat SMA memang gak ada yang gratis seperti SD-SMP ya sekali pun statusnya sekolah negeri.

Baca Juga Ya : Antologi Pertamanya

SMA Impian

SMA Pintar Lazuardi

Waktu memasukkan anak-anak ke SMP, tadinya saya berpikir ada gak sih yang sudah spesifik jurusannya? Jadi anak-anak sejak SMP sudah belajar sesuai dengan minatnya. Tapi kalo masih di tingkat lokal sekolah yang saya maksud gak ada. Kalo di kabupaten/propinsi lain gak tahu juga sih ada nggaknya. Kalopun ada skip ah..pengennya yang gak jauh-jauh dulu sama anak-anak.

Yasudah akhirnya SMP pilih yang negeri dan dekat rumah aja. Semoga ntar SMA nya dapet sekolah yang sesuai keinginan. SMA impian yang kayak apa nih? Yang sesuai dengan minat anak, kalau anak udah gak suka mata pelajaran tertentu..ya gak perlu dipaksakan untuk mempelajarinya..Apalagi sampai berpengaruh ke nilai pelajaran secara keseluruhan kan..

Selain itu system pembelajarannya juga sudah menyesuaikan dengan situasi sekarang. Tidak harus ke sekolah setiap hari pagi-pagi. Tapi masih ada sesekali tatap muka dengan agenda yang jelas. Lulusannya juga gak susah untuk masuk ke perguruan tinggi atau bahkan untuk memulai karir pun peluangnya juga besar. Sukur-sukur kalau biayanya terjangkau di dompet emak kayak saya gini..

Mengenal SMA Pintar Lazuardi

Beberapa bulan terakhir teman-teman blogger lewat di time line media sosial dan menginformasikan tentang SMA Pintar Lazuardi. Sekaloh apa nih?Kok kayak ngasi jawaban buat keinginan saya ya..hehe. Karena itulah saya akhirnya mencari lebih banyak informasi tentang sekolah ini. Caranya? Saya ikutan webinarnya.. Narasumbernya antara lain Owner, kepala sekolah, dan beberapa guru yang sudah sangat berpengalaman di dunia pendidikan.

Konsep SMA Pintar Lazuardi Blended Learning, mengabungkan metode pembelajaran online dan tatap muka. Saat pembelajaran online, siswa dibantu dengan LMS (Learning Management System) yang diberi nama Pintar (Pedagogycal Intelligence Architecture). Untuk kegiatan tatap muka atau offline diselenggarakan di sekolah home based. Dimana saja kah sekolah home basednya?

– SMA Lazuardi Global Compassionate School (GCS)-Depok

– SMA Lazuardi Ideal GCS-Purwakarta

– Sekolah Lazuardi Kamila GCS-Solo

 – Sekolah Lazuardi Haura GCS-Lampung

– Sekolah Lazuardi Athaillah GCS-Makassar

– SMA Hellomotion Tangerang Selatan

SMA Pintar Lazuardi

Menurut Kepala SMA Pintar Lazuardi, Ibu Sonya Sinyanyuri, prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi adalah:

– Pengembangan Karakter, melalui program Gen Z action dan penanaman nilai-nilai kepedulian (Compassionate Program).

– Growth Mindset Approach (Pola Pikir Bertumbuh), proses belajar senantiasa mendorong anak-anak para untuk aktif bertanya, praktik langsung, dan berani mencoba dengan dukungan terus menerus dari para Guru agar proses berpikir dapat terus bertumbuh.

– Siswa memiliki fleksibilitas dalam menentukan waktu belajar, materi yang ingin dipelajari terlebih dahulu, sehingga setiap Siswa memiliki perjalanan proses belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

– Mengutamakan interaksi yang kuat antar Siswa dan Guru dengan community feedback system dan ruang diskusi yang terintegrasi dalam LMS.

– Berorientasi masa depan dengan memberikan layanan program pendampingan bimbingan karir dan personalized program.

– Membekali pengembangan keterampilan Abad 21, yang mencakup 7C : creativity, critical thinking, collaboration, communication, confidence, dan computational thinking.

SMA Pintar Lazuardi

Sementara menurut Bapak Setiyo Iswoyo (Direktur SMA Pintar Lazuardi), proses belajar di SMA Pintar Lazuardi menggunakan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan sekolah masa depan untuk mendampingi putra – putri dalam menggapai cita–cita. Tidak hanya mengandalkan sistem digitalisasi, tapi diperkuat juga dengan model pembelajaran berbasis proyek. Model ini akan memfasilitasi anak-anak untuk peduli dengan masalah yang terjadi di sekitarnya, dianalisa dan ditemukan solusinya.

Untuk bimbingan karir juga disediakan program-program pilihan yang mencakup:

– Motion Graphics

– Graphic Design

– Digital Comic

– Photography

– Music Techno

– Public Speaking

– Digital Marketing

Boleh Dibaca Juga Nih : HP Spectre x360 14

Untuk para Siswa yang berasal dari wilayah yang belum tersedia sekolah home based, kegiatan tatap muka digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online. Selain itu Kurikulum SMA Pintar Lazuardi mengacu pada Kurikulum Nasional yang sedang berlaku diperkaya dengan konten kurikulum dari berbagai negara dan kurikulum keahlian.

Nah saya otomatis tertarik nih..mengingat tahun depan si Sulung kan mau masuk SMA.. Apalagi ada program beasiswa untuk siswa berprestasi.. Untuk info lebih lanjut sebaiknya konsultasi langsung deh sama pihak Sekolah yang tertera di gambar berikut ya…

SMA Pintar Lazuardi

Bisa juga akses ke website SMA Pintar Lazuardi. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi terbaik untuk sekolah anak-anak kita ya…

22 Replies to “SMA Pintar Lazuardi, Perpaduan Sekolah Online dan Offline”

  1. Enak banget kalau sistem pembelajaran menggabungkan online dan offline ya Mbak Dian. jadipengen sekolah lagi … eh 😀

  2. SMA Pintar Lazuardi ini benar-benar disiapkan untuk Gen Z ya terutama, yang kebanyakan berpola pikir lebih fleksibel, apalagi dengan metode belajar yang hybrid tentunya memudahkan Anak belajar sesuai online maupun offline.

  3. pantes aku kayak familiar sama nama sekolahnya, ternyata ada di Depok juga ya mak, btw makasi ya udah sharing informasi tentang sekolah SMA Pintar Lazuardi

  4. itu SMA Hellomotionnya mas waditya ya mbaaa? sekolah basis digital terus proyek2 gitu ya mbaaa ini, menarik.. apalagi pas pandemik kayak gini sangat cocok. Anak aku masih sd, kayaknya untuk beberapa tahun kemudian, smakin berinovasi ya sekolah ini

  5. Wah, tahun depan si kakak sudah masuk SMA ya. Semoga bisa masuk ke SMA impiannya.
    Menarik sekali sistem pembelajaran di SMA Lazuardi ini, apalagi ada program beasiswa untuk siswa berprestasi ya.

  6. wah ini emang sekolah yang recomended ya mbak
    metode belajarnya hybrid, sesuai dengan perkembangan zaman
    pas banget buat generasi Z

  7. Untuk para Siswa yang berasal dari wilayah yang belum tersedia sekolah home based, kegiatan tatap muka digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.

    Apakah ini berarti menerima siswa jarak jauh gitu mak? Semacam UT tingkat SMU?
    Kemaren barusan ngobrol sama temenku yg anaknya sekolah di SD Lazuardi Solo. Dia merasa puas banget dengan sekolah anak-anaknya.

  8. Hahahaha, beneran Mbaa tahun ajaran baru buibu akan sibuk dengan sekolah anak.
    Tahun ini anakku pun mau kuliah, lagi UN praktek nih.

    Wah, solusi keren nih SMA Pintar Lazuardi, salah satu yang membuat pola pikir anak2 menjadi Flexible, menggabungkan offline dan onlen makin enak aja yaaa.

  9. Menjawab banget ya keresahan orangtua yang saat ini menginginkan program pendidikan sesuai dengan minat GenZ. Tidak sekadar dijejali dengan pelajaran yang si anak entah suka atau tidak seperti saat ini.

  10. Aku juga naksir sama SMA Pintar Lazuardi niih…
    Karena menggunakan blended learning. Jadi memungkinkan anak-anak berkembang sesuai dengan bidang minatnya juga…plus bisa dihadiri secara online dan offline.

  11. Bagus nih SMA Lazuardi selain kurikulum mengacu kurikulum nasional, manfaatkan telnologi sesuai kebutuhan pendidikan. Kalau yang online ini sistemnya jadi homeschooling ya, mba?

  12. Menarik banget yaaa sekolah yang mengadaptasi hybrid learning gini. Bisa memfasilitasi anak-anak yang memang bisa belajar online atau homeschooling. Bisa jadi pilihan untuk anakku yang tahun depan mau masuk SMA, nih.

  13. Duh ada bimbinhan karirnya juga. Sekolah zaman sekarang keren2 dah. Pandemi bkn jd alasan untuk bs upgrade ilmu. Tp ini di depok aja ya heu

  14. Jadi ingat anaknya temanku tuh sekolah disini, karena sering lihat dia membagikan cerita tentang sekolah anaknya di instagram. Aku mikir ini kok bagus banget program belajar sekolahnya.

  15. Kebetulan anakku yang kedua udah sekolah di sekolah hybrid kyk gini dan seneng2 aja mbak.
    Ke depannya model sekolah kek gini kyknya akan makin banyak.
    Namun ini tu kyknya cocok utk ortu yg mau meluangkan waktunya agak lbh lg utk anak khususnya dalam hal kontrol.
    Utk anak yg lbh suka bebas belajar pasti suka sekolah model begini #imo

  16. Paling salut sama sekolah yang senantiasa memberi beasiswa bagi siswa berprestasi!
    Jadi siswa lebih termotivasi untuk berprestasi.
    Setuju?

    Sepertinya SMA Pintar Lazuardi belum merambah Borneo ya.
    Ada rencana ekspansi ke Kaltim, mba?

  17. sekolah sekarang emang harus bisa fleksibel ya mak apalagi lagi musim covid begini kalau cuma ga proaktif gurunya ya susah juga ya :”)
    untung sekarang banyak sekolah melek internet ya kayak sekolah ini kece

  18. Anak bosku dulu sekolah di Lazuardi, info dari bos sekolah ini, sampe bilang sama suami nanti kakak besar sekolah di sini ya pa hahaha, mamanya yang semangat.

  19. Damar Aisyah says: Balas

    Programnya bagus nih, sesuai dengan yg dibutuhkan anak jaman now. Tapi anak saya baru kelas 4, masih lumayan lama untuk sampai di SMA. Cuma kafang gak terasa juga kalau sudah lulus SD. Tiba-tiba aja, udah mau SMA.

  20. Ooh ada di Lampung dan Makassar juga ya. Menarik nih konsep SMA Pintar Lazuardi karena konsepnya ya seperti pandemi gini. Blended gini apa tetap 5 hari dalam satu pekan ada kelas, mbak? atau flexi-school yang masuknya mungkin cuma 3 hari?

  21. Hihi keren belakangan para SMA unggulan – dalam arti swasta yang berdedikasi tinggi pada pendidikan udah mulai promo dan kampanye melalui blogger karena memang tulisan tentang sekolah itu perlu

  22. Oh sma hellomotion grup Lazuardi ya, ada teman yg anaknya di sekolah di sana. Memilih sekolah swasta harus diperhatikan program-program unggulannya ya agar kita maksimal saat dampingi anak

Tinggalkan Balasan