Cara Merawat Masker Kain

Masker sekarang sudah sangat akrab ya dengan kehidupan kita sehari-hari. Sejak pandemi melanda kita jadi wajib pakai masker kemana pun kita bepergian, bahkan di dalam rumah kalau memang diperlukan. Meskipun ada masker medis yang sekali pakai, tapi saya masih setia dengan masker kain yang bisa dipakai ulang, setelah dicuci bersih tentunya.

Karena cukup sering beraktivitas di luar rumah, saya menyediakan masker kain cukup banyak. Aneka motif dan warna masker tersedia karena memang bikin sendiri. Awalnya bikin masker yang 2 lapis aja.. Tapi sekarang bikinnya 3 lapis. Ada yang ukuran dewasa dan ukuran anak-anak.

Masker Kain hadiah

Noda pada Masker

Masker bisa terkena noda lipstick itu pasti ya… hehe. Saya termasuk dandannya minimalis, tapi kalo lipstick masih tetep pake. Meski tipis..tetep sih ada aja yang nempel di masker. Ada beberapa yang agak susah menghilangkan nodanya kalau hanya dicuci biasa.

Selain karena noda lipstick, ada juga noda makanan atau kotoran lainnya. Secara kalau pas makan kadang masker hanya dilepas dan tetap menggantung di bawah dagu. Jadi pasti aja kalau kena noda makanan/minuman ya.. Bisa juga terkena noda makanan saat diletakkan di meja. Beberapa noda kan emang susah dibersihkan, seperti noda soto yang pakai bumbu kunyit.

Dan yang pasti sih kalau masker kan pengennya dicuci bersih bebas bakteri.. Jadi memang perlu banget dicuci dengan deterjen yang bekerja extra tapi warna gak pudar. Wangi juga penting nih..secara kan langsung di hidung tuh.. Kalau ada bau apek karena proses mencuci atau mengeringkan yang kurang sempurna kan mengganggu banget.

Baca Juga ya : Bersepeda

Mencuci Masker Pakai Vanish Oxy

Kalo Vanish yang selama ini ampuh mengatasi noda memang udah lama saya kenal. Apalagi vanish juga bisa digunakan untuk bahan berwarna. Jadi warna gak pudar apalagi rusak bagai kena bahan kimia apa gitu.  Nah sekarang ada lagi Vanish Oxy Action baru yang Multi Power.

Varian baru Vanish ini dilaunching secara virtual 25 Maret 2021 mulai jam 14.00 WIB. Saya ikutan launching virtualnya bareng beberapa blogger dan media juga. Nara sumber dalam acara ini antara lain :

  • Luiz Ramirez, Direktur Marketing Vanish
  • Haider Shaikh, Category Manager Dettol
  • Karim Kamel, General Manager Reckitt Benckiser Hygiene Home Indonesia
  • Annisa Rachmawati, Brand Manager Vanish
  • Donna Agnesia, Brand Ambassador Vanish
  • Dr. Hendrawan Saputra, SKM., MARS., CICS., Pakar Kesehatan Masyarakat

Vanish Oxy Action yang Multi Power berupa bubuk yang dilengkapi enzim, tidak mengandung klorin, dan bahan yang aman untuk kain. Jadi untuk menghilangkan noda tak perlu dikucek, apalagi disikat atau digosok kuat pakai sikat cucian ya…

Boleh Mampir Kesini Juga ya : Vaksinasi 

Gak percaya? Dalam sesi demo Donna Agnesia dan Temi Darwis ( Brand Activation Manager Vanish) menujukkan kalau menghilangkan noda gak perlu susah-susah dan mengeluarkan energy ekstra. Cukup Vanish Oxy Action Multi Power yang bekerja.

Temi hanya menutupkan kain pada gelas berisi larutan Vanish. Kain sudah dibaluri obat luka warna merah yang emang terkenal susah ngilanginnya plus pewarna ya.. Tanpa dikucek..warna noda di kain memudar lo gaes… Dan gak pake lama..kain jadi bersih lagi. Wah bukan sulap loh padahal…

Nah kalao begini kan saya jadi mudah mencuci masker. Gak perlu kerja keras mengucek. Noda lipstick dan makanan auto lenyap. Mencuci masker pakai mesin cuci gak bikin saya khawatir lagi. Wanginya juga seger… Bukan hanya pada masker..seragam anak-anak yang biasanya kotor karena kena bangku yang lama gak dipakai karena libur pandemic juga auto kinclong lagi.

Vanish ini produk penghilang noda pertama di Indonesia yang efektif menghilangkan noda sejak pertama kali cuci, membunuh kuman dan bakteri, tanpa merusak warna dan serat pakaian. Cukup tambahkan Vanish dengan deterjen apapun dalam setiap pencucian untuk hasil cuci bersih maksimal.

Vanish Bubuk Oxi Action dengan Multipower menghasilkan jutaan gelembung Oxi dengan kandungan surfaktan Ionik dan Non Ionik. Bukan cuma mampu membersihkan noda pakaian sejak pertama kali cuci, tetapi juga membunuh kuman serta membantu mencerahkan pakaian dan menghilangkan sumber bau.

Didukung oleh Dettol dan sudah diuji di laboraturium terakreditasi terhadap bakteri E. Coli, S. Aereus, P Aeruginosa, dan E Hirae, Vanish bubuk Oxy Action ini bisa membersihkan dengan maksimal tanpa harus mengucek berkali-kali. Oya.. formula Vanish Oxy Action Multi Power ini bekerja lebih baik kalau kita mencuci dengan mesin cuci.

Yuklah cobain juga Vanish Oxy Action Multi Power. Pilihan kemasannya banyak, dan menurut saya sih harganya masih sangat terjangkau. Oya, buat yang pengen tahu lebih lengkap tentang apa saja yang sudah disampaikan narsum dalam acara ini, bisa nonton video berikut ya…

 

60 Replies to “Cara Merawat Masker Kain”

  1. Asik asiikk

    Segampil ituuu nyuci masker kain ya mba
    Pokoke kalo pakai
    vanish mahh noda apa aja beress

    1. Wah, diriku baru tahu kalau noda di masker bisa hilang dengan vanish juga. Biasanya aku hanya pakai buat pakaian yang paling sering terkena noda saja dan kaos kaki. Nanti coba juga akh, buat masker. Oh iya, mau coba juga varian baru vanish ini.

      1. Iya tuh biasanya yg pake make up atau lipen pasti nempel2 di maskernya kan ucul bngt klo dilepas jd ngecap2 gtu 🤣🤣🤣 untung ada vanis dah

  2. Biasa pembersih noda tuh bakal merusak pakaian , tapi kalau Vanish enggak.
    Tak heran karena ini produk penghilang noda pertama di Indonesia yang efektif menghilangkan noda sejak pertama kali cuci, membunuh kuman dan bakteri, tanpa merusak warna dan serat pakaian. Wajib punya pokoknya di rumah, anak-anak itu bajunya duh susah ngilangin nodanya

    1. Nah iya bener, Mbak. Kekhawatiran saya juga begitu. Ternyata Vanish gak merusak pakaian, ya

  3. Mamaku juga pakai masker kain. Lebih nyaman dia, dan bisa dicuci sendiri. Masker bagian dari kesehatan selama pandemi ini ya mba, jadi kebersihannya juga harus diperhatikan. Cuci pakai Vanish, bukan cuma bersih tapi juga kumannya kabur.

    1. Vanish ini emang andalanku juga Mba kalau buat nyuci2 noda yang sekiranya susah ilang. Dan selalu puas sama hasilnya

    2. Masker kain yang terkena noda lipstik bs hilang tanpa perli dikucek ya Mbak,, Vanish Oxy Multipower oke bangett

      1. Maaf typo Mbak,, tanpa perlu dikucek, maksudnya, hehe

  4. Wah, pas sekali nih mencuci masker kain terutama saat pandemi begini. Vanish Oxi Action jadi andalanku juga dalam urusan membersihkan noda membandel pada pakaian termasuk masker ya. Malah bisa menghalau kuman dan bakteri. Kudu punya stok di rumah dan bisa dibawa traveling juga 🙂

    1. Selain untuk keamanan, masker kain juga banyak yang bagus modelnya. Sayang banget kalau terlihat noda. Adanya Vanish memang dapat membantu.

      1. Setuju kak, banyak motif yang unik motif kain jaman now. Jadi pakai masker bisa makin stylish, apalagi perawatannya pakai Vanish formula baru ini

    2. Ahhh masker barang yang kecil aja sekarang jadi penting yaaa, apalgi menjaga kebersihannya yg kadang kena noda lipstik tuh suka menggemaskan.
      Nah solusi pisan pake Vania dengan foemula baruu.

  5. Biasanya masker kain suka kena noda lipstik ya. Terkadang susah hilang juga nodanya. Sekarang gak khawatir lagi, deh. Masker kain akan selalu bersih karena Vanish.

    1. iya mbak, sering banget maskerku kena noda lipstik
      tapi skrg no worry karena ada vanish oxi action, noda langsung hilang

  6. Donna Agnesia, nih Brand Ambassador Vanish yang mumpuni ya?

    sejak awal Vanish diluncurkan, brand ambassadornya selalu Donna

    Karena Vanish setia merawat pakaian (plus tetek bengeknya seperti pakaian dalam dan sekarang masker)agar selalu bersih dari noda, cerah dan harum

    1. Saya juga pakai masker dan memang ampuh banget menghilangkan noda. Maklum anak saya usia 3 tahun dan lagi asyik2nya bermain segala macem yang bikin baju jadi penuh noda.

  7. Saya juga ngandelin masker kain, mba. Secara bisa dicuci dan pakai lagi. Kecuali ke tempat yang ramai banget, baru tambah dengan masker kesehatan.
    Ternyata Vanish juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lipstik pada masker kain ya. Siip. Apalagi sekarang Vanish juga membunuh kuman dan bakteri. masker kain bersihnya terjamin.

  8. Ada masker medis tapi entah mengapa rasanya lebih nyaman pake masker kain emang, hehe. Tapiii baru ini lho aku tahu cara mencuci masker kain yang benar

  9. Pernah di awal2 covid pake masker medis, cuma kok variasi masker kain jadi tertarik sampe sekarang pake masker kain.

    Kalo saya biasanya mencuci masker masih pake deterjen biasa. Oh, ternyata pake vanish juga bisa lebih efektif juga ya. Oke, siap dicoba pake Vanish nih bair noda2/debu2 pas berkendara bisa lenyap.

  10. Wah, betul juga ini mbak, mencuci masker kain itu butuh kehati-hatian, kalau nggak pengen cepat rusak. Dan juga warnanya cepat pudar. nggak lucu kan kalau maskernya udah pudar warnanya berasa pakai masker kain bekas.

    Pakai Vanish, jadi lebih mudah banget ya untuk nyuci masker kain, dan yang penting kuman-kuman nya mati sehingga masker jadi lebih higienis.

    1. Nah iya sama kak. Aku paling sering pakai masker kain. Dan pastinya noda lipstik sama makeup nempel di masker.
      PR banget membersihkannya.
      Ternyata ada solusi pakai Vanish Oxi Action ya. Wowww mantab ini.

  11. Mantap vanish dan perawatan kain masker. Penggunaan jadi bersih dan nyaman.

  12. triyatni ashari says: Reply

    Vanish Oxy Action ini udah ada
    di jual di supermarket terdekat Mbak?
    Kayaknya bagus emang
    buat ngilangin noda tanpa merusak kain

  13. Masker kadang dianggap remeh cara mencucinya karena bentuk yg kecil namun juga penting ya mbak apalagi kalau mencucinya ga bener bisa menimbulkan bau apek.

  14. Aku juga kudu tlaten nyuci masker kain mba
    pakai VANISH dah terbaeeekk itulah

  15. Vanish dapat menghilanghkan noda yang sangat membandel, terutama bila kita menggunakan masker kena lisptik itu susah banget hilangnya. ada vanish beres semuanya

  16. aku juga punya banyak nih mba masker kain dan lucu – lucuuu. Memang harus dirawat dengan baik dan benar yaa mbaa

  17. Bener banget Mbak Di. Karena dikenakan berulang-ulang, masker kain harus ekstra perawatannya agar kebersihan, kenyamanan dan kesehatannya terjamin. Mencuci dengan VANISH sepertinya akan sangat membantu karena mampu membersihkan hingga ke pori-pori terkecil.

  18. Vanish memang terbaik untuk menhilangkan noda di pakaian keluarga, terutama pakaian berwarna putih yang udah menguning karena kelamaan di lemari, trus ada kandungan baru di dalamnya yang bikin pakain bebas bakteri

  19. Fenni Bungsu says: Reply

    Ada Vanish di rumah bikin tenang buat membersihkan pakaian, terlebih lagi yang formula baru ini bikin seger yang mencucinya hihi, jadi gak kesel lagi deh bebas noda, bebas bau apek

  20. Kebetulan banget aku lagi butuh cara mencuci masker kain, gara-gara tak masukin tas masker kainku jadi ada bercak2 itemnya dan susah ilang. Aku coba deh cara ini

  21. Vanish andalan ibu masa kini, kayak jata mba Donna, percaya pink lupakan yang lain. Urusan noda sekarang ngga pusing lagi. Ada Vanish dong !

    Saya juga pakai Vanish mba Diane.. Toss!

  22. Berkat Vanish, pakaian dengan noda membandel bisa dibersihkan dengan mudah ya mbak. Termasuk masker yang sering dipakai sehari-hari selama pandemi ini. Harus bersih, dan sehat, aman dari bakteri. Aku juga pakai vanisd di rumah, buat basmi noda.

  23. Saya juga masih suka pakai masker kain untuk sehari-hari, Mbak. Paling sebel kalau kena noda lipstik dan makanan (karena digantungin di dagu hehehe) tapi kalau pakai Vanish gini bisa cepat hilang yaa nodanya.

  24. Sebagai penggemar masker kain emang harus tahu ya cara merawat masker kain yang benar. Tentu saja selain masker tetap bagus juga higienies

  25. bener ini, selama pandemi cucian nambah satu jenis, masker. Setuju jika masker maunya dicuci bersih bebas bakteri.. Jadi perlu nih dicuci dengan deterjen yang bekerja extra tapi warna gak pudar dan wangi juga pasti. Vanish Oxy Action Multi Power pas ini…

  26. Bersih wangi bebas noda membandel, tentu Vanish pilihannya…

  27. Vanish Oxy Action yang Multi Power … dipraktikkan tanpa dikucek .. wuih dambaan saya banget ini Mbak Dian. Soalnya sebel banget kalo ada noda di pakaian.

  28. wah vanish dan dettol ya mba. Masker kain udah setahun aja ya usianya, anak2 sih nyaman pakai masker kain juga. Cocok ini untuk ngilangin noda bandel di masker yaa

  29. Aku juga biasanya pake masker kain kalau keluar seputar rumah aja, kalo ke tempat yang agak rame baru pake masker medis. Masker kainku keseringan dicuci jadi pudar warnanya. Ntar mau cobain ah pake vanish oxy action ini biar warna kainnya gak pudar dan noda yg membandel hilang.

  30. wiiih lebih gampang nyuci masker kain ya mbak, kayanya aku butuh nih, suka kena lipctick soalnya di balik maskernya hihihi, mau aah beli ini jugaaa

  31. aku juga lebih sering pakai masker kain mbak. kecuali keluar yg ke kerumunan baru pakai masker sekali pakai. soalnya berasa nyampah gitu kalau sering2 pakai masker medis. lagipula aku kluarnya kan sebentar2.
    vanish ini emg nempel bgt sbg brand pertama pembersih kain berwarna. sebelumnya cuma tau pemutih yg bisa bikin belang kain warna

  32. Agak tricky memang ya urusan cuci mencuci masker kain. Ga bisa dimasukin gitu aja di mesin cuci. Harus dihandel manual yaa… bagus juga nih pake vanish biar nodanya bersih tapi tetap bagus dan ga mudah rusak kainnya

  33. Vanish ini memang terbukti ampuh menghilangkan noda membandel ya. Nyuci jadi makin semangat jadinya, terutama nyuci masker kain yang mulai banyak karena di matchingin sama baju yang dipakai hehe..

  34. Aku malah udah males pakai lipstik setelah pakai masker hehe.. malesin banget memang mencucinya kadang suka nempel itu bekas lipstik di masker. Ini vanish yang bubuk ya, belum pernah coba, asyik kalau ada versi bubuknya.

  35. Saya juga pake produk vanish
    Terlebih dengan kekuatan ekstra multi power nya jadi urusan nyuci ga pake ribet lagi dah gitu ga bikin warna pakaian memudar. Tetap cerah

  36. makasih tips mbak, penting banget ya ini
    karena saat ini kita selalu pakai masker kain, jadi harus dirawat juga

  37. Saya juga lebih suka pakai masker kain mbak. Terasa lebih nyaman di banding masker medis. Padahal setiap bulan dapat jatah masker medis dari kantor, alhasil masih utuh dalam kotaknya.

    Kalau saya paling sering masker kainnya kena noda makanan, dan kadang emang susah dibersihkan. Ya udah, ganti pakai masker kain yang lain. Yang ada bekas nodanya nggak dipakai lagi.

    Wah ada vanish oxy yang bisa menghilangkan noda, mesti dicobain nih ntar kalau masker kainnya kena noda makanan lagi

  38. Wah, seru banget bisa jahit masker sendiri Mbak jadi sesuai banget dengan kebutuhan sendiri ya.. Cucinya pakai Vanish dijamin bersih tanpa noda membandel kayak noda lipstik

  39. Mencuci masker kain dan pakaian lainnya dengan Vanish Oxi Action ditambah dengan deterjen bikin pakaian bebas noda, kuman & menjaga serat kain juga ya. Aku sih paling suka karena gak usah kucek-kucek

  40. Berarti vanish bisa buat untuk nyuci mukena juga ya Kak? Secara mukena kan warnanya kebanyakan putih atau sekarang ada yang berwarna dan motif gitu. Jadi, mukena bisa bersih banget dan warnanya tetap bagus dan nggak pudar. Yang paling penting, kualitas kainnya tetap terjaga.

    Ini benar-benar idaman banget buat nyuc kalau begitu.

    1. Bisa banget donk..cobain yuks..

  41. Duh itu Bucket Hat sama masker senada banget sama Vanish yak
    Aku juga tertolong sama Vanish Oxi Action Multi Power ini dalam menghilangkan noda baju anak anak aktif

  42. Nah iya bener akupun kalao cuci masker cuma di rendam aja terus d kucek selesai deh.. iya mba akupun pakai vanish dirumah nyuci jadi ringan..

  43. Penyakit masler kain mba ada noda lipstickya aku juga suka gitu untung yah ada vanish nih jado bisa bersihin noda

  44. Sekarang masker kain banyak yang kualitasnya bagus dan modelnya lucu2 jd kalau dipakai lbh nyaman aja gtu. Memang kduu dicuci rutin ya supaya selalu bersih.
    Vanish Oxi Action memang cepet ya menghilangkan noda, apalagi pas maskernya kena noda lipstick gtu

  45. Tu diaa… kadang kan masih pake lipstik ya saat pergi gitu. waduuhh bagian dalamnya langsung nempel warna lipstik deh, susah tuh hilangnya. Nah sekarang kan udah ada Vanish, bereees deh soal menghilangkan noda gini.

  46. Ada 1 masker kainku yg kena noda makanan, walaupun udah dicuci belum hilang. Mungkin pakai si Vanish ini bisa ya? Coba cari ah nanti

  47. Aku di rumah juga selalu sedia vanish kak soale memang bagus cepat membersihkan noda terus tidak merusa pakaian juga yes.

Leave a Reply