Tips Lancar Live di Instagram

Sejak pandemi kita semakin akrab dengan berbagai platform media sosial. Bukan hanya Facebook, Instagram dan Twitter. Tapi platform seperti Zoom, Google Meet, Webex, dan platform sejenis lainnya. Setahun terakhir saya juga akrab dengan Instagram Live untuk kelas online yang lebih ringan. Pengalaman beberapa kali jadi host untuk kegiatan d Live IG..saya jadi pengen berbagi nih..apa aja sih yang perlu kita siapkan biar Live IG lancar jaya?

Persiapan Live di Instagram

Live di Instagram

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan agar live di Instagram berjalan lancar. Apa sajakah persiapannya?

Materi yang menarik, tentu saja ini perlu kita siapkan kalau memang untuk menarik audiens. Meksipun iseng-iseng bikin live IG kan tetep butuh materi khusus ya.. Materi bisa disesuaikan dengan karakter pemilik akun, bisa juga disesuaikan dengan topik yang sedang hangat.

Menyiapkan tamu live IG, nah ini salah satu yang bikin seru acara live di Instagram..ajak tamu untuk bareng ngobrol di live IG. Saya sendiri sempat diajak live secara dadakan oleh teman..tapi karena gak siap ya gak saya respon meskipun lagi nonton. Untuk tamu bisa dicocokkan tuh jadwalnya bisanya kapan dan pastikan tamu memang benar-benar luang waktunya ya.. Jadi sama-sama bisa ngobrol dengan santai.

Menyiapkan perangkat, untuk perangkat sebenarnya bisa apa saja, yang penting kompatibel dan memadai untuk Instagram live. Karena ada beberapa gadget meski baru tapi memori penuh..hmmm ini pengaruh juga dengan kelancaran. Batere juga cukup untuk setidaknya live 1 jam. Pastikan juga aplikasi Instagramnya sudah update ya…Selain gadget siapkan juga perangkat seperti tripod (pakai buku atau apa pun juga boleh kok, yang penting fungsinya buat menyangga ponsel), ear phone, jam tangan atau ponsel lain untuk memantau durasi, ring light kalau memang perlu, dan perlengkapan lain terkait promosi produk (kalau acara livenya ada sponsor dan wajib mempromosikan produk).

Lokasi Live, penting banget menentukan tempat yang nyaman meski cuma di rumah aja. Mau di kamar, di ruang tamu, di teras, atau dimana pun yang penting kalau menurut saya backgroundnya bersih, tidak terlalu noise, dan tidak terlalu banyak lalu lalang orang. Pastikan juga kita bakal nyaman selama kurleb live 1 jam.

Sinyal Internet, yah namanya aktivitas online ya…ini tuh udah pasti yang utama. Pastikan sinyal internetnya kuat dan stabil. Mau pakai wifi atau kuota provider apa pun gak masalah. Kalau perlu siapkan cadangan akses internetnya. Ya siapa tahu kan…sinyal satunya ngambek, sinyal lainnya bisa backup.

Promosi acara live IG, bisa melalui media apa saja..Umumnya sih pakai e-poster ya. Bisa juga dengan cara bikin story dan buat pertanyaan terkait materi live. Misalnya : β€œNanti saya live di akun INI ya… Pertanyaan boleh disampaikan sekarang silahkan… β€œ atau β€œEh nanti saya live nih..di akun INI.. Kamu paling penasaran apa sih tentang topic ini?” Nah pertanyaan atau respon yang disampaikan follower nanti bisa dibuka dan ditampilkan pada saat live.

Live di Instagram
Contoh e-poster

Semua persiapan yang saya sebutkan ini sebenarnya bukan hanya untuk host, tapi untuk tamu live nya juga. Jadi kita pastikan juga kalao gadget, sinyal, dll dari pihak tamu kita juga aman ya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Akun Twitter yang Terkunci

Saat Live di Instagram Berlangsung

Nah saat sudah di hari dan jam yang sudah ditentukan..sebaiknya standby setidaknya 10-15 menit sebelumnya. Saya biasanya nge-host live di jam 20.00 WIB di akun komuniti, jadi jam 19.45 sudah standby duduk manis depan ponsel. Sudah makan biar gak kelaperan selama live, dan gak kebelet ini itu..hahaha… Cek tamu sudah siap juga belom..Login ke akun yang akan digunakan untuk live.

Setelah masuk jamnya.. tinggal buka deh live IG dan invite atau ajak bergabung tamu kita. Kalau sudah berjalan tinggal diperhatikan aja durasi dan waktu yang tepat untuk promosi produk (kalau ada). Biasanya sih diawali dengan perkenalan host dan narsum, lalu penjelasan tentang topic oleh narsum. Baru kemudian dilanjutkan dengan membacakan pertanyaan yang disampaikan audiens.

 

Untuk audiens bisa menyampaikan pertanyaan lewat live chat atau lewat fitur berlogo tanda Tanya di bagian pojok kanan bawah. Untuk fitur tersebut, host bisa menampilkannya di layar. Tapi memang jadinya agak menutupi space layar narsumnya. Karenanya saya biasanya menampilkan pertanyaan tersebut sebentar saja lalu close.

Nah setelah acara mendekati 1 jam, pastikan sudah menyampaikan closing ya… Secara setahu saya live IG ini akan berhenti sendiri setelah 1 jam. Kan gak seru ya tiba-tiba terputus. Kalo terputus kan bisa nyambung lagi? Ehmmm..kebetulan saya belum pernah coba tuh.. Jadi sebelum 1 jam sudah saya close live IG nya.

Setelah live IG selesai kita bisa lihat berapa total jumlah yang lihat acara kita. Kemudian kita bisa share ke IGTV atau menghapus video live kita. Nah kalo dihapus kan sayang ya..yaudah share IGTV aja kalo gitu hehe.. Buat arsip juga dan bisa ditonton follower yang belum sempat nonton versi live nya.

Tampilan jumlah total viewer

Oiya live di Instagram ini bisa jadi pilihan untuk kelas online dengan peserta tak terbatas (karena bisa ditonton sampai ribuan bahkan jutaan orang), dan lebih santai. Selain itu kalau kelas onlinenya gak perlu share materi (slide, video, dll) memang mending pake IG ajah..

Kendali sepenuhnya di host ya…jadi nggak bisa melibatkan operator atau co host saat acara berlangsung yang bisa membantu kita kalau ada trouble. Nah kalau ada trouble gimana donk? Ya biasanya live nya distop dulu lalu beresin kendalanya (entah ganti ponsel, cari sinyal dulu, dll) baru setelah itu bisa memulai lagi live nya.

Semoga artikel ini membantu buat teman-teman yang pengen cobain live IG ya.. Atau kita mau Live di Instagram bareng? Yuk lah…

30 Replies to “Tips Lancar Live di Instagram”

  1. eh iya sekarang live instagram bisa kolaborasi dengan 4 akun ya.. jadi berasa nonton zoom gitu, makanya bisa dimanfaatin buat webinar misalnya. tapi emang sinyalnya lebih kenceng

  2. wah iya mbak, sekarang live di instagram makin asik ya
    bisa rame rame, aku sering tu rumpi bareng di live ig

  3. Kalo pakai SmartFren, acara IG live, zoom atau apapun itu, niscaya lancar jayaaaa

    asyik bgt memang, ngga buffering, bikin semua puas ya.
    Kece mba DIan ! Keep up the good work!

    1. mantap ya mbak
      buat yg wfh smartfren ini sangat recomended ya mbak
      kerjaan jadi lancar tanpa buffering

    2. Aku pernah coba yang live di instagram berdua temen sebagai narsum. Tapi memang sinyal harus kuat ya mba

  4. Jarang2 nnton live di IG aku tuh mbak. Sesekali memang nonton, namanya sesekali ya ga sering. Haha, aneh ga sih hari gini ga aktif di IG?

    1. Nggak aneh mbak. Saya juga belum pernah tuh nonton live di IG. Kadang klo buka IG, ada sih notif gitu kalau ada yang sedang live, tapi ya lihat notifnya aja. Nggak ikut nyimak hehehe…

  5. Persiapannya kudu bagus ya biar pas live lancar, tapi karena instagram jatuhnya lebih santai ya mba, kalau ada trouble bisa beresin dulu ga beban banget kayak kalo webinar di zoom dll

  6. Live IG sekarang menjadi pilihan sharing informasi yang paling gampang ya mbak. Karena setiap orang yang punya akun IG bisa gabung. Tips nya keren, meski aku udah sekali nyoba live IG dan belum berani ngulangi lagi. Karena waktu itu nggak ngajakin guest, tamunya tanaman, hahahaa

  7. Wah, keren Mbak..saya belum pernah live di IG…Ternyata perlu persiapan juga ya. insight nih buat saya
    Pernah saya ngisi materi untuk PJJ anak SD, di kelas yang diampu teman saya.. Sekitar 30 menit lewat Google Meet…sharing tentang blog dan media sosial. Wah ternyata memang ada suka dukanya termasuk sinyal tadi

  8. Wuih keren nih bisa lancar IGLive. Aku belom pernah nyoba. Abisnya takut gak ada yang nonton. Udah gitu iya, takut grogi dan gak lancar. Ngumpulin PD dulu ah sebelom bikin. πŸ˜€

  9. aku ga pernah IG live nih, malu soalnyaaa.. hihihiii. Tapi kalo mau IG live yang paling penting juga koneksi internetnya ya maaakkk.. Jangan sampe deh koneksi internet yang jelek ngebuat IG Live jadi putus putus dan trerganggu yaaa.. huhu

  10. Aku beberapa kali diundang untuk IG Live topik penulisan mbak, tapi belum pernah coba jadi host hihi aku belum pedee..mesti belajar ya inii..

  11. Sekarng ini memang yang paling penting tuh koneksi internet lancar jaya, selain untuk zoom juga live instagram. Jangan sampai yang nonton kita jadi bete karena koneksi kita kurang bagus ya.

  12. Belum pernah ngadain live ig tapi nonton live ig orng sering heheh. Padahal pengen juga nih nyoba live ig buat jualan hahah. Btw kalau live ig ga lancar malu ya…jd pilihan provider yg ok biar sinyal lancar penting ya

  13. Senang sekali..bisa tetap berbagi ilmu melalui LIVE IG.
    Aku suka nontonin Live IG juga….soalnya lebih ke ngobrol yang berfaedah gitu… Seru.

  14. Saya belum pede mengadakan live di instagram huhuhu, takut gak ada yang nonton πŸ˜€
    Tipsnya pasti bermanfaat sekali untuk yang suka ngadain IG live, jangan sampai lagi siaran langsung, terus tiba-tiba waktunya habis ya…

  15. wah kadang aku live di Instagram itu pas aku lagi gabut aja mbaa haha, sampai saat ini masih belum kepikiran dan planning buat bikin live instagram yang berbagi soal-soal apa gitu, karena ya masih nyari-nyari hehe. Tentu harus dipersiapkan yaa

  16. Setuju.
    Untuk membuat konten, apa pun itu live atau non live, persiapan adalah keniscayaan!
    Terutama materi yang akan diperbincangkan.
    Minimal solutif dan menghibur!
    Perhatikan juga rentang usia audience, agar gaya public speaking kita bisa disesuaikan!

  17. Keren deh kalo bisa konsisten bikin IG Live. aku tuh belum sempet. Paling kalo diminta live dan temanya sudah disiapkan hehe

  18. Kerasa banget dukungan sinyal kalau pas live ig tuh. Kadang-kadang ada yang kelihatan ngelag pas live gini, jadi gerakan mulut dan suara yang muncul di ig tidak bersamaan.

  19. aku belum pernah jadi host di IG live, baru belajar live di Facebook pakai Streamyard.
    Kalau di IG aku lihat ada yang bisa share screen. Itu gimana ya mbak caranya? Pakai aplikasi lain atau langsung dari IG-nya?

  20. Lebih menarik juga live Instagram karena bisa empat orang.

    Btw, kira-kira kalau kita live bareng bahas apa ya?

    1. Kalo Bang Raja udah fix sih..temanya segala hal yang berhubungan dengan review film…hehe

  21. RACHMANITA Adindarara says: Reply

    Jujur aku tuh nggak pernah ikutan Life di Instagram karena ketakutan Aku sendiri emang nggak banyak yang nonton

  22. aku suka nonton live instagram juga. seru. tapi seringnya pindah pindah livenya. ga fokus disatu aja. dan kelancaran koneksi internet sangat penting ya

  23. aku kadang keciwi klo live instagram mbak, yang nonton dikit. wkkwkwkw… memang sih nanti ke save ya klo mau masupin ke IGTV. aku better live yucub aja, masih mending viewerrnya siy. ehh.. ini mah aku ya.

  24. Aih iya nih, sering banget terjadi saat live di instagram. Videonya nyangkut-nyangkut. Saya pribadi gak pernah ngelive di instagram sih, cuma ini pengalaman aja kalau lihat orang lain ngelive.

  25. Wah boleh dicoba nih kalau lagi live. Gapernah live instagram vina, masaaa. Tapi tipsnya bisa banget nih dan ngga ribet. Thankyoumba 😊

  26. […] Baca Juga Ya.. : Tips Lancar Live di Instagram […]

Leave a Reply