Kalkulator Kesehatan Berat Badan Ideal Ibu Hamil 

Meski dalam kondisi hamil, bukan berarti wanita yang tengah berbadan dua itu bisa semaunya memakan segala makanan dan mengabaikan berat badannya. Karena ternyata, ibu hamil juga harus mengatur berat badannya selama masa kehamilan. Pengaturan berat badan selama masa kehamilan ini bertujuan untuk menjamin keselamatan ibu dan janin selama kehamilan, persalinan, ataupun setelah persalinan nanti. 

Sebenarnya berat badan ideal bagi ibu hamil itu seperti apa? Untuk menemukan jawabannya, simak yuk uraian dibawah ini :

1. Peningkatan Berat Badan Pada Trimester Pertama 

Berbicara tentang berat badan ideal bagi ibu hamil, normalnya peningkatan berat badan  yang terjadi pada trimester pertama kehamilan adalah relatif kecil, bahkan bisa saja tidak mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut dikarenakan pada trimester pertama ini ibu hamil seringkali mengalami muntah muntah yang menyebabkan jumlah makanan yang diolah secara sempurna oleh tubuh akan berkurang.

2. Peningkatan Berat Badan Pada Trimester Kedua Atau Ketiga

Tetapi pada trimester kedua atau ketiga, biasanya berat badan ibu hamil akan meningkat cukup pesat. Pada periode ini, ibu hamil harus benar benar memperhatikan kenaikan berat badannya, apakah melebihi batas atau tidak. 

Pada kondisi normal, total kenaikan berat badan pada ibu hamil adalah 12 hingga 15 kg. Pada saat masuk ke trimester kedua, berat badan akan lebih berkembang seiring dengan perkembangan janin di dalam perut yaitu dengan bertambahnya berat badan kurang lebih 10 gr per hari. 

3. Berat Badan Ideal Pada Masa Awal Kehamilan Adalah Berkisar 45 Hingga 65 Kg

Untuk berat badan ideal wanita diawal kehamilannya adalah berkisar 45 hingga 65 kg. Berat badan tersebut tersebut bisa dibilang sebagai standar berat badan ideal untuk para calon ibu pada masa awal kehamilannya. 

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa pengaturan berat badan selama masa kehamilan ini bertujuan untuk menjamin keselamatan ibu dan calon bayi kehamilan, persalinan, dan setelah persalinan nanti. Ibu hamil yang mengalami kondisi berat badan dibawah angka normal (Underweight) atau berat badan diatas angka normal (Overweight) maka bisa menimbulkan risiko, baik untuk sang ibu hamil ataupun bayi yang ada di dalam kandungannya. 

4. Risiko Ibu Hamil Yang Mengalami Kondisi Overweight

Untuk ibu hamil yang mengalami kondisi overweight, maka mereka beresiko mengalami hipertensi dan diabetes. Sedangkan untuk calon bayinya, kondisi overweight saat kehamilan ini berisiko bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bayi. Pasalnya akan terganggunya supply oksigen dari plasenta, lantaran plasenta akan menyempit akibat lemak. Hal tersebut akan meningkatkan risiko anak akan terlahir dengan kecerdasan yang kurang. 

5. Risiko Ibu Hamil Yang Mengalami Kondisi Underweight

Ibu hamil yang berada dalam kondisi underweight juga punya risiko yang membahayakan, seperti terganggunya pertumbuhan bayi, potensi terjadinya kelahiran premature, hingga risiko bayi terlahir cacat. Hal tersebutlah yang menjadi alasan utama mengapa sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui berat badan ideal selama masa kehamilan. 

Dengan mengetahui berat badan ideal selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengetahui batas berat badan yang tidak boleh mereka lampaui demi menjaga keselamatan diri mereka serta calon bayinya. Penasaran kan kalkulatornya gemana modelnya?Nah dibawah ini ada kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil :

Keterangan :

BBIH = Berat Badan Ideal Ibu Hamil

BBI = Berat Badan Ideal (Sebelum Hamil)

UH = Usia Kehamilan

Rumus :

BBIH = BBI + (UH x 0,35)

Rumus mencari BBI :

  • Jika diatas 160, BBI = (TB-110)
  • Jika dibawah 160, BBI = (TB-105)

Mudah kan? Semoga membantu para ibu hamil untuk mengotrol berat badannya ya….

24 Replies to “Kalkulator Kesehatan Berat Badan Ideal Ibu Hamil ”

  1. Whoaaa, ini bermanfaat banget buat ibu2 yg lagi hamil.
    karena banyak yg clueless lho mbaaa soal berat badan dll gitu
    kalo ada kalkulator gini kan assoy geboyyy

    1. Senangnya bagi ibu2 yg hamil pd zaman era digital ini karena banyak referensi tentang bagaimana menjaga kehamilan agar ibu dan jabang bayi tetap sehat sampai hari H-nya. Gak begitu deh ketika bunda pd kehamilan pertama tahun2 1968/69 referensi2 berupa tulisan sangatlah jarang. Jd hrs extra hati2 sendiri menjaga kehamilan berkaitan dengan berat badan.🚹

  2. membaca tulisan ini kok ya aku rindu hamil lagi ya.. udah usaha sejak 5 tahun yang lalu kok ya belum-belum juga dipercayakan hamil hehhe.. makasi ya buat tulisannya

  3. aku baru ngeh ini ada kalkulator ibu hamil, dulu kalau mau tau gimana keadaanku dan bayi pasti patokan sama rumah sakit dan dokter obgynku.

  4. Nah masih banyak yang berpikir kalau lagi hamil berarti bebas makan sepuasnya karena untuk 2 orang. Padahal gak tepat, ya. Tetap harus ada angka ideal. Jangan sampai kurang atau lebih

  5. Bhuaaa jadi pen hamil lagii, gampang banget ya sekarang tuh ngitungnya, lebih terbuka dan ada rumusnya pulaaa.
    Info yang kece, tak kasih tahu sama yang hamiil ahhh.

  6. Pas hamil dulu sampai naik 20 kg lebih, horor! Nanti mesti pakai kalkulator ini deh kayaknya heuheu.. gendut selama hamil kan nggak melulu soal penampilan fisik tapi juga kesehatan dan keselamatan.

  7. Aku pernah gemuk pas hamil. Rasanya berat banget badannya. Pas anak pertama kalap makannya 😅 sampe bengkak kaki. Tapi ternyata bayi nggak cukup bbnya. Beneeer mbaa…Klo ibu hamil gemuk, blm tentu bayinya jg cukup bb nya.

  8. Bener sekali Mbak, hamil pertama saya diminta diet karena kelebihan BB. Memang sih, saat hamil ngemilnya ice cream, roti yang manis-manis sampai rujak buah itu, suka banget bumbunya yang dari kacang tanah. Pas hamil kedua, walah malah diminta menaikan BB dong. Karena BB bayi kurang dari BB yang dianjurkan untuk melakukan operasi sesar.

  9. zaman dulu aku hamil anak pertama ada gak ya kalkulator utk ibu hamil ini. perasaan dulu kaca banget sih kenaikan BB saat hamil pertama itu. smp 7 bulan ga ada kenaikan signifikan bulan ke 8-10 malah naik drastis, eh babynya kecil bgt ternyata.
    Penting banget nih jadi pengetahuan para ibu…

  10. ooo jadi beda ya, Mba rumusnya antara yang tinggi diatas 160 dan dibawah 160. Dapat ilmu baru nih.. ma kasih, Mba

  11. Ibu hamil itu kelebihan berat badan, nggak bagus efeknya buat janin. Kalau berat badannya kurang, efeknya nggak baik juga buat janin. Jadi memang harus dijaga ya, untung kini ada kalkulator berat badan ideal bagi ibu hamil, jadi lebih gampang mengontrolnya

  12. Pas hamil tuh ya, udahlah pengen makan terus jadi naik perlahan secara pasti denih BB-ku. Dalam hati sebenarnya penuh harapan, begitu brojol akan kembali nih BBku seperti sebelum hamil. Ahay….taunya pupus harapan deh, karena saat menyusui juga makan terus akunya karena berasa cepet laper hahaha.

  13. Duh aku dulu pas hamil sempat overweight jadi jelang lahiran diet kurangi makanan karbo hihi….

  14. oke banget ada kalkulator yang bisa bener – beenr bantu ya mba.. kaau aku tuh naiknya para setelah selesai menyusui.. Jadi gemuk terus sampai sekaraaang

  15. Wuaaa, jadi nostalgia baca ini. Dulu pas hamil berat badanku naik pesat itu di trimester ketiga. Sampe 80 kilo ahahaha.. Gendut banget, ngos ngosan.. Tapi alhamdulillah pas lahiran dimudahkan

  16. Wah, ada ya kalkulator buat berat badan ibu hamil. Dulu aku cuek sama masalah ini. Tapi masih dalam kontrol bidan/dokter sih, jadinya tenang. Palingan pas hamil anak ke-4. Aku sempet obesitas. Harus nih bumil tahu kalkulator ini.

  17. Berat badan ini merupakan hal yang selalu jadi pantauan saat hamil ya mba… Dan biasanya para bumil suka worried, jadi dengan adanya kalkulator ini akan membantu sekali untuk menjaga kesehatan kandungan ya. Jadi pencegahan dan penanganan bisa dilakukan dini apabila berat badan tidak sesuai ya…

  18. wahh penting banget ini buat para bumil ya mbak
    kalkulator ini bisa membantu memantau perkembangan berat badan janin
    dimana salah satu indikator kesehatan janin dilihat dari beratnya

  19. Jangan mentang-mentang hamil jadi aji mumpung makan untuk dua orang ya mbak. Aku pernah baca juga nih kalau ibu hamil makan untuk dua orang itu mitos yang benar harus tetap memperhatikan asupan jangan sampai kelebihan berat badan juga.

  20. Uwwh..aku gak pernah aturan kalo pas hamil, kak…
    Parah banget siih…semuanya di “embat” kaya monster lapar.
    Hiiiks~
    Ternyata ada aturannya yaa..agar sehat dan terpenuhi gizinya, bukan hanya kenyang.

  21. Waktu hamil dulu, saya nggak menggunakan kalkulator hamil padahal aslinya perlu banget agar tahu riwayat kesehatan selama hamil
    Jadi kalau anak sakit bisa jadi bahan referensi tracking dari ibunya.

  22. Informasi penting banget ini buat kau Kak, hehehe kalo ntar hamil jadi puna persiapan. Asikk
    sekarang jamannya sudah canggih. Biar tetap ideal jadi ibu hamil

  23. Bermanfaat banget nih Mbak. Aku termasuk yang overweight. Kuatir banget kalau kelebihan berat badan saat hamil. Cara menghitungnya ternyata gampang juga ya. Jadi bisa cek sendiri berat badan ideal selama hamil. Terima kasih infonya, Mbak.

Tinggalkan Balasan