3 Cara Mudah Cek NPWP Pribadi Online 

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah salah satu nomor penting baik bagi individu ataupun perusahaan. Ketentuannya telah diatur dalam peraturan pemerintah berdasarkan penghasilan tertentu. Profesi tertentu termasuk perusahaan diwajibkan memiliki NPWP untuk pembayaran pajak dan pelaporan tahunan. Pembuatan NPWP ini gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun. Nantinya NPWP ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan administrasi. 

Setelah pendaftaran, kita juga harus melakukan pengecekan untuk memastikan nomor dan status pendaftarannya. Apalagi bagi pemilik yang lupa membawa kartu dan sama sekali tidak hapal nomornya. Sebagai solusinya, bisa  loh mengecek NPWP secara online, apalagi nomor ini sifatnya rahasia dan tidak bisa sembarang dilihat publik. Pemerintah sendiri telah menyediakan beberapa pelayanan secara online untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek NPWP pribadinya. Pengecekan online ini juga bisa juga dilakukan untuk mengetahui apakah NPWP kita sudah aktif atau belum. NPWP ini nomor yang bersifat rahasia, jadi hanya yang berkewajiban saja yang bisa mengaksesnya. 

Boleh Baca Juga : Solusi Lengkap Perlindungan Syariah

Berikut dibawah ini 3 cara cek NPWP pribadi online, diantaranya yaitu :

1. Cek NPWP Pribadi Dengan Aplikasi

Aplikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) online adalah aplikasi yang dikelola langsung oleh Pemerintah untuk memfasilitasi pembayaran serta pelaporan melalui e-filling. Tentunya termasuk juga untuk mengecek NPWP terdaftar. Berikut dibawah ini beberapa langkah cek NPWP pribadi dengan aplikasi :

  • Membuka aplikasi DJP.
  • Mendaftarkan akun dengan mengisi beberapa form.
  • Memilih bagian dashboard.
  • Aplikasi DJP akan menampilkan identitas pemilik dan nomor NPWP. 

Jika tidak muncul, maka kemungkinannya nomor kita belum aktif. Untuk memastikannya, bisa mengunjungi langsung kantor layanan pajak di daerah maisng-masing ya… 

2. Cek NPWP Pribadi Melalui Website Resmi

Selain aplikasi, cara lain untuk cek NPWP adalah melalui website resmi yaitu ereg.pajak.go.id. Berikut di bawah ini beberapa langkahnya : 

  • Membuka halaman website ereg.pajak.go.id.
  • Mengisi kolom yang telah disediakan dengan lengkap dan detail, tunggu beberapa detik. 
  • Jika NPWP masih aktif, maka kolom akan mendeteksi pemiliknya. Sebaliknya jika tidak  muncul, maka kita harus mengkonfirmasi langsung ke kantor pajak wilayah terkait. 

Di halaman website tersebut, kita juga bisa memeriksa informasi tentang pajak serta layanan lainnya sebagai fasilitas pendukung jika dibutuhkan. 

Mampir kesini juga boleh : Pengiriman Barang yang Cepat dan Murah

3. Cek NPWP Pribadi Melalui Email

Terakhir, juga bisa memanfaatkan email untuk cek NPWP pribadi dengan cara mengajukan permohonan ke pengaduan@pajak.go.id. Caranya mudah, cukup menuliskan identitas berupa nama serta nomor identitas dengan jelas dan lampirkan juga permohonan berupa cek nomor NPWP. 

Estimasi waktu untuk menunggu konfirmasi dari layanan pajak membutuhkan waktu beberapa jam, atau dalam hitungan hari. Sebaiknya pengajuan permohonan dilakukan pada jam kerja supaya lebih cepat mendapat respon. 

Itulah beberapa opsi cara cek NPWP pribadi online yang bisa kita pilih. Dari beberapa opsi diatas, sebaiknya kita lebih memprioritaskan pengecekan di DJP online sebagai layanan utama. Selain itu juga Pemerintah merancang DJP untuk mendorong kesadaran masyarakat akan kewajiban pajak dan laporan tahunan (SPT). 

Jika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi tidak berhasil, maka satu satunya cara yang harus ditempuh adalah dengan mendatangi langsung kantor pajak. Jika nomornya hilang, bisa mengajukan permohonan pencetakan ulang dengan mengisi formulir. Pastikan kita membawa identitas pribadi berupa KTP sebagai lampirannya. Pencetakan ulang ini juga gratis atau tidak dipungut biaya.

23 Replies to “3 Cara Mudah Cek NPWP Pribadi Online ”

  1. Nah, NPWP ini penting banget, apalagi buat yang memiliki usaha. Keingetan dulu aku bagian bikin NPWP perusahaan, trus yang personalnya, ke sana sini pake salah alamat pula duh. Terkecoh sama nama kantor pajaknya padahal bukan di daerah situ, hahaa.
    Jaman sekarang enak bisa serba online, sangat dipermudah, apalagi adanya aplikasi ya Mba, bisa diakses dimana aja tanpa kemana mana,

  2. penting banget nih informasinya, jadi gak usah repot-repot ya datang langsung cukup cek online aja deh

  3. NPW aku udah lama gak aktif sejak gak kerja dulu nih, sekarang ikut suami aja. Ternyata sekarang bisa cek NPWP secara online ya makin praktis aja

  4. Lebih mudah Cek NPWP Pribadi Melalui Website Resmi sih ya. Pakai aplikasi kan kadang keberatan di ponsel. Kalau perempuan lebih simpel karena bisa nebeng pasangannya

  5. Aku pribadi belum punya NPWP nih… tapi artikel ini bagus untuk nambah wawasan aku tentang NPWP. Jadi selama ini hanya paksu yang punya NPWP. Kadang suka nanya-nanya gitu sih ke paksu tentang NPWP ini.

  6. Saya pengen gabung dengan NPWP punya suami, satu kartu dua nama gitu, Mbak Dian. Ke kantornya ribet, pernah datang ke sana ealah, petugasnya gak ada di tempat. Akhirnya gak balik2 lagi deh sampai sekarang. Eh malah curhat wkwkwk.

  7. makasih sharingnya mba incase kelupaan ga bawa kartu NPWP atau ktinggalan contekan npwp pas butuh bisa ngecek secara online yaa.
    akusih simpen di hp sih no-nya

  8. Seneng nih kalau bisa online. Jadinya lebih praktis. Apalagi saya suka malas ke sana-sini. Mendingan cek dari rumah aja

  9. Wah jadi keingetan kalau punya NPWP, heuheu.. Btw kalau udah lama resign, apa masih aktif ya mbak?

  10. Segampiiill itu ya mba
    content creator uga wajib punya NPWP lho.
    soale beberapa agency sering minta ya

  11. Aku masih ikut suami nih NPWP nya soalnya sudah lama ngga kerja kantoran. Praktis ya bisa cek via web dan aplikasi mbak.

  12. wah pas banget aku mampir ke postingan ini
    kebetulan aku da punya npwp mbak, tapi hilang..
    bisa ya buat minta cetak lagi,tapi klo cetak harus ke kantor pajak ya mbak

  13. Senangnya layanan publik kini makin membaik termasuk di Dirjen Pajak terkait pengajuan NPWP pribadi ini. Di mana estimasi waktu untuk menunggu konfirmasi dari layanan pajak saat proses pengajuan membutuhkan waktu beberapa jam, atau dalam hitungan hari saja. Keren ini!

  14. Punya npwp krn dulu diwajibkan kantor sekarang udah ga ngantor blm pernah cek lg tp kayaknya masih aktif krn klo d minta npwp sm agensi job ngeblog msh bisa . Btw makasih sharingnyab

  15. Heuheuu…aku ang ga aware masalah NPWP karena merasa gak perlu membayar pajak sebagai Ibu berpenghasilan tidak menentu.

    Tapi kalau caranya mudah, asik juga yaa..

  16. Jujur saat ini saya makin bahagia dengan adanya layanan pajak yang udah by online. Bukan hanya buat pengecekan NPWP kita aja, tapi untuk bikin faktur pajak juga udah sistem online. Udah ada barcodenya gitu. Makin memudahkan.

  17. Keren perkembangan teknologi membuat semua dimudahkan, termasuk mengecek NPWP gini ya. Aku biasanya minta tolong temen di kantor pajak, sekarang sudah bisa mengecek sendri.

  18. iya juga ya aku tuh gak pernah cek npwpku sama sekali loh, mau ah aku cobain ini step-stepnya.

  19. Terima kasih Mbak informasinya sangat diperlukan apalagi kalau mengisi formulir NPWP sukanya nyelip jadi bingung akhirnya nyimpan di email.

  20. Teternyata cek npwp bisa online ya mba hihi saya baru ttahu, jadi lebih simpel dan bisa dirumah, apalagi sedang pandemi gini, menghindari keluar rumah apabila ga penting

  21. Aku punya npwp dan kartunya entah di mana. Untung sempat motojadi kalau ditanyain tinggal kaih itu. Aku mau cetak ulang kartunya ah. Mumpung gratis hehehe

  22. Wah kalau bisa online gini lebih praktis ya..apalagi masa pandemi begini. Apa apa lebih nyaman online deh

Tinggalkan Balasan