Kontribusi Sosial Astragraphia untuk Industri Kreatif

Sejak pandemi melanda seluruh dunia mulai akhir 2019, aktivitas perekonomian seperti terhenti. Pandemi bagai tsunami yang meluluhlantakkan apa saja tanpa pandang bulu. Bukan saja usaha kecil skala mikro, bahkan perusahaan raksasa pun bertumbangan. Tapi kondisi sulit tidak melemahkan langkah untuk tetap bertahan bahkan tetap saling menolong. Setidaknya itulah yang dilakukan PT Astra Graphia Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang printing dan digital services.

Dampak Pandemi bagi Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif

Pariwisata salah satu yang terdampak fatal pandemi

Sebelum saya menceritakan tentang apa saja yang dilakukan Astragraphia sebagai bentuk kontribusi sosialnya, sedikit saya kulik dulu deh tentang dampak pandemi terutama di sektor pariwisata dan industri kreatif ya… Atau sebenarnya sudah dipahami bersama dahsyatnya sektor ini terpukul oleh pandemi. Semua tampat pariwisata tidak beroperasi atau tidak menerima pengunjung selama beberapa bulan.

Tidak beroperasinya usaha di sektor pariwisata berefek domino pastinya…Ada usaha-usaha penopang yang ikut ambruk..mulai dari kuliner, fashion, kriya, dll.  Belum lagi pelaku-pelaku seni yang memang hanya mengandalkan pendapatan dari atraksi-atraksi di tempat wisata. Nyesek banget ya kalo kita mengingat-ingat dampak pandemi ini di sektor pariwisata.

Tapi memang kita gak bisa memungkiri kalau kita gak terlalu berani berwisata sebebas sebelumnya. Meskipun kita yakin setiap tempat wisata pasti berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan sebaik mungkin. Tapi kadang ada saja ulah pengunjung yang tidak disiplin dan melanggar protokol kesehatan. Jadinya ya seperti yang kita takutkan..penularan virus tak terelakkan. Naudubillahimindzalik ya…. Semoga kita selalu sehat dan bisa beraktivitas seperti dulu kala….

Nah untuk membantu UMKM yang selama ini menopang sektor pariwisata ini lah…Astragraphia fokus memberikan bantuan berupa pembinaan SDM sehingga makin berdaya saing karena mereka tidak lagi mengandalkan pemasaran produknya secara offline.

Boleh mampir baca disini : Berwisata di Masa Pandemi

Kelas ASIK dari Astragraphia

Yap…Kelas ASIK atau Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif ini adalah bagian dari kegiatan kontribusi sosial Astragraphia untuk pilar kewirausahaan. Pilar lainnya apa aja?Ada pilar pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. Untuk Kelas ASIK yang berlangsung sepanjang tahun 2020 merupakan perwujudan semangat Astragraphia dalam mendukung industri kreatif secara daring di masa pandemi. Kelas ASIK bertujuan menjadikan produk para pelaku usaha mikro dan kecil di industri kreatif berdaya saing, go-online, dan naik kelas.

Ada 5 kelas yang sudah berlangsung, yaitu :

  • Competence Aid Program (CAP), 12 Mei 2020
  • Ngobrol Pinter, 25 Juni 2020
  • Kelas Online Kreatif, 7 Juli 2020
  • Kelas ASIK Jogja, 30 September 2020
  • Kelas ASIK Sumsel Babel, 10 Desember 2020

Penerima manfaat kontribusi sosial #Astragraphia ini adalah UMKM sub sektor fashion, kuliner, dan kriya. Untuk materi pelatihannya antara lain, teknologi digital printing, aplikasi kreatif untuk kemasan dan label, dan promosi online (copy writing, foto produk, promosi media sosial).

Selain mendapat ilmu yang berharga banget untuk bisnisnya, para peserta juga mendapatkan fasilitas publikasi profil Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di website OFiSKITA, dan cetak materi promosi (kartu nama, sticker/ label, brosur, dan lain-lain) juga melalui portofolio bisnis anak usaha AXI, www.printqoe.com, maupun graphic art partner Astragraphia Document Solution. Luar biasa !

Sekilas tentang Astragraphia nih ya manteman…. PT Astra Graphia Tbk adalah perusahaan publik yang didirikan pada tahun 1975 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1989. Sebagai pilar bisnis Astra Group di bidang teknologi informasi, Astragraphia fokus pada ruang lingkup bisnis Printing and Digital Services dan memiliki dua entitas anak, yaitu PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) dan PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI). Astragraphia juga punya media komunikasi digital yang menaungi seluruh portofolio bisnis grup Astragraphia yakni www.ofiskita.com. Astragraphia memiliki portofolio bisnis Document Solution dengan mitra eksklusif Fuji Xerox, menghadirkan solusi end-to-end mulai dari kebutuhan cetak personal, perkantoran, graphic art hingga managed print services.

Entitas anak AGIT, melayani kebutuhan Solusi Teknologi Informasi, khususnya Digital Services melalui kolaborasi dengan mitra bisnis kelas dunia maupun solusi sendiri yang mencakup hardware, software, services. Kemudian entitas anak AXI, hadir sebagai One Click Office Solution dengan menyediakan solusi segala kebutuhan kantor melalui AXIQoe.com yaitu layanan e-commerce B2B dan B2G terdepan di Indonesia, PrintQoe.com yakni layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, serta CourierQoe yang merupakan layanan logistik dan distribusi bagi B2B dan B2G.

Mampir Baca Kesini Juga Ya… : Pusat Investasi Pemerintah

Blogger Gathering Astragraphia

Informasi tentang kontribusi sosial Astragraphia ini saya dapatkan saat blogger gathering 17 Desember 2020. Hadir dalam event virtual ini Ibu Melinda Pudjo – Chief of Corporate Communications Astragraphia. Kepada semua peserta yang hadir bu Melinda menegaskan, “Keterbatasan dalam melakukan aktivitas kontribusi sosial secara luring di masa pandemi tidak menghalangi Astragraphia untuk tetap dapat melaksanakan program kontribusi sosial untuk pelaku usaha mikro dan kecil. Secara cepat dan kreatif, melalui implementasi teknologi digital, Astragraphia menjalankan rangkaian program Kelas ASIK dalam bentuk pelatihan daring mengenai teknologi digital printing, aplikasi kreatif untuk kemasan/label produk, dan juga online promotion.”

Selain Bu Melinda, ikut juga dalam blogger gathering ini ibu Novi Kurnia Setiawati, owner Abon Sapi Cap Koki, salah satu peserta Kelas ASIK Batch 1. Menurut Bu Novi,  edukasi dari Astragraphia memberinya wawasan baru untuk berkreasi menciptakan kemasan yang menarik untuk produk abonnya. Pengenalan teknologi digital printing juga membuatnya punya pilihan untuk mencetak personalisasi stiker/label berkualitas tinggi dalam jumlah yang fleksibel sesuai kebutuhan. Selain itu, fasilitas publikasi profil usaha di kanal digital OFiSKITA milik Astragraphia juga sangat membantu Bu Novi dalam memperluas pasar.

Ada juga peserta Kelas ASIK lainnya yang hadir melalui rekaman video, yaitu Elizabeth Susan, owner Nostra Gallery, dan putrinya, Natalia Stella Nostra, pemilik dari Jingga Craft. Keduanya memproduksi kerajinan berbahan kayu dan kain. Bentuknya macam-macam, contoh produk yang saya dapatkan adalah alat makan berbahan kayu yang eksklusif banget…dan masker yang terbuat dari kain yang melalui proses eco printing… Produk-produk yang sangat berkualitas gaes…

Bingkisan produk peserta Kelas ASIK

Wahh jadi bloggernya dapet contoh produk juga nih? Alhamdulillah iya… Termasuk contoh produk abon sapi Cap Koki buatan Bu Novi…

Well…Saya punya harapan besar banget pandemi ini segera berakhir ya manteman…kita semua selamat dari paparan virus ini.. Perekonomian juga kembali stabil..semua usaha bisa bergerak kembali…. Semoga Kelas ASIK sebagai kegiatan #CSRAstragraphia bisa diselenggarakan untuk daerah lainnya juga…dengan jangkauan peserta lebih banyak lagi ya… Amin…..

40 Replies to “Kontribusi Sosial Astragraphia untuk Industri Kreatif”

  1. Abon dan bawang gorengnya enduulll enak paraahh

    Dan aku saluutt bgt ama Astragraphia karena concern dgn UMKM dan memberikan support luar biasa lewat Kelas ASIK ini yak

  2. Kayaknya aku kenal deh bakgron di foto atas hihihi… Bener nih sektor pariwisata paling kena dampaknya. Selain di Bali, temen-temen di Bandung yang kerjanya di dunia pariwisata juga terdampak. Sedih, ya. Pengen nolong tapi kalau dateng ke lokasi wisata aku juga masih menahan diri.Program Astragraphia ini keren. Mau juga dong bingkisannya. Lucu-lucu

  3. kemasannya jadi keren-keren ya mbak
    salah satu tantangan pengusaha kecil (apalagi kecilll banget) memang pada kemasan ya.
    Teringat snack anak-anak di minimarket itu, seringkali kemasannya lebih heboh dari isinya hehehe
    the power of kemasan deh 🙂

  4. Aamiin,
    Aku mau juga abon sapinya atulaah, enak buat makan sama nasi angeet.
    Btw kelas ASIK ini emang membantu banget buat mereka pelaku UMKM, semoga membantu kembali memulihkan perekonomian Indonesia
    SAlut sama Astagraphia dengan programnyaa, sukses selalu yaa.

  5. luarbiasa kepedulian astragraphia pada UMKM mampu memberikan support luar biasa, supaya mereka bisa makin maju dan berjaya

  6. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan ekonomi kembali stabil selain itu bekal ilmu dari astragraphia pastinya semoga bisa berguna saat ini di masa pandemi.

  7. Membaca PT. Astragraphia langsung teringat zaman waktu masih kerja dulu. Karena dulu kantor menyewa alat mesin fotokopi di perusahaan ini juga.

    Ternyata mereka ikut andil dengan berkontribusi sosial bersama pelaku UMKM di tengah pandemi ini, salut!

  8. wah senangnya bisa ikutan acara yg bermanfaat ini mbak
    ini langkah yg tepat ya buat membantu pelaku umkm biar tetap survive

  9. Masa pandemi begini
    Selain optimis, kreatif penting banget ya
    Duhhh asik2 programnya

  10. Abonnya endeusss
    anakku demen bgt wkwkwk

    Kece bgt ya kontribusi ASTRAGRAPHIA ini
    mendukung UMKM Indonesia untuk bangkit dan berdaya!

  11. Abon sapinya yang bikin ngiler, secara favorit banget itu bagiku mbak. Acara macam begini seru ya walaupun nggak bertatap muka secara langsung. Semoga pariwisata di Indonesia segera membaik

  12. Dulu waktu masih kerja kenal banget dengan Astagraphia. Ternyata besar juga ya perananannya di industri kreatif apalagi masyarakat Indonesia juga kreatif sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang unik dan memiliki daya jugal. Lucu-lucu ya hasul kerajinan berbahan kayunya

  13. Keren banget nih Astragraphia membantu umkm tetap bertahan di masa pandemi ya jadi saling bantu gotong-royong, kelasnya pun bermanfaat banget

  14. Kapan lagi ada kelas jadi pengen ikutan. Keren sekali kontribusi yang diberikan Astragraphia ini ya. Mendukung sekali 🙂

  15. Pandemi memang memukul telak para pelaku usaha UMKM dan Pariwisata. Untungnya Astragraphia ini selalu concern dalam memberdayakan pelaku UMKM biar makin maju.

    Pengen nyicipin abon sapinya Bu Novi. Kayaknya enak banget 🤤🤤

  16. Andrew Pradana says: Balas

    wah asyik juga nih jika memiliki industri kreatif. Bisa dapat binaan atau pelatihan dari Astragraphia. Memang kontribusi di tengah pandemi ini sangat berharga sekali mba.

  17. Upaya seperti ini musti didukung, agar UMKM bisa survive di segala situasi. Dan menemukan inovasi, ditengah masa pandemi.

  18. Apakah ini kelasnya khusus untuk pelaku UMKM atau terbuka untuk umum, mba?

  19. Wah, keren banget ini program Astagraphia. Membantu para pemilik UMKM untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan belajar copy writing dll

  20. Pertanyaan aku nih, Diane .. k alau udah diberi program bantuan kelas daring dan luring, apakah Astra Graphia juga memberi bantuan modal?

  21. Saluuutt sama PT Astra Graphia Tbk.
    Dengan menggandeng UMKM ini…sebenarnya sudah sangat membantu yaa..
    Semoga semakin laris manis dan ilmunya mantap menemani para pengusaha di tengah pandemi.

  22. Whuah kelas yang diadakan bagus2 semua ya mbak. Apalagi souvenir dari kelas tsb juga menarik gini. Makin semangat ikut kelasnya

  23. Sesuai namanya, kelasnya asyik ya dan banyak memberi insight buat pesertanya. Senag deh kalau perusahaan meniru konsep AStra menggunakan CSR mereka untuk kegiatan produktif dan inovatif begini, jadi ada nilai tambahnya juga, meski bantuan segar juga banyak manfaatnya.

  24. Keren banget yaa banyak kelas bermanfaat untuk UKM, jadi semangat untuk memulai usaha nih hehe

  25. Wah kok Astagraphia keren sih..seneng dh sekarang bayak yang concern dengan industri UMKMsemoga akan terus berkelanjutan ya… aamiin

  26. Sekarang kualitas produk UMKM bagus-bagus.
    Apalagi sejak ikut kelas ASIK dari Astragraphia makin inovatif dan kreatif memasarkan produk di dunia maya.

    Setelah sekian lama sekarang, kategori Kriya banyak dilirik orang buat berbenah rumah.

  27. Lihat foto di atas langsung kangen sama Bandung, hihihi. Dan sektor pariwisata memang yang terkena dampaknya secara langsung, ada juga pedagang-pedagang di sekitarnya yang ikutkena.
    Btw, Astragraphia keren nih dengan program-programnya.

  28. Senang ya nama besar Astra yang makin besar ketika dapat bersinergi dengan pelaku pelaku UMKM yang secara perekonomian memberi masukan yang tidak dapat dianggap kecil untuk era saat ini

  29. Kelasnya memang beneran asik ya hehe.. apalagi mendapat bingkisan produk UMKM yg keren. Semoga programnya benar – benar membantu UMKM kita

  30. Keren deh CSR Astragraphia ini. Pilar-pilarnya sangat bermanfaat di masa kayak sekarang. Terutama pilar Kewirausahaannya. Bisa nambah skil para pesertanya. Jadi bisa bikin ladang kerja yang baru. Semoga ke depannya semakin banyak ya programnya. Dan cakupannya juga semakin luas.

  31. Semoga dengan pelatihan2 kyk gini UMKM banyak terbantu ya mbak.
    Terutama soal kemasan nih, aku sendiri sebagai konsumen kalau kemasan produknya bagus biasanya akan pilih itu duluan hehe

  32. Keren banget kegiatannya, lumayan untuk mendorong insan-insan untuk aktif berwirausaha dan memberi inspirasi.

  33. Bapak saya kerja di bidang pariwisata sebagai tour guide dan kerasaaaaaa banget Mak dengan dampaknya. Sedih banget, jujur, karena saya mendadak harus jadi tulang punggung keluarga satu-satunya. Tapi Alhamdulillah, saya masih bisa kerja dan freelance, ibu bikin usaha jualan kecil-kecilan dan bapak ikut bantu. Memang UMKM masih selalu jadi harapan penggerak roda ekonomi Indonesia. Semoga keadaan juga ikut membaik ya Mak :’))

  34. Pandemi telah memporak-porandakan berbagai lini kehidupan tidak terkecuali perekonomian yang berimbas juga sama para UMKM.
    Program keren ya..inovatif dengan terus mendukung para perintis usaha untuk tetap semangat berjuang

  35. Produk KUKM yang “terkesan biasa saja” setelah ikut pelatihan Astragraphia jadi wah banget ya pengemasannya. Teknologi printingnya bener2 canggih dan kelas ASIK juga mengajari bagaimana packaging produk yang baik.

  36. bermanfaat banget kelas ASIK ini. Soalnya UMKM kita walaupun produk bagus berkualitas, enak, kemasannya masih gitu2 aja kurang menarik. Pelatihan kelas ASIK membuat produk UMKM menjadi menarik!

  37. Kelas ASIK Astragraphia yang sangat bermanfaat bagi UMKM dan industri kreatif tanah air semakin maju.

  38. Waah asik blogger juga dot contoh2 produknya yaa, programnya Astragraphia ini keren juga yeah, ada kelas2 dgn materi yg cukup bermanfaat juga untuk keseharian para pelaku umkm

  39. Nurul Mutiara R.A says: Balas

    Iya sih kak, sektor wisata itu hantamannya kerasa banget setelah pandemi ini terjadi. Beberapa kawan yang awalnya lagi merintis UMKM yg memyediakan oleh2 utk para wisatawan juga cukup kebingungan.

    Good lah utk Astragraphia yang mau mendukung bangkitnya UMKM. Bagus sih ini programnya

  40. Aamiin ya Allah mendoakan hal yang sama Kak.
    Produknya cakep-cakep banget Kak. Keren senangnya punya.
    Semoga UMKM tidak menyerah dengan kondisi seperti ini. Astragraphia keren pengen join deh.

Tinggalkan Balasan