6 Cara Menjaga Kesehatan Janin

Kesehatan dari janin merupakan hal yang paling penting bagi ibu hamil. Salah satu faktor utama janin yang sehat adalah makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu merupakan makanan yang sehat dan baik untuk perkembangan janin. Bagi yang sedang bingung bagaimana cara menjaga kesehatan janinberikut ini cara-caranya ya..

Sumber Gambar : Klikdokter

1. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk janin. Antioksidan melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan. Sebaiknya pilihlah sayuran berwarna hijau gelap, pepaya, bluberi, dan tomat untuk sumber antioksidan paling tinggi. Buah-buahan juga dinilai dapat membuat janin cerdas. Sebelum mengonsumsi buah dan sayur jangan lupa untuk selalu untuk mencuci buah dan sayur hingga bersih.

2. Waspada merkuri

Walaupun ikan memang bagus untuk otak bayi, tapi kita tetap harus berhati-hati. Kontaminasi merkuri pada beberapa jenis ikan bisa berbahaya untuk ibu hamil. Semua ibu hamil harus menghindari konsumsi ikan hiu, king mackerel, dan todak karena mengandung merkuri tingkat tinggi. Beberapa pilihan ikan rendah merkuri antara lain salmon, udang, dan lele. Meski mengonsumsi variasi ikan yang tergolong aman, para ibu hamil harus tetap membatasi konsumsi semua jenis ikan hingga 340 gram per minggu.

3. Vitamin 

Meminum vitamin akan membantu bumil mendapat nutrisi seimbang yang janin butuhkan seperti asam folat dan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah, vitamin C untuk memproduksi kolagen, vitamin D untuk pembentukan tulang, dan zinc untuk perkembangan otak. Kalau vitamin yang dikonsumsi mengganggu perut, sebaiknya coba meminumnya disertai makanan, atau konsultasikan pada dokter untuk mengganti merknya.

4. Konsumsi makanan mengandung omega 3

Salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan. Ini bisa meningkatkan kekuatan otot bayi. Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak ikan yang dikonsumsi wanita selama trimester kedua, maka semakin tinggi nilai bayi pada tes perkembangan mental di usia 6 bulan. Bila kita memilih untuk tidak mengonsumsi ikan, konsultasikan ke dokter tentang perlunya minum suplemen minyak ikan ya…

5. Jaga berat badan

Pasti pernah mendengar orang mengatakan kalau ibu hamil harus makan untuk dua orang. Padahal saran tersebut tidaklah benar karena akan membuat berat badan bertambah terlalu banyak selama hamil. Kalau hal ini terjadi, kemungkinan melahirkan prematur semakin besar. Bayi yang lahir terlalu dini juga bisa mengalami kesulitan belajar.

Persalinan prematur adalah faktor paling berisiko untuk masalah mental si kecil. Ada keterkaitan antara berat lahir, nilai IQ, dan prestasi sekolah. Bayi yang lahir prematur tidak bisa mendapat gizi yang sudah disiapkan plasenta dan nantinya lebih rentan terkena infeksi. Untuk menjaga berat badan selama hamil agar tetap sehat, para ibu hamil bisa mengikuti hal dibawah ini nih… : 

  • Kalau memiliki berat badan normal, tambah berat sekitar 11 sampai 15 kg.
  • Kalau kelebihan berat, tambah sekitar 11 sampai 15 kg.
  • Kalau memiliki berat badan Ibu kurang, tambah sekitar 12 sampai 18 kg.

6. Konsumsi susu

Kalsium merupakan kandungan yang penting yang harus kamu konsumsi selama kehamilan karena membantu membentuk tulang dan gigi yang kuat. Produk susu, seperti keju dan yoghurt, menjadi sumber kalsium yang baik, tapi ada beberapa variasi yang perlu dihindari selama hamil. Susu dan keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak melewati proses pasteurisasi harus dihindari karena bisa mengandung bakteri.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang menjaga kesehatan janin ini…. Salam sehat selalu.

One Reply to “6 Cara Menjaga Kesehatan Janin”

  1. […] berat badan selama masa kehamilan ini bertujuan untuk menjamin keselamatan ibu dan janin selama kehamilan, persalinan, ataupun setelah persalinan […]

Tinggalkan Balasan