Rangkuman Nama Bayi Laki-Laki dari Bahasa Sansakerta 

Sumber Gambar : The Asianparent.com

Kehadiran seorang anak lucu dan mungil sangat didamba-dambakan oleh semua orang tua. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua dalam menyambut kedatangan sang bayi adalah memilih nama bagi bayi tersebut. Memang mencari nama bayi itu tidaklah mudah dan tidak bisa sembarangan juga ya… Karena nama ini akan terus melekat pada anak seumur hidupnya. Sehingga pemberian nama itu harus dipikir secara matang-matang.

Bahasa Sansakerta bisa kita gunakan untuk dijadikan referensi nama bayi laki-laki dan perempuan. Tapi kali ini saya kan share tentang nama bayi laki-laki dulu ya… Berikut ini beberapa nama bayi laki-laki dari bahasa Sansakerta yang bisa dijadikan referensi :

1. Asoka Birendra Ekata

Asoka ini artinya tanpa duka, Birendra artinya pemimpin, sedangkan Ekata artinya anak sulung. Semoga dengan menggunakan nama ini semoga kelak menjadi seorang laki-laki sulung  yang tanpa duka, menjadi seorang pemimpin, dan berani.

Asoka : Tanpa duka

Birendra : Pemimpin pada ksatria

Ekata : Anak sulung

Bisa Dibaca juga : Menyiapkan PTM

2. Arya Candra Kripala

Arti dari Arya adalah terhormat, Candra artinya bulan, sedangkan Kripala artinya lembut perasaannya. Dengan menggunakan nama ini semoga menjadi seorang anak laki-laki yang terhormat, wajahnya bercahaya seperti rembulan di malam hari dan memilki perasaan yang sangat lembut. 

Arya : Terhormat

Candra : Bulan

Kripala : Lembut perasaannya

3. Janu Nawasena Rajendra

Janu memiliki arti kekuatan hidup, Nawasena artinya masa depan yang cerah, sementara Rajendra artinya raja semua raja. Nama dari bahasa Sansakerta ini kesannya sangat gagah ya… dan menggambarkan sosok yang tangguh. Cocok untuk diberikan pada bayi laki-laki. 

Janu : Kekuatan Hidup

Nawasena : Masa depan yang cerah

Rajendra : Raja semua raja

4. Sagara Wira Udayana

Arti dari nama Sagara adalah bagaikan lautan, Wira artinya berjiwa ksatria, sedangkan Udayana artinya kebangkitan/nama Raja dari Bali. Semoga dengan menggunakan nama ini kelak akan menjadi seorang laki-laki yang berjiwa ksatria, dan terhormat seperti seorang Raja.

Sagara : Bagaikan lautan

Wira : Berjiwa ksatria

Udayana : Kebangkitan, nama Raja dari Bali

5. Yasodana Wasa Utama

Yasodana ini memiliki arti kaya dan terkenalm Wasa artinya lelaki yang tabah hatinya, dan Utama artinya pria terbaik. Nama dari bahasa Sansakerta ini cukup keren sehingga cocok untuk disematkan pada bayi laki-laki anda. 

Yasodana : Kaya dan terkenal

Wasa : Lelaki yang tabah hatinya

Utama : Pria terbaik

6. Sanjaya Nakula Mahesa

Sanjaya sendiri artinya diberkahi kejayaan, Nakula artinya semanis mangga/satria keempat Pandawa, dan Mahes artinya pemimpin yang hebat. Semoga dengan menggunakan nama ini kelak akan menjadi seorang laki-laki yang selalu diberkahi, berani seperti seorang ksatria dan menjadi pemimpin yang hebat.

Sanjaya : Diberkahi kejayaan

Nakula : Semanis mangga, satria keempat Pandawa

Mahesa : Pemimpin yang hebat

Bisa Mampir Kesini Juga Ya.. : Mengatasi Speech Delay

7. Dewananda Birawa Aditya

Dewananda artinya karunia Sang Pencipta, Birawa artinya nama lain dari Krisna, sedangkan Aditya artinya pandai dan bijaksana. Nama dari bahasa Sansakerta ini pas banget untuk bayi laki-laki yang diharapkan menjadi orang yang pandai dan bijaksana. 

Dewananda : Karunia Sang Pencipta

Birawa : Nama lain Krisna

Aditya : Pandai dan bijaksana

8. Candrakumara Hara Mahanta

Candrakumara artinya putra rembulan, Hara artinya penebus dosa, sedangkan Mahanta artinya pria perkasa. Nama ini bisa menjadi referensi bagi yang sedang mencari nama bayi laki-laki dari bahasa Sansakerta.

Candrakumara : Putra rermbulan

Hara : Penebus dosa

Mahanta : Pria perkasa

Gemana..bagus-bagus ya namanya…? Semoga diantara nama-nama ini ada yang cocok ya….

24 Replies to “Rangkuman Nama Bayi Laki-Laki dari Bahasa Sansakerta ”

  1. Naksir sama nama Janu Nawasena. Keren ih… Bisa jadi ide kalau nanti dikasih anak laki-laki lagi nih.
    Dulu ku juga hunting di google dulu buat ngasih nama anak

  2. Wih cakep2 namanya, persiapan ntar aja deh anak ke 3 semoga cowok…hehehe

  3. Aku kalau nanti punya anak kayanya mau pakai bahasa Jawa atau Sansekerta juga deh. Anak sekarang namanya aneh-aneh sih. Biar beda aja. Art juga gak kalah bagus

  4. Wah, bagus bagus sekali namanya. Makna dan artinya juga bagus. Banyak yang baru, jadi boleh juga ini aku rekomendasikan ke teman teman

  5. NAma2nya gagah semuaaa, kereen abiss, keknya kalo punya anak cowo tak kasih nama Asoka hihiii..

  6. Wah bagus2 ya namanya, nama nama itu sering aku liat pada nama orang2 Indonesia yang ternyata maknanya dalam sekali ya. Keren sekali sansakerta ini

  7. Bagus-bagus ya nama dan artinya. Dari semuanya itu saya paling sering dengar nama Arya dan Aditya. Ternyata artinya juga bagus

  8. jadi inget nama belakang anakku pakai bahasa sansekerta, iya emang keren-keren deh nama anak terinspirasi dari bahasa sansekerta

  9. OMG Mbae , baca ini, so i want have new baby, boy only, hahaha. Sudah punya anak tiga alhamdulillah tapi belum ada cowoknya

  10. nama nam yang bagus ini mbak..
    paling banyak kuketahui ya aditya ini.
    banyak tmnku yg namanya aditya

  11. Nama dari bahasa Sansekerta emang keren. Artinya juga bagus semua. Aku suka nama Rajendra, ternyata artinya raja dari segala raja. Wow.

  12. Bagus-bagus ya namanya. Selain bagus, sarat makna pula. Nama adalah doa. Dengan memberi nama yang bermakna pada anak, kelak harapan kita dapat terwujud. Amin

  13. Cita-citaku nih namain anak pakai bahasa Sansekerta. Hehe. Ponakanku seminggu lalu baru lahir, sayang udah punya nama duluan nih biasanya aku suka ikut sumbang nama kalo ada saudara yang baru lahiran. Hehe.

  14. Nama yang bagus-bagus nih. Nanti pas suatu saat hamil dan punya anak laki-laki lagi, bisa bisa nih jadi referensi.

  15. cakep cakep semua namanyaaaa.. artinya juga bagus bagus banget ya maaak.. Candrakuma yang paling terasa lucu dan unik yaaa

  16. Wah jadi pengen hamil, hahahaa
    Bagus semua rekomendasi nama-nama calon baby dalam bahasa Sansekerta. Aku simpan deh buat anakku kalo tahun depan bertemu jodohnya. Aku naksir yang Dewananda, cakep mbaak

  17. Cakep2 namanya ya.
    Zaman now kyknya nama anak makin bagus. Yg penting artinya baik ya mbak, krn nama adalah doa, insyaAllah dengan diberi nama yang baik anak akan tumbuh sesuai doa orang tuanya

  18. Waoooo…bagus-baguuuuss mbaaak 🙂
    Memang nama-nama sansekerta itu terasa megah gitu
    Etapi dulu malah nggak pakai nama-nama megah ini untuk anak-anak hehehe.

  19. Namanya bagus-bagus, Mbak. Nggak umum. Keliatan megah gitu. Anakku yang kecil namanya Aditya, aku tahunya artinya matahari. Ternyata juga bisa bermakna pandai dan bijaksana.

  20. Baca ini jadi angguk-angguk sendiri karena ada banyak yang jadi nama teman, nama anaknya teman, juga nama anak-anaknya keluarga. Udah ada beberapa nama yang saya tahu artinya, seperti: Candra, Mahesa, Udayana, dan Utama. Selebihnya, ya baru tahu artinya pas baca postingan ini.

  21. bahasa Sansekerta banyak dipakai yaa buat nama anak di Indonesia. Kalo milih namanya, ku pilih yang gampang ditulis deh supaya saat anak belajar baca tulis jadi mudah menulis namanya sendiri. hehe

  22. Nama-nama bayi dalam bahasa Sansekerta ternyata bagus-bagus ya. Artinya pun juga bagus-bagus. Coba dulu ya tahunya. Pasti aku namain anakku dengan salah satunya. 😀

  23. Mataku langsung tertuju pada Janu itu mbaaa, aamiin semoga anakku nanti laki-laki dan semuanya bagus-bagusss namanya Masya Allah

  24. Waaahh namanya bagus-bagus sekali ya, jadi pengen punya anak nih. Tapi nama-nama anak zaman now emang bagus-bagus artinya dan susah buatku menghafalnya.

Leave a Reply