Manfaat Konsumsi Diabetasol dan Olahraga untuk Menurunkan Gula Darah

Adakah yang menyukai aktivitas olahraga rutin? Atau sebaliknya termasuk golongan yang malas berolahraga? Heheh saya termasuk keduanya..kadang kalo kumat rajinnya…setiap hari olahraga. Tapi ketika lagi malas..woww…bisa berbulan-bulan tuh gak olahraga sama sekali. Padahal ya manfaat olahraga tu udah jelas banyak banget. Minimal badan dan pikiran jadi fresh. Nah…kalau badan dan pikiran fresh..ngaruhnya ke semuanya kan…termasuk kesehatan mental dan fisik.

Kebiasaan berolahraga memang harus dikondisikan sejak usia dini…agar terbiasa aktif berolahraga. Itulah kenapa saya memilih mengikutkan anak-anak club renang daripada club kegiatan lainnya.  Banyak sih pertimbangannya…salah satunya karena biar kalau udah gede gak mageran kayak emaknya 😀 Apalagi anak-anak juga dikondisikan untuk gak pilih-pilih makanan..termasuk nasi. Sejak kecil wajib ada menu nasi dan lauk pauknya.

Bener gak sih Olahraga untuk menurunkan gula darah?

Olahraga untuk menurunkan gula darah
Olahraga bareng anak-anak

Lo ya bener lah…memang salah satunya olahraga untuk menurunkan gula darah. Kadar gula yang tinggi pada darah potensial sekali bagi kita terserang diabetes. Tahu donk ya kalau diabetes ini efeknya kemana-mana…alias komplikasi. Bisa menimbulkan gangguan ginjal, bisa ke jantung, otak, duh serem kalau inget.

Manfaat olahraga lainnya ya untuk menurunkan kadar kolesterol, asam urat, lemak, melancarkan peredaran darah, dsb. Banyak donk ya manfaatnya..Makanya yukkk aktif berolahraga… 🙂

Kira-kira olahraga yang cocok apa ya…untuk menurunkan gula darah? Dari berbagai sumber..saya menyimpulkan beberapa jenis olah raga yang cocok nih untuk mencegah kita jadi dibetesi…

  • Jalan kaki/jalan cepat, nah ini olahraga yang paling mudah dan paling murah sih kalau menurut saya. Ya kan kita tinggal keluar rumah jalan kaki udah…durasi biasanya sekitar 30 menitan saja sudah cukup.
  • Jogging, kalau memungkinkan selalin jalan kaki kita bisa juga jogging. Jogging dengan cara yang tepat bisa membakar kalori cukup banyak loh meski dalam waktu yang relative singkat ( kurang dari 60 menit).
  • Aerobic, olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan media Youtube sebagai instrukturnya. Kalau punya waktu luang bisa juga ikut club aerobic agar lebih semangat lagi. Biasanya lamanya beraerobic sekitar 45 menit sampai 1,5 jam.
  • Yoga, olahraga ini tampaknya ringan…tapi bila dilakukan dengan sungguh-sungguh tinggkat pembakaran kalorinya juga besar loh…Hampir sama dengan aerobic, yoga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan panduan yang ada di Youtube bisa juga dengan ikut club.
  • Bersepeda, nah kalo yang ini kebetulan juga lagi trend ya… Sebenarnya sepeda apa pun yang penting bisa digowes, aman, dan lancar udah cukup. Gak harus pakai sepeda yang mahal kok..
  • Renang, olahraga ini bisa dilakukan di rumah juga sih kalau punya kolam renang (yaiyalah …). Kalau nggak ada, ya carilah kolam renang yang menurut kita aman dan nyaman. Biasanya berenang selama 1 jam saja sudah cukup banget untuk membakar kalori.

Nah adakah diantara macam-macam olahraga untuk menurunkan gula darah diatas yang jadi favoritmu? Kalo saya sih selama ini aerobic dan bersepeda. Aerobic karena tempatnya emang deket, di sebelah rumah ada sanggar senam. Kalau bersepeda, awalnya karena pengen nemenin anak-anak bersepeda bareng club renangnya sih… Gak pake sepeda yang mahal kok. Saya malah pake sepeda bekas jaman baheula yang udah terkubur di gudang selama belasan tahun hahah… Kalau anak-anak pake sepeda mini yang biasa dipake ke sekolah. Alhamdulillah kami bisa bersepeda dengan senang hati…

Apakah Olahraga saja Sudah Cukup untuk Mencegah Diabetes?

Hmmm..tentu tydack ya kaka… Pola makan, gaya hidup sehat…akan sangat membantu kita dalam mencegah diabetes. Olahraga hanyalah bagian kecil dalam sebuah lingkaran pencegahan diabetes. Pola makan seperti apa yang tepat? Ya minimal pemenuhan gizi seimbang ya… porsi nasi, sebagai sumber karbohidrat harus diseimbangkan dengan sumber gizi lainnya. Termasuk sayur, buah, dan sumber protein lainnya.

Bagaimana dengan yang sudah terlanjur terkena diabetes? Ya memang harus lebih ekstra hati-hati ya.. Berdasarkan pengalaman hidup di lingkungan pabrik gula (istilah yang umum digunakan diabetesi) pola makan memang harus dijaga sendiri. Misalnya konsumsi nasi jangan ugal-ugalan meskipun kita tahu nikmatnya nasi anget dan sambal terasi aja udah luar biasa ya… Apalagi kalau ditemani es buah atau es kekinian yang lengkap dengan butiran hitam yang kenyal…Behhh…udah lampu merah nih… 😀

Selain urusan makanan, gaya hidup juga sangat penting dijaga agar tetap sehat. Kadang beban pekerjaan atau kesibukan di rumah bikin kita lupa untuk menjaga diri agar tetap sehat. Sering begadang, sering stress..Ini semua pengaruh banget loh ke kesahatan kita…Apalagi yang memang punya penyakit diabetes..resiko gula darah naik sangat besar.

Memilih Nutrisi untuk Diabetes

Bersama Diabetasol, Sayangi Dia
Bersama Mama dan Papa

Karena gak bisa sembarangan makan dan minum…kadang kita jadi mikir nutrisi yang tepat untuk diabetesi ya.  Karena di rumah juga ada diabetesi, maka gak asing lagi deh buat saya untuk pemenuhan gizi dan nutrisi agar gula darah tetap aman. Ya ..papa saya memang diabetesi dan dari keluarga papa ini sebagian besar bermasalah dengan produksi insulin di tubuhnya. Masing-masing menerapkan cara yang berbeda-beda..ada yang mengandalkan suntik insulin, ada yang mengandalkan berpuasa untuk mengontrol gula darah. Sementara papa saya alergi kalau suntik insulin (hehe ini termasuk kasus langka loh…), jadi hanya memakai obat penurun gula darah dan menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang. Kalo aktivitas Alhamdullah di usianya yang 73 tahun masih aktif di usaha bengkelnya.

Ngopi… Jangan lupa pake sweetener Diabetasol

Diabetasol menjadi salah satu yang sudah membantu dalam menjaga pola makan. Diabetasol Sweetener Zero Calorie sudah biasa kami pakai untuk menikmati manis tanpa khawatir. Rasanya lebih enak dengan pemanis alami sorbitol, cocok banget dinikmati saat minum teh, kopi, jus, bahkan untuk memasak dan membuat kue.  Rasa sweetener Diabetasol juga nggak berubah pada suhu panas maupun dingin.

Selain sweetener bisa juga memakai Diabetasol Powder 2x sehari , 4 sendok takar per saji sebagai pengganti makan pagi dan malam. Pemakaian Diabetasol Powder ini untuk membantu menjaga gula darah lebih mudah.

Kenapa harus Diabetasol? Karenaa…banyak banget keunggulannya …sebagai nutrisi pengganti makan (meal replacement), Diabetasol yang diproduksi oleh Kalbe Farma ini diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diabetesi. Kompisisinya lengkap, antara lain :

  • Vitamin dan mineral (vitamin A,C,E, dan Zinc sebagai antioksidan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh)
  •  Sumber serat dan mengandung indeks glikemik yang relatif rendah
  • Sumber kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang
  • Vita Digest Pro yang mengandung isomaltulosa sebagai karbohidrat lepas lambat untuk membuat kenyang lebih lama dan menjaga gula darah.

Peringatan World Diabetes Day bareng Diabetasol

Pas banget tanggal 14 November ternyata diperingati sebagai World Diabetes Day (WDD). Nah tahun ini Diabetasol mengusung tema “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia”. Tema ini diangkat karena peran para caregiver sangatlah mempengaruhi kualitas hidup diabetesi. Misalnya saya sebagai anak yang udah gede gini, ya harus memperhatikan suguhan makanan untuk ayah saya jangan sampe mengkonsumsi nasi dalam jumlah banyak, makan/minum yang manis-manis secara berlebihan, dan kurang olahraga.

Sebelumnya pada tanggal 3 November 2020 saya juga ikutan webinar tentang Diabetes yang digelar Diabetasol lewat aplikasi Zoom ( live juga di Youtube dan Facebook Diabetasol). Acara ini bertabur ahli diabetes …ada 4, yaitu :

  • Prof. DR. dr. Ketut Suastika, Sp.PD. (KEMD) , Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).
  • Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp. PD. (KEMD), FACE , Executive Board Member International Diabetes Federation (IDF) Western Pacific Region (2009-2001, 20012-2015).
  • Dr. dr. Sony Wibisono, Sp. PD. KEMD,FINASIM , Presiden PB PersadiaTerpilih Periode 2020-2023.
  • Tunghadi Indra, Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition Kalbe Nutritional PT. Kalbe Farma.
Prof. DR. dr. Ketut Suastika, Sp.PD. (KEMD)

Dalam webinar yang berlangsung dari jam 10.00-12.00 WIB ini para nara sumber banyak mengungkapkan fakta tentang kecenderungan meningkatnya prevalensi diabetes (buat yang ketinggalan acara livenya bisa nonton rekamannya di channel Youtube : Diabetasol Indonesia). Prof. Ketut misalnya yang menyebutkan Indonesia berstatus waspada karena ada 10 juta lebih penduduknya yang diabet. Angka ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke-7 di dunia dengan penduduk paling banyak yang terkena diabet. Kebanyakan di Indonesia kasusnya diabetes type 2 yang disebabkan gaya hidup. Selain itu 34% dari pasien Covid-19 diketahui juga mempunyai penyakit diabetes. Itulah kenapa penyakit diabetes ini penting banget untuk dideteksi sejak dini ya…

Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp. PD. (KEMD), FACE

Sementara Prof. Sidarta pada awal webinar ini mengungkapkan pentingnya peran keluarga dalam membantu diabetesi dalam mengontrol pola makan, perencanaan olahraga, pengaturan obat, dan edukasi. Ada penelitiannya loh..kalo dukungan kekuarga yang postif itu mengarah pada control gula darah yang lebih baik. Yes..saya sih setuju banget dengan hasil penelitian ini… 🙂

Senada dengan narasumber lainnya, dr. Sony juga mengungkapkan perencanaan pengelolaan diabetes harus dilakukan secara bersama antara pasien dengan keluarga.

Dr. dr. Sony Wibisono, Sp. PD. KEMD,FINASIM

Rangkaian kegiatan kampanye yang diselenggarakan Diabetasol juga banyak loh… Selain webinar ada juga kulwap, konsultasi online dan offline, dan 13 seri edukasi virtual di 13 area (mencakup 21 kota besar di Indonesia) pada 9 dan 10 November 2020. Pada 9 November meliputi daerah Aceh, Medan, Pematang Siantar, Pekanbaru, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Sedangkan pada 10 November 2020 di daerah Balikpapan, Semarang, Malang, Denpasar, Manado, dll.

Tunghadi Indra, Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition Kalbe Nutritional PT. Kalbe Farma

Selain itu terkait dengan kondisi pandemi saat ini, Diabetasol juga akan memberikan APD serta produk Diabetasol kepada para caregiver bekerja sama dengan beberapa institusi kesehatan. Untuk mengetahui berbagai update tentang WDD dan terkait diabet lainnya bisa pantau terus deh website : diabetasol.com dan Instagramnya @diabetasol_id ya…

Jadi semangat juga pakai Diabetasol untuk melindungi keluarga dari diabet, rekomended lah sebagai total solusi nutrisi diabetesi.. Bersama Dia si Diabetasol ini saya jadi gak khawatir 🙂 Ada yang punya pengalaman dengan merawat diabetesi dan memakai Diabetasol juga? Yuk share di kolom komentar.

You may also like

62 Comments

  1. Papahku nih yang rajin mengonsumsi Diabetasol. Beliau memang menerita diabetes. Selain rutin minum suusnya, tentu gaya hidup dan pola makan mesti diajaga dengan baik. Olahraga yang ringan2 aja misalnya jalan kaki dan bersepeda pelan2.

  2. Teratur olahraga bisa menurunkan gula darah dan mencegah berbagai penyakit ya termasuk diabetes. Diabetasol terkenal banget untuk mereka yang menderita diabetes ya selain menjaga pola hidup sehat juga

  3. Para diabetesi ini memang dianjurkan banget untuk olahraga rutin ya mbak Dian. Ini agar kalori yang masuk tidak mengendap jadi gula.

    Btw, diabetasol emang nutrisi khusus yang diperuntukkan bagi diabetesi dan mereka yang ingin hidup sehat mencegah Diabetes.

  4. Iya mbak, Kakak iparku juga sakit diabetes dan kasian banget kalau udah gula darahnya rendah, jadi ga bisa ngapa ngapain. Alhamdulillah rutin juga diabetasol jadi gula darahnya bisa terkontrol

  5. Harusnya kita aware soal gula darah ini sejak masih muda ya mak. Bukannya nunggu gula darah tinggi dulu baru mau olahraga, jaga makan, dll. Syukurlah sekarang ada produk-produk diabetasol yang membuat para penderita diabetes tetap bisa mencecap rasa manis.

  6. Nah ini dia tipsnya.. Karena masolo sepertinya termasuk yg beresiko juga nig kak diabetes, jadi daripad mengobati yah lebih baik mencegah kan yah.

    Salam Inspirasi

  7. adik kadar gula darahnya tinggi, selain obat minum lemon dikasi gula diabetasol, pakai gula diabetasol ngaruh loh, berangsur kadar gulanya kembali normal 🙂

    1. Jadi ingat Mama, kak Di.
      Mama aku juga suka tinggi kadar gula darahnya, karena memang faktor turunan juga.
      Jadi sekarang selain konsumsi Diabetasol, makan nasi pun uda gak boleh nasi hangat. Harus nasi dingin, agar kadar gula darahnya stabil.

  8. Papa aku yang penderita diabet, kebetulan suka sepedahan nih kalo pergi pergi kemana manaaa.. Alhamdulillah, semoga bisa bikin makin sehat yaaaa.. Plus ga lupa juga menggunakan gula diabetasolnya juga, biar tetap terjaga asupan makanannyaaa..

  9. Mau olahraga sepeda, pas lagi ngetrend gini malah sepedaku ada bautnya yang hilang dan sampai sekarang belum dibawah ke bengkel, haha. Pernah nyobain yoga, lihat instrukturnya di youtube, beneran ya baru 10 menit aja langsung berasa.

    Aku setuju banget bahwa peran keluarga sangat penting dalam mendampingi diabetesi agar bisa memiliki pola hidup yang sehat juga tetap bersemangat.

  10. Langsung tertabok, iyaa aku olahraga rutin donk, senam jari tiap hari, hiiii.
    Alhamdulillah gula darahku normal, tapi jadi tahu nih nutrisi yang cocok Diabetasol, mencegah lebih baik yaa.
    Mari berolah ragaa, Mbaaa!

  11. Kalau aku paling cocok olahraga yoga sih. Ga perlu biaya besar dan bisa dilakuin di rumah. Gerakannya kelihatan sepele tp menurutku lumayan bakal kalori. Cuma kudu rutin nih soalnya keluargaku ada genetik diabetes

  12. Ya, Mbak, serem juga diabetes ini efeknya bisa kemana-mana…alias komplikasi.
    Karena bisa menimbulkan gangguan ginjal, bisa ke jantung atau otak. Mesti disiplin menjaga pola hidupsehat seperti olahraga teratur ya…

  13. Iya nih, olahraga rutin penting baget, terkadang karena sibuk jadi sering kelupaan, mungkin harus dimulai dari yang ringan-ringan dulu kali ya agar terbiasa.

  14. mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan memang enggak baik ya, seperti contohnya si Gula. Malah bisa menyebabkan penyakit, diabetasol mantap banget udah edukasi masyarakat untuk aware dengan kontrol konsumsi gula.

  15. Setahun lebih udah ngatur konsumsi gula. Diabetes penyakit yang perlu dihindari. Nah, olahraga ini. Mood2an banget. 😆 Kadang rajin seminggu, lalu berhenti seminggu. Gitu aja terus. 😅

  16. usia mau di angka 40 ini kudu siap2 ya dengan masalah kesehatan apalagi diabetes bisa menyerang siapa saja dan dengan diabetasol ke khawatiran itu akan berakhir

  17. Penyakit diabetes ini memang harus diwaspadai banget ya, mba. Apalagi yang keluarganya memiliki riwayat bisa turun temurun. Pola hidup sehat itu wajib banget untuk menghindari ptm ini.

  18. Aku suka jalan kaki, Mbak. 30 menit dari rumah, dengan kecepatan jalanku udah sampai mal terdekat. Pulangnya sih biasanya 45-50 menit karena sambil belanja di toko/warung pinggir jalan 😀

  19. Aku itu paling malas olahraga di luar rumah dulu mbak kecuali berenang tapi sekarang sih kalau weekend aku rutin. Biasanya olaharga di dalam rumah aja pakai alat olahraga yg ada. Bener banget habis olahraga jadi fresh karena peredaran darah juga jadi lancar ya.
    Banyak makan berarti ada kalori yang masuk & harus dibuang lewat olahraga bisa. Paling ngeri nih kalau udah ngomongin Diabetes jadi haru slebih hati-hati lagi menjaga semuanya. Untungnya sekarang ada nutrisi untuk penderita Diabetes ya dari Diabetasol

  20. Harus beriringan dan sejalan ya mbak antara olahraga dan konsumsi diabetasol untuk menurunkan gula darah.. ngga ada yang instant semua harus dijalankan beriringan dan tentunya disiplin untuk tetap sehat ya mbak

  21. Aku udah pakai diabetasol lama banget karena papa ada diabet kan, jd sekalian aja deh.
    Wah keren sih ini kampanyenya jg ada yg online gitu yaa pake webinar. semoga pesan2 yang ingin disampaikan oleh team diabetasol nyampai dengan baik ke seluruh Indonesia 🙂

  22. Papahku mengonsumsi Diabetasol nih. Beliau memang memiliki penyakit diabetes. Selain minum susu, pola makan dan gaya hidup juga mesti seimbang, termasuk olahraga ringan aja kayak jalan kaki, bersepeda pelan dll.

  23. Memang benar, diabetes efeknya kemana-mana. Jadi sebelum terlambat lebih baik menjaga kesehatan kita secara keseluruhan ya. Diantaranya berolah raga, mengurangi makanan manis-manis dan sebagainya. Kalau sudah terkena diabet menggunakan pemanis khusus

  24. Aku salah satu yang malas banget olahraga mbak 🙈. Apalagi pandemi gini senam di kampung libur sampai nggak tau kapan mulai lagi. Aku juga jarang banget minum manis, semoga jangan diabetes😣.

  25. Favoritku olahraga adalah jalan kaki, hihi.. biasanya saya jalan kaki sekalian ke pasar.. akhir2 ini saya emang nggak sempet olahraga karena lagi lumayan sibuk nemenin anak main diluar rumah, akhirnya saya alokasikan waktu olahraga saya sambil ke pasar dg jalan kaki hoooo

  26. Produk Diabetasol lengkap ya, boleh banget nih sebagai teman bagi pengidap diabetes. Asupan bagi pengidap diabetes memang harus diperhatikan banget supaya gula darah bisa tetep stabil. Apalagi kalo sudah melonjak wah, imbasnya tentu akan bikin tubuh drop.

  27. Wakss, aku udah lama nih prei olgaa
    pantesan badan gampang capek, linu2 gitu juga mbaa
    beklaahh abis gini mau rajin olahraga, pilih makanan sehat jugaaa

    makasiii reminder-nyaaaa

  28. Diabetasol tu semacam angin surga bagi para penderita diabetes ya mbak. kalo jaman dulu, penderita diabetes kan hampir gak bisa sama sekali merasakan minuman enak.

  29. Nah aku juga gitu mbak, sekarang lagi rajin jalan kaki setiap pagi selama 5 atau 6 hari. Semoga tetep konsisten karena memang nggak mau kena penyakit degeneratif itu. Kalo kadar gula darahku malah cenderung rendah, karena memang kurang suka yang manis-manis, dan makan nasi juga udah berkurang dan dijalani 10 tahun lebi.
    Semoga bapak dan ibu diberikan kesehatan di sisa usianya ya mbak

  30. Kalau aku olahraganya jalan kaki dan zumba dari Yutub, biasanya seminggu dua sampai tiga kali. Ternyata bisa menurunkan kadar gula darah ya Mbak…diabetasol nih produk berkualitas…

  31. Alhamdulillah hari-hari kami sekeluarga sudah terbiasa mengkonsumsi diabetasol. Suami memang rajin beli dan kalau nggak ada diabetasol lebih baik minum teh tawar daripada pakai gula pasir biasa.

  32. mamaku ini dulu konsumsi ini juga, sekarang aku juga ngurangi gula karena bagaimanapun takut gitu diabetes bisa nurun soale huhuh
    tinggal olahraganya ini biar bisa turunin berat badan

  33. My brother star konsumsi ini secata rutin sebab gula darahnya tinggi..taoi sebenarnya kita pun kayaknya harus mulia juga konsumsinya kayak ganti gula harian kita kan. No sugar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *