6 Kuliner Khas Pulau Jeju yang Nikmat dan Segar

Jeju merupakan sebuah pulau di Korea Selatan. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan berbagai destinasi wisata populer seperti pantai. Pulau Jeju juga punya perbedaan budaya, baik bahasa hingga makanannya. Nah ketika berkunjung ke pulau ini, pengunjung tidak akan menemukan berbagai makanan seperti bibimbap, tteokbokki yang khas ala Korea. Di Jeju ada berbagai macam makanan laut yang sangat nikmat dan segar. Sebenarnya makanan khas Jeju dengan aneka bahan seafoodnya termasuk resep masakan mudah sih..bumbunya minimalis…Tapi kalau untuk pelancong..hmmm…memang paling enak ya tinggal datang saja ke resto yang menyediakan kuliner khas Jeju..ya kan?

Sumber gambar : food.detik.com

Yuk kenalan dulu dengan aneka kuliner khas pulau Jeju yang digemari warga dan pelancong :

1. Abalone
Abalone adalah salah satu kuliner yang populer di Jeju. Karena Jeju dikelilingi oleh lautan maka banyak makanan disana yang merupakan hasil tangkapan laut. Salah satunya Abalone, kuliner berbahan utama sejenis kerang.
Penyajian Abalone bervariatif, ada yang dipanggang, dibuat sup, ada juga yang disajikan dan disantap mentah. Jika tidak suka makan makanan mentah, bisa memilih Abalone panggang.

2. Godeungeo gui
Godeungeo gui merupakan olahan ikan makarel yang menjadi makanan favorit masyarakat Jeju. Ikan makarel ini dimasak dengan cara dibakar sehingga penikmat kuliner akan merasakan kulit ikan yang renyah serta tekstur daging ikan makarel yang lembut dan manis. Godeungeo gui ini harganya cukup terjangkau sehingga banyak peminatnya. Wah kalau di Indonesia ikan favoritnya apa ya…?

3. Haemultang
Haemultang merupakan makanan hotpot yang di dalamnya berisi berbagam macam seafood yang segar yang diambil langsung dari perairan pulau Jeju. Isinya ada gurita, udang, cumi, abalone serta tambahan sayuran seperti tauge, kimchi dan dibumbui kuah pedas yaitu gochujang. Buat penggemar olahan seafood pasti cocok dengan masakan ini.

4. Momguk
Kuliner Momguk terbuat dari rumput laut yang diolah menjadi sup. Sup ini juga menggunakan kaldu tulang sapi, bawang, kimchi dan sayuran lainnya. Makanan ini cocok disantap saat cuaca dingin yang memang sangat dominan di Jeju.

5. Heuk Dwaeji
Heuk Dwaeji merupakan makanan non halal yang populer di Jeju. Kuliner ini berupa daging babi hitam yang dimasak dengan cara dipanggang. Jenis babi yang digunakan sangat special dan berasal dari Jeju. Bagi yang biasa makan daging babi, boleh mencoba kuliner ini.

6. Sashimi
Seperti yang kita tahu, sashimi merupakan makanan khas Jepang yang berisi beberapa makanan laut segar. Seafood dimakan mentah cukup dengan dicocol saus. Nah penikmat kuliner bisa mencicipi sashimi ala pulau Jeju yang isinya mirip dengan haemultang. Ada gurita, abalone, dan berbagai macam jenis kerang. Untuk sambalnya menggunakan campuran kecap asin dan cabe. Pelancong bisa menemukan sashimi khas Jeju di warung pinggir jalan atau di restoran.

Itulah beberapa kuliner khas pulau Jeju yang sangat populer di kalangan pelancong dan warga Jeju sendiri. Masih punya kuliner lezat lainnya?Yuk share di kolom komentar.

You may also like

45 Comments

  1. Tau sashimi doang nih mana makananynya hahahah 🙂 Kayaknya sih sebagian ada yang oernah aku cicipi, sebagian namanya sih belum. Jadi kepengen kulineran di resto Jepang deh hihihihihi 🙂 Lezat2 semua nih, apalagi kalau ada fotonya 🙂 Mau dong diajak makan2 bareng 😀

  2. Walau setia jadi penonton drakor dan acara tv korea, aku gak apal-apal sama macem-macem makanan dari Korea hahaha..Tapi selalu ngiler kalau ngelihat mereka makan gitu dan kayaknya enak-enak semuaa

  3. Aku sering banget itu denger Abalone di drakor-drakor Korea. Haha. Yang lainnya tampak asing jarang denger. Ternyata memang kuliner laut khas Jeju ya. Semoga nanti ada kesempatan buat ke Jeju biar bisa ngerasain langsung kulinernya, tapi yang halalnya aja sih hehe..

  4. Kebayang pedasnya kuahgochujang panas. Ditambah ikan segar dan sayur mayurnya, hm… yummy, bisa habis bermangkuk-mangkuk kalau gak inget BB, kekeke

  5. Pulau terhits bangetbnih di drama Korea haha jadinpengen banget kesana. Btw aku pengen banget setidaknya sekali nyobain menu momguk kayaknya enak tuh dan kaya vitamin bagus buat kulit yes soale dari rumput laut. Duh semoga aja ya bisa ke Pulau Jeju sama keluarga.

  6. Duh duh enak banget ya olahan seafood pulau Jeju pasti segar banget pengen makanan yang berkuah deh..selain indah, kulinernya juga enak ya Jeju..

  7. Aku tuh sukaa banget smua hal yang berbau korea apalagi banyak tempat2 yang bagus dikorea kpengen bngt datang ke pulau Jeju baca tulisan ini tambah penasaran mau ksana heheh makanannya enak2 yaa sangat menggugah selera

  8. Nyebut nama makanannya lidah rada-rada keseleo nih, Mbak. Kayaknya mesti langsung makan aja ya, nggak usah latihan nyebut namanya dulu 😀

  9. Daku kenal nama Pulau Jeju, gara-gara nonton drakor Lie To Me. Jadi pengen ke pulau indah itu, apalagi rekomendasi makanannya enak enak

  10. Aku liat Pulau Jeju secara utuh di drakor Warm and Cozy. Wah bagus banget ya memang, apalagi kulinernya ahaha

  11. waaa pulau jeju, salah satu tempat yang pengen aku kunjungi nih kalo mampir ke korea, makanannya juga menggoda semua yaaa, pengen cobain semuanya nih heheheh

  12. Baca ini jadi tambah pengen ke Pulau Jeju
    Dekat laut jadi pasti segar segar bahan mentahnya
    Pengen ketemu pemain drakor yang ceritanya selingkuh itu di sini
    Hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *