5 Tempat Wisata Alam di Sukabumi 

Tempat Wisata Alam di Sukabumi sangat banyak dan indah loh… Nah kalau akhir pekan mau pergi ke wisata alam mana nih? Wisata Alam selain indah dan memanjakan mata, juga bisa memanjakan pikiran dan tubuh. Banyak banget lah manfaat yang kita dapatkan dengan berwisata ke alam terbuka, apalagi di masa seperti sekarang ya.. Kunjungan ke tempat wisata alam yang udaranya bersih dan pemandangan indah menyejukkan mata adalah pilihan terbaik.

Buat teman-teman yang senang dengan wisata alam, bisa banget datang ke Sukabumi. Karena wisata alam di Sukabumi tidak kalah indah dengan kota-kota lainnya di wilayah Jawa Barat. Berikut ini beberapa wisata alam yang bisa dikunjungi dan pasti bakal membuat setiap pengunjung terkesan.  

1. Curug Cikaso

Curug Cikaso ini memiliki tiga air terjun yaitu Curug Aki, Curug Menong dan Curug Aseupan. Mendengar namanya saja unik ya… Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini disebut juga Curug Luhur.

Ketinggian Curug Cikaso sekitar 80 meter dengan lebar 100 meter, yang terbagi menjadi beberapa aliran air terjun. Curug Cikaso bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi.

 2. Bukit Karang Numpang 

Bukit Karang Numpang (sumber foto : instagram hits.sukabumi)

Wisata alam Sukabumi yang satu ini disebut Karang Numpang karena lokasinya yang berupa bukit terdapat banyak batu karang. Orang Sunda menyebutnya ‘karang numpang’. Perjalanan menuju puncak akan sedikit menguji adrenalin pengunjung.Jalannya berbatu, berbelok, dan menanjak. Tapi semua akan terbayar  setelah sampai di puncak bukit karena pemandangan yang cantik. Kalau datang di pagi hari pengunjung akan disajikan pemandangan seperti sedang diatas awan. 

3. Goa Buniayu 

Goa Buniayu merupakan wisata alam dengan keindahan dan kealamian ornamen-ornamen di dalam goa. Kata Buniayu diambil dari bahasa Sunda, yaitu “Buni” dan “Ayu” yang artinya “kecantikan yang tersembunyi”. Pengunjung akan menemui stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy, dan ornamen goa lainnya. Ada dua jenis perjalanan yang bisa dipilih pengunjung, yaitu penelusuran minat umum dan penelusuran minat khusus. Untuk penelusuran goa minat umum, pengunjung akan masuk ke dalam goa sedalam sekitar 500 meter. Pengunjung juga tidak perlu memakai perlengkapan khusus, cukup memakai sepatu antislip serta pakaian yang nyaman.

Sedangkan untuk penelusuran goa, pengunjung harus memakai peralatan khusus, di antaranya peralatan mountaineering, helm, baju antiair, sarung tangan, sepatu boot antilicin, dan alat penerangan.

4. Jembatan Situ Gunung

Sebagai ikon wisata di Sukabumi, Jembatan Gantung Situgunung atau Situgunung Suspension Bridge terletak di Kampung Pasanggrahan, Desa Gede Pangrango, kecamatan Kadudampit . Meski mampu menopang sampai 55 ton, Jembatan Gantung Situgunung hanya boleh dinaiki 40 pengunjung saja dalam waktu bersamaan.Pengunjung yang berada di atas jembatan juga dilarang berlari atau melompat-lompat.

Jembatan yang memiliki panjang 243 meter dan ketinggian 161 meter di atas permukaan tanah ini adalah jembatan terpanjang di Asia loh.

5. Pantai Ombak Tujuh 

Ombak Tujuh adalah nama pantai di di kawasan Jampang, Sukabumi. Ombak di pantai ini susul menyusul dengan ketinggian 3-6 meter sehingga sangat disukai para peselancar. Meksi keindahannya sangat mengagumkan, akses ke pantai ini tidak mudah. Harus mempersiapkan kendaraan dan bekal yang memadai.

Jadi sudah menentukan pilihan? Kalau masih bingung dengan transportasi yang pas, bisa Rental Mobil aja. Di masa Pandemi ini aman kah sewa mobil? Tidak perlu khawatir karena armada TRAC sudah punya standar kebersihan dan higienitas demi kenyamanan penumpangnya.

Untuk kendaraanya sebelum maupun sesudah digunakan selalu dicuci dan dibersihkan dengan disinfektan. Pengemudi yang bertugas juga selalu diperiksa kesehatannya, meliputi pengecekan suhu tubuh dan kesehatan fisik, serta wajib menggunakan masker dan sarung tangan ketika sedang bertugas. Kalau penumpang memiliki gejala sakit flu, batuk dan demam selama perjalanan dengan TRAC, jangan ragu untuk memberitahu pengemudi TRAC, karena pengemudi akan mengantar ke rumah sakit terdekat agar segera mendapat pelayanan kesehatan. 

Oiya di setiap kendaraan juga disediakan hand sanitizer dan TRAC juga melakukan physical distancing sesuai protokol kesehatan.  Beberapa Tempat Wisata Alam di Sukabumi bisa menjadi alternatif pilihan liburan kalian dan TRAC siap melayani kebutuhan transportasi selama wisata di masa pandemi. Stay safe..stay happy ya… 

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *