Berwisata di Kabupaten Semarang Saat Pandemi

Gak kerasa ya…udah berapa bulan nih gak bepergian jauh..? Udah berapa bulan di rumah aja dan gak keluar rumah kalau gak penting-penting amat..? Atau udah kerasa banget sampai bikin stress? Jangan sampai stress lah ya…Kita tetap positive think aja dan tetep berdoa agar pandemi segera berakhir.

Ketika new normal mulai diterapkan sebenarnya sudah ada semacam secercah harapan .. bahwa semua akan baik-baik saja ..kembali berjalan meski tidak seperti dulu lagi. Begitu pun dengan sektor pariwisata yang mulai dibuka sekitar Juli-Agustus ini.

Persiapan Pembukaan Wisata Kabupaten Semarang

Pariwisata kabupaten Semarang mulai dibuka setelah pemerintah memberi lampu hijau. Pariwisata yang sempat terhenti selama kurang lebih 3-4 bulanan mulai bergerak lagi dengan berbagai perubahan menyesuaikan protokol kesehatan.

Setidaknya ada 8 ruang lingkup destinasi dan industri pariwisata yang bisa disiapkan untuk beroperasi lagi, yaitu daerah tujuan wisata, desa wisata, karaoke, hotel,rumah makan dan restoran,salon dan spa,ruang konser, gedung pertunjukan. Semuanya punya karakteristik berbeda sehingga diperlukan persiapan khusus untuk penerapan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pemantauan Penerapan Protokol Kesehatan di Wisata kab. Semarang (dok.IG Pesona_KabSemarang)

Baca Juga : Menjelajahi Destinasi Wisata Kabupaten Semarang

Proses yang harus dilakukan oleh para pengelola wisata diantaranya :

  • Melakukan sosialisasi dan pelatihan penerapan protokol kesehatan untuk SDM pariwisata
  • Pembenahan fasilitas untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan
  • Mengajukan ijin pembukaan kembali obyek wisata ke pemerintah
  • Sosialisasi di media sosial tentang destinasi atau obyek wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan

Ketiga hal tersebut sangat penting agar semua bisa berwisata dengan nyaman tanpa khawatir akan adanya celah penularan virus. Setelah melakukan berbagai persiapan, tempat pariwisata di kabupaten Semarang dibuka secara bertahap sejak akhir Juli 2020.

Pariwisata Kabupaten Semarang yang Sudah Dibuka

Penasaran kan pengen tahu destinasi wisata mana saja yang sudah bisa dikunjungi di kabupaten Semarang? Setidaknya ada 30 lebih obyek wisata di kabupaten Semarang Jawa Tengah yang sudah mendapatkan rekomendasi uji coba operasional  era adaptasi kebiasaan baru.  Uji coba ini juga bertahap, apabila lolos ditahap pertama akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. Begitu pula sebaliknya, bila tidak lolos tempat wisata tersebut bisa ditutup lagi. Berikut ini daftar  obyek wisata tersebut yang saya ambil di Instagram Pesona_KabSemarang

 

Apa saja sih yang bikin tempat wisata ditutup?Yang pasti karena pihak pengelola tidak menerapkan protokol kesehatan yang sudah menjadi syarat utama tempat wisata tersebut dibuka. Misalnya pengunjung berdesakan, pengunjung atau petugas tidak memakai masker, atau perlengkapan alat cuci tangan tidak difungsikan, dsb.

Berwisata Nyaman Selama Pandemi

Saya sendiri tepat sebelum ditetapkan darurat Covid 19 di tanah air berkesempatan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di kabupaten Semarang. Tak ada sedikitpun  terbersit bahwa pandemi akan melanda dan mengehentikan semua aktivitas pariwisata di kabupaten Semarang. Setelah berbulan-bulan tidak berwisata, akhirnya kita mau tidak mau harus menyesuaikan diri. Beradaptasi dengan kebiasaan baru, berwisata dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tree Top Adventure salah satu destinasi kab.Semarang (dok.pri)

Sebelum berwisata pastikan tubuh kita sehat, tidak demam dan tidak ada keluhan kesehatan apa pun. Kalau dari luar kota dan naik transportasi umum bisa jadi harus menyiapkan dokumen kesehatan berupa hasil tes rapid atau SWAB. Kita juga harus melengkapi diri dengan berbagai perlengkapan wajib untuk melindungi diri dari kemungkinan penularan virus.

Perlengkapan yang wajib kita bawa saat berwisata diantaranya :

  • Masker 3 lapis dengan kondisi baik (bawa cadangannya juga ya…)
  • Hand sanitizer
  • Tisu basah
  • Tisu kering
  • Alat makan
  • Tempat minum
  • Obat-obatan pribadi (termasuk minyak ekaliptus, vitamin, dll)

Selama berwisata juga perlu diperhatikan protokol kesehatannya ya… Jaga jarak dengan pengunjung lain dan sebisa mungkin tidak menyentuh benda-benda yang ada di area wisata.  Sepulang dari berwisata langsung bersihkan badan, berganti pakaian yang bersih. Insyaallah kegiatan wisata kita tetap aman…

Semoga pandemi ini cepat berlalu ya…

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog “Wisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”

You may also like

2 Comments

Leave a Reply to Dsuryaman Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *