Cara Mengajukan Penundaan Angsuran Kredit ke Pusat Investasi Pemerintah

Cara Mengajukan Penundaan Angsuran Kredit ke Pusat Investasi Pemerintah. Dampak dari pandemi global yang sedang kita hadapi bersama ini memang luar biasa ya. Semua kalangan terdampak, termasuk para pelaku bisnis baik skala kecil maupun skala besar. Belum lagi efek dominonya, mengalir sampai jauh beneran… Padahal tidak sedikit pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas kredit untuk menjalankan usahanya. Tentu saja kondisi sekarang berdampak pada pembayaran kredit mereka.

Penundaan Angsuran Kredit

Contoh aja nih usaha bengkel mobil milik keluarga saya. Sejak pandemi mulai melanda Indonesia, terdampak juga loh.. Bengkel jadi sepi, terutama saat menjelang lebaran yang biasanya ramai dengan kendaraan yang akan digunakan mudik ke luar Madura. Tapi tetap bersyukur sih..masih ada rejeki dari pintu lainnya..

Untuk usaha seperti kuliner masih bisa melayani pelanggan dengan jasa antar atau menjual makanan beku. Meski masih bisa tetap jalan, tetep ya…dampaknya kerasa juga. Apalagi usaha lainnya yang harus tutup total selama masa darurat covid 19 ini, misalnya bidang pariwisata. Wah..jangan ditanyakan lagi berapa kerugiannya.

Beberapa pelaku usaha teritama skala ultra mikro, mikro, dan menengah yang menggunakan fasilitas kredit untuk pengembangan usahanya pasti lah terdampak juga oleh pandemi ini. Jangankan untuk pembayaran kredit, untuk operasional aja kesulitan kan..

Kebijakan Penundaan Angsuran Kredit

Di tengah masa sulit ada berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, termasuk kebijakan penundaan angsuran kredit. Pusat Investasi Pemerintah yang menjadi induk dari lembaga penyalur kredit di Indonesia memberikan kebijakan untuk relaksasi penundaan angsuran kredit. Ada angin segar nih…tapi perlu diketahui dulu yaa syarat dan ketentuannya..

Menurut Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah, kebijakan relaksasi program Ultra Mikro (UMi) diputuskan PIP dengan memperhatikan 2 hal. Yaitu prinsip kehati-hatian (know your customer) dan tata pemerintahan yang benar (good corporate governance). Jadi kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah dapat dipertanggungjawabkan.

Penundaan Angsuran Kredit

Relaksasi akan diberikan kepada debitur pada periode Maret – Desember 2020. Apa saja sih bentuk relaksasi yang diberikan oleh PIP? Ada 2 bentuk, yaitu :

  • penundaan angsuran kredit untuk kewajiban pokok
  • pemberian masa tenggang (Grace Period) untuk pembayaran kewajiban pokok.

Sebagai bentuk kehati-hatian dan good corporate governance, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh penerima relaksasi UMi. Syaratnya antara lain :

  • Penerima harus memiliki kualitas pembiayaan per 29 Februari 2020 dengan kolektibilitas lancar
  • Debitur kooperatif
  • Debitur berasal dari daerah terdampak Covid-19 dan usahanya memang terdampak.
  • harus mengajukan permohonan secara berjenjang

Selain itu pengajuan permohonan penundaan pokok juga dibagi dua, yaitu :

  • Bagi debitur yang memiliki akad s.d. 4 Juni 2020 bisa mengajukan permohonan relaksasi pembayaran kewajiban pokok pinjaman paling lambat 31 Juli 2020
  • Bagi debitur yang akadnya setelah 4 Juni 2020 dapat mengajukan permohonan terakhir tanggal 30 November 2020.

Bagaimana Cara Mengajukan Penundaan Angsuran Kredit ?

Program penundaan angsuran kredit ini tentu menjadi jalan tengah bagi semua pihak. Bukan hanya bagi pengusaha atau debitur, tapi juga bagi penyalur kredit yang likuiditasnya otomatis juga terganggu akibat pandemi ini. PIP sendiri berharap penundaan angsuran kredit menjadi stimulus bagi usaha ultra mikro yang selama ini sebenarnya merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia.

FYI aja ya… sekitar 54% penerima manfaat program kredit UMi mengambil pinjaman senilai Rp. 2,5 juta dengan mayoritas (sekitar 89%) tenor pinjaman yang diambil adalah antara 7 – 12 bulan. Sementara pelaku usaha mikro yang memanfaatkan UMi sebagian besar adalah perempuan (yaitu sekitar 93%) dengan usia di atas usia 40 tahun (58%). Sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global oleh WHO di awal Maret-Mei 2020, PIP tetap menyalurkan pembiayaan kepada debitur UMi sebanyak Rp. 361,3 miliar. Jumlah ini lebih besar dari jumlah penyaluran di periode yang sama pada tahun 2019, yaitu sebesar Rp. 255 miliar.

Penundaan Angsuran Kredit

Nah…bagi debitur bisa mengajukan penundaan angsuran kredit dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Menghubungi penyalur kredit (melalui website, email, atau call center)
  • Penuhi syarat dari masing-masing pemyalur kredit (bisa jadi setiap penyalur kredit punya ketentuan yang berbeda untuk pengajuan penundaan angsuran kredit ini).
  • Setelah memenuhi semua persyaratan dan menyerahkan data yang diperlukan, data permintaan akan di proses oleh lembaga penyalur kredit.
  • Tunggu informasi selanjutnya yang disampaikan penyalur kredit melalui telepon, email atau WhatsApp. Jadi pastikan nomer telepon atau email yang dicantumkan adalah nomer aktif ya…

Beberapa berkas yang dibutuhkan untuk pengajuan penundaan angsuran kredit biasanya juga tidak terlalu banyak, misalnya KTP, berkas akad, KK, dan dokumen pembayaran kredit yang sudah berjalan. Pelaku usaha sebaiknya juga berhati-hati agar tidak dirugikan pihak lain. Program ini tidak dipungut biaya..jadi semua prosesnya gratis. Jadi jangan mempercayai bila ada pihak yang meminta sejumlah uang untuk pengurusan penundaan angsuran kredit ini ya…

Oya..kita juga bisa membantu perekonomian ini agar tetap bertahan loh..Salah satunya dengan menggunakan produk-produk dari usaha kecil dan usaha ultra mikro. Banyak kan di sekitar kita usaha ultra mikro, termasuk yang dijalankan oleh kalangan perempuan.

Semoga informasi tentang cara mengajukan penundaan kredit di Pusat Investasi Pemerintah ini bermanfaat ya…Saya juga berharap banget pandemi ini segera berakhir, perekonomian kembali bergerak seperti sebelumnya bahkan lebih baik…

You may also like

69 Comments

  1. Alhamdulillah dengan ini:

    kebijakan relaksasi program Ultra Mikro (UMi) diputuskan PIP dengan memperhatikan 2 hal. Yaitu prinsip kehati-hatian (know your customer) dan tata pemerintahan yang benar (good corporate governance).

    Semoga bisa membantu banyak pelaku UMKM kita ya Mbak

  2. Relaksasi ini seperti angin segar bagi pelaku usaha Ultra Mikro kita. Kalo yg Mikro, Kecil, Menengah itu kan sudah dibantu sepenuhnya oleh bank untuk relaksasi maksimal 1 tahun. Nah, yg ultramikro yang non-bankable pastinya lebih membutuhkan bantuan dari pemerintah.

  3. Ini banyak banget nih sekarang yang menggunakan restrukturisasi pinjaman Bank. terutama pengusaha ekonomi menengah ya. Termasuk juga semua usaha di bidang pariwisata.

  4. Di masa pandemi seperti sekarang ini kelonggaran ini begitu berarti. Tidak sedikit bisnis yang oleng karena pengaruh COVID-19. Moga bisa membantu para umkm agar tetap bertahan dan akhirnya bisa kembali normal lagi

  5. Aku sih alhamdulillah nggak punya utang. Tapi dapat info penundaan angsuran ini aku ikut lega. Semoga jadi pelajaran berharga untuk kita semua dan perekonomian bisa bangkit lagi.

  6. semoga pengajuan penundaan angsuran kredit ini bisa diapprove semua ya (bagi yang mengajukan) secara jaman susah gini, rerata juga usaha macet, hiiks.
    semoga pandemi ini segera berlalu. Aamiin

  7. Sikon pandemi kayak gini memang semua berimbas ya mba.. termasuk soal kredit gini. Karena semua usaha/pekerjaan juga terkena dampaknya. Semoga pandemi ini segera usai ya, aamiin..

  8. Dengan adanya penundaan kewajiban pokok dan pemberian masa tenggang (Grace Period) pembayaran kewajiban pokok kepada pelaku UMKM tentunya akan sangat terbantu di masa pandemi yang gak menentu ini yaa

  9. Alhamdulillah semoga adanya kebijakan penundaan angsuran kredit ini bisa memberi nafas lega sehingga para pengusaha kecil dan menengah bisa bertahan di masa sulit seperti sekarang.

  10. Program penundaan angsuran kredit ini menjadi semacam angin segar bagi para pelaku usaha yang menjalankan usahanya bermodal kredit ya. Ternyata mengurusnya juga tidak susah

  11. Untuk para pengusaha yang sedang menjalin hubungan dengan bank, pastinya ini melegakan mbak
    .

    kasian para pengusaha UMKM khususnya jika tidak ada solusi penundaan pembayaran kredit

  12. Memang seharusnya seperti ini ya, Mbak. Nggak kebayang kalau harus tetap membayar angsuran, padahal pendapatan mengalami penurunan karena pandemi. Syukurlah ada program penundaan angsuran ini jadi sangat membantu khususnya buat pelaku UMKM.

  13. Wah, ternyata besar juga ya aliran dana untuk pembiayaan kredit ultra mikro dan perempuan. Berarti selama ini dua golongan ini benar-benar menggerakkan roda perekonomian dengan usaha yang mereka jalankan.

    Semoga kemudahan penundaan angsuran kredit ini bisa sedikit meringankan beban teman-teman pelaku usaha agar bisa fokus dulu mengembalikan kestabilitasan usaha mereka.

  14. Semoga langkah ini bisa diikuti para produsen umkm yaa supaya mengurangi beban semasa pandemi. Pasti semua sektor terpukul memang karena wabah ini. Yang pasti perekonomian mesti tetap berjalan meski melambat

  15. Adikku ya mengajukan nih Penundaan Angsuran Kredit. Sempet cerita di WA. Tapi aku baru faham prosesnya setelah baca artikel ini. Trims…

  16. dengan adanya penundaan angsuran kredit untuk usaha kecil menengah membuktikan kalau pemerintah tidak meninggalkan rakyatnya di masa pandemi ini ya mbak.

  17. Aamiin. Semua orang berharap pandemi covid-19 ini segera berakhir. Agar semua lini usaha bisa berjalan dengan normal. Termasuk kita membayar segala angsuran cicilan yg dikhawatirkan tertunda kalau pemasukan kita tidak lancar

  18. Pandemi ini memang membuat perekonomian banyak yang terganggu. Bukan hanya usaha kecil tapi juga usaha-usaha besar seperti Mall. Semoga ekonomi kita kembali membaik. Semoga relaksasi ini juga bisa membantu orang yang membutuhkan

  19. Mantabs. Dengan adanya penundaan ini tentu bisa dimanfaatkan pelaku usaha yg punya pinjaman. Terutama yg berdampak covid19. Tapi yg ga berdampak dan usaha masi bgs, baiknya bayar aja terus ya kan hehe

  20. Wah, ini dia solusi tepat buat penguhasa UMKN dan lainnya 🙂 Penundaan angsuran di pandemi corona ini paling tidak bisa melonggarkan stres ya. Persyaratannya juga cukup mudah ga memberatkan. Semoga roda perekonomian Indonesia bisa stabil kembali usai corona aamiin.

  21. Iya mba. Karena pandemi gini jadi mempengaruhi perekonomian banyak orang termasuk usaha mikro ya. Sedih aku juga. Tapi untungnga allhamdulillah ada kesadaran dari pemerintahnya untuk membantu meringankan beban para pelaku bisnis ini ya dengan menunda angsuran mereka. Ngomong-ngomong penundaan angsuran ini apakah hanya untuk pelaku bisnis ajakah atau bisa juga untuk cicilan kpr rumah mba?

  22. Alhamdulillah ini adalah angin segar bagi pelaku UMKM pastinya sangat membantu. Setidaknya bisa bernapas lega untuk sementara waktu hingga keadaan kembali membaik.

  23. banyak emang yang terdampak mba, sekitaran aku juga begitu, tapi kata merak ribet juga urusan soal penundaan ini dan ternyata hitung bayarannya nanti jadi gede, moga solusi dari pemerintah ini yang adil

  24. temanku yang usaha kripik jamur juga cerita kalau sedang megap-megap saat pandemi gini, mbak.
    kalau ada penundaan angsuran kredit, ya membantu sekali buat pengusaha-pengusaha kecil.

  25. Alhamdulillah ada penundaan kredit. Dan Mbak membahas cara pengajuannya. Jadi makin terbantu nih masyarakat menengah ke bawah.

  26. Program yang baik untuk para pengusaha menengah kebawah yang pendapatannya menjadi berkurang sejak masa pandemi.
    Semoga perekonomian kembali membaik setelah New Normal.

  27. insya Allah akan sangat membantu bagi para UMKM ya dengan adanya penundaan angsuran kredit ini, jadikan kita enggak was-was ya bagaimana menyikapi pengeluaran dengan dana yang cukup banyak ini

  28. oh gitu ya tahapan mengajukan penundaan angsuran kredit, moga saja bs di manfaatkan pelaku usaha mikro agar mereka tetap survive

  29. semoga program pemerintah melalui PIP ini dapat membantu meringankan beban para debitur dan UMKM ya ka, dan semoga keringanan angsuran ini dapat membantu mereka dan secara berangsur usaha mikro kembali membaik kondisinya

  30. utang ini emang bikin panik apalagi penghasilan juga ikut menurun bahkan hilang. berharap program ini bisa direalisasikan hingga ke semua lapisan masyarakat di seluruh indonesia.

  31. Kebijakan relaksasi yang dikeluarkan pemerintah ini pas banget ya pada saat pandemik corona spt saat ini, membantu bagi yang punya angsuran bisa bernafas lega untuk mengatur ulang pembayaran angsurannya. Secara pandemik ini telah berdampak luar biasa dan banyak memPHK karyawan.

  32. Wah mudah sekali ya pengajuan restrukturisasi kreditnya. Semoga fasilitas ini mampu dimanfaatkan oleh UKM terdampak pandemi ya..sehingga mampu memulihkan perekonomian.

  33. Program yang sangat membantu para UMKM, jadi mereka merasa diringankan, dengan adanya penundaan, berharap bisa sedikit bernapas lega untuk tetap bertahan

  34. Pasti banyak yang merasa senang ya jika angsuran kredit bisa ditangguhkan. Semoga pandemi segera berlalu dan para pelaku usaha kembali bernafas dengan lega.

  35. Kalau nasabah yang taat sih pengajuan penundaan angusrannya kemungkinan diapprove ya. Membantu banget nih program yang diberikan oleh PIP

  36. Alhamdulillah jika ada penundaan untuk angsuran, soalnya pendapatan selama pandemi jelas merosot, tapi di lain sisi musti menjaga kesehatan tubuh secara prima. Semoga krisis ini segera berlalu saja, dan yang punya angsuran bisa segera melunaskan

  37. Bagus banget ini program PIP, semoga berjalan lancar dan tepat sasaran sehingga para pelaku UKM bisa tetap menjalankan usahanya dengan tenang ta la khawatir lagi

  38. alhamdulillah ya, ada program dari pemerintah yang bisa meringankan para pelaku usaha mikro. di masa pandemi ini memang hampir semua terkena dampaknya ya. semoga dengan program ini bisa membantu UMKM agar bisa bangkit kembali. aamiin

Leave a Reply to Rani R Tyas Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *