Pengaruh Berpuasa Terhadap Tubuh

Puasa adalah wajib untuk semua muslim yang sehat (bukan anak-anak) dan memang ada pengecualian bagi mereka yang sakit atau yang kesehatannya dapat dipengaruhi oleh puasa. Misalnya wanita hamil atau menyusui dan penderita diabetes atau penyakit berat lainnya. Ketahui yuk apa saja pengaruh puasa terhadap tubuh dan juga manfaat berpuasa. 

Bagaimana puasa mempengaruhi tubuh?
Selama jam-jam puasa ketika tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, tubuh menggunakan simpanan karbohidratnya (disimpan di hati, otot, dan lemak) untuk memberikan energi setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari telah habis. Tubuh tidak dapat menyimpan air, dan ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah yang hilang dalam urin. Namun, tubuh tidak dapat menghindari kehilangan air ketika kita buang air kecil  atau melalui kulit ketika bernapas dan berkeringat.

Kebanyakan orang yang berpuasa selama bulan Ramadhan akan mengalami dehidrasi ringan, tergantung cuaca dan waktu puasa. Dehidrasi ringan bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. Tapi penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan, asalkan cukup cairan dikonsumsi setelah berbuka puasa untuk menggantikan yang hilang di siang hari. Sedangkan apabila sampai tidak bisa berdiri karena pusing, atau mengalami disorientasi, maka harus segera minum air putih dalam jumlah sedang – idealnya dengan gula dan garam – minuman manis atau larutan rehidrasi. Selain itu jika pingsan karena dehidrasi, kaki harus dinaikkan di atas kepala (dibantu orang lain), dan ketika terbangun atau siuman harus segera mengkonsumsi air.

Sumber Gambar : IDNTimes

Bagi mereka yang biasanya mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi di siang hari, kekurangan kafein saat puasa awalnya dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Ini mungkin mereda selama Ramadhan karena tubuh menyesuaikan diri tanpa kafein di siang hari.

Setelah berbuka puasa, tubuh dapat rehidrasi dan mendapatkan energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Setelah tidak makan dalam waktu lama,kita mungkin perlu makan perlahan saat berbuka puasa dan mulai dengan banyak cairan dan makanan rendah lemak dan kaya cairan.

Apakah puasa baik untuk kesehatan?
Hasil dari penelitian tentang efek kesehatan dari puasa Ramadhan beragam, mungkin karena panjang puasa dan kondisi cuaca yang dialami bervariasi tergantung pada waktu tahun dan negara di mana puasa sedang diamati. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh selama bulan Ramadhan. Tapi kemudian cenderung bertambah lagi berat badannya setelah Ramadhan. Nah bagi yang mengalami kelebihan berat badan dan ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya, maka perlu membuat rencana untuk mempertahankan diet sehat dan aktif ketika Ramadhan. Ini juga akan membantu mempertahankan penurunan berat badan karena puasa. Tapi mesti diingat, disamping untuk diet sehat kita harus tetap niat puasa Ramadhan untuk ibadah ya….. 

Beberapa studi kecil telah melihat efek puasa Ramadhan pada faktor-faktor seperti kolesterol darah dan trigliserida (lemak dalam darah). Studi tersebut menemukan peningkatan jangka pendek dalam beberapa kasus meskipun beberapa studi tidak menemukan efek. Ada juga beberapa penelitian kecil yang menunjukkan bahwa puasa Ramadhan mungkin memiliki efek menguntungkan jangka pendek pada sistem kekebalan tubuh. 

Nah yang pasti untuk tetap sehat di saat puasa Ramadhan..asupan nutrisi dan air minum harus diperhatikan ya… Semuanya bisa dipenuhi saat berbuka dan saat sahur. Olahraga ringan bisa juga dilakukan saat menjelang buka atau sesudah ibadah taraweh. jangan lupa untuk cukup beristirahat juga ya….

You may also like

10 Comments

  1. Berpuasa ternyata menambah efek positif buat kesehatan tubuh kita. Apalagi puasa di bulan ramadan, dapat pahalanya dan biasanya berat badan jadi turun hehehe. Rata2 orang berpuasa makin sehat, yang tadinya kolesterol tinggi jadi berkurang, yang sakit kepala jadi enaka dll.

  2. Justru sy puasa ini berhenti olah raga karena banyak hal sih termasuk kondisi tubuh yang sempat drop. Tapi memang banyak riset menbuktikan puasa bagus untuk kesehatan, jadi gak bener tuh, yang bilang puasa bikin orang sakit

  3. Saat berpuasa, aku justru merasa jauh lebih baik. Nggak ada keluhan kesehatan. Beda dengan hari-hari puasa. Jangankan puasa Ramadhan, puasa Senin-Kamis pun di badan tuh terasa lebih ringan.

    Itu sebabnya aku sangat yakin bahwa puasa itu menyehatkan.

  4. Aku banget nih, sering pusing kepala saat puasa karena addict kopi
    alhamdulillah sekarang ngga
    Mungkin lama lama tubuh bisa beradaptasi ya?

  5. Saya yang paling penting emang asupan air, serta istirahat yang cukup. Kalau enggak bisa lemas dan malas beraktivitas seharian, parah. Makanya buat saya minum dan istirahat kebutuhan utama yang harus dipenuhi 😊

  6. Terimakasih mba, bener banget nih… seperti nya aku kurang minum putih saat berbuka dan sahur. Duh malah kalap sama gorengan. Hikss. Makanya jadi kurang seger nih di badan. Tidur juga selalu malam…mesti diubah nih biar Sehat
    .

  7. Berasa banget mbaak manfaat puasa buat metabolisme tubuh, jd lebih biasa mengontrol porsi dan makanan yg masuk ke dalam tubuh juga 😊😊 semoga lancar terus ya mbaak puasanya, sehat” selalu. Aamiin 😁😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *