6 Tips Sebelum Berangkat Wisata

Tidak sedikit orang yang menanti-nanti waktu liburan tiba. Karena saat liburan tiba kita bisa meluangkan waktu sejenak setelah sekian lama beraktivitas untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Ada juga yang khusus menghabiskan hari liburnya untuk berekreasi. Apalagi beberapa tempat objek wisata juga tersebar di seluruh penjuru di Indonesia dengan segala kemudahannya.

Nah, kalau kita akan berwisata bersama keluarga tercinta, tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya. Baik itu berupa perlengkapan yang harus dibawa maupun hal penting lainnya.  Berikut ini 6 tips yang perlu dilakukan sebelum berangkat menuju ke tempat wisata : 

  1. Tentukan Kota Tujuan Wisata

Tips yang pertama adalah tentukan terlebih dahulu kota tujuan wisata. Kita bisa mencoba mencari rekomendasi tempat wisata terbaik yang sudah banyak dibagikan para traveler, baik itu lewat blog, Instagram, Facebook, Youtube, atau media sosial lainnya. Kita juga bisa menanyakan secara langsung pada teman atau kerabat yang punya pengelaman bepergian ke lokasi yang kita tuju.  

  1. Persiapkan Persyaratan Yang Harus Dibawa

Sesudah mengetahui tempat wisata yang akan dikunjungi, misalnya di luar negeri, tentunya harus mempersiapkan berbagai dokumen seperti syarat-syarat yang khusus, pembuatan pembuatan paspor, visa bila diperlukan, dan dokumen penting lainnya. Pengurusan dokumen ini juga perlu kita siapkan jauh hari sebelum keberangkatan. Untuk kunjungan di dalam negeri pastikan dokumen penting juga tidak terlupa, minimal KTP, SIM (bila di tempat tujuan akan berkendara sendiri), dan dokumen penting lainnya.

  1. Lakukan Observasi Tentang Harga Tiket Transportasi Dan Penginapan

Mengecek harga tiket transportasi ke lokasi tujuan. Bisa dengan memeprtimbangkan berbagai alternatif pilihan moda transportasi atau maskapai terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Transportasi selama di lokasi juga perlu disiapkan ya..apakah akan menggunakan transportasi umum, sewa motor, sewa mobil, atau alternatif lainnya. Selain itu juga perlu mengecek harga penginapan yang sesuai dengan harga yang diinginkan. Di jaman sekarang mengecek harga tiket transport dan penginapan mudah sekali kan…tinggal buka aplikasi tiket yang tersedia di internet. Dengan begitu kita bisa mengetahui dan memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi dan penginapan.

  1. Membuat Jadwal Perjalanan

Dengan membuat jadwal perjalanan wisata membuat liburan kita akan lebih mudah dan lebih teratur, apalagi jika liburan tersebut dilakukan sendiri. Sehingga sangat penting untuk membuat rute perjalanan yang akan kita lakukan selama liburan. Kalau sudah terencana, kita tahu kapan jadwal kepulangan bisa langsung pesan tiket pesawat jakarta Surabaya murah untuk pulang pergi sekalian. Biasanya sih lebih murah.

  1. Catat Nomor Penting Daerah Tujuan

Mencatat nomor penting di daerah tujuan wisata merupaka hal yang sangat penting, untuk menjaga jika terjadi sesuata kita bisa menghubungi nomor tersebut. Misalnya nomor polisi, nomor layanan kesehatan, dan lain-lainnya yang ada di destinasi wisata tersebut. Kita bisa mendapatkan informasi kontak tersebut dari Google atau dari berbagai media sosial. Pastikan juga nomor telepon tersebut memang bisa dihubungi.

  1. Cari Tahu Informasi Dasar tentang Daerah Wisata yang akan Dituju

Setiap ingin melakukan traveling, kita ibarat orang asing yang akan mendatangi suatu tempat. Dengan begitu kita perlu berbagai hal terkait daerah tersebut, misalnya kebudayaannya atau cara mereka menyambut orang baru. Dengan mengetahui hal seperti ini akan mempermudah kita untuk bergaul dengan masyarakat sekitar. Bahasa kadang perlu juga kita pelajari, terutama untuk sapaan atau bahasa ringan lainnya. Jadi bila ingin menanyakan arah atau pertanyaan ringan ke warga setempat akan lebih mudah.

Nah itulah 6 tips yang perlu kita lakukan sebelum berwisata. Semoga bermanfaat dan kita bisa segera traveling lagi yaa…

You may also like

15 Comments

  1. Saya sebenarnya teringat ketika berencana pergi ke suatu tempat tanpa persiapan sedikitpun. Hasilnya, aduduh sudah pastilah enggak terarah dan enggak terpikirkan berapa estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Hasilnya saya mesti berutang sampai sekarang. Hmm, jadi pelajaran deh. Kok enggak dari dulu aja ya saya tahu tips ini. nasip dah.

  2. Tips yang sangat bermanfaat
    Jangan sampai perjalanan wisata ngga mulus karena ngga direncanakan dengan baik

  3. Biasanya aku selalu membicarakan tujuan wisata dan hotel serta kendaraan apa yg akan diginakan bersama anak2 dan suami 😍 Betul3 supaya sama2 senang ya…musyawarah mufakat gitu.

  4. Betul sekali, ya, Mbak. Kita mesti pelajari juga budaya di tempat tujuan. Jangan sampai kita dianggap nggak sopan hanya karena kita kurang memahami budaya mereka. Ngeri juga kalau salah karena beberapa tempat beda-beda budayanya.

  5. Aih, baca postingan ini jadi pengen agar pandemi ini segera berlalu, Mba. Kangen berwisata nih saya. Hihi.

    Yup. wisata yang mengasyikkan memang harus dipersiapkan dengan baik, ya, Mba? Jadi ga asal sambar tas dan pergi begitu saja. Hehe. Pernah suatu ketika, aku wisata dadakan, kayak orang nyelonong, dan ga asyik jadinya, karena serba dadakan. Haha.
    Thanks for the tips, Mba.

  6. Aku nungguin banget waktu liburan tahun ini, Mbaaaak. Dari tahun kemarin udah rencana mau traveling ke Jawa Tengah dan atau Jawa Timur. Tapi tertunda gara-gara corona deh.

  7. Perencanaan memang penting nih biar travelingnya bisa berjalan lancar ya Mbak. Btw udah lama juga nih gak jalan2 gitu ya semoga saja corona bisa segera berlalu biar bisa kembali bebass lagi bepergian.

  8. Membuat jadwal perjalaan..suamiku yang detil untuk masalah jadwal ini. Sampai dia nanti sudah rancang, itineraray yang mudah beserta plan B jika yang A enggak bisa dijabani hihi
    Kalau terjadwal memang lebih enak sih, ga sia-sia dana keluar buat biaya wisata

  9. Bener banget nih Mbak, kalau bisa cari tahu banyak hal tentang tempat tujuan kita, biar disana gak bingung mau kemana dan ngapain aja, kan buang waktu juga tuh. Ujung2nya tinggal di kamar doang nanti ya, penting juga tuh catat nomor pentingnya.
    Jadi ingin ke Surabaya dan Jakarta lagi nih, hehehheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *