Menjelajahi Destinasi Wisata Kabupaten Semarang

Kalau menyebut kata Semarang apa sih yang ada di bayangan kamu?Kalau saya sih tadinya ya Lawang Sewu, Kota Lama, Bandeng Presto, Simpang Lima, dll. Gak salah sih…tapi itu semua adanya di Kota Semarang. Nah..padahal ada wilayah kabupaten Semarang juga loh..yang potensi pariwisatanya itu besar banget. Apalagi buat yang menyukai wisata alam terutama pegunungan..wah..surganya di kabupaten Semarang ini gaess…

Saya mendapat kesempatan untuk menyambangi berbagai destinasi wisata kabupaten Semarang awal Februari 2020. Ya..saya gak jalan-jalan sendiri sih…Kali ini bareng beberapa blogger dan vlogger, buyer, seller yang ikut keseruan Gedong Songo Travel Mart. Travel Mart semacam ajang bertemunya penyedia jasa wisata  (termasuk penunjangnya seperti transportasi, catering, oleh-oleh, akomodasi, dll) dengan agen travel. Ada 150 orang lebih yang ikut acara ini.

Salah satu agendanya adalah famtrip di hari pertama, 4 Februari 2020. Meeting point semua peserta di Hotel C3 Ungaran.  Nah karena pesertanya gak mungkin dijadikan satu, akhirnya dibagi 3 grup trip. Saya sendiri tergabung di grup 1 dengan tujuan destinasi Taman Wisata Dusun Semilir, Taman Wisata Kopeng, Tree Top Adventure Park, Desa Menari. Seluruh peserta kemudian bergabung di Saloka Adventure Park untuk mengikuti acara Welcome Dinner sekaligus opening ceremony. Kami juga menginap di Green Valley Bandungan

Taman Wisata Dusun Semilir

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang

Destinasi pertama yang kami kunjungi setelah semua peserta registrasi di Hotel C-3 Ungaran. Saya kira letaknya di dusun dan masuk ke pedalaman gitu. Ealah ternyata… tempat wisatanya besar banget di pinggir jalan raya Ungaran. Dusun Semilir dipakai memang untuk memberi kesan alami dan membumi.

Tempat wisata ini luasnya 20 hektar dan berisi aneka wahana, spot selfie, dan kuliner. Salah satu yang unik adalah perosotan mirip waterpark, tapi gak perlu basah-basahan. Untuk bisa cobain wahana ini pengunjung cukup bayar 10.000 rupiah aja . Rasanya 1-2 jam gak cukup untuk bisa mengeksplor semua wahana di Dusun Semilir ini.

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang
Perosotan ini Wahana Favorit Saya

Taman Wisata Kopeng

Setelah menyelesaikan kunjungan di Dusun Semilir, rombongan trip 1 yang terdiri  dari 2 bis kecil, melanjutkan perjalanan ke Taman Wisata Kopeng. Di destinasi ini kami disambut kabut tebal. Kalau ada teman yang tidak suka dengan kabut, karena memang jadi susah foto-fotonya, saya  malah sukaaaaak banget. Pengennya berlama-lama menikmati kabut. Tapi Alhamdulillah kabutnya perlahan menyingkir setelah saya sempat berfoto.

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang
Blogger di Trip 1 saat di Taman Wisata Kopeng (dok. Zain K)

Kami ishoma di tempat wisata yang menawarkan suasana total vintage ini..Usai ishoma kami lanjut melihat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung bila berwisata ke TWK. Ada kolam renang, ATV, area outbond, pasar bunga, dan tentu saja penginapan yang sudah bisa dipesan juga di berbagai platform pemesanan keperluan perjalanan.

Tree Top Adventure Park

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang
Tree Top

Setelah menyelesaikan eksplor Taman Wisata Kopeng, kami melanjutkan perjalanan ke Tree Top Adventure Park. Sebuah tempat wisata di kawasan hutan pinus, yang menawarkan berbagai fasilitas outbond dan tempat makan. Saya suka sekali dengan café yang berada di atas pohon. Kami pun langsung menyerbu jajanan dan minuman yang disediakan untuk peserta Famtrip. Lumayan sih dari bawah kita harus naik tangga 3 kali. Meskipun tangganya tak terlalu panjang..tetep ngos-ngosan juga sih. Tapi asik kok..kita bisa ngopi santai serasa di atas pohon.

Desa Menari

Desa Menari ini terletak di kaki gunung Telomoyo. Ya..udaranya juga masih adem, sejuk, suasana pedesaan banget lah. Kalau biasanya kendaraan wisatawan (terutama bis termasuk bis mini) gak boleh masuk sampai ke lokasi. Karena memang jalannya sempit. Tapi Alhamdulillah saat itu bis kami yang selama perjalanan juga dikawal dari Dinas Perhubungan bisa masuk sampai ke lokasi.

Peserta disambut dengan pengalungan cinderamata berbahan bambu dan biji-bijian buatan warga. Selanjutnya kami dapet welcome drink dan snack tradisional, wedang secang dan tiwul. Wedang berwarna merah yang hot pas banget diteguk di tengah udara desa Menari yang cukup dingin.

Saat penyambutan oleh tokoh masyarakat, saya kok jadi inget yang menyambut kami itu mirip dengan yang jadi bintang iklan Panadol di tipi. Saya tanyakan ke blogger yang mengajak kami ikutan famtrip ini..dan memang benar orang itu adalah bintang iklan tersebut. Namanya Kang Tris..itu lo yang iklannya ngajari anak-anak menari.

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang
Bersama Kang Tris di Desa Menari

Dan sebelum kami melihat atraksi tarian yang dimainkan anak-anak desa Menari, kami diajak untuk melihat proses pembuatan sabun organic. Ahhh sayang banget waktu acara ini saya terlewat karena perut saya eror..dan belum shalat juga. Jadi saya melipir ke masjid ta jauh dari tempat peserta mengikuti workshop.

Selesai dari masjid, eh udah buyar juga acara workshopnya. Jadi saya langsung ke tempat atraksi menari bakal digelar. Ya halaman gitu aja sih ..yang disetting ada panggung dan tribun buat yang nonton.

Setelah sajian tarian selesai..kami langsung pamitan dan melanjutkan perjalanan ke Saloka Theme Park.

Saloka Theme Park

Di Saloka (dok. Zain K)

Langit sudah memerah saat rombongan trip 1 sampai di Saloka. Sepertinya kami adalah rombongan terakhir. Karenanya kami langsung diarahkan untuk welcome dinner. Wah padahal pengen banget cobain berbagai wahananya..Tapi berhubung sudah mulai gelap..semua wahana udah tutup gaess..

Yaudah lah..kebetulan juga perut mulai keroncongan. Selesai makan kami langsung diarahkan ke wahana Jejogedan. Ini adalah wahana air mancur menari, dilengkapi dengan panggung yang sangat luas.

Di Jejogedan ini juga seremoni pembukaan Gedong Songo Travel Mart bakal digelar. Saat saya dan teman-teman blogger sampai di area ini, sebagian tempat duduk sudah penuh. Tapi Alhamdulillah masih dapet tempat enak. Dari tempat saya duduk bisa melihat panggung dengan background perahu besar, wahana bianglala dan kalau terang sih bisa lihat gunung Sindoro SUmbing. Keren banget lah pokoknya.

Gak pake lama…kami langsung disajikan atraksi air mancur menari dengan cerita rakyat Biru Klinthing, asal muasal Rawa Pening. Yaaa..saya terpukau gaess…soalnya emang keren banget. Saya pernah nonton atraksi serupa di Purwakarta..tapi ini beda..

Setelah fontain show selesai, Gedong Songo Travel Mart resmi dibuka oleh Bupati Semarang. Unik juga loh.. Jadi kalo biasanya pake gong atau sejenisnya..ini pake api menyala dari wajan beberapa chef yang sudah disiapkan di depan panggung. Oiya pembukaan Gedong Songo Travelmart ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemprov Jawa Tengah. Saya salut banget emang sama Pemprov Jateng ini..kapan ya ikutan famtrip di Jatim…krik..krik..krik..krik..

Tak lama setelah acara pembukaan, peserta langsung diarahkan ke bis masing-masing. Tadinya saya mendapat kabar kalau akan menginap di Hotel C3 Ungaran. Ternyata..kami dapet penginapan di Green Valley Bandungan. Alhamdulillah sih…bisa ngumpul sama peserta dari kalangan buyer.

Green Valley Bandungan

Saya dan rombongan sampai di Green Valley sekitar jam 8 malam. Ya berhubung sudah gelap, saya gak tahu Green valley itu kayak apa. Saya Cuma isa lihat lampu-lampu dari kamar yang letaknya menyebar..Bahkan ada yang kelihatan ada di ketinggian nun jauh dari pintu masuk.

Alhamdulillah saya dan teman-teman bolgger dikumpulin jadi 1 cottage gitu. Ad 2 kamar yang disediakan buat kami, untuk peserta putra dan putri. Begitu saya masuk kamarnya saya suka..saya sukaa…Luas banget gaess…sekamar isi 6 bed dan 2 toilet. Cocok lah buat acara rame-rame. Tempatnya bersih dan rapi banget. Gak ada AC ya…dan memang gak perlu..karena hawanya adem..nyes..nyes…

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang
Cottage tempat Blogger menginap

Meski semalaman saya masih berurusan dengan perut yang eror, pagi itu saya tergoda untuk mencoba minum teh tawar panas. Karena saya sendiri bingung, perut saya eror dari kemarin gak ada reda-redanya. Jadi saya coba deh menikmati secangkir teh pahit yang ternyata kerasa enak banget.  Alhamdulillahnya lagi, setelah minum teh pahit error di perut saya mereda.

Jadi selama seharian acara travelmart saya bisa sangat menikmati. Saya bisa melihat bagaimana buyer dan seller bertemu langsung untuk saling mengenal produk. Bukan itu saja, saya juga menikmati berbagian sajian kuliner yang disiapkan panitia. Termasuk di stand UMKM yang menawarkan berbagai kuliner oleh-oleh, saya bisa icip-icip gratis juga.  Ada pie susu jamur, ada getuk bakar, dan aneka olahan ikan dari Rawa Pening.

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang
Table Top saat Gedong Songo Travel Mart (dok. Zain K)

Nah saya juga tertarik nih sama sebuah stand yang waktu saya sambangi kelihatan sibuk membungkus makanan dengan daun jati dan daun kelapa. Saya tanyakan itu namanya nasi Tonjok. Semua peserta dapet nasi itu gratis asal ambil voucher di panitia travelmart. Wahhh setelah coba tanya-tanya ke panitia.. Alhamdulillah..gak perlu voucher bisa langsung ambil.. yeaayyy… Nasi putih dengan lauk pauk dan sayur : ikan peda bakar, tempe bacem, ketela goreng (ketela parut), sayur gudeg (ini semacam urap, tapi dengan sayur pohon papaya), dan sayur selada air. Enak gaesss…. Aseli.

Dokumentasi Kabupaten Semarang
Nahini Nasi Tonjoknya (dok. Zain K)

Rupanya itu adalah stand dari desa wisata Lerep. Jadi selain menyediakan stand makan nasi Tonjok gratis, peserta juga dihibur dengan music dan tari tradisional dari desa wisata ini. Oiya ada minuman legen juga yang dibagikan gratis. Sayangnya..karena perut saya kerasa baru reda..gak berani minum banyak..Padahal kalo lagi sehat..hmmmm 1-2 gelas sih ayok ajah.. 😀 Saya jadi pengen main ke desa Lerep deh…

Setelah semua rangkaian acara di Green valley yang sejuk ini..kami akhirnya kembali ke daerah masing-masing. Semoga ada kesempatan lain menjelajahi tempat wisata di kabupaten Semarang, di Jawa Tengah…ahhh semuanyaa….

 

 

You may also like

8 Comments

  1. Waahh itu perosotannya menarik banget Mba, soo colourfull, bikin pengen perosotan sambil selfie hahaha.

    Btw asyik banget bisa explore wisata Kabupaten Semarang rame-rame gitu ya, pengen juga dong ikutan someday kalau nak anak udah gedean dikit 😀

  2. Ini lokasi wisata Semarang kekinian semua ya. Saya baru tahu. Dulu kalo ke Semarang kunjungannya ke Lawang Sewu, Sam Poo Kong, hehehe …
    Kini malah ada perosotan istimewa. Desa Menari juga menarik tuh untuk dikunjungi

  3. mbaaa itu perosotannya uni banget yaa …duh saya seneng banget deh baca artikel mba Dianejd tambah wawasan detinasi di Semarang secara saya kalau lg mampir ke Semarang belum sempet eksplor banyak hanya bisa hunting wisata kulinernya disekitaran hotel aja…next mau sy jelajahi ahh

  4. Aku beberapa kali ke Semarang, tapi belum sampai jelajah ke Kabupaten Semarang. Banyak juga obyek wisatanya.
    Dusun Semilir itu terkenal ya. Aku ingat bentuk² kubah bambunya itu. Unik.
    Obyek² lain juga menarik.

  5. ‘Menari membangkitkan desa saya,’ yang gitu2 bukan sih teh iklan Pan*dol-nya 🤣🤣🤣 Semarang tuh dekat dari Jogja tapi ya belum pernah menjelajahi sepenuhnya. Wisata ke Semarang pun waktu masih kecil alias sekarang udah lupa isinya apa aja. Ternyata sekarang tambah menarik ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *