Mesin Awet Sehat, Pakai Enduro Oli Motor Terbaik Dong..

Mesin Awet Sehat, Pakai Enduro Oli Motor Terbaik Dong..Beraktivitas pakai sepeda motor udah saya lakukan sejak jaman kuliah. Ya, meskipun tempat kost saya waktu itu terhitung dekat dengan kampus, saya sering memakai sepeda motor untuk keperluan kagiatan di luar kampus. Apalagi sewaktu menyelesaikan skripsi..wah sepeda motor adalah sahabat terbaik.

Begitu pun saat saya sudah memasuki dunia kerja. Mulai sebagai tim berita sebuah radio swasta di Malang, lalu pindah ke Pamekasan, dan bekerja di ibu kota..ya sepeda motor andalan untuk transportasi sehari-hari. Sekarang juga begitu..masih lebih suka pakai sepeda motor untuk mobilitas. Termasuk untuk antar jemput anak-anak sekolah. Apalagi untuk eksplor ke tempat-tempat wisata di sekitar Madura ..

Oli Motor Terbaik
Menyusuri Jalan Menanjak

Jangan Terlambat Mengganti Oli Motor

Kenyamanan berkendara emang nomer 1 buat saya. Meskipun saya termasuk yang agak cuek dengan perawatan sepeda motor, tetap ada hal penting yang tidak boleh dilewatkan secara rutin. Apakah itu? Pengecekan mesin motor berkala. Apa saja sih yang wajib dicek ?

  • Setidaknya 2 minggu sekali cek angin ban kalau perlu tambah angin dengan tekanan sesuai standart motor masing-masing. Kalau sampai ban kurang angin rawan banget ban bocor.
  • Cek rem dan gas..sesuaikan dengan standart juga ya…Ini penting banget terutama rem kalau lagi musim hujan begini ya..
  • Periksa rantai terutama untuk yang non matic ya kayak motor saya…kalao longgar jangan dibiarkan..segera kencengin. Kalau sudah terlihat gir gigi motor mulai aus segera ganti agar terhindar dari gangguan rantai putus.
  • Ganti oli motor berkala sesuai dengan standart motor masing-masing. Kalau motor saya sih setiap 3000 km atau 3 bulan (mana aja yang lebih dulu).

Nah saya kadang lalai untuk urusan cek angin ban dan rantai. Jadi yaa…beberapa kali mengalami gangguan seperti ban bocor dan rantai motor putus saat perjalanan. Tapi setelah saya mulai aware dengan urusan pengecekan ini..Alhamdulillah..mulai berkurang deh gangguannya.

Oli Motor Terbaik

Kalau urusan mesin..Alhamdulillah juga gak sampe ada kendala serius. Karena saya selalu diingatkan oleh ortu untuk ganti oli motor tepat waktu. Kebetulan kan ortu di rumah juga buka usaha bengkel , jadi urusan ganti oli gak terlalu ribet. Dan memang gak ribet sih…meskipun jauh dari bengkel..kita bisa langsung ganti oli motor di toko tempat jual oli sekalian.

Pilih Oli Motor Terbaik untuk Perawatan Motor

Memilih oli motor terbaik bisa jadi bukan urusan gampang. Secara kan pilihannya sekarang banyak banget.. Kita harus pilih yang bener-bener cocok untuk motor. Oli motor Enduro SAE 20W-50 dari Pertamina jadi pilihan terbaik karena menurut saya ada banyak keunggulan. Meskipun jenis oli ini direkomendasikan untuk motor 4T, dipakai motor 2T juga oke..

Oli Motor Terbaik

Keunggulan Oli Motor Enduro :

  • Melindungi mesin dari korosi dengan lebih optimal juga mencegah mesin aus.
  • Meningkatkan akselerasi mesin jadi laju motor bisa lebih kencang
  • Kekentalan oli pada suhu rendah maupun tinggi cenderung stabil sehingga memudahkan sikulasi pelumas pada saat mulai menyalakan motor dan perlindungan optimal pada temperatur dan kecepatan tinggi.
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi oleh radiasi panas dari mesin
  • Menjaga kebersihan mesin serta mencegah terbentuknya endapan pada piston
  • Suara mesin lebih halus dan bekerja dengan lebih sempurna serta gesekan pada gigi transmisi dapat diminimalisir secara optimal
  • Melindungi komponen vital motor sehingga lebih awet dan tahan lama.
  • Menghemat bahan bakar

Nah dengan berbagai keunggulan seperti ini wajar donk kalau saya memilih Enduro. Apalagi harga oli motor terbaik ini juga terbaik lah…untuk kemasan 0.8 L harganya sekitar Rp. 40.000. Belinya juga gampang di berbagai gerai Enduro Express atau di SPBU.

Untuk lihat bagaimana perawatan ganti oli saya lakukan..bisa dilihat disini ya..

Kalau sudah yakin dengan kualitas oli motor  Enduro maka saya pun yakin dengan motor saya gak akan rewel selama di perjalanan. Alhamdulillah..Semoga selalu menyenangkan setiap perjalanan.

You may also like

32 Comments

  1. Wiih keren banget mba paham soal oli-olian gini. Kalau aku karena belum lancar naik motor jadi skip haha. Nanti aku infokan ke orang-orang rumah biar pakai Enduro buat oli motornya. Hehe.

  2. Wah sama mbak anak motoran juga akutu, dan suka lupa servis berkala muehhehehee (bisa kena jitak gw)
    Tapi untuk urusan oli memang penting banget ya mbak, soalnya biar menjaga performa mesin kendaraan, apalagi kalau kita motoran kemana-mana kan kasian motornya ngga dirawat.

  3. Saya dong ga tahu motor saya pakai oli apa, tapi kayaknya Enduro ini deh, saya ingat kemasannya saat pak suami beli dulu.

    Btw memang penting ya kita tahu jenis oli terbaik agar kendaraan kita lebih awet 🙂

  4. Aku sempet bingung waktu nyari oli motor di bengkel. Banyak banget kan pilihan merk oli. Waktu itu ditanya “Motornya matic atau kopling?”
    Saya jawab “Oh, saya gak punya motor.”
    Ditanya lagi kan “Terus buat apa mau beli oli?”
    Saya speechless bingung mau jawab apa.
    Akhirnya saya bilang “Buat anti semut.”
    Ditanya lagi kan “Diapain semutnya pake oli? Disiram?”
    Saya jawab “Ngga, ditumpahin ke mangkuk2 kecil dibawah tiap kaki meja.”
    Ditanya lagi “Buat apa?”
    “Untuk melindungi sesuatu di atas meja?”
    “Makanan?”
    “Bukan.”
    “Apa?”
    “Tarantula.”
    -_-”
    Ribetnya mau beli oli. Hahaha. Nanti saya sarankan ke suami aja buat pilih Enduro kalau ganti oli motor. Karena aku pake oli buat meja bukan buat motor. 😆

  5. Saya buta soal otomotif. Tapi saya percaya kalau menggunakan oli yang resmi seperti Enduro ini kondisi mesin akan semakin terawat. Dengan begitu bisa meminimalisir masalah saat berkendara ya

  6. Orang-orang yang sudah terbiasa bawa kendaraan bermotor, rata-rata akan menjawab Enduro sih sebagai oli terbaik pilihan mereka. Baca-baca tulisan terkait Enduro, ya memang nggak salah kalau jadi pilihan. Keunggulannya banyak banget.

    Saya jadi punya wawasan baru nih kalau suatu saat nanti pegang kendaraan bermotor sendiri, bakal lebih menaruh perhatian nih sama urusan perolian.

  7. perawatan berkala sepeda motor emang penting ya, selain mengetahui kondisi sepeda juga mengantisipasi hal-hal buruk yang tak diinginkan. lagian kalau motornya sehat, dikendarainya juga nyaman

  8. Memilih oli yang tepat tuh penting banget ya mbak untuk motor, apalagi kita yang sering bepergian menggunakan motor setiap harinya, saya juga pakai Enduro ini, mesin ga cepet panas dan bahan bakar jadinya juga lwbih hemat 😊

  9. Motorku ada tiga bulan mangkrak gegara setahunan gak ganti oli, pas dipake jalan macet total, terus, dibawa ke bengkel ada kerusakan parah. Harus ada yang diganti gegara lama gak ganti oli. Hehe, tadinya aku gak mudeng kalo motor tu selain bensin ya kudu ada oli.

  10. Walaupun saya juga gak ngerti soal per olian tapi suami juga pake produk Pertamina ini oli Enduro, dan alhamdulillah dari awal beli motor sampai sekarang motor gak pernah masalah karena pake oli yang tepat

  11. Dulu pas masih pakai motor bebek 2 tak, saya lumayan rajin itu periksa dan ganti oli. Nah, pas motor matic booming, saya suka lupa perawatan oli motor. Padahal kan tetap aja harus diservis olinya kan? Hahaha. Soal merek udah pasti dong pake produknya Pertamina. Oli Enduro untuk motor dan Fastron untuk mobil.

  12. Oli saya ini mbak. Bagus memang. Meski tak paham dengan permesinan, tapi dengan merawatnya secara berkala dan memberikan oli terbaik, pastinya kesehatan mesin akan tetap terjaga.

    Apalagi untuk medan berliku dan naik turun cantik seperti di kampung saya, penting sekali perawatan rutin.

  13. Kadang kita sering lalai ya mengganti oli motor. Padahal harus dilakukan secara rutin agar mesin motor awet dan tahan lama. Saya juga kalo ganti oli motor pakenya Enduro mbak

  14. Yea, kalo urusan oli motor, memang Enduro rajanya, ya, Mba? Ku ga asing dengannya, adik2 ku mengandalkan ini untuk perawatan motor mereka agar tetap prima mesinnya. 👍😍

  15. Di rumah, motor pak suami juga pake enduro. Dulu sempat pake merk lain, tergiur diskon. Eh malah berantakan mesinnya, tarikan motor jadi gak asik. Kapok, balik lagi deh ke enduro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *