Tips Traveling Hemat dari Popbela

Liburan semester menjadi hari paling ditunggu untuk para mahasiswa terutama mahasiswa semester awal dan menengah. Setelah menjalani aktivitas kegiatan kuliah semester dan juga menjalani UAS, maka saatnya mahasiswa memerlukan waktu untuk bisa bersantai dan juga bersenang-senang. Jadi temen-temen mahasiswa … mumpung usia masih muda, jangan sampai kelewatan banyak petualangan yang seru yang bisa dijelajahi. Tetapi memang kalau ngomongin jalan-jalan, ada salah satu masalah utama untuk para mahasiswa yaitu budget. Tetapi jangan khawatir, berikut ada tips ala Popbela biar bisa hemat dan menekan budget saat ingin jalan-jalan liburan.

Memanfaatkan Segala yang Bisa Dimanfaatkan

Ada salah satu tips yang bisa digunakan jika ingin bisa lebih hemat menekan biaya kegiatan liburan yaitu dengan memanfaatkan segala hal tetapi tidak berlebihan. Kalau memang punya saudara atau kenalan di lokasi tempat tujuan berlibur, bisa kok meminta tolong. Misalnya untuk urusan penginapan, dari pada menginap di hotel yang tentunya tidak murah, maka lebih baik menginap di tempat saudara atau kenalan. Pilihan ini lumayan bisa lebih hemat menekan biaya kegiatan liburan. Biaya penginapan bisa disimpan untuk keperluan lain seperti makan dan sebagainya. Tapi pastikan kita memang dekat ya..dengan saudara atau teman yang akan dijadikan tempat menginap 🙂 

Selain itu, jika memang berencana mengunjungi berbagai macam objek wisata, maka lebih baik cari yang memang banyak diskonnya. Dengan begitu, tentunya akan bisa lebih hemat menekan biaya kegiatan liburan. Pada umumnya, memang ada beberapa spot objek wisata yang memberikan diskon atau promo tiket masuk dengan syarat tertentu. Misalnya menggunakan kartu pelajar, menggunakan kartu kredit, ataupun tiketnya dibeli dengan bentuk paket ataupun rombongan. Gak ada salahnya memperhatikan hal seperti ini meski akan terkesan agak ribet yak… Tetapi dengan begitu, bisa lebih hemat menekan biaya kegiatan liburan. 

Membuat Perencanaan Dengan Sematang Mungkin

Membuat rencana perjalanan liburan dari jauh hari supaya bisa lebih hemat menekan biaya kegiatan liburan. Mulai dari mencari tempat wisata mana yang ingin didatangi, lalu perbekalan apa saja yang akan dibawa, dan berbagai keperluan penting lainnya. Dengan membuat rencana liburan dari jauh hari, kita jadi bisa menabung biaya untuk perjalanan  juga atau melakukan manajemen budget lebih awal.

Tidak Memakai Layanan Tour Guide

Ada lagi nih tips dari Popbela lain supaya bisa lebih hemat menekan biaya kegiatan liburan yaitu dengan tidak memakai tour guide. Tour guide memang sangat membantu pada saat kita pergi ke tempat berlibur yang baru pertama kali didatangi. Tetapi di jaman internet seperti sekarang, bisa disiapkan segala informasi tentang lokasi dan segala hal tempat kita akan berlibur. Dengan begitu, tak perlu khawatir lagi tersesat bila tidak menggunakan layanan tour guide. Kita juga bisa mencari tahu dengan mudah di internet tentang cerita, pengalaman, sejarah, spot-spot menarik, biaya masuk dan berbagai hal lainnya pada tempat atau spot objek wisata liburan yang ingin dikunjungi. Bahkan terkadang informasi dari internet lebih banyak dan menarik dibandingkan dari layanan pemandu wisata. Apalagi kalau kita gak tahu tentang bagaimana memilih pemandu wisata yang tepat.  Begitu juga untuk tempat-tempat yang memang mewajibkan memakai tour guide lokal, maka kita harus mematuhinya demi kenyamanan dan kemanan selama traveling. 

So..sudah siap untuk jalan-jalan kemana untuk akhir tahun ini?

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *