Toyota 86 Sasar Para Pengemar Balap di Indonesia

Toyota 86 dan Subaru BRZ, sejatinya kedua mobil tersebut dipasarkan di Indonesia. Tetapi karena Subaru terjerat dalam kasus perpajakan beberapa tahun yang lalu, perusahaan yang identik dengan warna biru berhenti menjual di Indonesia. 

Sekarang hanya saudara kembarnya yang masih ada, Toyota 86 meskipun penggemarnya sangat terbatas. Toyota 86 dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebagai mobil yang notabene CBU (completely build up) dari Jepang ini dipasarkan berdasarkan pesanan konsumen.

Berdasarkan data penjualan yang dimiliki TAM, rata-rata penjualan Toyota 86 per bulan hanya 7 hingga 10 unit. TAM menjual Toyota 86 dalam tiga pilihan, yaitu Toyota 86, manual Rp735,55 juta, Otomatis Rp742,35 juta, dan Automatic TRD Rp777,15 juta.

Penyegaran ini kabarnya akan terjadi dalam 3 tahun ke depan, atau sekitar 2021. Spekulasi lain yang menyebar dengan cepat adalah penggunaan mesin pada generasi terbaru Toyota 86. Kabarnya, mobil sport dua pintu ini akan mengusung mesin yang sama dengan yang terbaru generasi Supra.

Mesin yang digunakan oleh Supra terbaru menggunakan mesin 2.000 cc, 4 silinder, turbo dengan tenaga 195 hp dengan torsi 320 Nm. Bahkan, ada beberapa yang juga percaya bahwa Toyota 86 generasi mendatang akan hadir dengan model crossover.

Sedan Balap Terjangkau

Bahkan di Indonesia sendiri Toyota 86 menjadi salah satu mobil sport dengan harga terjangkau. Sebagai gambaran, kondisi baru Toyota 86 dijual dengan harga Rp. 726 juta berdasarkan pemantauan di situs web Auto2000. Di Indonesia, mobil ini memiliki nama FT-86 yang berhadapan langsung dengan Mazda MX-5.

Toyota 86 adalah mobil penting yang harus selalu berada di lini produk Toyota. Ini adalah penerus dari salah satu mobil paling berpengaruh di dunia, baik di industri secara keseluruhan, di antara penggemar dan bahkan di dunia balap.

Karakter asli dari Toyota AE86 dipertahankan oleh Toyota dalam versi Toyota 86 yang lebih baru. Dikembangkan dengan Subaru, mobil ini selalu menjadi favorit tuner untuk dimodifikasi karena memiliki desain yang baik, interior yang menawan dan berbagai kelebihan yang membuat mobil ini nyaris sempurna.

Mobil ini di Indonesia praktis tidak punya rival setara selain saudara kembarnya, Subaru BRZ. Memang ada Mazda MX-5 Miata, tetapi karakternya secara teknis berbeda karena Miata adalah roadster, meskipun keduanya mematuhi sistem penggerak roda belakang.

Spesifikasi dan Kinerja Toyota 86

Toyota 86 mengandalkan mesin boxer dan dikembangkan bersama Subaru. Dengan kapasitas 2.000 cc dan dikemas dengan LSD (Limited Slip Diferensial), daya yang dihasilkan sekitar 200 tenaga kuda dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan. 

Toyota 86 sudah dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Control Logic (VSCL) yang berguna untuk menjaga stabilitas berkendara. Tersedia juga Electric Power Steering (EPS) yang siap meringankan sistem kemudi dan lebih optimal saat dipakai di sirkuit balap atau penggunaan sehari-hari di jalan raya.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota 86

Konsumsi bahan bakar Toyota 86 berkisar 9,41 liter / 100 km untuk penggunaan mobil di dalam kota, sedangkan untuk penggunaan mobil di luar kota sekitar 6,92 liter / 100 km.

Dari sisi keselamatan, tentu juga sangat diperhatikan. Terbukti Toyota 86 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang sangat lengkap, misalnya Hill Start Assist Control (HAC), Traction Control (TRAC), dan 6 titik airbag yang siap melindungi pengemudi dan penumpang bila terjadi benturan dari berbagai sisi. Fitur Tire Pressure Monitor System (TPMS) yang berguna untuk melihat tekanan ban secara realtime juga sudah melengkapi mobil ini loh.

Jadi dengan harga 700 juta rupiah lebih, pengguna memang mendapatkan begitu banyak kenyamanan dan keamanan dari mobil ini.. Pilihan tepat bagi penggemar balapan dan mobil stylish.

You may also like

11 Comments

  1. Toyota 86 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang sangat lengkap, misalnya Hill Start Assist Control (HAC), Traction Control (TRAC), dan 6 titik airbag yang siap melindungi pengemudi dan penumpang bila terjadi benturan dari berbagai sisi.
    Wah, sip markosippp banget ini Mbaaa

  2. Toyota emang super duper irit tapi kuat!

    Ngga kebayang si Sakichi Toyoda yang hanya salah satu penemu mesin tenun akhirnya malah jadi punya pabrik mobil

    Kita, kapan punya pabrik kue mochi?

  3. Waw! Kerennyaaaaa.. Duetnya Toyota dan Subaru menghasilkan mesin mobil yang ciamik ya pastinyaaa.. Kusuka banget sama bentuknya toyota 86. Kece paraaaaah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *