Keseruan Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Membicarakan tempat bersejarah yang menunjukan perkembangan kepercayaan, khususnya di Jogja, kita tidak bisa melewatkan Candi Prambanan. Sebuah Candi Hindu setinggi 47 meter yang juga terkenal dengan kisah romansa Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Bukan saja terkenal karena kisah romansanya, Prambanan juga terkenal karena detail relief Candi Prambanan yang menggambarkan Ramayana.  Kedua hal di tersebut masih didukung berbagai hal menarik lain yang bisa kita temukan di Prambanan loh.

Mengenal Candi Prambanan

Candi Prambanan (sumber : Traveloka)

Menurut sejarah, Prambanan  didirikan kira-kira didirikan pada 850 – 856 masehi dengan tujuan memuliakan Dewa Brahma, Siwa dan Wisnu. Tetapi sebenarnya, jika kita mengartikan nama asli Prambanan dari bahasa sansekerta  yaitu Siwagrha candi ini berarti Rumah Siwa.

Sampai saat ini bagian dari kompleks candi masih terawat dengan baik berkat pemugaran besar-besaran pada 1930-an. Jadi kita bisa menikmati keindahan candi yang mengagumkan setiap kali berkunjung.

Fasilitas Prambanan

Fasilitas wisata Candi Prambanan yang bisa kita nikmati selagi berkunjung cukup lengkap dan tentunya bisa membuat kita semakin betah. Fasilitasnya apa aja sih…? Ini dia nih :

  • Papan Informasi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Playground
  • Toilet
  • Restoran
  • Toko Souvenir
  • Guide
  • Golf Cart
  • Spot Foto
  • Tempat Parkir Luas
  • Jam Buka Prambanan

Jam Buka & Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Jam buka Candi Prambanan setiap harinya dari pukul 6 pagi sampai 5 sore, baik pada weekday atau weekend. Tetapi saat weekend dan hari libur besar, sebelum pukul 6 biasanya sudah banyak rombongan wisata yang datang. Jadi kalau berniat pergi saat berlibur, usahakan datang lebih pagi atau sekalian sore sekitar jam 4 agar gak terlalu padat dan gak terlalu panas juga kan…

Candi Prambanan (sumber : Traveloka)

Kalau kita datang di saat yang tepat dan tidak terlalu ramai, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Prambanan nih, diantaranya :

  • Berkeliling kompleks candi dengan sepeda
  • Menjajal kerta wisata
  • Mengunjungi Museum
  • Menonton Pementasan Tari
  • Belajar Memanah
  • Berinteraksi dengan Rusa
  • Menonton Film 4D
  • Bermain di Playground

Wah banyak juga ya yang bisa dilakukan di Candi Prambanan. Jadi memang butuh waktu khusus deh kalo ke sini. Biar bisa puas juga wisata candinya.

Lokasi dan Rute ke Prambanan

Lokasi atau alamat Prambanan ada di Jalan Raya Solo – Jogja, Bokoharjo, Nomor 16, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Kalau kita dari arah Keraton Jogja, bisa lewat jalan Sultan Agung dan langsung menuju Ringroad Timur yang tembus ke Jalan Raya Solo – Jogja. Jalur ini adalah yang termudah dan paling cepat, jaraknya sekitar 18 Km.

Harga Tiket Prambanan

Saat ini Prambanan telah menerapkan harga tiket baru untuk semua waktu kunjungan , lihat daftar lengkapnya di tabel berikut :

Tiket Harga
Tiket Dewasa (WNI) Rp 50.000
Tiket Dewasa (WNA) Rp 338.000
Tiket Anak-anak (3 – 10 Tahun) Rp 20.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Parkir Motor Rp 3.000
Film 4D Rp 35.000
Latihan Memanah Rp 20.000
Sewa Sepeda Rp 20.000
Naik Kereta Rp 10.000

Ternyata ada banyak kegiatan menarik di Prambanan ya, selain melihat relief kamu bisa menonton Film 4D dan pertunjukan tari mengagumkan. Butuh menginap nih pastinya kalau dari luar kota kayak saya 😉 , karena satu hari pasti gak akan cukup. Untuk penginapan, kita bisa mempercayakan kepada Traveloka. Lebih mudah lagi kalau kita pake paket wisata Jogja, bisa sekalian wisata kuliner.

Jadi tunggu apalagi, yuukk lah..rasakan sendiri gemana asiknya berlibur dan mengunjungi Prambanan. Eh kita juga bisa mengunjungi Jogja Bay dan dan Candi Sambisari yang letaknya tidak terlalu jauh dari Prambanan loh. Selamat merencanakan liburan ya… Saya juga mau merencanakan liburan lagi nih… Punya pengalaman mengasikkan saat ke Candi Prambanan? Boleh banget nih dibagi lewat kolom komentar di bawah yaa..

45 Replies to “Keseruan Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Indonesia”

  1. Aku kepengen ke Candi Prambanan huhuhu.. Pas mampir ke Candi Borobudur waktu itu belum sempat ke sini. Harus diagendakan lagi

  2. awal tahun depan rencananya aku mau ajak anak-anak ke Jogja, ini harga tiket Prambanan sampai aku catat siapa tau bisa mampir kalau jadi ke Jogja

  3. Wahh tiketnya udah naik kayaknya. Pas beberapa th lalu ke sana masih sekitar 25 kalo gak salah. Tapi tetap terhitung murah, untuk melihat kekayaan sekelas Prambanan. Aku berkali ke sana tetep pengin lagi.

  4. Aku dulu pernah wisata ke Candi Prambanan saat SMA setelah itu belum pernah ke sana lagi. Bulan lalu anakku ke Candi Prambanan rame2 bersama teman2 sekelasnya 45 orang dan mereka senang 😀

  5. Baca ini jadi ingat liburan sama keluarga waktu aku masih kecil. Bahagia banget sama mama papa hehe.. Teenyata sekarang makin lengkap ya fasilitasnya..

  6. Hayuk Mba, kapan2 kita short escape dan cusss ke mari!
    Aku puingin explore Jogja Solo yg wisata heritage gini

  7. sudah tiga kali ke candi prambanan. dan selalu saat lagi ramee pengunjung. pengennya bisa dateng ke sana lagi pas low season n sepi biar puas foto2nya 😀

  8. pernah ke sini sama mama. areanya luas. kami jd olahraga ringan dengan jalan kaki memutarinya

  9. Aku udah lama bangt gak kesana mba, kpingin lagi dulu ambil paket tiket sekalian k Borobudur,, jadi kangen ini kesana waktu cuacanya lg panas2nya

    1. iyaaa asik banget buat leisure, pleasure dan olahraga

  10. Eh, saya baru tau kalau WNA nyaris 400rb tiketnya. Iyalah.. harusnya gitu ya harga tiket ke tempat wisata utk wna lebih besar dr wni.

  11. beda harga antara wisman sama wislok kok jauuuuh banget ya, apa iya ada gitu perbedaan perilaku apa gimana? Apa gak takut nanti malah candi Prambanan tidak dikunjungin wisman?

    Ah tapi ya sudahlah ya, mungkin ada sejuta pertimbangan di baliknya

  12. Candi Prambanan ga pernah sepi setiap kali kesana selalu ramai padahal pernah ke candi Prambanan liburan ke Jogja bukan liburan anak sekolah

    1. Ga juga sih, Mba tanti. Buat mereka harga 338rb itu sudah murah. Karena kurs kita kan lebih kecil. Sama Malaysia aja jauh. Kecuali Jepang dan Korea mgkn yaa.

  13. Aku pas ke magelang dan Yogyakarta sempat pengen main ke candi Prambanan tapi belum kesampaian. Senang sekali bisa membaca tulisan ini jadi ada gambaran juga ya tentang candi Prambanan

  14. Waktu ke Yogyakarta Agustus lalu saya ga sempet menyambangi Prambanan, huhuh tapi ke Borobudur, next ingin kesini juga.

  15. firsty molyndi says: Reply

    Asik ya jalan2 ke jogja. Aku pengen sekali jalan2 ke sana. Tp belom kesampean.

  16. Agustus kemarin pas ke Yogya gak sempet ke Prambanan huhuhu padahal ingin banget, semoga next trip bisa ke Prambanan,

  17. menjadi orang lokal mmg seringkali menyusutkan ketertarikan ya..dg alasan, sudah sering ke sana atau sering melewatinya hahaha

    rumah suamiku kan di klaten, aku jg org jateng jd sdh bbrp kali ke prambanan. tapiii, berhubung skrg tinggal di medan, ini jadi obyek yg tdk biasa bagi anak2. tp baru skali sih ke situ sama anak2. yg belum sama mereka adl ke borobudur

  18. Jadi kangen pengen kesini lagi. Terakhir kesini waktu SMP deh kayanya ahhaha udah lama banget ya

  19. Aku pernah ke Prambanan 1 kali mbak. Tapi udah lupa juga ada apa di dalamnya saking udah lamanya. Sepertinya harus balik ke sini lagi deh yak sambil bawa anak 😀

  20. aku baru sekali ke candi prambanan. itupun uda lamaaaa banget
    jadi kangen jalan kesana

  21. Dan iya, aku pun inget banget pertama kali ke Candi Prambanan pas SMP, ya ampun udah lama banget ya. Sekarang pasti lebih bagus dan rapi deh

  22. Aku baru sekali ke prambanan, awal tahun ini. Sayang sekali pas itu sudah sore, jd mau tutup. Jadi pengen lagi, apalagi stelah dari prambanan sbelum keluar mampir ke pasarnya dlu untuk belanja.

  23. Lupa ya udah berapa kali aku ke Prambanan. Maklum jarak kampung ke sini deket sih. Tiket terjangkau nggak memberatkan juga ya yang mau main ke sini.

  24. Selalu asik klo wisata ke candi. Apalagi ngajak anak-anak yang baru pertama kali lihat candi secara langsung dan baru tau candi itu apa.

  25. Seingatku, belum pernah ke candi Prambanan.
    Baru ke Borobudur saja, sekitar tahun 2006, 13 tahun lalu.

    Setuju, datang lebih pagi kayaknya lebih asyik ya.
    Masih adem

  26. Wah, HTM Prambanan sudah 50 ribu ya, berarti aku dah lama banget gak ke sana. Dulu sering karena nemenin temen dr luar. Sekarang malah belum sempat bawa anak-anak. Tapi Prambanan memang bagus.Sekelas lah sama Borobudur. Jadi wajar kalau harga segitu

  27. Udah beberapa kali berkunjung ke prambanan, tapi saya enggak tau tuh ada film 4d nya, huhuhu… Liat pentas tarinya juga belum pernah…

  28. Aku ke Prambanan terakhir 3 tahun lalu, Mbak. Sekalian beli paket yang Prambanan – Ratu Boko.
    Enaknya bisa eksplor Ratu Boko sekalian jadi tinggl naik kendaraan yang disediakan.

  29. Mbak tiket WNI itu 50.000 atau 500. 000? Aku jadi kaget kok malah mahalan orang Indonesia dibanding orang luar negeri atau WNA? Mungkin mbak salah ketik ya?

  30. Aku suka banget berkunjung ke situs Candi Prambanan. Apalagi kalo masuk ke dalam candinya. Melihat Roro Jonggrang berasa kayak dilihatin dia, hihihii. Patung nya tinggi kayak ratu yang anggun

  31. September kemarin aku dari sini juga. Sekalian survei. Bedah banget deh datang ke Prambanan. Ampe lupa udah sore aja. Padahal perjalanan masih panjang.

  32. Salah satu tempat yang aku kagumi sih Prambanan ini. Cantik nan megah. Duh, kapan ya bisa main ke Prambanan lagi. 😩

  33. Prambanan dalam ingatanku…candinya mungil-mungil.
    Pengin tahu filosofi dibangunnya candi Prambanan, selain untuk pemujaan dan Rumah Dewa Siwa.

  34. jadi kangen lagi kembali jalan-jalan ke candi prambanan mba.
    Aku dulu waktu masih berumur 13 tahun berkunjung kesini.

  35. Wah terakhir ke Prambanan waktu anak anak masih SD, sekarang udah pada lulus kuliah

    jadi pingin kesini lagi ^^

  36. Krisna Hayuning F says: Reply

    Berasa udah ke Candi Prambanan aja padahal cuma baca Blog ini,

    Aku belum pernah ke candi Prambanan juga,
    Masih diagendain,
    Kudu kesanalah pokoknya 💃

  37. Menurut saya Prambanan salah satu situs budaya yang begitu eksotik
    Ada beberapa mitos juga yg dipercayai terkait wisata di Jogjakarta ini

  38. Ku jadi rindu Jogjaaaaa… Makasih info tiket dan fasilitas destinasi wisata Prambanan, harga sekarang sama dulu tentu beda.

  39. salah satu destinasi wisata imoian aku sejak dulu. semoga suatu saat kecapaian pengen main ke sana.

  40. Prambanan emang menarik untuk dikunjungi…
    Tapi klo kesana harus kuat jln yaa..
    Dan jgn lupa sunblock, hehe

  41. Waini, ada spot latihan memanahnya ya. Terahkir ke sana pas ada even menanam pohon serentak sekitar 3 bulan yang lalu. Ga sempet cek fasilitas yang lain. Next deh coba memanahnya.

  42. Waktu ke sana, aku kesiangan dateng (karena kelamaan di Ratu Boko). Udah rame banget. Panas pula. Yang ada malah sesak napas :'(

  43. […] di Candi Songgoriti pertunjukan sudah dimulai. Kami sempat menikmatinya sebentar, lalu bergeser ke tempat […]

Leave a Reply