Keseruan Wisata Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Membicarakan tempat bersejarah yang menunjukan perkembangan kepercayaan, khususnya di Jogja, kita tidak bisa melewatkan Candi Prambanan. Sebuah Candi Hindu setinggi 47 meter yang juga terkenal dengan kisah romansa Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Bukan saja terkenal karena kisah romansanya, Prambanan juga terkenal karena detail relief Candi Prambanan yang menggambarkan Ramayana.  Kedua hal di tersebut masih didukung berbagai hal menarik lain yang bisa kita temukan di Prambanan loh.

Mengenal Candi Prambanan

Candi Prambanan (sumber : Traveloka)

Menurut sejarah, Prambanan  didirikan kira-kira didirikan pada 850 – 856 masehi dengan tujuan memuliakan Dewa Brahma, Siwa dan Wisnu. Tetapi sebenarnya, jika kita mengartikan nama asli Prambanan dari bahasa sansekerta  yaitu Siwagrha candi ini berarti Rumah Siwa.

Sampai saat ini bagian dari kompleks candi masih terawat dengan baik berkat pemugaran besar-besaran pada 1930-an. Jadi kita bisa menikmati keindahan candi yang mengagumkan setiap kali berkunjung.

Fasilitas Prambanan

Fasilitas wisata Candi Prambanan yang bisa kita nikmati selagi berkunjung cukup lengkap dan tentunya bisa membuat kita semakin betah. Fasilitasnya apa aja sih…? Ini dia nih :

  • Papan Informasi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Playground
  • Toilet
  • Restoran
  • Toko Souvenir
  • Guide
  • Golf Cart
  • Spot Foto
  • Tempat Parkir Luas
  • Jam Buka Prambanan

Jam Buka & Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Jam buka Candi Prambanan setiap harinya dari pukul 6 pagi sampai 5 sore, baik pada weekday atau weekend. Tetapi saat weekend dan hari libur besar, sebelum pukul 6 biasanya sudah banyak rombongan wisata yang datang. Jadi kalau berniat pergi saat berlibur, usahakan datang lebih pagi atau sekalian sore sekitar jam 4 agar gak terlalu padat dan gak terlalu panas juga kan…

Candi Prambanan (sumber : Traveloka)

Kalau kita datang di saat yang tepat dan tidak terlalu ramai, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Prambanan nih, diantaranya :

  • Berkeliling kompleks candi dengan sepeda
  • Menjajal kerta wisata
  • Mengunjungi Museum
  • Menonton Pementasan Tari
  • Belajar Memanah
  • Berinteraksi dengan Rusa
  • Menonton Film 4D
  • Bermain di Playground

Wah banyak juga ya yang bisa dilakukan di Candi Prambanan. Jadi memang butuh waktu khusus deh kalo ke sini. Biar bisa puas juga wisata candinya.

Lokasi dan Rute ke Prambanan

Lokasi atau alamat Prambanan ada di Jalan Raya Solo – Jogja, Bokoharjo, Nomor 16, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Kalau kita dari arah Keraton Jogja, bisa lewat jalan Sultan Agung dan langsung menuju Ringroad Timur yang tembus ke Jalan Raya Solo – Jogja. Jalur ini adalah yang termudah dan paling cepat, jaraknya sekitar 18 Km.

Harga Tiket Prambanan

Saat ini Prambanan telah menerapkan harga tiket baru untuk semua waktu kunjungan , lihat daftar lengkapnya di tabel berikut :

Tiket Harga
Tiket Dewasa (WNI) Rp 50.000
Tiket Dewasa (WNA) Rp 338.000
Tiket Anak-anak (3 – 10 Tahun) Rp 20.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Parkir Motor Rp 3.000
Film 4D Rp 35.000
Latihan Memanah Rp 20.000
Sewa Sepeda Rp 20.000
Naik Kereta Rp 10.000

Ternyata ada banyak kegiatan menarik di Prambanan ya, selain melihat relief kamu bisa menonton Film 4D dan pertunjukan tari mengagumkan. Butuh menginap nih pastinya kalau dari luar kota kayak saya 😉 , karena satu hari pasti gak akan cukup. Untuk penginapan, kita bisa mempercayakan kepada Traveloka. Lebih mudah lagi kalau kita pake paket wisata Jogja, bisa sekalian wisata kuliner.

Jadi tunggu apalagi, yuukk lah..rasakan sendiri gemana asiknya berlibur dan mengunjungi Prambanan. Eh kita juga bisa mengunjungi Jogja Bay dan dan Candi Sambisari yang letaknya tidak terlalu jauh dari Prambanan loh. Selamat merencanakan liburan ya… Saya juga mau merencanakan liburan lagi nih… Punya pengalaman mengasikkan saat ke Candi Prambanan? Boleh banget nih dibagi lewat kolom komentar di bawah yaa..

You may also like

44 Comments

  1. Aku dulu pernah wisata ke Candi Prambanan saat SMA setelah itu belum pernah ke sana lagi. Bulan lalu anakku ke Candi Prambanan rame2 bersama teman2 sekelasnya 45 orang dan mereka senang 😀

  2. beda harga antara wisman sama wislok kok jauuuuh banget ya, apa iya ada gitu perbedaan perilaku apa gimana? Apa gak takut nanti malah candi Prambanan tidak dikunjungin wisman?

    Ah tapi ya sudahlah ya, mungkin ada sejuta pertimbangan di baliknya

    1. Ga juga sih, Mba tanti. Buat mereka harga 338rb itu sudah murah. Karena kurs kita kan lebih kecil. Sama Malaysia aja jauh. Kecuali Jepang dan Korea mgkn yaa.

  3. Aku pas ke magelang dan Yogyakarta sempat pengen main ke candi Prambanan tapi belum kesampaian. Senang sekali bisa membaca tulisan ini jadi ada gambaran juga ya tentang candi Prambanan

  4. menjadi orang lokal mmg seringkali menyusutkan ketertarikan ya..dg alasan, sudah sering ke sana atau sering melewatinya hahaha

    rumah suamiku kan di klaten, aku jg org jateng jd sdh bbrp kali ke prambanan. tapiii, berhubung skrg tinggal di medan, ini jadi obyek yg tdk biasa bagi anak2. tp baru skali sih ke situ sama anak2. yg belum sama mereka adl ke borobudur

  5. Aku pernah ke Prambanan 1 kali mbak. Tapi udah lupa juga ada apa di dalamnya saking udah lamanya. Sepertinya harus balik ke sini lagi deh yak sambil bawa anak 😀

  6. Aku baru sekali ke prambanan, awal tahun ini. Sayang sekali pas itu sudah sore, jd mau tutup. Jadi pengen lagi, apalagi stelah dari prambanan sbelum keluar mampir ke pasarnya dlu untuk belanja.

  7. Wah, HTM Prambanan sudah 50 ribu ya, berarti aku dah lama banget gak ke sana. Dulu sering karena nemenin temen dr luar. Sekarang malah belum sempat bawa anak-anak. Tapi Prambanan memang bagus.Sekelas lah sama Borobudur. Jadi wajar kalau harga segitu

  8. Berasa udah ke Candi Prambanan aja padahal cuma baca Blog ini,

    Aku belum pernah ke candi Prambanan juga,
    Masih diagendain,
    Kudu kesanalah pokoknya 💃

  9. Waini, ada spot latihan memanahnya ya. Terahkir ke sana pas ada even menanam pohon serentak sekitar 3 bulan yang lalu. Ga sempet cek fasilitas yang lain. Next deh coba memanahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *