Kelas Literasi Digital Sisternet dan Blogger Crony Community

Perempuan sebagai pengusaha sekarang itu bukan lagi hal aneh ya..Hampir semua perempuan bisa berbisnis, atau punya bisnis. Skala besar ataupun skala kecil ada. Bidangnya pun beragam. Sebagian sudah memanfaatkan internet sebagai sarana pemasarannya dan hal penting lainnya untuk menunjang bisnis. Tapi ya gak sedikit juga yang masih bingung harus bagaimana memanfaatkan internet untuk usahanya.

Untuk itulah melalui program Sisternet, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Blogger Crony Community (BCC) Surabaya menggelar pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan perempuan Jawa Timur. Dengan tema “Sister UKM Go Online”, pelatihan ini mengajarkan perempuan pebisnis  bagaimana melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital. Pemanfaatan teknologi digital ini kan sudah terbukti ya bisa memacu produktifitas usaha kecil menengah.

Acara yang berlangsung pada 12 Oktober 2019 di Hotel Batiqa Surabaya ini dihadiri Owner Koleksikikie, Riski Hapsari, dan Founder Bloggercrony Community dan Owner Digital Kreativ Hub, Wardah Fajri sebagai pembicara. Mbak Kiki membawakan materi “Pemasaran Digital yang Efektif untuk UMKM”, sementara ,mbak Wawa menyampaikan materi “Optimasi Medsos UKM dengan Konten Kreatif”. Ada sekitar 50 an perempuan pengusaha kecil menengah yang ikut sebagai peserta. Mereka umumnya berasal dari Surabaya.

Oiya sebelum kedua pemateri menyampaikan berbagai ulasan seputar UKM, pihak XL mewakili Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, mengungkapkan banyak UKM yang dimotori kaum perempuan tapi banyak diantara mereka ‘gaptek’ atau tidak paham bagaimana memanfaatkan sarana digital yang ada untuk meningkatkan produtivitasnya.  Karena itu Sisternet dan BCC ingin sekali membantu perempuan pemilik bisnis kecil menengah dengan mengajari mereka menggunakan berbagai sarana digital.

Sisternet sendiri yang diperkenalkan pada tahun 2015  berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju.

XL Axiata juga menyediakan Modul Pintar Sisternet yang berisikan informasi, edukasi dalam bentuk konten video untuk Perempuan Indonesia. Modul Pintar Sisternet memang dibuat sesuai dengan kebutuhan perempuan. Pengemasannya yang singkat dan padat informasi serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui gadget, membuat Modul Pintar mudah dijadikan pendamping belajar bagi Perempuan Indonesia. Kategori Modul Pintar yang bisa diakses antara lain ; Ibu dan Anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar.

Blogger Crony Community sendiri merupakan komunitas blogger yang mayoritas (70%) anggotanya perempuan. Komunitas ini berdiri sejak 24 Februari 2015 berbasis di Jakarta, dengan anggota tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti  Cirebon, Pekalongan, Bandung, Garut, Semarang, Solo, DIY, Surabaya, Malang, Palembang, Padang, Madura, Banyuwangi, Lamongan, dll.  Hal ini kemudian menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Blogger Crony Community yang peduli menjadi fasilitator pemberdayaan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini.

Sekilas tentang Hotel Batiqa Darmo Surabaya, Lokasi Acara Kelas Digital Sisternet  dan BCC

Acara berfaedah ini memang digelar di Hotel Batiqa Darmo Surabaya, tepatnya di Jl. Darmokali 60. Aksesnya yang mudah dijangkau dari arah mana aja, membuat hotel ini menjadi pilihan strategis. Untuk keperluan bisnis atau untuk liburan bareng keluarga.

Batiqa Darmo Surabaya ini salah satu dari 8 hotel lainnya di beberapa wilayah Indonesia. Dalam naungan Batiqa Hotel Management, hotel Batiqa lainnya antara lain tersebar di di Pekanbaru, Palembang, Jababeka, Cirebon.

Sebagai bagian keperluan bisnis, hotel Batiqa Darmo  mempunyai beberapa ruang meeting dengan kapasitas yang bebeda-beda. Ruang meeting tersebut antara lain Ruang Sawunggaling, Semanggi, dan Semanggi 1-3. Harga mulai 80.000 IDR per pax dengan fasilitas snack dan keperluan meeting lainnya. Untuk lebih detailnya bisa menghubungi pihak hotel aja yaa…

Nah kalo kamarnya sendiri ada 84 kamar type superior dan 3 suite room. Oiya ada family room juga loh..yang dilengkapi bunk bed yang biasanya disukai anak-anak. Fasilitas yang bisa dinikmati bila kita menginap disini, breakfast (bisa juga tidak menggunakan fasilitas ini), gym dan fitness, antar jemput bandara/stasiun, free internet, dll. Oiya selain kita bisa menikmati food and beverages di restonya, kita bisa loh menikmati menu-menu special di roof top. Asiklah pokoknya…

Kali ini saya hanya merasakan kenyamanan hotel Batiqa Darmo saat ikut acara Sisternet dan BCC. Semoga di lain kesempatan bisa staycation disini bareng anak-anak yess….

You may also like

37 Comments

  1. Sisternet kalau bikin acara memang selalu seru ya mba, apalagi kolaborasi dengan BloggerCrony, pasti ilmunya berfaedah banget dan bisa meet up sama teman-teman blogger lainnya

  2. Seru banget acaranya mba. Nambah ilmu banget pastinya ya. Apalagi bs stay di Batiqa yg cozy. Hmmm nikmat mana lagi yg sanggup didustakan 😊

  3. Eh aku salfok sama hotel Batiqa. Aku pernah menginap di Batiqa Cirebon dan emang bagus hotelnya, fasilitas lengkap dan ratenya terjangkau ya mba. Pernah review juga deh kayaknya aku di blog. Hehe.

  4. Bagus banget ya Mbak program sister net bersama Blogger Crony ini. Memang penting buat UKM untuk melek pemasaran digital melalui medsos. Dan pelatihan seperti ini bagus banget buat mereka.

  5. Programnya keren, memberdayakan perempuan supaya melek internet dan makin maju. Temanku masih banyak loh yang hanya sekadar tau internet untuk jualan online tapi gak ngerti bagaimana memanfaatkan untuk mendapat hasil maksimal.

  6. Perempuan jaman sekarang memang nggak bisa dipisahkan dari dunia digital. Mau nggak mau sih, karena semua hal sudah terintegrasi dengan dunia digital. Profesi apapunlah, nggak usah ngomongin influencer, jualan aja kalau enggak punya ilmu marketing digital ya susah. Mudah-mudahan program seperti ini terus dikembangkan di berbagai wilayah dan diaplikasikan. Sayang kan, kalau ilmunya nggak kepakek.

  7. Jadi pengen tahu konten yang ada di modul pintar sisternet. Kebetulan aku juga penggerak literasi digital. Jadi siapa tahu bisa menambah referensi untuk aku sebarkan di masyarakat kota solo

  8. Sayangnya saya lahiran jadi ga bakalan bisa ke sana kemarin
    Tapi Alhamdulillah sudah ikutt menyebarkan info ini ke beberapa UMKM yang memang membutuhkan edukasinya

  9. Jadi pengen liat modul pintarnya. Siapa tahu besok lusa saya bisa buka usaha. Secara jaman digital gini kita juga harus gerak cepat mengikuti perkembangan zaman, perkembangan bisnis yang sangat dibantu oleh dunia digital.

  10. Makin banyak yang peduli dengan UMKM dan Perempuan ya, Mbak. Aku malah baru tahu ada Sisternet ini. Semoga hadir juga di kota-kota kecil biar makin luas penyebaran ilmunyaaa. 🙂

  11. Acara yang inspiratif membahas perkembangan UKM dan ranah digital khususnya bagi kaum perempuan. Batiqa Surabaya terlihat nyaman ya fasilitasnya pun lengkap. Saya pernah di cabangnya Karawang utk staycation

  12. Wah saya baru tahu nih tentang Sisternet ini. padahal udah sejak 2015 ya. semoga sisternet terus menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan wanita Indonesia, khususnya dalam pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *