Cara Mudah Eksplor 3 Pulau Eksotis di Madura

Sebagai kabupaten dengan seratus lebih pulau di sekitarnya, Sumenep punya berbagai keindahan alam yang istimewa. Bukan hanya di tingkat lokal, pulau-pulau di kabupaten Sumenep juga dikenal hingga mancanegara. Setidaknya ada 3 pulau yang sudah dikenal luas menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Yuk lihat lebih dekat 3 pulau tersebut.

Gili Labak

Snorkling di Gili Labak

Nah ini adalah pulau yang pertama kali dikenal sebagai mempunyai keindahan alam bawah laut yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Untuk menikmatinya pengunjung tentu harus melengkapi peralatan snorkeling yang memadai.

Untuk menuju pulau yang luasnya tak lebih dari 5 ha ini, kita harus menempuh perjalanan laut sekitar 1-2 jam. Kita bisa mengaksesnya dari pelabuhan Kalianget atau pelabuhan Tanjung kecamatan Saronggi. Perahu yang bisa digunakan hanyalah perahu sewaan. Karena tidak ada penyeberangan regular ke Gili Labak. Jadi kalau berombongan sih biaya gak akan terasa mahal..tapi kalo sendiri atau rombongan dengan jumlah kecil..ya terasa sekali mahalnya.

Pulau dengan hamparan pasir putih di sekitar bibir pantai ini juga nyaman untuk beristirahat. Gili Labak yang termasuk wilayah desa Kombang kecamatan Talabo kabupaten Sumenep ini cukup teduh dengan adanya pohon-pohon kelapa di hampir seluruh bagian pulau.

Saya suka menunggu teman-teman selesai snorkelling sambil leyeh-leyeh di bale bambu yang banyak disediakan warga. Atau menunggu teman yang berkeliling pulau. Wah keliling pulau bisa ya?Bisa donk…Karena tidak terlalu luas…30 menit saja selesai sebenarnya. Tapi bisa 1 jam lebih kalo banyak berhenti untuk berfoto-foto.

Untuk bersnorkling tidak jauh dari pulau, ya..sekitar 50-100 meter. Jadi perahu yang mengantar kita ke pulau ini..akan merapat ke pulau dulu…kita jalan-jalan keliling pulau dulu..lalu perahu akan mengantar ke spot tertentu yang sudah  dikenal keindahan alam bawah lautnya. Kita bisa meminta perahu merapat ke pulau lagi untuk menikmati kuliner seafood, atau langsung kembali ke pelabuhan titik start perjalanan.

Gili Genting

Sunset di Pantai Sembilan

Pulau ini berada di sekitar selatan daratan Sumenep. Apa yang bisa kita nikmati disini? Pulau ini punya pantai yang keren dan dikelola dengan sangat eksotis oleh kepala desanya. Pantai Sembilan namanya, di desa Bringsang. Di sepanjang pantai banyak guest house yang bisa disewa, juga gazebo yang bebas digunakan pengunjung. Ada berbagai wahana bermain air yang bisa kita nikmati di Pantai 9 ini.

Kalau kita menginap, wahhh seru banget…karena kita tidur sambil dininabobokan suara angin laut dan deburan ombak…Asik bangettt.

Kalo saya sih yang berkesan banget ya sunsetnya donk…Kalo cuaca bagus (biasanya musim kemarau) sunsest di Pantai 9 cakep bangettttt.

Untuk kep pantai ini kita bisa menyebrang dari pelabuhan Tanjung Saronggi (yang terdekat). Perjalanan dari pelabuhan Tanjung Saronggi ke pelabuhan Bringsang,  bisa ditempuh sekitar 30-45 saja. Yap…ini lebih dekat daripada ke Gili Labak. Dari pelabuhan Bringsang kita tinggal jalan kaki aja sebentaran…udah..nyampe Pantai 9.

Gili Iyang

Pantai Ropet Gili Iyang

Pulau ini letaknya di sisi timur daratan Sumenep. Untuk menuju ke pulau ini ada penyeberangan regular dari pelabuhan Dungkek ke pelabuhan di beberapa desa di Gili Iyang, misalnya di desa Bancamara.

Istimewanya pulau ini adalah kandungan oksigennya. Sebuah penelitian mengungkapkan kalau pulau ini mempunyai kadar oksigen yang relative tinggi, nomer 2 di dunia setelah Yordania.  Kondisi ini menyebabkan warga pulau dikenal sehat dan awet muda. Tak heran bila kita bisa menemui warga lansia (usia 80-90 tahun) tapi masih segar bugar dan beraktifitas seperti masih usia 40 an.

Titik Oksigen

Kalau kita ke pulau ini selain bisa menghirup segarnya udara..ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi. Diantaranya Pantai Ropet, Pantai Batu Canggah, Gua Mahakarya, dan  beberapa tempat yang menjadi lokasi penelitian titik oksigen yang tinggi. Tempatnya sih biasa aja…warga hanya menandai saja kalau lokasi itu adalah titik oksigen tertinggi. Dari sekitar 7 titik yang dijadikan lokasi penelitian, hanya 1-2 titik saja yang diekspos dan dijadikan tujuan wisata.

Cara Mudah Wisata ke Pulau-pulau di Sumenep

Beberapa kali saya kesulitan mengarahkan teman-teman yang ingin berwisata ke beberapa pulau tersebut di hari kerja dan untuk 1-2 orang saja. Terutama untuk perjalanan ke Pulau Gili Labak. Karena memang tidak ada penyeberangan regular kan…Jadi harus sewa kapal dengan tarif sekitar 700.000-1.500.000 rupiah. Nah kalau cuma 1-2 orang kan kerasa banget tuh. Kalo rombongan sih..gak masalah sih ya…tinggal dibagi aja nominal sewa dengan jumlah peserta.

Tapi kesulitan tersebut sekarang bukan lagi halangan untuk bisa menikmati eksotisnya Gili Labak dan 2 pulau lainnya. Karena kita bisa beli paket tour di Traveloka Xperience. Woww..ada ya? Ada donkkk…. Fitur baru Traveloka ini bikin urusan traveling ke berbagai destinasi semakin mudah. Saya seneng banget!!! Karena fasilitas ini bisa saya rekomendasikan ke teman-teman. Dengan harga sekitar 200.000 per orang  (start Pelabuhan Tanjung) kita udah bisa menikmati snorklingan di Gili Labak. Gak perlu pusing mikir gemana perahunya lagi dah… 😀 Fasilitas makan juga sudah termasuk harga paket. Jadi kita bener-bener tinggal bawa badan ajah..Eh, bawa baju juga dink buat ganti setelah snorklingan 😉 Untuk rombongan juga ada loh..

Mulailah #XperienceSeru ke 3 pulau di Sumenep Madura ini dengan membuka aplikasi Traveloka. Pilih fitur Xperience lalu klik tours dan kamu bisa search : Sumenep Madura. Pilihan yang akan muncul berbagai tour yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Jangan lupa cek semua ketentuan detailnya ya..termasuk apa aja fasilitas yang diperoleh, itinerary, dsb.

Kalau sudah cocok, bisa langsung dieksekusi, pesan dan transfer. Setelah proses transfer selesai, kita akan mendapatkan voucher. Nah..voucher ini yang bakal ditunjukkan ke operator yang akan membawa kita eksplor pulau. Kita juga bisa nanya-nanya dulu ke operator tentang rencana perjalanan.

Semudah itu loh …jalan-jalan ke Madura sekarang 🙂 Yukk jalan-jalan ke Madura..

You may also like

86 Comments

  1. Suatu saat kudu banget nih disempatkan mengunjungi pulah-pulau di tanah nenek moyang. Haha. Todhus ngako nak potonah reng Madhure, tapi tak tao napak. Qiqiqi. Pernah cuma sampai bangkalan dan sampang. Tapi kotanya aja. nggak eksplor.

  2. Sayang banget baru tau info ini, saat bertandang ke Madura 2 THN lalu ada rencana ke Gili Labak padahal tapi ya..itu karena hanya berdua kerasa banget harganya. Jadi urung deh..mungkin next time saya ada kesempatan untuk kembali ke Madura dan eksplore destination lainnya lebih banyak

  3. Aah kumakin jatuh cinta sama Madura.

    Mirip keadaan Sumenep ini dengan Kabupaten Pangkep di Sul Sel, Mbak Di. .. banyak pulau kecilnya. Sayangnya banyak yang masih daerah miskin.

  4. Mba, aku mupeng pengin ke Gili Genting. Suasana pantainya kayaknya syahdu banget yaaa… Jadi ingat perjalanan bareng kita ke Giliyang waktu itu. Kangen juga ya kesana rame-rame lagi. Sayangnya pantainya bukan tipe pantai untuk berbasah-basah yaaaa 😉

  5. Madura oh Madura, kapan aku bakal ke sana? KEbetulan punya saudara di Sumenep. Eh, jauh banget gak sih dari Madura kotanya? Nggak paham aku. Tapi kalau pulau-pulau cantik ini aku baru denger lho, Mbak. Ternyata ya, Madura juga se-keren ini. Bisa diakses via fitur Traveloka pula. Duh, kan jadi pengin aku.

  6. Mak..ngene2 aku wong meduroooo loh. Cuma kalau gili ini belum pernah emang. Karena biasanya ke madura ga pernah lama. Pengen ke sana lagi :”)

    Trus kita meet up. Kalau pake traveloka ecperience semua jadi murahhhh mudah ya . Mudik aah

  7. Ada gili gili juga ya di Madura.
    Jadi pengen nih travelling ke Madura, apalagi ada paket tour dari traveloka xperience. Memudahkan banget buat bisa ikut travelling ke tempat baru dan jauh sendirian

  8. Madura makin banyak aja nih lokasi wisatanya, keinget zaman kecil dulu suka dibilang tandus lha apalah, ternyata potensi wisatanya besar ya. Apalagi didukung zaman medsos makin banyaklah yg ke sana.
    Wah asyik bisa snorkling, cek2 Traveloka ah

  9. Kangen Sumenep, belum pernah dan pengen banget ke Gili Iyang dan Gili Genting, terutama Gili Iyang yang bikin penasaran.
    Sekarang enak ya, bisa rencanakan liburan dengan mudah di Traveloka Experience

  10. Segeeeerrr banget liatnya mba, bisa nyelam gitu. Ini pakai Traveloka ya? Bisa jalan-jalan ke tiga pulau di Madura. Pengeeeenn.. deh, apalagi harganya terjangkau cuma 200 ribu. Mau ngajak keluarga ke pulau seribu belum kesampaian.

  11. Belum pernah nyobain nih fitur Xperience di Traveloka. Boleh juga dicobain untuk liburan bareng keluarga. Jadi kan enak ya tinggal pasrah manja sama Traveloka aja, kita udah siap menikmati liburan yang menyenangkan.

  12. Aku belum pernah nih jalan2 ke Madura, sepertinya seru yaaa. Aku selalu pake traveloka experince kalau mau kemana2, termasuk main di playground anak, abisnya lebih muraaah hahahahah ada diskon & ngga perlu ngantri lagi 😀 top banget dah traveloka

    1. Mbak Diane, kalo gak bisa renang tetep bisa ya snorkeling? Hihiii, pertanyaan yang sungguh culun. Maklum mbak, dakuw kagak pernah snorkling. Si sulung yang cerita kalo snorkling di Karimun Jawa arusnya deras, tetep harus ada pendamping.

  13. Ibuku happy banget, kak Di…kemarin jalan-jalan ke tempat yang kaya oksigennya itu..
    Keren banget view wisata ke Sumenep.
    Andaikan pas ke Surabaya ada yang ngajakin jalan ke Sumenep,
    Happy bangeeett~

  14. mau banget ke GiliLabak tapi waktunya belum memungkinkan. aman gak sih bawa anak kecil? saya nunggu Zril agak gedean. Ayahnya sih udah ke sana. katanya seru banget naik kapal ke tengah lautnya

  15. Waah ternyata Sumenep sebagus jtu yaa. Banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan dieksplorasi.

    Traveloka xperience ini memudahkan banget yaa buat cari2 kegiatan menarik di suatu tempat. Harga jelas juga

  16. Aku belum pernah ke Madura dan belum pernah juga main ketiga pantainya. Nampaknya seru banget ya bisa sekalian snorkling. btw ini seru banget ya bisa pesan dengan xperience yang diinginkan, detail banget tentang apa saja tang didapatkan.

  17. Pernah ke Madura tapi cuma sampai Bangkalan aja nih mbak, pngen sih ke Sumenep tapimusti siapin waktu dan budget-nya. enak sekarang bisa pesan-pesan lewat Traveloka.

  18. Madura, salah satu tempat yang masuk whistlist daerah yang ingin aku kunjungi. Punya teman asli Madura dan dia selalu cerita tentang daerah asalnya ini, makanya jadi penasaran.

  19. Whoaaah… Penasaran sama Pulau Gili Iyang-nya. Mungkinkah kalo ke sana kerutan akan segera hilang? Wkwkkww…

    Cuss ah ngepoin Traveloka Xperience biar dapet tiket murce. Makasih ya infonya, Mbak.

  20. Wah layanan Traveloka Xperience bisa selengkap itu yah…bisa bantu banget buat bikin itinerary kalau mau wisata ke suatu tempat, terus harganya juga lebih murah…lumayan selisihnya buat nambah budget yang lain.

  21. saya belum pernah snorkeling gitu, kadang emak-emak ini bingung, kalau nyemplung ntar anaknya gimana hiks (malah curhat). Tapi berharap banget bisa kembali ke Madura Island setelah tahu banyak lokasi indah di sana dan pastinya ketemu mbak Dian hehehe

  22. Aku penasaran dengan Madura, pemandangannya indah, apalagi dengan Gili Iyang yang kadar oksigennya nomer dua tertinggi setelah Skandinavia, pasti segar banget yaa…penasaran…

  23. Yungalah, Madura itu ibarat surga tersembunyi. Puengin akutuh ke sana, apalagi ada saudara di Sampang. Next tme mau nyobain pakek Traveloka Xperience deh. Irit dan pastinya selalu kasih xperience seru.

  24. Mbaaa aku koq jadi kangen balik lagi ke Giliyang. Nun jauh di ujung Madura ternyata ada pulau yang sangat indah dan sehat gini berkat oksigen terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *