Cara Melihat Pageview Blog WordPress

Saya pernah ditanya oleh seorang teman, bagaimana caranya melihat jumlah kunjungan di blog kita?Yang dimaksud adalah blog wordpress self hosted ya..Karena kalau blog yang wordpress dot com sudah ada fasilitas untuk melihat pageviewnya.

Nah kalau selfhosted ini memang harus dipasang ini itu dulu baru bisa melihat jumlah kunjungan. Dipasang apa aja sih?Yuklah diulas dulu satu persatu sebelum akhirnya ntar kita simpulkan enaknya pake apa untuk melihat pageview di blog wordpress. Dan ulasan tentang pageview ini berdasarkan pengalaman yang saya pakai aja ya…

Dan yang perlu saya tegaskan..blog wordpress selfhosted sepertinya memang sudah kodratnya tidak bisa melihat pageview tanpa plugin atau script. Apakah CPanel tidak bisa dipakai acuan?Hm…so far pengalaman saya sih gak bisa..entah kenapa ya..atau saya yang terlewat..Karena pernah saya mencari-cari pageview lewat CPanel kok gak memuaskan. Bukan karena pageviewnya tidak sesuai harapan..tapi angkanya jauh banget di bawah pageview plugin atau Google Analytic.

Jadi kalau begitu saya pakai apa nih buat tampilkan pageview?

Plugin Jetpack

Cara Melihat Pageview Blog WordPress
Pageview versi Jetpack

Plugin Jetpack memang bukan satu-satunya plugin yang bisa untuk melihat pageview di blog wordpress self hosted. Tapi ya berhubung waktu pertama pakai wordpress selfhosted nyari-nyari referensi plugin..banyak yang menyarankan Jetpack, yaudah pasang si J dulu deh..Jadi dari awal udah pake ini. Dan memang kelihatan pageviewnya, termasuk top post di blog kita, bisa ditampilkan. Jetpack ini bisa dikonekkan dengan blog wordpress.com saya yang lama..

Suatu ketika saya pernah menonaktifkan si J ini..selama kurang lebih 10 hari. Hasilnya?tewewewew…selama 10 hari itu pulalah statistik di blog saya gak terdeteksi. Blank.

Padahal stat dashboard saya mengandalkan si J ini..meskipun saya pasang plugin Google Analytic (GA) juga. Lah..kenapa gak pake pageview versi GA ajah? Ya kalau klien kita mintanya pageview ala dashboard ya kan gak bisa kita kasih ala GA. Jadi kehilangan hitungan statistic selama 10 harian tentu ngefek lah ya ke target pageview keseluruhan..

Untuk si J ini layak dipertahankan atau tidak..saya masih cari referensinya.. πŸ˜€ Kalau kalian punya pendapat..bolehloh disampaikan di komen atau japri lewat WA/email πŸ˜‰

Plugin Google Analytic

Cara Melihat Pageview di Blog WordPress
Tampilan GA

Plugin ini tersambung ke akun Google kita. Dan ada pengaturan kodenya juga..Maap saya gak mengulas detail ya cara mengatur kode-kodean di Google analytic ini. Pokoknya pasang ajah udah πŸ˜€

Kabarnya sih..pageview ala GA ini yang paling real dan tidak menghitung tampilan dari perangkat kita sendiri dan ada durasi tertentu baru dihitung 1 tampilan. Jadi jangan heran kalau ada perbedaan yang mencolok antara pV dashboard dan GA ya…Selain itu GA juga lebih lengkap datanya. Bukan hanya pageview.

Data GA ini bisa dilihat dari dashboard, lewat akun GA (lewat browser hp atau PC), atau lewat aplikasi GA di android.

Script

Cara Melihat Pageview di Blog WordPress
Tampilan Pageview dengan script

Nahini belum lama saya pakai. Saya baru tahapan mencoba sih.. Ada beberapa website yang menyediakan script untuk dipasang di blog kita agar bisa menampilkan pageview.Β  Bisa search aja dengan beberapa kata kunci…misalnya script untuk menampilkan pageview di wordpress. atau cara menampilkan pageview di wordpress tanpa plugin. Hehe panjang amat kata kuncinya… Ya utak-atik disitu deh pokoknya.

Saya pernah dikasi rekomendasi websitenya. Pageview bisa dipilih mau ditampilkan di tampilan blog kita ndak..atau di dashboard aja..atau keduanya… Kita tinggal copy kode html aja Β lalu dipaste ke bagian edit theme. Huhu…agak grogi juga menjalani proses ini… Secara salah paste kan efeknya bisa kemana-mana tuh…hehe.. Tapi Alhamdulillah aman jaya…Setelah disave…pageview tampil.

Jadiiii sekarang yang saya pake 3 ini haha…kemaruk amat…Iya karena kalo Google Analytic gak mungkin saya lepas..begitu pun yang script untuk bisa menampilkan pageview dashboard. Nah Jetpack ini..saya masih pikir-pikir…copot gak ya… πŸ˜€

You may also like

36 Comments

  1. Wow…kalau diamati PV mbak Dian tinggi rek… Alhamdulillah pengen juga PV gede seperti punya mbak Di…mau rajin nulis ah dan share 😘.
    Btw saya masih pake BP mbak… Pankapan mau bikin juga di WP

  2. Aku tetep pake Jetpack dan Google Analytics, yang Jetpack karena tampilannya lebih rapi dan lebih enak dibaca. Kalo google analytic biar tau lebih dalam aja, apalagi untuk keywordnya.

  3. Enaknya di wordpress bisa pakai plug in ini itu, sementara di blogspot belum bisa. GA saja malah masil nol padahal udah dipasang cukup lama. Bingung mau diapakan lagi. Kalau diutak-atik takut salah kode dll.

  4. Nice info mba, baru aja kemarin aku di telpon teman yang pakai WordPress, kemarin dia menanyakan bagaimana cara melihat PV di wordpress, berhubung aku pakai blogspot jadi aku gak bisa jawabnya

    Artikel mulai aku share ke temenku ya mba

  5. Ohiya kak…
    Web wordpress ku kan belum slf-hosted yaa…tapi pv nya dari bulan ke bulan relatif stabil.
    Padahal isinya gak serius.

    Apa akunya yang harus nyeriusin isinya yaa…
    Hahhaa….ini pertanyaan apa ini yhaa…**toloong…

  6. WP itu ribet buatku banyak plugin yang males kuulik hihihi tapi kalau tampilan emang juaranya, ya. Dan kataya PV di WP itu lebih bagus daripada tetangga lainnya. Pengen ngulik ga kesampaian mulu dan susah move on dari Blogspot hehehe

  7. wwkwkwkw aku masih pake blogspot niiiihh, tapi buat web komunitas pake wordpress si dan aku jadi rada ngerti tips-tips menembus friendly google search.
    Kalau soal PV yaaa so-so lah yaa, tergantung niatan si orang menekuni dunia tulis-menulis. Ngeliat PV mbak Dian yang tinggi itu, ku jadi jiper. Ahahahaa.. karena angka segitu paling tercpai selama 1-2 bulan ><

  8. Untuk aku yang termasuk baru nyempung dalam dunia WP kebantu banget nih dengan tulisan mbak Dian. Kayanya di blog aku udah dipasang dua itu, Jetpack dan GA. Cuma yang syedih adalah PV aku rendah banget… huhuhuhu

  9. Ternyata lumayan ribet ya WP

    Walau kelebihannya juga banyak

    Saya pernah punya blog WP, sayang lupa password nya
    Ngga diurus karena keburu asyik Di blog spot
    (padahal bilang aja malas ya?)
    😁😁😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *