BUMN Hadir untuk Negeri dalam Peringatan HUT RI di Gorontalo

Mumpung masih Agustus nih …dan aura bahagia di hari Kemerdekaan RI masih terasa…saya mau share tentang perayaan HUT ke 74 RI ah… Kalau di daerah saya seperti di daerah lain juga..meriah pastinya… Bukan hanya meriah saat upacara 17 an..tapi juga meriah dengan berbagai lomba.

H-1 atau tanggal 16 Agustus 2019, saya mengikuti istighosah di kecamatan Ambunten, sekitar 25 km dari tempat saya tinggal. Acaranya sederhana..doa dan makan-makan tumpeng.  Tapi istimewanya ada 4 tokoh agama yang berdoa secara bergiliran… Selesai doa…langsung makan-makan…

Saya bergabung di tumpeng dari desa Beluk Raja, ada sekitar 6 orang yang bersantap bareng saya di tumpeng ini. Ada 30 an tumpeng yang disajikan dan dilombakan.

Tumpengan malam 17 Agustusan

Tanggal 17 Agustusnya ada upacara di sekolah anak-anak..Alhamdulillah anak-anak semangat euy ikut upacara di sekolah…Si Nares yang di SMP dan si Kinar yang di sekolah SD upcara di sekolah mulai jam 6.30 an dan selesai sekitar jam 08.00.

Trus selesai itu ngapain? Duduk manis donk nonton upacara bendera di Istana Merdeka…hehe. Kebiasaan rutin ..apalagi beberapa tahun terakhir kan upacara di Istana beda dengan yang udah-udah ya…para tamu pake baju adat Nusantara..ada tarian dari berbagai daerah juga…dan ada Jan Ethes..*eh 😀

Sayangnya tahun ini di lingkungan tempat saya tinggal gak ada lomba-lomba.. Entah di tingkat RT atau kelurahan..Entah kenapa..Tapi anak-anak terhibur juga dengan peringatan 17 AGustusan di club renangnya. Selain ada lomba-lomba khas club renang untuk semua siswa (kelas A,B,dan C), ada makan bersama juga .. Happy!

Anaeka jajanan di peringatan HUT RI club renang

Kebahagiaan saat peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya saya yang merasakan. Saudara-saudara kita se Nusantara dimana pun berada juga happy. Termasuk di Gorontalo, sebuah provinsi di daerah Sulawesi bagian utara. Ada apa aja sih disana?

BUMN Hadir Untuk Negeri di Gorontalo

Yeaayyy salah satu kebahagiaan warga Gorontalo di hari kemerdekaan RI adalah adanya serangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).  Sinergi antara Bank Mandiri bersama IndonesiaRe (PT. Reasuransi Indonesia Utama), PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), dan PT Djakarta Lloyd berlangsung sejak 7 Agustus 2019. Simak yukkk apa aja kegiatan disana …

Siswa Mengenal Nusantara , program diawali dengan kegiatan pembekalan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang melibatkan puluhan siswa dari berbagai sekolah (SMU, SMK, SLB) di Gorontalo. Para siswa ini akan mengikuti program SMN di propinsi Jawa Timur.

Kemudian pada tanggal 12 Agustus peserta SMN yang sudah mendapat pembekalan diberangkatkan ke Jawa Timur, begitu juga sebaliknya Propinsi Gorontalo menerima 47 siswa dari Jawa Timur. Selama di Gorontalo peserta mengenal lingkungan, adat istiadat, dan budaya lokal Gorontalo.

Siswa Mengenal Nusantara asal Jatim tiba di Gorontalo

Untuk memaksimalkan pemahaman tentang budaya, siswa SMN Jatim tinggal bersama keluarga angkat di Gorontalo, agar mereka mendapatkan lebih banyak ilmu secara langsung tentang bagaimana berkomunikasi, berbudaya, dan beretika di luar Provinsi lain di Indonesia. Sungguh menyenangkan pastinya bisa ikut program semacam ini…

Pasar Murah BUMN, digelar pada tanggal 16 Agustus 2019. Pasar Murah yang berlangsung di Lapangan Ippot Tapa, Kecamatan Tapa, Bone Bulango, Gorontalo ini merupakan sinergi Bank Mandiri,  IndonesiaRe, PPI dan Djakarta Lloyd.  Ada 2.250 paket sembako senilai Rp 42.500 per paket yang disediakan untuk warga. Paket tersebut bisa dibeli warga seharga Rp 10.000 saja. Paket sembako berupa beras, minyak goreng, garam, sarden, dan tepung.

Wakil Dirut Bank Mandiri, Sulaiman A Arianto mengatakan, “Kami ingin selalu hadir bagi seluruh masyarakat, baik melalui pengembangan skala bisnis maupun aktivitas-aktivitas sosial yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air.”

Kegiatan pasar murah ini juga dihadiri Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wakil Dirut Bank Mandiri Sulaiman A Arianto, Direktur Bank Mandiri Riduan, Plh Dirut Indonesia Re Kocu Andre Hutagalung, Direktur Perdagangan Dalam Negeri PPI Anton Mart Irianto, dan Direktur Keuangan HCM & GA Djakarta Lloyd Afan Sofwan.

Warga siap menukarkan kupon di Pasar Murah BUMN

 

Ikut Bahagia melihat warga bahagia menerima paket sembako murah

Kegiatan CSR, selain SMN dan Pasar Murah BUMN masih ada lagi loh kegiatan yang membahagiakan warga Gorontalo dalam rangka perayaan 74 tahun kemerdekaan RI. Kegiatan CSR yang digelar antara lain :

  • penyerahan beasiswa, diserahkan saat upacara peringatan HUT ke-74 RI di area Benteng Otanaha.
  • perbaikan MCK komunal permanen, dilakukan di beberapa wilayah diantaranya
  • pengadaan sarana air bersih, untuk meningkatkan akses warga miskin mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
  • revitalisasi Benteng Otanaha, benteng yang bersejarah ini punya potensi pariwisata yang besar karena posisinya yang strategis dan berdekatan dengan Danau Limboto.
  •  elektrifikasi , penyambungan listrik gratis di rumah-rumah warga miskin di kelurahan Tenda Gorontalo Selatan
  • bedah rumah, berupa perbaikan rumah warga miskin
Penerima Beasiswa

 

Perbaikan MCK

Huaaa….banyak banget ya kegiatan CSR dalam rangka peringatan HUT RI di Gorontalo ini gaiss…Belum lagi yang lomba-lomba seru macam panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan lainnya.. Pokoknya seru dan membahagiakan lah .. 🙂

Kalo di daerahmu gemana?Semoga seru dan berfaedah juga seperti yang berlangsung di Gorontalo ini ya…

You may also like

38 Comments

  1. kalau di daerah saya HUT kemerdekaan RI dimeriahkan dengan gerak jalan 8 dan 17 KM. seruuu
    ditunggu ditunggu banget tiap tahun oleh warga
    karena kostumnya keren keren dan lucu lucu

  2. Siswa mengenal Nusantara, keren deh programnya. Membuat anak-anak lebih mengenal budaya propinsi lain. Biasanya kan ada program pertukaran pelajar antar negara. Nah penting juga nih pertukaran pelajar antar propinsi kayak gini

  3. Busyettt 25 km dari rumah. Jauh juga ya. Semoga syukuran seperti ini rutin dilakukan. Tidak hanya merayakan HUT kemerdekaan RI saja ya. Biar kita makin bersyukur.

  4. Pas banget momentnya BUMN memberikan salah satu sumbangsih untuk kesejahteraan masyarakat, meskipun bentuknya masih skala kecil. Sembako murah merupakan ide yang sangat pas sebagai salah satu mata acara di 17 Agustusan.

    1. Wah aku baru tahu tentang Benteng Otanaha, jd penasaran pengen ke sana jg mbak. Dekat Danau ya? Pastinya jd tempat wisata yang akan dikunjungi dan menambah pemasukan daerah ya

  5. Meriah sekali peringatan HUT RI baik di Kecamatan Ambuten maupun di Gorontalo..
    Salut dan sukses buat BUMN untuk acara HUT RI nya
    Tahun ini aku absen, Mbak ga ikut lomba sama sekali.
    Di rumah sakit jagain anak sulung operasi usus buntu.

  6. Keren. Selamat ulangtahun RI :). Heboh dan seru juga ya kegiatannya di Gorontalo. Tapi di beberapa daerah juga senang dan heboh juga rayakan ulangtahun bangsa kita 🙂

  7. Di tempat tinggal saya perayaan 17 Agustusan meriah banget. Setiap gang dan jalan dihiasi pakai benda-benda yang bertema merah putih.

  8. Semoga setelah dibangun infrastruktur yang baik di Gorontalo, masyarakat mampu menjaganya dengan baik dan berguna hingga anak-cucu nanti.
    Keren program BUMN hadir untuk negeri.

  9. Aku udah lama gak pernah ikutan upacara apalagi 17 Agustus, tapi sejak anakku SMP aku jadi ikutan lagi karena ikut hadir di sana.
    Wah ini kegiatan CSR di Gorontalo dari BUMN ya yang selalu menyertakan masyarakat

  10. Di tempat saya cukup ramai juga, Mbak.. seperti biasa, ada banyak perlombaan, dan jalan sehat sekampung juga. Malam 17, kami menggelar tirakatan.

    Di kota kelahiran saya bahkan ada pawai karnaval. Nggak hanya sekali, tapi sampai 4x. Wow kaaan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *