Pengobatan Osteoarthritis dengan Cara Operasi Lutut

Adakah yang pernah mengalami nyeri pada bagian lutut?Nah..saya pernah mengalami sekitar 2-3 tahun lalu. Sakit pada bagian lutut sempat saya alami selama beberapa minggu. Wah mengganggu banget sudah pasti..Aktivitas seperti jalan kaki, duduk, sholat, apalagi aktivitas berat…sulit sekali saya lakukan.

Tapi memang saya gak memeriksakan ke dokter. Saya langsung ambil inisiatif untuk berolahraga, karena saya ingat-ingat..ada kali 4 tahunan saya berhenti olahraga. Gak tanggung-tanggung..saya langsung olahraga aerobic setiap hari dengan durasi 45 menit. Bila memungkinkan saya ambil deh 2 jadwal aerobic dalam sehari, pagi dan sore, atau sore dan malam.

Hasilnya gemana?Yes…nyeri di lutut saya hilang.. Alhamdulillah… Sejak itu saya bener-bener kapok deh berhenti olahraga. Jadi setiap dihinggapi rasa malas..langsung inget sakitnya lutut saya.

Gejala nyeri pada lutut, bisa kita curigai sebagai gejala osteoarthritis (OA) lutut. Penyakit juga dikenal sebagai artritis degenerative, degeneratif sendi, atau pengapuran sendi. Orang dengan OA akan mengalami nyeri pada sebagai dampak inflamasi ringan yang muncul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Bagaimana rasa nyeri bisa timbul? Jadi pada bagian sendi, dalam suatu jaringan tulang rawan yang disebut kartilago, biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Ada juga lapisan cairan yang biasa disebut sinovial berada di antara tulang-tulang tersebut. Fungsi synovial sebagai bahan pelumas yang mencegah bagian ujung-ujung tulang tersebut saling bergesekan dan saling mengikis.

Bila kekurangan cairan synovial, lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan saling bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan semakin tipis dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri pada sendi.

Gejala lain yang dirasakan adalah nyeri saat berdiri atau berjalan di jarak terdekat, naik atau turun tangga, duduk dan bangun dari kursi, nyeri lutut saat melakukan olahraga atau aktivitas, nyeri dan kram mulai saat duduk, kaku pada sendi lutut setelah bangun tidur, lutut yang bengkak, merasa tidak nyaman saat menggunakan lutut.

Ada beberapa penyebab sesorang mengalami nyeri pada lutut, diantaranya : Cedera lutut yang dialami sebelumnya, ketegangan berulang pada lutut, kelebihan berat badan/obesitas, dan olahraga yang menyebabkan tekanan pada sendi lutut. Selain itu faktor usia (usia 40 tahun keatas) dan perempuan cenderung lebih tinggi resikonya. Meskipun saya mengalami nyeri lutut saat belum memasuki usia 40 tahun loh…

Kita perlu menemui dokter jika merasakan nyeri yang berulang saat melakukan aktifitas. Apabila didiagnosa osteoarthritis (OA), perlu diketahui juga nih tingkat keparahannya. Karena pengobatan tergantung tingkat keparahannya juga.

Pengobatan Osteoarthritis

Untuk mengetahui bagaimana penanganan yang tepat pada kasus OA lutut, perlu dikenali dulu tingkat OA nya. Pada stadium awal OA biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman saat menggerakkan lutut. Meski tidak menimbulkan gejala, perlu dilakukan rangkaian tes untuk mengetahui apakah risiko OA akan meningkat atau tidak.

Stadium akhir dari OA adalah stadium 4, ketika pasien merasakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang luar biasa ketika berjalan atau menggerakkan sendi. Karena ruang sendi antara tulang sudah sangat sempit dan tulang rawan hampir sepenuhnya hilang. Cairan sinoval juga diproduksi sangat minimal sehingga tidak lagi mampu mengurangi gesekan dari sendi.

Pengobatan Osteoarthritis
Total Knee Replacement

 Pengobatan OA yang parah bisa dilakukan dengan operasi lutut total, untuk mengganti permukaan yang menahan beban pada sendi lutut. Dokter bedah akan memotong tulang yang telah rusak, tulang rawan dan juga satu ligamen, serta menggantikannya dengan sendi buatan. Sendi buatan ini terbuat dari campuran kobalt, krom atau titanium dan senyawa plastik yang disebut polyethylene.

Selain penggantian lutut keseluruhan, bila hanya diperlukan sebagian, maka akan dilakukan penggantian lutut sebagian saja. Pada kasus ini, meskipun apsien mengalami OA stadium 4 tapi kerusakannya tidak menyeluruh sehingga penggantian hanya pada sebagian lutut saja.

Pengobatan ostheoarthritis dengan cara operasi lutut akan dilakukan bila : nyeri lutut yang parah membatasi aktivitas harian, nyeri lutut sedang ketika beristirahat siang atau malam, lutut kronis dan peradangan lutut bengkak bahkan setelah istirahat dan minum obat, cacat lutut, dan kram lutut (lutut sudah tidak bisa ditekuk atau diluruskan).

Bila memeriksakan ke dokter lokal dan didiagnosa OA lutut yang parah, coba deh cari second opinon di Dokter.My. Dokter.My ini satu-satunya perwakilan resmi dari Rumah Sakit Kumpulan Perubatan Johor (KPJ) Sabah Specialist Hospital dan KPJ Kuching Specialist Malaysia. Rumah sakit rekanan Dokter.My sudha berpengalaman dalam menangani operasi lutut dan pinggul lebih dari 20 tahun. Jumlah yang ditangani juga banyak banget…lebih dari 350 kasus per tahun.

Operasi penggantian lutut menggunakan tehnik minimal invasive untuk pembedahannya. Selain itu proses pemulihan juga sangat cepat. Untuk Total Knee Replacement (TKR) satu sisi, satu hari setelah operasi sudah bisa jalan. Untuk TKR dua kaki 3-4 hari sudah bisa jalan. Hari perawatan untuk satu kaki 3 hari, untuk kedua kaki 5 hari. Keunggulan lain dari layanan rekanan dokter.my ini adalah jenis protesis yang dipakai dari Johnson and Johnson, yang sudah selama 30 tahun di bidang ini dan yang terbaik. Harga oprasi dan perawatan relatif terjangkau, Rata-rata operasi selama 45-60 menit, dengan kehilangan darah setengah dari operasi tradisional, dan Post Operasi dengan rehabilitasi yang lengkap.

Selain itu di Dokter.My pasien bisa mendapat layanan yang menyeluruh mulai sebelum perawatan, saat perawatan, dan setelah perawatan. Sebelum perawatan pasien dibantu untuk mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya terkait second opinion yang akurat dari dokter ahli, tanya jawab dengan dokter spesialis seputar keluhan penyakit OA, konsultasi klaim asuransi, estimasi biaya yang transparan, dan pengaturan jadwal kunjungan dokter yang fleksibel.

Untuk layanan saat perawatan, start up asal Eropa ini akan membantu pasien dalam hal penyediaan tim dokter ahli yang tepat, registrasi pendaftaran yang efektif dan efisien, bantuan klaim Asuransi, transportasi antar-jemput ke rumah sakit, dan akomodasi selama perawatan.

Nah setelah operasi atau perawatan pun, masih ada penanganan lanjutan berupa kunjungan rumah secara berkala oleh perawat profesional, kontrol oleh dokter untuk memastikan kesehatan pasien sudah benar-benar pulih, dan terapi dengan fisioterapis profesional untuk pemulihan yang lebih cepat.

Dan yang penting nih…setelah menjalani operasi lutut jangan lupa untuk menjaga pola makan dan olahraga teratur ya…

Salam sehat

Sumber informasi dan gambar : dokter.my

33 Replies to “Pengobatan Osteoarthritis dengan Cara Operasi Lutut”

  1. Halo mbak salam kenal, ini saya yang dari gariswarnafoto.
    wah menarik juga ya tentang pengobatan ini

  2. Mirip kasus bossku nih tapi untung nggak jadi operasi

  3. Ngeri juga yaah penyakit ginian. Semoga kita semua terhindar deh

  4. Ya Allah, kok aku jadi ngeri ya.. Karena lututnya juga sama kayak gitu tuh gejalanya, smg gk ada apa apa deh dg lututku..

  5. Ibu aku juga kena osteoarthritis, makannya sampe ada pantangan

  6. OA ini beda dgn osteoporosis ya Mba?
    Kalo aku sempat didiagnosa osteoporosis 🙁

  7. Duh langsung ngilu bacanya. Solusinya ya operasi ya ini kak. Tapi namanya penyangga tubuh yang harus prima ya.kondisinya.

  8. Duh saya juga sakit lutut nih, nampaknya karena over dosis me a Kai alat olah raga.

    Mengganggu banget , terasa sakit kalo sujud sholat, tapi masih mikir untuk operasi, takut, ^^

  9. aku dha lama ga olahraga mbak, kayaknya dah hampir satu setengah tahun apa ya. mulai dari hamil tua dulu ampe kini anakku sudha satu tahun lebih, nanti kayaknya harus olhraga teratur lagi

  10. Bundaku penah mengalami osteoarthritis ini. Sekarang udah agak mendingan walau masih susah kalau dari duduk ke berdiri

  11. Bundaku penah mengalami osteoarthritis ini. Sekarang udah agak mendingan walau masih susah kalau dari duduk ke berdiri

  12. Hmmm,, ternyata cukup berbahaya juga ya mbak, terutama untuk yang obesitas nih, dan olahraga berlebihan tanpa suplemen tambahan.

  13. Halo mbak Dianne.. aku beberapa Hari ini mengalami ini. Rasa sakit setiap bangun tidur. Riwayatnya krn aku obesitas. Wah harus segera check ke dokter berarti ya

  14. Duh serem ya sampai harus operasi gtu penangannya.Jadi cara pencegahannya sebaiknya dengan olahraga kyk banyakin menjalankan fungsi lutut begitu kah?

  15. Bukannya kalo operasi ada yang gagal yah? Soalnya mama sahabatku gagal operasi tulang bagian dengkul sampi betis. Habis operasi malah tambah sakit dan ga bisa jalan awet cuma 2 tahun akhirnya meninggal juga

  16. terima kasih atas infonya mba, jadi ini gejalan awalnya adalah nyeri di bagian lutut ya? semoga kita selalu sehat dan terhindar dari sakit apapun yaa..

  17. operasi juga jadi salah satu hal yang paling banyak ditakutkan bagi mereka yang mengalami osteoarthritis ya

  18. Dede Abdurahman says: Reply

    Nah klo untuk atlet olahraga seperti sepakbola apakah teknik operasi ini bisa dilakukan? Dan setelah operasi apakah ada pantangan misalnya hindari benturan, dll

  19. Ibuku sekarang mba kakinya sulit gerak juga jd hrs dibantu kyk semacam perekat gitu buat pnyangga Katany sih lumayan klo jalan udah enakkan mesti pelan2

  20. Wah ngeri juga nih kalo kena osteoarthritis. Untung baca ini, jadi bisa antisipasi. Makasih infonya ya

  21. Kalo saya sering nya kram sih di kaki. Duuh smg sehat2 terus ya mba Di.

  22. Astagfirullah, ngeri banget ya mba. Alhamdulillah abis olahraga jadi ilang rasa sakitnya. Semoga kita semua sehat2 ya. Aamiin.

  23. Wah mbak aku kadang nyeri di putut nih. Mau rajin renang lagi ah. Biar badan sehat

  24. Wah, sudah pengalaman lebih dari 20 tahun ya. Aku ngebayangin, ngilunya lutut saat operasi. Semoga sehat selalu

  25. Ibu mertuaku salah satu pasien dengan kekurangan pelumas di tulang lutut, mbak. Mmg harus selalu olah raga, terutama sepeda statis sama renang.

  26. Sesekali kram juga sering aku rasakan kak, semoga tidak parah ah takut juga kalo harus operasi begitu, semoga kita sehat selalu aamiin

  27. Wih harus lebih rajin olahraga ini aku, biar terhindar. Displin kata kunciya

  28. Aku tuh suka malesan untuk olahraga,mbak. Pantesan aja yah suka nyeri di kaki. Tapi kalo uda urusan otot gini memang susah saat bermasalah karena bisa menghambat aneka aktivitas yah. Aku sih juga belum pernah melakukan pengobatan seperti ini, ini memang untuk nyeri yang sudah parah kan,mbak.

  29. adu gak bisa bayangin klo operasi
    kalau saya lebih ke rutin olahraga juga mbak sama kalau capek jalan ya berhenti dulu trus sering melemaskan lutut aja

  30. Kok aku serem yaa, kak…denger kata “operasi”.
    Tapi ini tingkat keberhasilannya tinggi kan yaa…

    Ibuku kemarin juga ke dokter tulang, kak..
    Dan di suntik dan diberi vitamin untuk tulangnya.

    Sarannya sama…olahraga teratur dan makan makanan yang kaya vitamin D.

  31. Bacanya sambil ngeri2 sedap. Pasalnya aku pernah kecelakaan yang menyebabkan lutut aku cidera.

  32. Pas baca ikutan ngilu, secara lutut emang penting banget ya, untuk menopang tubuh dan melakukan banyak hal untuk membuat tinggi badan kita bisa diatur. Semoga sehat selalu ya lutut kita. Aamiin.

  33. Ibu teman saya ada yg ngalami ini. Tapi mungkin karena faktor usia. Jadi dia diberikan tambahan pelumas akhirnya. Ada ga sih, cara menjaga pelumas sendi atau tulang rawan gitu?

Leave a Reply to Zefy Cancel reply