Tips Berlibur Hemat ke Berbagai Tempat Wisata Malang

Berlibur tak melulu harus menghabiskan banyak uang, bukan? Kita pun bisa melakukan liburan hemat ke berbagai tempat wisata Malang tanpa perlu khawatir tentang biaya liburan yang besar, lho. Kalau kita sedang merencanakan liburan murah dengan tujuan kota Malang, berikut ini beberapa tips jitu yang bisa kita terapkan.

Pilih transportasi yang tepat

Hal pertama yang perlu kita pertimbangkan saat merencanakan liburan ke Malang adalah pilihan transportasinya. Bagi yang berasal dari luar kota, bisa memilih transportasi yang murah dan nyaman yaitu memakai kereta api. Ada berbagai pilihan kereta api yang memiliki rute kota Malang yang berasal dari berbagai daerah yang bisa dipilih.

Tapi bagi yang gak pengen menghabiskan waktu terlalu banyak di perjalanan, bisa memilih transportasi pesawat terbang. Meski dikenal tarifnya tinggi, kalau kita lagi beruntung, ada berbagai promo atau potongan harga yang ditawarkan oleh maskapai low cost carrier (LCC) yang bis akita manfaatkan. Harga promo yang lebih murah ini bisa diperoleh kalau kita memesan tiket jauh-jauh hari dan memilih jadwal bukan pada musim liburan (peak season).

Tempat Wisata Malang

Tentukan destinasi wisata yang dituju

Malang menjadi salah satu kota tujuan wisata yang memungkinkan untuk dikunjungi meski kita berlibur dalam durasi singkat. Agar bisa efektif, kita susun lah itinerary lebih dahulu dan menentukan mana tempat wisata Malang yang akan dikunjungi. Misalnya pada hari pertama memutuskan untuk menjelajahi Batu, kita bisa berkunjung ke Jatim Park 1 sampai 3 dan pada malam harinya mengunjungi Batu Night Spectacular. Harga tiket masuk theme park ini memang cukup mahal, apalagi kalau belinya satuan per theme park. Untuk biaya yang lebih hemat, kita bisa coba beli tiket terusan untuk mengunjungi beberapa theme park sekaligus dalam satu hari, atau memilih membeli tiket secara online melalui berbagai jasa pembelian tiket, salah satunya Traveloka. Karena harga yang diberikan biasanya relatif lebih murah. Pembelian tiket secara rombongan juga memberikan keuntungan berupa potongan harga dengan besaran yang lumayan.

Setelah pada hari pertama mengeluarkan biaya yang cukup besar, pada hari selanjutnya kita bisa memilih untuk mengunjungi beberapa tempat wisata murah yang tak jauh dari pusat kota. Sebagai pilihan, kita bisa mengunjungi Taman Alun-Alun atau berwisata sejarah di Museum Malang Tempoe Doeloe untuk mengenal lebih jauh sejarah dari Kota Apel ini. Kita gak perlu mengeluarkan biaya masuk untuk berkunjung ke taman kota atau alun-alun. Sementara kalau ingin mengunjungi museum, biaya masuknya juga relatif murah yaitu hanya sekitar 25 ribu saja per orangnya.

Tempat Wisata Malang
Salah satu obyek wisata di Malang

Pilihan kuliner

Berlibur tentunya tidak akan lengkap tanpa mencicipi pilihan kulinernya. Bagi yang bingung sentra kuliner Malang yang direkomendasikan dengan harga yang ramah di kantong, bisa mencoba datang ke daerah Soekarno Hatta. Di daerah ini ada cukup banyak pilihan kuliner Malang yang ditawarkan warung, resto, dan cafe kekinian di sekitar daerah tersebut. Kalo favorit saya sih bakso Malang nih….hmmmm rasanya beda banget dengan bakso di kota lain..hehehe…

Tempat Wisata Malang
Bakso Malang

Pandai – pandai memilih penginapan

Selain pemilihan tempat wisata Malang yang tepat, liburan hemat bisa kita wujudkan kok kalau kita pandai-pandai memilih penginapan. Kalo kayak saya yang datang dari luar kota, pastilah perlu waktu lebih dari sehari kalau ingin liburan lengkap selama di Malang. Pemilihan penginapan yang tepat bisa menghemat budget liburanΒ  kita banget. Apalagi kalo bareng teman atau keluarga, bisa memilih untuk menginap di hostel atau memilih menginap di penginapan dormitory untuk tarif yang lebih murah. Dengan cara ini, kita bisa menginap dengan kisaran biaya 150-300 ribu saja semalam. Kalau kita rajin cek promo hotel berbintang yang ada di Malang, mungkin banget loh mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan tarif regulernya.

Dengan menerapkan tips diatas, kita bisa pergi liburan tanpa khawatir kantong jebol gaesss. Jadi, kapan kita ke tempat wisata di Malang nih?

You may also like

43 Comments

  1. Kalau denger nama Malang, yang kepikiran adalah Jatim Park. Saya sudah bolak-balik baca blog orang yang cerita tentang Jatim Park, tapi saya belum pernah ke sana. Huhuhu …

  2. Kamis besok aku ke Malang lho, ikut suami, ada reunian SD. Kami mau naik KA dari Bandung. Ke Malang emang sih kulineran deh top-nya. Pagi, siang, malam…duuuuh.
    Apa engga gendut…

  3. Malang jadi distinasi impian kami untuk membawa anak. Pilih pilih pengjnapan ini memang jadi PR juga buat kami. Maklum keinginan anak suka lain sama pemikiran orang dewasa. Trims artikelnya
    Jadi masukan buat kami hehehe

  4. Sudah lama sekali sejak terakhir berkunjung ke Malang, tahun 1998
    Sekarang Malang sudah begitu pesat berkembang dengan banyak destinasi wisata yang cantik-cantik
    Kayaknya memang harus mengagendakan berlibur ke Malang nih

  5. Dulu saya nggak tahu kalau di Malang juga ada lapangan terbang atau bandara. Jadilah pulang pergi lewat Surabaya. Padahal Surabaya Malang kalau weekend macetnya tak terkira juga.

  6. Setuju, Diane, bareng teman atau keluarga, bisa memilih untuk menginap di hostel atau memilih menginap di penginapan dormitory untuk tarif yang lebih murah.

    Kalau pas waktu itu rombongan, kita bisa menginap dengan kisaran biaya 150-300 ribu saja semalam. Bahkan di Yogya duluuuu tahun 2015 aku nginep dengan biaya @70 ribu seorang udah sarapan, itu di youth hostel .. seruuu!

  7. Memangbener kalau liburan pakai pesawat itu hemat waktu cocok buat mereka yang punya waktu sedikit tapi tetap bisa belibur. Konsekuensinya harga tiketnya aja tapi bisa diakalin ya cari tiket murah.
    Mau ah ke Malang lagi tapi nanti bawa anak-anak juga

  8. Belum pernah staycation saat liburan di Malang
    Tapi kalau denger pengalaman temen sih, emang seru kalau cari penginapan yg untuk beberapa orang gitu lebih hemat mbak,
    Jadi rindu berkunjung ke Malang lagi huhuu

  9. Tahun ini Kakakku rencanya ngajak ke Malang lagi, kalau jadi. Maunya ya nginap juga karena sehari di Malang itu kurang. Nanti deh lihat tiketnya dulu siapa tahu cocok

  10. Aku kalau ke Malang jarang nginep, Mbak. Karena sekalian mudik Kediri terus main ke sini. Berangkat Subuh pulang malam. Tapi memang capek bangets dan enggak puas.Kapan-kapan langsung dari Jakarta aja penginnya. Makasih infonya seputar Malang yaaa πŸ™‚

  11. Setuju, liburan tidak selalu identik dengan mahal dan eksklusif!

    Nah, kalau aku tergantung perginya dengan siapa, hahaha
    Kalau dengan kesayangan, tujuan tidak terlalu prioritas, cie, cie, uhuiii^^

    Liburan itu memang unik ya,
    Kadang ada yang harus disiapkan secara detail, tapi ada juga meski spontanitas tetap berkualitas!

  12. Malang itu ya.. selalu menarik perhatianku untuk segera datang ke sana. Dari tempat wisatanya yang cakep-cakep, kulinernya enak-enak, serta banyak pilihannya. Ke Malang memang harus pinter-pinter nyari timing yang pas. Biar bisa dapat penginapan murah dan bagus. Ya, semuanya harus direncanakan dengan matang setiap detailnya.

  13. Waah jadi kangen Malang.. terakhir 2016 ke sana 2x. Pasti sekarang udah banyak yang berubah, aku pengen ke Jatim Park 3 nih mba yang belum, sekalian wisata kuliner juga hehe.

  14. Liburan ke Malang itu nggak cukup tiga hari. Akhir tahun kemarin aku sekeluarga merasa kurang menjejak di tempat wisata nya. Makanya suamiku pengen ke Malang lagi tahun ini. Nah soal hotel, ada kok yang murah, aku pernah dapat juga di Traveloka

  15. aku pingin banget lho ke malang, tapi tiket PP banda aceh malang mahal banget. mungkin tunggu tiket pesawatnya turun dulu atau nunggu ada dinas ke malang or kota dekat malang, so bisa explore malang lebih lanjut deh

  16. Aku inget dulu dapat penginapan di Malang tu murce banget πŸ˜€
    Lokasinya tengah kota pula. Gak tau skrng msh ada atau dah renov jd bagus πŸ˜€
    Emang kalau ek Malang kudu direncanakan sih lokasi yg mau didatangin terutama kalau waktu perginya terbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *