Ayo Kenalan dengan Ikon Baru Bali, Garuda Wisnu Kencana

Saat pergi ke Bali, mana nih yang paling kamu gemari untuk dieksplor? Apakah wisata pantai nya, kuliner, atau wisata sejarah dan budaya? Kemanapun tujuan kamu saat di Bali, semua terasa menyenangkan banget, kan?

Berjalan kaki untuk menelusuri berbagai tempat wisata, dengan penjaja kerajinan tangan yang berdiri berdekatan memang sudah menjadi ciri khas dari pulau ini. Apalagi turis-turis asing yang seakan mendominasi, membuat atmosfer di Bali terasa berbeda dengan pulau dan kota-kota lain di Indonesia.

Berbicara soal Bali, memang tidak akan ada habisnya deh. Apalagi dengan sejuta pesona alam yang bisa membuat mata terpana karena keindahannya. Tentu bisa membuat kamu merindukannya sesaat setelah meninggalkan Bali.

Garuda Wisnu Kencana Bali, menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang katanya wajib banget untuk di kunjungi lho. Baik saat kamu liburan bersama dengan keluarga, teman, sahabat, atau rekan kantor. Dengan ikon Patung Dewa Wisnu menunggangi Garuda, menjadi ciri khas yang tentunya berbeda dengan tempat wisata lainnya di Bali.

Sejarah Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah taman budaya yang kini menjadi ikon baru dari Pulau Dewata Bali. Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah ilustrasi dari wujud Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda.

Patung ini dipahat oleh seorang Maestro Seni Patung bernama I Nyoman Nuarta dan membutuhkan waktu hingga 28 tahun untuk dapat menyaksikan patung yang ada di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini.

Dengan tinggi patung yang mencapai 121 meter dan berdiri di lahan seluas 60 hektar, patung Garuda Wisnu Kencana ini terlihat begitu kokoh dan gagah. Apalagi lapisan patung yang menggunakan baja dan juga emas.

Selain tinggi patung yang mencapai 121 meter, sayap Burung Garuda yang membentang di udara memiliki ukuran yang mencapai 64 meter. Sejarah lengkap pembangunan patung ini bisa kamu saksikan dengan masuk ke dalam kerangka tubuh Patung GWK Bali ini.

Nikmati Liburan di Bali dengan Menyaksikan Kece nya GWK

Garuda Wisnu Kencana

Begitu memasuki area Garuda Wisnu Kencana, kamu pasti akan setuju deh kalau patung yang tingginya mengalahkan Patung Liberty ini memang mempesona. Apalagi dengan luas tanah yang mencapai 24 hektar, bisa membuat kamu bebas mengeksplorasi tempat wisata satu ini.

Jangan lupa untuk beli tiket masuk GWK jika kamu sudah berencana ingin mengisi waktu liburan kamu ke Bali. Karena, kamu nggak akan menyesal deh menyempatkan waktu ke Taman Budaya yang terletak di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali ini.

Kapan lagi kamu bisa menyaksikan dari dekat patung yang dinobatkan sebagai patung tertinggi ketiga di Dunia ini? Tentunya karya anak bangsa ini benar-benar bisa membuat kagum Indonesia.

Ajak siapapun yang kamu mau untuk berlibur ke Bali dan mengunjungi tempat wisata Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini ya! Dijamin liburan kamu akan terasa menyenangkan dan tak terlupakan!

 

You may also like

45 Comments

  1. Wow 28 tahun? Aku baru tahu mbk. Beberapa kali ke Bali blm mampir GWK nih aku, kayaknya harus diagendakan mampir deh hehe

  2. ah ngomongin bali ini bikin mupeng
    belum kesampaian juga mau main ke sana
    sampai-sampai dah punya icon baru 😀

  3. Terbayang si pematung yang mengerjakan betapa sabarnya ya selama 28 tahun! Udah gitu raksasa pula setinggi 121 meter. Cucok jadi wish list destinasi wisata kalau ke Bali ini. Doain ya aku sampe sana

  4. Wah aku udah lama banget ga kebali ini… Dan penasaran sama GWK yang sekarang.. Pengen kesana. Doakan

  5. Huaaa … Sedih akutuuu … Kenapa? Karena belum pernah ke Bali, hahaha … Baiklah, GWK akan menjadi salah satu destinasi saat itu dapat kesempatan ke Bali bersama keluarga. Eh, lokasinya ramah anak juga nggak, ya?

  6. Aku ngikutin berita soal GWK ini dari jamannya si patung masih berupa kepala aja. Itu ukuran kepalanya aja gede anget. Keren itu Pak Nyoman Nuarta yg bikin patungnya.

    Tapi biarpun ngikutin beritanya dari awal, aku belum pernah ke GWK. Justru adikku duluan yg udah ke sana karena dia selama 6 bulan ini diklat di Denpasar.

  7. Terakhir pas ke sana GWK belum jadi…
    Wuah jd pengen nih ke GWK, kangen Bali. Keren emag patung ini hasil karyawa seniman yg penuh kesabaran hehe
    Tentu saja sih mbak yang pengen kuliat alamnya hehe, makanannya g walau kudu selektif

  8. Lama banget ya pembuat patung Garuda Wisnu Kencana ini. Proses pembangunan yang panjang tapi menghasilkan karya yang luar biasa. Suka banget, sudah pernah dong mengunjungi GWK saat masih dlam proses pembangunan tapi.

  9. Beberapa bulan lalu, pas ke Bali, terkesima dengan penampakan Garuda Wisnu Kencana ini, dari jauh tampak jelas banget. Kayaknya ini bangunan yang baru lagi (bukan melanjukan GWK yang sudah ada sebelumnya).

  10. Aku ke GWK dulu jaman masih dibikin, tapi udah masuk ke tamannya. Udah lama banget sih kesananya. Baru separo jadi aja waktu itu patungnya udah kelihatan gagah, jadi membayangkan bakal megah kalo udah jadi

  11. Percaya gak kak…saya ini udah sering ke bali tp belum sekalipun injak gwk. Iyaaa, garing banget. Hiks… pengen ke sana banget loooh. Pengen tahu kemegahan sang patung

  12. Wah iya banget, GWK ini udah jadi ikon baru Bali ya. Tiap yang ke Bali, kayaknya gak afdol kalo gak ke GWK. Berpose di depan patung Garuda raksasa itu. Aku pun kepengeeeen 😀

  13. Ngikutin banget perkembangan proyek patung ini dari dulu. Yang disayangkan, desain “dudukan” patungnya terpaksa diubah jadi lebih sederhana. Jadi kotak biasa banget gitu, padahal desain awalnya bagus banget dengan nuansa Bali. Cuma ya gimana, kendala dana. Untungnya ada yang mau sponsorin sehingga proyek ini akhirnya kelar. Semoga suatu hari bisa ke sana dan ngeliat langsung patungnya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *