Manfaat Hebat Asam Folat Untuk Membantu Program Kehamilan

Untuk program hamil ternyata asam folat memiliki peranan penting sebagai nutrisi untuk membantu
meningkatkan kesuburan, membantu tumbuh kembang janin didalam kandungan, dan juga mencegah
janin cacat.Sumber zat terbaik ini tidak hanya berasal dari suplemen vitamin saja tetapi juga bisa
didapatkan dari makanan sehari hari.Zat ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi DNA, membentuk sel
darah merah, membantu zat besi untuk bisa bekerja dengan baik didalam tubuh, hingga akan
membantu sel dan jaringan tumbuh dengan sangat cepat pada saat masih masa bayi, remaja, dan
kehamilan. Zat ini tidak hanya baik untuk fungsi otak dan kesehatan mental saja, tetapi juga dianggap
sebagai pahlawan bagi ibu hamil dan para pasutri yang sedang menjalankan program kehamilan.Dan
bahkan zat ini bisa menjadi salah satu kiat sukses bagi para pasutri yang sedang merencanakan untuk
segera memiliki keturunan.

Boleh Dibaca Juga Nih : Review Sexy Killer

Asam Folat
Sumber Makanan Mengandung Asam Folat (sumber : dailymail.co.uk)

Berikut manfaat hebat zat tersebut untuk membantu program kehamilan diantaranya yaitu :

  • Folat ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya keguguran dan cacat lahir seperti spina
    bifida atau cacat tabung saraf, bibir sumbing, dan juga cacat jantung. Sangat penting untuk
    kamu ketahui jika tabung saraf ini adalah bagian dari embrio dimana akan berkembangnya
    tulang belakang dan otak janin. Dan terjadinya cacat tabung saraf ini adalah diawal
    perkembangan janin, dan bahkan pada saat seorang wanita belum mengetahui tentang
    kehamilannya. Oleh karena itulah zat ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum hamil.
  • Untuk program hamil juga folat ini dapat meningkatkan kesuburan wanita. Dimana zat ini
    diketahui akan mempengaruhi fungsi ovarium, implantasi, pembentukan embrio, dan proses
    kehamilan secara keseluruhan. Suplemen yang mengandung myo-inositol dan melatonin dapat
    membantu untuk meningkatkan kualitas sel telur dan juga fungsi ovarium.
  • Untuk program hamil juga, folat dapat membantu pria untuk meningkatkan kesuburannya.
    Antioksidan seperti folat dan seng atau zinc telah diketahui dapat membantu pria untuk
    meningkatkan jumlah spermanya, hal ini tentunya akan meningkatkan peluang berhasilnya
    proses pembuahan dan kehamilan. Hasil penelitian menunjukkan jika folat dan seng ini sangat
    penting untuk membantu pembentukan DNA dan sperma.
  • Folat ini tidak hanya penting untuk produksi, perbaikan, dan fungsi DNA saja tetapi juga penting
    untuk membantu tumbuh kembang janin dan juga plasenta.
  • Folat juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya preeklamsia di masa kehamilan.

Bacaan Ini Juga Menarik : Blogger Day 2019

Wanita yang sedang menjalankan program kehamilan akan membutuhkan folat sebanyak 400
mikrogram (mcg) atau 0,4 miligram (mg) setiap harinya. Dosis folat sebanyak 400 mcg atau 0,4 mg ini
bisa didapatkan dari makanan yang mengandung folat atau pun bisa didapatkan dari suplemen. Tidak
hanya dari folat saja karena adanya beberapa vitamin dan mineral lainnya yang penting untuk
dikonsumsi untuk dapat meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan. Mulai dari Vitamin B, C, D, E,
selenium, zinc, zat besi, dan juga koenzim Q10. Di masa program kehamilan juga sangat penting untuk
mengkonsumsi vitamin prenatal seperti Vitamin A, kalsium, dan juga asam lemak omega 3.

Berikut beberapa makanan yang mengandung folat diantaranya yaitu :

  • Sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, bayam, sawi hijau, kubis brussel.
  • Buah buahan seperti jeruk, alpukat, dan bit.
  • Kacang kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, dan kacang
    kedelai.
  • Biji bijian seperti gandum dan sereal.

Nah..bahan-bahannya mudah ya didapat di sekitar kita..Semoga bermanfaat dan promilnya berhasil ya..

You may also like

25 Comments

  1. Ada banyak sekali asam folat yang bsia dikonsumsi secara alami. Saya dulu sebelum hamil anak pertama juga, menyiapkan dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi Mbak

  2. jaman aku hamil dulu, semua disuruh dimakan demi dedek bayi dalam perut, hihihi.
    asam folat ternyat selain baik untuk ibu hamil dan bayi, ternyata bisa juga ya untuk yg sedang menjalani program kehamilan krna banyak manfaatnya.

  3. Asam folat memang banyak manfaatnya. Saya juga sedang melakukan promil dengan cara mengatur pola makan dan disarankan untuk banyak-banyak makan makanan yang mengandung asam folat dan vitamin. Semoga usaha saya berhasil.. Doakan ya, Mbak, semoga promil saya berhasil dan saya bisa hamil.. Aamiin..

  4. Note Mbak. Makasih banyak infonya. Aku lagi program hamil nih tapi masih malas mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan. Kadang ingat tapi malas, kadang lupa ya sudah lewat deh gak makan-makanan itu jadinya.

  5. Wah ternyata banyak manfaatnya yah asam folat ini untuk program hamil.

    Dulu memang pas pengen hamil sering disuruh makan sayuran hijau sama orang tua, baru ngeh tentang kandungan asam folatnya.

  6. Asyeeeek, Mbak Dian lagi program kehamilan, ya? Semoga lancar ya. Hehehehe. Btw, bener banget, asam folat ini penting banget. Ya buat bayi yang dikandung, ya buat ibu hamilnya. Aku dulu dapet asupan asam folat dari susu ibu hamil.

  7. Jadi ingat dulu waktu belum kunjung hamil sampai tahun ketujuh pernikahan, beberapa dokter juga menganjurkan agar mengkonsumsi vitamin E dan kacang-kacangan.

    Masalah kehamilan ini memang unik dan menjadi rahasia Ilaahi Robbi

  8. Aku pas hamil pertama iyaa…dikasih asam folat berupa tablet, kak Di.
    Aku minum rutin.
    Begitu hamil kedua, rada abai..ga aku minum.
    Hiiks~
    Baunya itu loo..

    Harusnya subtitut ke buah dan sayur yaa…

  9. Dulu zaman sebelum ada anak pertama aku dah suka minum susu yang mengandung asam folat hehe 😀
    Ternyata asam folat jg bisa dari sayur dll ya.
    Alhamdulillah dulu hamilnya ngebo sih jd makan semua 😀

  10. Aku dulu waktu hamil juga sering dikasih asam folat dari puskesmas Mbak. Kadang kelupaan minum tapi di booster dengan makanan yang mengandung asam folat hehe

  11. Betul asam folat penting banget emang sejak merencanakan kehamilan dan trimester pertama. Karena aku dulu promil inget banget dikasih asam folat dosis 1000mg sangking kudu booster nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *