Wisata Kuliner Jogja

Jogja bukan kota yang asing buat saya. Akrab dengan Jogja di masa kecil sampai dewasa, menjadikan kota ini sebagai kota kedua setelah Sumenep tempat saya lahir. Wah..kok bisa sih?ya bisa lah…karena ibu saya berasal dari Kota Gudeg ini. Jadi sejak kecil sering mondar mandir ke Jogja. Dan memang suka banget dengan kota ini.

Tapi sudah beberapa tahun saya gak ke Jogja. Terakhir tahun 2016 bareng sohib dan menginap semalam saja di Jogja. Gak kangen?Ya kangen lah..Itulah makanya tahun ini wish list saya adalah Jogja, dan itu pun pengennya bareng anak-anak dan ortu, naik kereta. Hehehe…Semoga ya….terwujud dengan segala kemudahannya. Solo-Jogja-Semarang deh…

Baca Juga Ya : Naik Transportasi Umum di Jakarta

Sedikit mengingat kunjungan terakhir saya ke Jogja, sebenarnya saya dan teman-teman niatnya ke Punthuk Setumbu di Magelang.Ya..jaman seru-serunya berburu tempat syuting AADC 2 itu loh…Rute perjalanan sebenarnya dari Dataran Tinggi Dieng kan lebih pas kalo menginapnya di Magelang aja. Tapi karena pengen nginep di Jogja..ya kami lakukan lah meski jauh banget kan kalo paginya mau ke Punthuk Setumbu πŸ˜€

Pertimbangannya waktu itu sih…malamnya kami masih pengen hang out tipis-tipis. Nah kalo buat hang out kan Jogja emang pilihan tepat yak πŸ˜€

Saat di Jogja kami menginap di sebuah hotel di sekitar Malioboro. Malamnya kami mencari oleh-oleh dan menghabiskan waktu sebentar di lokasi syuting AADC 2 juga di sebuah kafe di daerah Prawirotaman. Ehemmm..ada yang tahu? πŸ˜‰

Yap…Cafe Sellie. Ya ampun beneran ya..cafe kecil sederhana bisa mendadak hits gara-gara film ini. Dan kami menikmati suasana cafe yang dindingnya masih berupa anyaman bambu itu. Menunya ya minuman ringan, kopi, dan berbagai macam snack. Meski cafenya kecil dan berdinding gedek..internetnya donk…kenceng banget hahaha. Keren.

Sampai menjelang tengah malam kami baru balik ke hotel lagi. Teman yang lain melanjutkan hang outnya ke tempat lain. Saya memilih untuk istirahat aja deh…secara besok paginya kami kan harus menempuh perjalanan panjang ke Punthuk Setumbu dan perjalanan pulang ke Madura.

Alhamdulillah paginya kami masih bisa bangun pagi dan jam 8 sudah cuzzzz ke arah Magelang. Meskipun gak dapat sunrise..lumayan banget lah ya..bisa melihat Borobudur dari sisi yang berbeda. Dari Punthuk Setumbu..Borobudur kelihatan kecil. Tentu beda banget dengan kalau kita menapaki pelataran Borobudur. Luas banget dan rasanya butuh energy ekstra untuk menjelajahinya.

Samar banget ya Borobudurnya nyaris gak kelihatan

 

Nah tahun ini kalau saya ke Jogja bareng anak-anak..tentu destinasinya beda ya dengan perjalanan kalau bareng teman. Akankah saya ke kafe Sally lagi?hmmm…entahlah.. Yang pasti niatnya sih silaturahim dengan keluarga disana. Kalo jalan-jalannya banyak sih ya destinasi yang edukatif buat anak. Gembira Loka, Keraton, Malioboro, itu minimal yang wajib dikunjungi. Kalau pun bisa mampir ke Taman Pintar dan destinasi lainnya ya Alhamdulillah.

Pengalaman Seru : Berkunjung ke Perpus Tertinggi di Dunia

Untuk kuliner ada beberapa yang sudah saya catat bakal saya santap bareng anak-anak, diantaranya :

  • Gudeg, wahhh ini mah wajib banget hahaha. Gak harus di tempat jualan gudeg yang hits dan terkenal seantero Nusantara sih. Gudeg pinggir jalan yang dijual di pagi hari, ada buburnya juga, ahhh itu yang saya kangenin banget. Ini menu sarapan wajib setiap saya dan keluarga ke Jogja.
  • Rujak Es Krim Pakualaman, wah namanya aja udah es krim yak..pasti anak-anak suka. Saat kunjungan terakhir saya ke Jogja, gak sempat lah menyantap rujak es krim ini. Makanya pengen banget nih makan rujak es krim. Nyaammm kebayang segernyaaa
  • Jadah Tempe Bacem, kuliner ini aselinya sih bisa ditemui di daerah Kaliurang. Olahan ketan yang disantap bareng olahan tempe dengan bumbu yang manis gurih. Maknyuussss tenan..
  • Bakpia, huhu…ini mah wajib banget saya bawa pulang buat oleh-oleh. Meskipun sekarang banyak banget pilihan oleh-oleh, bakpia original tetap tak tergantikan. Saya pengen berkunjung ke sentranya di jalan Pathuk. Jadi anak-anak bisa melihat langsung proses pembuatan bakpia di kampung-kampung. Biasanya temannya bakpia yang buat oleh-oleh yangko dan ampyang.. πŸ˜€

Ketika berkunjung ke Jogja sebenarnya saya tak perlu khawatir untuk urusan penginapan. Banyak pintu terbuka untuk saya dan anak-anak menginap kapan pun dan berapa pun lamanya πŸ˜€ Tapi kalau butuh pengennya menginap di hotel, sekarang juga gak susah kok. Tinggal buka aplikasi Pegipegi dan pilih hotel di Jogja yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Mau hotel murah, hotel unik, hotel bintang 5 atau hotel bintang 3, bisa dengan mudah kita cari di Pegipegi. Kita juga bisa mencari dengan menentukan kriteria hotelnya. Misalnya butuh hotel yang ada kolam renangnya, yang deket mall atau pusat belanja, dll.

Setelah menemukan hotel yang sesuai, bisa dilanjutkan dengan memilih metode pembayaran.Setelah pembayaran dilakukan, selesai. Kita tinggal cek in aja sesuai tanggal yang kita daftarkan.

Mudah banget kan…Pemesanan bisa dilakukan jauh hari sebelumnya, bisa juga dadakan. Hehehe tapi ya memang resikonya kalau dadakan agak susah ya ..apalagi kalau carinya saat musim liburan. You know lah Jogja.. πŸ™‚ Tapi jangan khawatir..di Pegipegi banyak banget kok pilihannya.

Nah jadi kapan kita ke Jogja?

You may also like

52 Comments

    1. Enak kak..Bukan diolah bareng..tapi terpisah..Ketan diolah dengan kelapa dikukus lalu ditumbuk namanya jadah kalo di Jawa atau tettel kalo di Madura. Nah Tempenya direbus dengan bumbu ketumbar dkk lalu digoreng. Makannya ada yang ditumpuk kayak burger..perpaduan gurih dan manis..

  1. Gimana rasanya rujak es krim, mbak? Enak kah?
    Penasaran wujudnya, ku googling dulu ah..

    Aku pun pengen balik lagi ke Jogja, mbak. Ngga puas banget di sana cuma dua hari ajah..

    1. Sehari emang kurang banget kalo mau eksplor Jogja..1 minggu lah minimal..hahaha.. Rujak es krim..hhmmm seger..Rujak semangkok dikasi rujak serut..maknyeesss tenan

  2. Ayo Mba Diii, rameΒ² ke Jogja pas ada acara bloher~
    Seru banget kali ya kita eksplor Jogja bareng sama Ijoek. Wisata kuliner kitaaa. Kangen banget lah sama gudeg dan temanΒ²nya. Nyammm!

  3. Wah aku baru tau Cafe Sellie itu mbak?
    Kalau yang pernah kurasakan dr film itu hotelnya, pas ada yg trakir nginep πŸ˜€
    Eh tapi aku gak nonton AADC 2 sih jdnya emang gak terllau ngeh haha, soal hotel itu aku taunya jdg dr tmn.
    Ah jd pengen ke Yogya lagi…

    1. heheh ini Cafe Sellie yang dipake pas adegan si Dian bilang ‘Jahat’ ke Rangga.. Fotonya banyak beredar dan jadi meme macam2 rupa πŸ˜€

  4. Yogya memang kota yg buat rindu, meski pernah mengalami hal yang kurang mengenakan nyatanya tetap menarik minat utk kembali. Saya juga sering menggunakan apps pegipegi utk bepergian

  5. Jogja memang dirindukan bgt, saya suka sama bapia patoknya yang isi keju, hehe bisa nambuh deh kalo makan itu. Tapi untuk yg kuliner tradisional nya saya kurang cocok ama yg manis hehe mungkin krn bawaan suka pedes kali ya

  6. Aku juga udah lama banget ga ke Yogya. Kangennya sudah menggunung dan membludak ini. Pasti banyak perubahan yang makin bikin happy selama disana. Ditambah kemudahan aplikasi PegiPegi, nggak repot lagi cari penginapan.

  7. Fokus ke Wisata Puthuk Setumbu. sekarang udah ada papan namanya, dan sepertinya sudah jadi wisata wajib dikunjungi kalo ke Jogja. Dulu aku ke sana masih hutan dan melangkah masuk berasa angker tapi keren banget…

  8. Wuaaa makasih sudah promoin Jogja. Sebagai orang Jogja, bangga. Suka rujak Pakualam toh mbak? Hihi susah juga sering kesana.kalau kafenya AADC itu malah yang belum pernah. Hihi

  9. Wah, kangen Jogja jadinya Mbak. Belum pernah ke Setumbu itu. PLus kulineran kayak angkringan dan pulangnya bawa bakpia pathuk. Wah lengkap deh, apalagi akomodasi dan transport bisa pesan lewat pegipegi ya Mbak Dian. Cucokk….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *