Wonderful Indonesia di Ujung Timur Pulau Garam

Ketika mendengar kata Madura, bayangan apakah yang muncul?heheh semoga yang muncul yang baik-baik ya…Karena memang sesungguhnya memang begitu adanya. Madura juga mempunyai keragaman yang menarik buat dilihat langsung di ujung timur. Beneran deh..Mulai dari keindahan alam, keragaman kuliner, keragaman budaya, religi, sejarah, semua ada.

Letaknya memang di ujung timur pulau Madura. Kalau kamu ke Surabaya dan menyeberangi jembatan Suramadu..nah..masih 3-4 jam lagi perjalanan menuju ke ujung timur.  Apa saja sih Wonderful Indonesia di ujung timur pulau Madura ini ?

Wisata Alam

Kabupaten Sumenep dengan 126 pulau sangat kaya dengan wisata alam terutama bahari. Ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi.

Pantai Lombang

Ini lah pantai yang terkenal dengan cemara udangnya sepanjang puluhan kilometer bibir pantai. Pantai landai, luas, dan teduh. Fasilitas yang tersedia ada tempat makan, area bermain, tempat bilas, area parkir, dll. Pantai ini terletak di kecamatan Batang-batang.

Pantai Selopeng,

Pantai ini berada di tepi jalan jalur pantai utara Madura, tepatnya di kecamatan Dasuk. Pantai ini punya ciri khas gumuk pasir yang ada di sepanjang pantai. Ketinggiannya bervariasi, mulai 2 meter sampai 10 meter. Karena letaknya yang di pinggir jalan utama, maka akses ke pantai ini sangat mudah. Fasilitas juga memadai, mulai area parkir, tempat makan, tempat bilas, gazebo, dan area bermain anak.

Pantai Badur,

masih dalam garis pantai yang sama dengan kedua pantai diatas, pantai Badur mempunyai ciri khas pantai yang landai dan luas serta adanya 2 aliran sungai yang jernih. Letaknya di kecamatan Batu Putih desa Badur, sekitar 20 km dari pantai Lombang. Aksesnya juga mudah..tak sampai 50 meter dari jalan utama Batu Putih-Batang-batang.

Pantai 9

Pantai ini letaknya di pulau Gili Genting. Untuk menuju kesini kita harus menyebrang dari Pelabuhan Tanjung ke Pelabuhan Bringsang. Perjalanan laut yang harus ditempuh sekitar 30-45 menit. Tak jauh dari pelabuhan Bringsang kita bisa menikmati indahnya pantai Sembilan. Berada di pantai ini serasa berada di Bali atau Lombok. Karena fasilitasnya memang banyak. Mulai dari tampat makan, gazebo yang etnik, spot selfie, banana boat, penginapan di pinggir pantai juga ada.

Gili Labak

Untuk menuju pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam., bisa melalui pelabuhan Tanjung atau pelabuhan Kalianget. Pulau yang luasnya sekitar 5 hektar ini menawarkan keindahan panorama bawah laut. Yaa..pengunjung bisa bersnorkling di sekitar pantai untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam.

Wisata Budaya, Sejarah,Religi

Kota Tua,

Sumenep punya satu area yang menyajikan kota modern di masa lampau. Kota Tua berada di kecamatan Kalianget, sekitar 10 km kea rah timur dari kecamatan kota Sumenep. Pada jaman Belanda wilayah ini adalah kota modern dengan fasilitas lengkap. Pabrik briket garam pertama di Indonesia ada disini. Wisatawan bisa melihat jejak kejayaan garam.

Wisata Kampung Pasir,

Berada di wilayah desa Legung Timur kecamatan Batang-batang, tak jauh dari pantai Lombang. Kita bisa melihat keunikan kebiasaan warga di kampung ini yang hidup dengan pasir. Mulai dari jalan kampung, halaman rumah, dapur, sampai kamar dan tempat tidur semuanya berpasir. Warga pun terbiasa bersantai di halaman berpasir dan tidur diatas pasir.

Masjid Agung

Berkunjung ke masjid ini selain untuk beribadah bisa sekalian wisata religi dan sejarah. Masjid ini mempunyai arsitektur yang unik dan didirikan pada tahun 1700 an.  Letaknya di tengah kota, berseberangan dengan alun-alun Taman Bunga/Taman Adipura.

Museum Keraton

Inilah satu-satunya wujud keraton yang masih utuh di Jawa Timur. Selain untuk museum, keratin juga aktif digunakan oleh warga maupun pemerintah untuk acara tertentu. Ada pendopo dan Taman Sari juga.

Upacara Nyadar, ini adalah salah satu upacara unik yang digelar oleh masyarakat sekitar tambak garam Pinggirpapas kecamatan Kalianget. Upacaranya sendiri diadakan di wilayah desa Kebundadap kecamatan Saronggi. Banyak hal bisa kita lihat saat upacara yang berlangsung 3 kali dalam setahun ini.

Wisata Kuliner

Soto Sabreng, nahini bener-bener khas Sumenep. Soto babat yang kuahnya bukan berwarna kuning, lalu dilengkapi singkong rebus. Cukup banyak yang menjual makanan ini, mulai harga 8000 an sampai 15.000 per porsi.

Kaldu Kokot, kaldu yang dimaksud adalah makanan terbuat dari kacang hijau dengan bumbu seperti sop atau soto. Kokot itu kikil atau kaki sapi. Kaki sapinya utuh..jadi sajian di piring melimpah banget.  Ada juga sih soto yang dilengkapi kokot. Namanya soto kokot. Tempat yang paling khas adalah Warung Maryani di desa Parsanga.

Masak Pae,

Masakan ini agak keluar dari pakem masakan Madura. Karena bahannya ada kentang panggang dan kuahnya lebih condong ke ala masakan china. Tadinya hanya disajikan di pesta pernikahan, tapi sekarang beberapa rumah makan juga menyediakan menu ini.

Chake, hampir mirip dengan masak pae. Hanya saja tidak memakai kentang panggang, melainkan memakai keripik kentang seperti yang digunakan pada soto ayam. Maknyus banget dah..

Nah..gemana..adakah diantara yang saya sebutkan diatas membuatmu pengen berkunjung ke Sumenep? Yuks lah…Gak usah khawatir..karena untuk ke Sumenep banyak kok pilihan transportasinya. Bisa pake pesawat, bis, atau travel. Butuh penginapan?No worries juga….banyaak banget pilihan buat tempat menginap dengan harga yang bersahabat banget. Meski belum ada hotel berbintang, layak banget kok buat menginap.

Kalo kamu punya cerita juga seputar Wonderful Indoensia versi kamu…Yukkk..ikut kompetisinya…Syarat dan ketentuan..cek di sini ya :

 

You may also like

4 Comments

  1. Aku bergerilya mulai pagi ini. Semua link sing dikirim Mbak Ayank lenyaaapp 😭😭😭😭 Gara-gara nggak berhasil kebackup tapi WA terpaksa diuninstall. Hahahaha. Ini udah aku save. Tinggal eksekusi e mbuh kapan. Wkwkwkwk

    1. Waduh grup2nya gak otomatis pada keluar kan.. Yaudah selamat jalan2 di blogku hehehe… semoga mendapatkan info terbaik yang Fevtri cari ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *