Pertimbangan Saat Akan menjadi Penghuni Apartemen

Hunian vertikal semakin menjadi pilihan bagi kalangan urban. Di kota-kota besar keberadaan hunian vertical terus berkembang, seperti di Surabaya, Jakarta dan sekitarnya, Bandung, dll. Berbagai fasilitas ditawarkan untuk membuat penghuni nyaman dan aman. Fasilitas tersebut diantaranya tempat parkir, pengamanan 24 jam, kebersihan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Sumber Gambar : propertidata.com

Tapi ada beberapa hal yang umumnya menjadi pertimbangan penghuni saat memilih apartemen. Apa saja? Simak yuk ulasan berikut ini

Posisi Apartemen

Posisi atau letak adalah pertimbangan penting saat memilih apartemen sebagai hunian vertical. Kita akan cenderung memilih apartemen yang posisinya strategis. Dekat dengan akses jalan tol, dekat stasiun, ada akses transportasi umum,  dekat pertokoan, dekat sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Ya walaupun ada konsekuensi , salh satunya harga pasti mahal. Meski mahal, kita bisa berhitung dengan pengeluaran dan waktu yang akan dihabiskan dibanding dengan apartemen yang jauh dari mana-mana. Maka posisi apartemen akan tetap menjadi prioritas dibanding harga.

Selain itu letak hadap apartemen juga penting. Apakah menghadap view yang bagus atau sesuai tidak dengan fengshui yang diinginkan.

Letak Lantai

Saat akan melakukan sewa apartemen mempertimbangkan letak lantai pilihan juga penting banget. Ya karena untuk tinggal sehar-hari ya..meskipun banyak waktu di luar rumah, pengennya kan menikmati pemandangan yang indah. Itulah kenapa biasanya letak lantai benar-benar jadi perhitungan. Di lantai bawah..memang aksesnya gampang, tidak perlu berlama-lama naik lift, naik tangga aja udah cukup. Tapi letak lantai atas (missal lantai 10 keatas untuk yang apartemennya 20 lantai) memberikan pemandangan yang lebih keren. Tingkat kebisingan juga semakin rendah bila di lantai atas. Tetapi bila ada kondisi darurat (gempa, kebakaran), posisi di lantai atas akan memperlambat proses penyelamatan diri.

Letak lantai di bawah biasanya menjadi incaran calon penghuni yang mempunyai anak kecil atau lansia. Jadi kemudahan akses dan keamanan adalah alasan utamanya. DI lantai bawah untuk masukkan furniture juga lebih mudah. Tapi kecenderungannya lebih bising dan pemandangan kurang menarik. Meskipun alternatifnya untuk posisi lantai bawah bisa memanfaatkan untuk menghadap taman atau kolam renang.

Yang perlu dihindari bila mendapatkan atau memilih lantai bawah adalah letak yang terlalu berdekatan dengan fasilitas umum apartemen tersebut. Seperti fitness, playground, tangga darurat, dan fasilitas umum lainnya.

Beberapa pertimbangan diatas juga menjadi perhatian pihak yang jual apartemen ..Makanya sekarang semakin banyak apartemen yang memanjakan penghuni dengan berbagai fasilitas dan harga yang menggiurkan. Meskipun leataknya jauh dari pusat bisnis misalnya..apartemen akan diberi berbagai kelebihan yang tidak ditemukan di apartemen di tengah kota. Seperti tingkat kemacetan yang lebih rendah, suasana hunian yang nyaman serasa di villa, dsb.

Nah kalau kamu, apa pertimbanganmu dalam memilih apartemen?

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *