7 Keuntungan Memiliki Rumah di Daerah Jogja

Sebagai kota yang istimewa, Jogja menjadi salah satu tempat tinggal yang nyaman dan menenangkan.  Banyak orang yang senang untuk tinggal di Jogja karena tempatnya yang ramai, namun tidak semacet ibukota Jakarta. Lebih  dari itu, Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata yang unik dan menarik di kota Yogyakarta.

Investasi rumah di Kota Yogyakarta akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Pelajar ini memiliki kriteria yang pas sebagai tempat tinggal yang baik. Jika Anda tidak berniat untuk menempatinya, Anda bisa menyewakan atau mengontrakkan kepada orang lain yang ingin tinggal di Yogyakarta.

Anda bisa membeli rumah bekas ataupun rumah baru di Yogyakarta. Perlu Anda ingat bahwa rumah di Yogyakarta pun sekarang sudah cukup mahal, cek beberapa rumah Jogja disini. Apalagi jika Anda membelinya di daerah kota. Harga rumah di Kota Yogyakarta bahkan sudah hampir sama dengan harga rumah di kota Jakarta.

Namun, apa yang membuat banyak orang tetap senang untuk melakukan investasi rumah di Yogyakarta? Simak beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli rumah di Daerah Istimewa Yogyakarta?

7 Keuntungan Membeli Rumah di Jogja

Rumah Jogja
Candi Prambanan (Dok. TripAdvisor)

Ada beberapa hal menarik yang akan membuat Anda betah tinggal di Kota Pelajar ini. Pernahkah Anda mengunjungi kota ini sebelumnya? Berikut beberapa hal yang akan Anda rasakan ketika memiliki rumah di Jogjakarta.

1.Pusat Bisnis

Tidak hanya Jakarta, Bandung, dan Surabaya saja yang merupakan pusat bisnis di Indonesia. Anda bisa menemukan beragam pusat bisnis di Jogjakarta. Sebagai pusat bisnis, Jogjakarta memiliki banyak penduduk yang bekerja bukan?

Anda bisa membeli rumah di sekitar pusat bisnis di kota Jogjakarta. Meskipun harga di tempat yang cukup ramai ini terbilang mahal, namun rumah di tempat keramaian dapat dijadikan sebagai lahan investasi yang tepat untuk Anda.

2. Banyak perguruan tinggi

Keuntungan pertama yang akan Anda rasakan adalah bahwa terdapat banyak sekali perguruan tinggi yang berada di kota Yogyakarta. Pusat perkembangan pendidikan terjadi di kota Yogyakarta sejak jaman dahulu. Ki Hajar Dewantara yang merupakan pencetus semboyan Tut Wuri Handayani mendirikan salah satu Universitas Besar di Yogyakarta juga.

Tidak hanya menjadi kota yang menjadi sebuah pusat perkembangan pendidikan di Indonesia saja, namun Yogyakarta juga menjadi sebuah saksi bisu sejarah Indonesia. Anda bisa menemukan banyak tempat bersejarah di kota Yogyakarta.

Jogja memiliki perguruan-perguruan tinggi yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Orang dari seluruh penjuru Indonesia banyak yang berbondong-bondong ke Jogjakarta untuk menimba ilmu.

Dengan memiliki investasi rumah di Jogjakarta, Anda akan semakin dekat dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

3. Suasana yang nyaman

Keuntungan kedua yang bisa Anda rasakan ketika memiliki rumah di kota Yogyakarta adalah kenyamanan yang tidak diragukan lagi. Yogyakarta dikenal sebagai kota yang super nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal.

Mengapa Jogja bisa dikatakan sebagai tempat tinggal yang nyaman? Meskipun harga property di Jogjakarta cukup mahal, namun biaya hidup di kota ini terbilang murah jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia. Inilah yang paling menarik dari kota kecil di Indonesia ini.

Makan nasi kambing saja, Anda cukup membayar 5 ribu rupiah. Nasi kucing saja yang di Jakarta harganya bisa 4 ribu rupiah Cuma seribu lima ratus saja di Jogjakarta. Murah meriah bukan? Semua tempat makan juga buka dalam waktu24 jam. Jadi, Anda bisa mencari makan sewaktu-waktu.

4. Banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda eksplor

Kalau Anda termasuk orang yang sering merasa galau, kenapa tidak mencoba membeli rumah di daerah Yogyakarta? Anda bisa menemukan banyak tempat wisata menarik untuk dieksplor di tempat ini.

Jogjakarta bahkan memiliki 1001 cara untuk menghibur para penghuninya. Anda tidak akan pernah kehabisan tempat untuk menghibur diri Anda. Anda bisa menenangkan diri di tempat wisata alam, pusat perbelanjaan.

Anda bisa nongkrong di tempat yang ramai di Jogjakarta seperti di Malioboro ataupun di Prawirotaman. Bagi Anda yang senang berwisata alam, Anda bisa menuju pantai pantai menari di Jogja seperti pantai Parangtritis, pantai gunung kidul, pantai Baron, dan masih banyak lagi.

5. Memiliki ciri khas dan budaya yang istimewa

Keistimewaan lain yang bisa Anda rasakan di kota Yogyakarta adalah memiliki ciri khas dan budaya yang begitu istimewa. Jasa Kota Yogyakarta bagi Ibu Kota Republik Indonesia pun besar.

Kota Jogjakarta merupakan kota yang pertama kali mengakui kemerdekaan republic Indonesia. Adat budayanya pun masih sangat kental dengan kebudayaan Indonesia hingga sekarang.

Warganya yang ramah dan adanya Sultan yang mampu mengayomi masyarakatnya masih terjaga hingga sekarang. Bahkan, keraton Jogjakarta pun hingga kini masih berdiri dengan kokoh dan tegak sebagai salah satu bukti warisan budaya nusantara.

Kini, kota Jogja telah mengalami perkembangan kea rah yang modern. Namun, nyatanya tidak sedikitpun Jogjakarta meninggalkan ciri khas yang ada padanya. Inilah yang membuat Jogjakarta selalu istimewa sehingga diistimewakan di Indonesia sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Masyarakatnya yang ramah dan terbuka

Membeli rumah dan tinggal di Kota Yogyakarta menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi Anda. Masyarakat Jogja sangat sopan dan santun. Kesantunan dari masyarakat seteempat telah turun temurun sejak jaman dahulu hingga jaman sekarang

Pusat Keraton Jogjakarta sendiri terletak di pusat Kota Jogjakarta. Keraton tersebut merupakan bukti dari kesantunan dan kesopanan warga Jogjakarta. Jadi, menjadi keuntungan tersendiri bagi Kamu yang berniat untuk membeli rumah di kota istimewa ini.

7. Sumber bagi para seniman

Banyak seniman jalanan yang kemudian menjadi seniman yang besar yang tinggal di kota Yogyakarta. Jika Anda senang akan kesenian, menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda untuk tinggal di kota ini.

Jadi, jangan takut untuk membeli rumah di Jogjakarta ya. Pasti banyak hal indah, menarik, dan baru yang akan Anda temukan di kota ini. Jika Anda memiliki darah seni, jangan ragu lagi untuk membeli rumah di kota Jogjakarta untuk mendapatkan impian Anda

Lebih dari itu, masih banyak lagi hal menarik lain yang membuat Anda merasa beruntung untuk memiliki rumah di kota Yogyakarta. Anda bisa menemukan beragam kuliner yang sangat lezat yang tidak bisa anda temukan di kota lainnya.

Kuliner khas Jogja yang murah dan lezat selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Contohnya saja gudeg khas Jogja dan bakpia pathok khas Jogjakarta.

Bagi Anda yang senang berbelanja, Jogja juga menjadi sebuah wisata shopping terbaik. Beragam batik murah bisa Anda dapatkan di pasar Kembang Jogjakarta. Akses transportasi di Jogja juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan kereta, pesawat, ataupun trans Jogja. Benar benar sebuah kota yang lengkap namun tetap kental dengan ketenangan nya

Demikianlah beberapa hal yang menarik yang menjadi keuntungan bagi Anda untuk membeli rumah di kota Jogjakarta.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Apabila Membeli Rumah di Yogyakarta

Rumah Jogja

Lalu, hal apa sajakah yang penting untuk diperhatikan ketika Anda membeli rumah di kota Jogjakarta? Berikut ulasannya!

1.Utamakan kenyamanan

Kenyamanan adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika membeli rumah. Anda bisa menginvestasikannya dengan mudah kepada orang lain kelak.

2. Minim renovasi

Belilah rumah dalam kondisi yang minim renovasi. Percuma saja membeli rumah jika Anda masih harus renovasi di sana sini.

3. Kondisi masih layak

Hal lain yang perlu Anda cermati adalah kelayakan bangunan. Perhatikan dinding rumah, genteng rumah, ataupun lantai rumah apakah masih bisa digunakan dengan baik ataukah tidak

4. Kelengkapan surat

Terakhir, pastikan bahwa rumah Anda memiliki surat-surat yang lengkap. Jangan sampai Anda membeli rumah yang tidak memiliki surat yang lengkap.

 

Sudah memiliki pandangan untuk membeli rumah di Jogjakarta? Yuk mulai memilih dari sekarang!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *