Karena Bisa Menulis Saja Tidak Cukup

Blogging telah menjadi bagian dari aktivitas saya sejak beberapa tahun terakhir. Sekitar 3 tahun yang lalu..saya membuka akun untuk ngeblog di wordpress.com. Ya..sebagai langkah awal..saya pakai yang gratisan aja. Pertimbangannya antara lain karena saya hanya butuh media menulis aja. Pengen kayak blog di Friendster dulu..

Lalu saya mengenal beberapa komunitas menulis dan ngeblog. Dari komunitas-komunitas itu saya jadi tahu ada namanya give away (GA), blog walking (BW), back link, atau info kompetisi blog. Perangkat yang menunjang untuk ngeblog ya komputer jinjing yang udah dilengkapi Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Tau donk manfaat processor ini di perangkat yang kita punya.. 🙂 namanya juga processor tentu berperan penting dalam memproses semua pekerjaan atau perintah yang masuk kedalam perangkat. Masing-masing punya karakter berbeda. Intel Core i7 kemampuannya yang paling tinggi, mengandalkan 4 inti prosesor, kecepatan tinggi, dengan hyper threading. Ada juga Intel Core i7 M dengan 2 inti prosesor. Perpaduan kecepatan tinggi, hyper threading dan turbo boost bikin kinerjanya bagus ..jauh dari kesan lemot. Kalo Intel Core i5 inti prosesornya 2 tapi juga dilengkapi hyper threading yang biin dia seperti 4 inti prosesor. Bagaimana dengan Intel Core i3? Intel Core i3 ini punya 2 inti prosesor. Sudah ada hyper threadingnya juga, tapi gak ada turbo boostnya. Meski begitu core i3 handal juga untuk memenuhi kebutuhan notebook berkinerja baik dengan harga terjangkau 🙂

Mudah-mudahan bisa sedikit ngasi gambaran ya…tentang prosesor yang menentukan kinerja perangkat elektronik kita ini 😀

Notebook yang saya pake sekarang prosesornya Intel Core i3. Meski masih oke..tapi ya…kayaknya dah waktunya di upgrade nih 😀 Kayak blog saya juga. Blog saya yang tadinya gratisan..upgrade deh jadi berbayar.. Demi apa? Ya demi belajar lebih banyak. Bukan semata-mata bisa ikutan menerima job review, content placement, lomba ngeblog, dan teman-temannya itu ya… 🙂

Nah setelah blog semata wayang saya ini jadi berbayar..gak mau donk isi blognya gitu-gitu aja. Yang tadinya nulis alakadarnya..ya..sekarang rasanya kok kudu apik gitu nulisnya. Ditambah lagi setelah saya mengenal istilah Domain Authority…Page Authority..Google Analytic..Nofollow..Dofollow..dan antek-anteknya yang awalnya bikin saya hopeless. Iya gemana saya gak hopeless..la kalo mau ikutan job review syarat DA-PA nya minimal sekian.. Nah..sebagai blog baru yang unyu-unyu..tentu saja DA-PA saya masih ngesot di kolong meja.

Tapi …jangan menyerah…jangan berhenti sampai disini. Apalagi sekarang semua informasi gampang banget didapetnya. Teman-teman yang baik hati dan tidak sombong juga siaga menjadi tempat saya bertanya tanpa embel-embel ,”googling aja..”.

Blogging With ASUS
Blogging With ASUS

Maka PR utama buat saya adalah naikin DA-PA dulu deh..Bagaimana caranya? Gampil! Rajin posting. Kalau perlu tiap hari. Biar mesin pencari jadi akrab sama blog saya. Nah..postingan yang kayak apa tuh yang disenengi mesin pencari?

  1. Yang timeless. Maksudnya artikelnya gak lekang oleh waktu..mau baca sekarang..besok atau beberapa tahun lagi masih relevan.
  2. Artikel panjang 1000-2000 kata. WAAAAATTT?? Bener tuh? Iya bener!dengan artikel panjang..pembaca jadi berlama-lama di blog kita. Lamanya pengunjung hang out di blog kita itulah yang ngefek ke page view dan akan berimbas juga pada DA/PA.
  3. Rajin blog walking dan sebar link blog kita lewat komentar di blog yang kita kunjungi. Jadi blogwalkingnya gak sekedar mampir untuk baca ya…tapi wajib komen dan tinggalkan link blog/artikel.

Dari ketiga cara gampang itu..saya agak tertantang dengan yang nomer 2. Bikin artikel panjang. Selama ini saya lebih banyak nulis pendek..paling banyak 500 kata..itu juga udah susah payah bikinnya. Pengennya cepet kelar gitu artikelnya. 😁

Karena ada kemauan akhirnya beberapa postingan saya bisa memuat lebih dari 500 kata. Yang paling menantang lagi…tentu saja mencegah pembaca bosan sehingga membaca tak sampai tuntas lalu close tab.

Gemana caranya biar tulisan panjang gak membosankan? Saya mencoba menerapkan beberapa hal, diantaranya :

  • Bikin tulisan dengan bahasa yang ringan meski yang dibahas bukan hal ringan.
  • Tambahkan gambar dan infografis yang menarik dan nyambung dengan artikel
  • Tambahkan video yang sebelumnya sudah diunggah di Youtube

Untuk menerapkan 3 tips itu bagi saya sih bukan perkara gampang. Karena ketiganya butuh sering latihan dan peralatan yang memadai. Membuat artikel yang ringan meski topiknya berat..sungguh butuh latihan dan sering baca referensi. Sementara saya hehehe kadang semangat kenceng kadang semangat kendor. Duh! Tapi gak papa..yang penting jangan berhenti 😉

Menambahkan gambar, infografis, dan video….hmmmm kalo menambahkan gambar sudah sering saya lakukan. Hampir semua postingan saya ada gambarnya, setidaknya 1-2 gambar. Apalagi untuk artikel traveling. Mayoritas gambar dari jepretan kamera henpon. Untuk urusan gambar..saya memang mengandalkan hasil motret yang bagus biar gak perlu terlalu banyak edit foto. Edit ya paling seperlunya aja..paling pake autocorrect ajah. Watermark bisa dari hp atau di laptop.

Video pun begitu. Sebisa mungkin ambil dari lapangan udah dalam kondisi bagus jadi gak perlu terlalu banyak edit. Bisa edit dengan software yang tersedia di laptop, bisa juga langsung di editor punya youtube.

Kalo infografis..hmmm..saya emang belum banyak pake sih.. Ya bukan kenapa-kenapa..karena laptop saya belum mendukung untuk itu. Namanya juga…laptop umurnya udah lebih dari 5 tahun. Umur segitu udah bisa dibayangin yaaaa batrenya gemana…layarnya gemana…RAM nya berapa..prosesornya gemana…beratnya berapa..😂 Karena faktor U itulah..saya harus sabar berkompromi dengan laptop.. Hahaha iya jadi sayanya yang menyesuaikan dah..

Tapi kan niatnya bloggingnya gak gitu-gitu aja.. Dan membuat konten kreatif jelas butuh kompromi yang bagus dengan laptop. Ada referensi bagus dari Asus yang selama ini dikenal sangat bersahabat dengan blogger 😊

ASUS punya beberapa produk yang pas buat blogger. Buat yang kudu bawa notebook kemana-mana menurut saya sih seri ASUSPRO P430 bisa jadi pilihan tepat. Jangan naggung-nanggung kalo cari partner kerja ngeblog 😉 Varian Asus yang ini oke banget!

Prosesor yang dipakai oleh varian ini adalah prosesor Intel Core generasi ke-6, mulai dari Core i3 sampai i7. Karena didukung discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M, ASUSPRO P430 bener-bener menjadi partner kita yang suka dengan aktivitas bikin cantik postingan maupun blog secara keseluruhan.

Memori utama DDR4 ASUSPRO ini 4GB dan masih bisa ditambah. Tersedia 2 slot memori yang bisa menampung RAM sampai 16GB.Wuooww..kalo begini urusan bikin konten kreatif mah gak pake lama ya…:D 

Notebook ini menyediakan 4 port USB.Weehh…lebih banyak nih daripada yang lain. Bukan cuma jumlahnya yang banyak ya… tiga port di antaranya itu USB 3.0 yang kecepatan transfer datanya 10 kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0. Dan salah satu port USB 3.0 nya mendukung USB Charger+ yang memudahkan ngecharge gadget. Duh..duh…bener-bener multitasking ya fitur-fiturnya. Eh USB nya bisa dipassword pula..jadi kalo udah disetting passwordnya..selamat deh..data-data kita gak bisa ditransfer oleh pihak lain 🙂

Dannn dengan desain yang solid, lapisan anti gores pada layar, ketebalan sekitar 2,5 cm dan berat tak sampai 2 kg, tentu ASUSPRO P430 gak bakal bawel saat dibawa kemana-mana..

Nah kan…begitu banyak yang bisa kita lakukan dengan notebook yang handal 🙂 Yuk ahh belajar terus biar ngeblognya gak gitu-gitu aja… Karena bisa menulis aja emang gak cukup..kalo mau blog nya cetar, bermanfaat, dan menghasilkan 😉

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

 

 

 

 

You may also like

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *