Air Terjun Toroan, Air Terjun terbesar di Madura

Percaya kan kalo di Madura ada air terjun?Heheh tadinya saya gak percaya juga sih…dan saya pikir air terjunnya diada-adain gituh 😀 Meski sering melihat dan mendengar cerita tentang air terjun itu, tetep belum yakin kalau gak lihat sendiri.. ya nggak..ya nggak.. Eh kalo saya yang cerita percaya kan..? 😀

Saya ke air terjun Toroan di kecamatan Ketapang kabupaten Sampang Madura saat kegiatan Blogger Nasional Menduniakan Madura.

Gak sulit menemukan air terjun ini. Karena letaknya bener-bener di pinggir jalan utama jalur utara Madura.  Kalau dari Surabaya bisa lewat jalur utara Bangkalan atau jalur selatan Sampang dulu dan lanjut ke arah utara Sampang. Butuh waktu sekitar 2,5 jam an ya dari Bangkalan menuju ke air terjun. Petunjuk jalan ke air terjun ini cukup jelas. Jadi tidak perlu khawatir kesasar. Kita tinggal menepi, parkir kendaraan, dan jalan turun sekitar 20 meteran..sampe deh di air terjun.

 

Air terjun Toroan bukan dari sumber air pegunungan seperti air terjun pada umumnya, melainkan hilir dari sungai besar yang sumbernya juga berada di wilayah Ketapang. Debit airnya bisa besar bisa kecil sesuai musim. Dan yang unik, air terjun langsung tumpah ke bibir pantai.

Air Terjun Kecil Sebelum Air Terjun Utama

 

Ini juga air terjun kecil sebelum air terjun utama

Sebelum sampai ke air terjun utama juga bisa kita temui 2 air terjun kecil. Keduanya adalah anak sungai dari aliran utama. Cukup aman untuk sampai ke bawah air terjun karena sudah dibangun fasilitas yang memudahkan pengunjung, seperti anak tangga dan jalan menuju bawah air terjun yang dibeton.

 

Saya termasuk beruntung karena debit air sedang besar karena sedang musim penghujan. Tapi tentu saja warna langit dan laut kurang bagus untuk ditangkap kamera. Akan beruntung sekali bila bisa mengabadikan pemandangan air terjun saat debit airnya besar dan langit cerah. Apalagi momennya saat sunset..

 

Selain menikmati pemandangan air terjun dari bawah, secara tidak sengaja saya melihat juga bagian atas air terjun. Jalurnya gak kelihatan kalau dari area parkir. Kita harus berjalan ke arah kiri jalur utama dan melintasi tegalan. Lokasinya juga agak terlindungi oleh pohon dan rumput. Kebetulan ada 2 orang teman peserta rombongan blogger yang mengabadikan air terjun dari atas. Keren juga sih…tapi harus hati-hati ya…karena tidak ada pagar pengaman sama sekali. Atau bila tidak yakin dengan keamanannya, cukup lihat air terjun dari bawah saja 😀 Dengan alasan keamanan juga…pengunjung dilarang mandi di bawah air terjun. Karena di bagian bawah air terjun terdapat cerukan yang dalam.

Bagian Atas Air Terjun Toroan Sampang

Nah..sekarang percaya kan kalo Madura punya air terjun yang cakep? 🙂 Kapan berkunjung kesini ? 😉

You may also like

11 Comments

  1. Sayagnya di sini dikasih waktu yang sangat sebentar ya. Coba sejam saja gitu pasti diriku sudah foto foto buanyak hahahah. Aku di sini cuma numpang selfie doang! Waduuuh hahahaha

    Tapi ada video banyak sih hahaha

  2. Ternyata di Bangkalan ada air terjunnya juga loh mbak Dian. namanya AIR TERJUN KOKOP/DURJAN, entah lebih besar atau kecil dari Toroan. Pastinya di Madura masih banyak tempat asyik belum terkekspos dengan maksimal.

    1. Iya Kang…masih gedean Toroan kalo musim hujan gini…. Bener. Bukan banyak..tapi buuuaaanyyaaakk..Hehe. Ayo ke eksplor Madura lagi …jangan lupa 360 nya hahah

Leave a Reply to Kang Pardi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *