20 Tahun Bersama BCA

Sebelum menuliskan angka 20 tahun…saya berusaha mengingat-ingat…kapan tepatnya saya mulai memakai BCA untuk urusan perbankan. Rupanya yang teringat banget adalah saat buka rekening sendiri di BCA Jogja selepas lulus SMA 1996. Ehh jauh amat buka rekeningnya di Jogja?

Hehe ya waktu itu memang saya niatnya kuliah di Jogja, wiss..mau swasta mau negeri..pokoknya di Jogja. Makanya ketika selesai ujian SMA langsung cuzzzz boyongan ke Jogja untuk ikutan bimbingan tes. Sebagai salah satu persiapannya adalah buka rekening. Ya waktu itu meski identitas bukan Jogja..kita bisa buka rekening di Jogja. Mengunjungi Kantor Cabang Utama BCA Jogja di Jl. Jendral Sudirman betah banget. Besar dan mewah..Alhamdulillah..urusan rekening mudah dan cepat termasuk urusan kartu ATM.

Tapi ternyata nasib berkata lain..sebelum ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri tiba…saya ternyata keterima di Universitas Brawijaya Malang. Ya sudah…dilakoni saja..dan saya pun boyongan lagi dari Jogja ke Malang. Selama kuliah di Malang..ya ATM BCA inilah yang tau betul suka duka kondisi keuangan saya. Begitu juga mesin ATM pecahan 20.000 yang menjadi ATM favorit unuk menarik uang kiriman dari orang tua waktu itu. Wah..itu sangat menolong banget buat saya dan mahasiswa lainnya.

Eh waktu tahun 1997-1998 juga sempat ikut-ikutan antri rush narik uang lewat ATM. Padahal sih ya…uang kita berapa sih di rekening… 😀 Tapi peristiwa seperti itu ternyata tidak menggoyahkan BCA hingga bertahan dengan berbagai  inovasinya saat ini.

Pernah juga saya bermasalah dengan kartu ATM, waktu itu belum bisa diurus di BCA terdekat. Jadi saya harus jalan-jalan ke BCA Jogja untuk mengurusnya. Kemudian ATM saya bermasalah lagi saat saya sudah bekerja di Pamekasan sekitar tahun 2003, dan gak memungkinkan untuk mengurusnya ke Jogja…Akhirnya saya buka rekening baru di BCA Pamekasan. Iyahh masih setia dengan BCA 😀  Entahlah saya sendiri lebih sreg aja dengan BCA. Perusahaan juga memakai BCA untuk semua keperluan transaksi termasuk transfer gaji karyawan.

Nomer rekening inilah yang bertahan sampai sekarang menemani semua aktivitas keuangan saya. Saat pegang uang banyak…saat harus menguras isi ATM untuk keperluan ini itu..bahkan saat beberapa bulan rekening saya nganggur menyisakan saldo nol rupiah.

Kemudahan Layanan

Saya merasa perlu berterima kasih juga karena telah mendapatkan berbagai kemudahan sebagai nasabah BCA. Misalnya saat kartu saya hilang pada tahun 2012, dan saya harus segera mengurusnya agar bisa segera bertransaksi. Waktu itu saya masih tinggal di Tangerang Selatan dan saya langsung lapor ke Halo BCA meminta ATM saya diblokir. Menghubungi Halo BCA sangat mudah dan tidak dilempar sana sini. Tinggal jawab beberapa pertanyaan yang diajukan petugas, dan proses pemblokiran selesai. Setelah diblokir,  saya mencoba tarik tunai lewat bank terdekat. Ya namanya udah lama gak bertransaksi di bank dan ternyata KTP Tangsel saya kan beda dengan identitas di bank… Selain itu tanda tangan saya juga gak sama dengan tanda tangan di buku rekening.. Karena itulah untuk penarikan tunai saya diminta menunjukkan ATM. Lah ATM saya kan hilang…

Akhirnya saya ditanya beberapa informasi yang saya berikan saat membuka rekening…Misalnya alamat kantor, nomer telepon kantor, dll. Untungnya saya masih inget nomer teleponnya 😀 saya pun diminta ke bagian CS di lantai bawah..untuk meminta kartu ATM baru. Saya sebenarnya tidak berniat meminta kartu baru karena kan harus bikin  surat kehilangan dari kepolisian dan saya paling males ngurus yang begituan (hehe padahala gampang ya…). Ternyata kartu yang tersedia saat itu hanya gold, sementara yang silver baru tersedia sekitar 1 minggu lagi.

“Wah..mbak..saya gak bisa nunggu selama itu…karena saya harus bertransaksi hari ini..dan gak mungkin saya pulang ke Madura untuk mengurus  ATM ini..” ujar saya pada petugas.

Setelah menunggu beberapa saat..akhirnya mbak petugas memberi saya kartu gold dan bisa bertransaksi lewat ATM langsung setelah kartu jadi. Pertimbangannya adalah, “ karena ibu telah menjadi nasabah sudah hampir 10 tahun an..jadi kami permudah. Tapi jangan sampai bermasalah lagi ya bu dengan kartunya..” Tentu saja saya iyakan dan saya benar-benar terbantu dengan kemudahan yang sudah diberikan. Alhamdulillah…

Kemudahan lain saya alami saat buku tabungan saya hilang 2014. Nah kalo ini kan emang bener-bener harus diurus di kantor asal rekening dibuat ya…Beruntung saya sudah tinggal di Sumenep lagi. Jadi gak terlalu jauh untuk mengurusnya ke Pamekasan 😀 Hanya 1 jam perjalanan naik kendaraan umum. Tadinya saya ragu bisa tetap memakai nomer rekening lama…meski KTP saya sudah berganti KTP Sumenep dengan identitas yang sama dengan di rekening. Karena masalah utamanya adalah tanda tangan saya gak sama dengan tanda tangan saat membuka rekening. Saya juga udah lupa tanda tangan saya dulu kayak apa 😀

Alhamdulillah..petugas di BCA Pamekasan tidak mempermasalahkan tanda tangan saya..dan sekali datang urusan selesai.. Saya diminta kembali 1-2 hari karena petugas memerlukan waktu untuk memeriksa berkas. Alhamdulillah…tak sampai 1 minggu buku tabungan saya yang baru sudah bisa diambil. Buat saya ini kemudahan dan petugas tidak malas bongkar-bongkar file sekitar 10 tahun lalu. Kalau petugasnya malas..tentu saya sudah disarankan untuk bikin rekening baru aja daripada ribet. Dan sampai sekarang…buku rekening dan ATM BCA saya Alhamdulillah aman dan baik-baik saja. Kalo isi rekening jangan ditanya ya…hahaha tar bikin mewek 😀

Bukan hanya kemudahan yang saya rasakan. Berbagai manfaat sudah saya dapatkan sebagai nasabah BCA. Termasuk ketika beberapa kali bertransaksi dengan agensi penulisan atau media campaign..mereka mengutamakan pengguna rekening BCA.  Jadi transferan dari mereka  langsung saya terima dan utuh…

Terima kasih BCA..untuk segala kemudahan dan inovasinya..

 

berpartisipasi dalam “My BCA Experience” Blog Competition

You may also like

7 Comments

  1. Memang ya pelayanan customer service BCA itu membantu banget. Sebagai garda terdepan dari sebuah BANK memang harusnya seperti ini, melayani nasabah dengan menawarkan win win solution, bukan dimarahin. Hehe pengalaman saya waktu ngantri di bank lain 😀

  2. Aku sesuka itu sama BCA karena pelayananannya emang jos banget. Hahaha.
    Tapi sayang sekarang atm 20rb udah ga ada, rada kangen juga kalau mau ambil jatah jajan anak. Hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *