Sunrise di Sikunir

Diantara sekian banyak daerah dengan kategori dataran tinggi di Pulau Jawa, adalah desa Sembungan yang tingginya sekitar 2300 mdpl. Inilah desa tertinggi di Pulau Jawa. Disusul kemudian desa Ngadas di Poncokusumo kabupaten Malang (2150 mdpl). Desa Sembungan berada di kawasan dataran tinggi Dieng kabupaten Wonosobo.

Saya berkunjung ke desa yang berada di kaki bukit Sikunir ini lewat Solo-Boyolali-Magelang-Temanggung. Dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dari Solo untuk menuju ke daerah yang terkenal juga dengan Telaga Warna nya ini.

Jalan menuju kawasan Dieng relatif bagus meski sempit. Dengan penerangan jalan dan marka jalan yang sangat minim, perjalanan pada malam hari sampai menjelang pagi harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Apalagi bila kabut mulai turun.

Perjalanan ke kawasan Dieng ini hampir sepenuhnya kami mengandalkan petunjuk neng google map. Meski sesekali suaranya memberikan petunjuk sinyal yang tidak mendukung, akhirnya sampai juga di pintu gerbang kawasan Dieng.

Jam sudah menunjukkan pukul 2 pagi, ada 2 petugas yang standby di loket dan siap memberikan peta dan menarik retribusi per orang 10.000 rupiah. Dari sekian banyak tempat yang bisa dikunjungi, kami memilih Sikunir sebagai tujuan pertama. Tujuan lainnya bakal kami sambangi setelah dari Sikunir.

SIKUNIR13
Tiket Masuk Kawasan Dataran Tinggi Dieng

Karena sinyal semakin enggan membantu neng google map memandu perjalanan kami, akhirnya ya kami murni mengandalkan peta yang diberikan petugas loket tadi. Yahh..sambil celingak celinguk dan lirik peta untuk memastikan kami berada di jalur yang benar.

Semakin mendekati desa Sembungan, jalanan mulai rusak. Karena tidak melihat rambu penunjuk jalan dengan jelas dan tak ada orang yang bisa kami tanya..sempat kami pikir kami kesasar. Tapi setelah meneruskan perjalanan dan melihat kumpulan titik cahaya..kami yakin jalan kami benar. Dan alhamdulillah memang benar, kami sampai juga di Sembungan.

Desa ini mengingatkan saya pada desa Ranu Pane di kaki Semeru. Kalau di Ranu Pane terdapat 2 telaga, di Sembungan terdapat 1 telaga di tengah desa yang luasnya sekitar 12 hektar, yaitu Telaga Cebong.

Di desa berpenduduk 1400 an jiwa ini sudah tersedia fasilitas home stay, tempat parkir umum yang luas, toilet, toko-toko souvenir dan perlengkapan pelindung hawa dingin, juga warung makanan.

Tampaknya yang berniat untuk bersunrise ria di bukit Sikunir banyak juga. Buktinya parkiran sudah hampir penuh dengan mobil pengunjung, dan masih terus berdatangan. Pengunjung yang akan naik ke Sikunir..bayar retribusi dulu ya…10.000 per orang.

SIKUNIR14
Tiket Sikunir

Petunjuk untuk menuju bukit Sikunir cukup jelas dan jalan selebar 3 meter juga sudah berlapis beton. Jalannya menanjak terus dah…dengan sesekali bonus jalan datar. Etapi itu cuma sekitar 200 meter awal perjalanan aja ya… 😀 karena setelah itu jalannya ya jalan tanah…trekking seperti naik gunung biasanya itu lah… Klo petunjuknya sih sekitar 800 meter jalan trekking yang dominan tanjakan untuk sampai ke puncak.

Jalannya emang gak mudah untuk kategori wisata santai sih…Apalagi jalannya kan gelap..dan sedikit sisa hujan bikin jalanan agak licin. Ya harus ekstra hati-hati. Dan ada banyak persimpangan jalur.. Ntar ketemunya jalurnya sih sama aja..

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai puncak bukit Sikunir ini, jadi saat sampai di puncak masih gelap. Di kawasan puncaknya banyak puncak-puncak punggungan yang menjadi pilihan pengunjung menyambut momen terbitnya matahari. Eh ada warung dan musolla juga loh.. Ya alakadarnya…yang penting pengunjung masih bisa solat subuh.

Tak lama setelah sampai di puncak, terdengar kumandang azan dari arah kaki bukit. Kemudian ada warga yang mengingatkan dengan pengeras suara “bagi yang belum solat subuh…silahkan solat dulu…disini tersedia musholla… Ayo yang belum solat subuh…silahkan solat.. Air wudunya juga tersedia..”

Waktunya pas kok…setelah solat subuh…tak perlu menunggu lama..perlahan langit pun memerah di ufuk timur. Lekukan alam yang menghampar di bawah sana mulai terlihat jelas. Disini bukit..disana bukit,di kanan gunung.. Indah sekali. Rasa lelah setelah melalui tanjakan sepanjang 800 meter..hilang begitu saja. Rasa kantuk karena belum tidur..sirna disapu bentangan alam yang menakjubkan di depan mata. Hawa dingin..ahhh dinikmati saja lah… Morning has broken….dan seluruh permukaan puncak berwarna kuning seperti kunyit/kunir tertimpa sinar matahari. Sesuai dengan namanya..Sikunir.

SIKUNIR6.jpg
Sunrise di Sikunir

 

SIKUNIR5.jpg
Sunrise di Sikunir

 

SIKUNIR7.jpg
Menunggu Sunrise

 

SIKUNIR2.jpg
Menunggu Sunrise
SIKUNIR8.jpg
Ada warung di Sikunir

 

Setelah matahari sempurna menyinari puncak Sikunir..barulah kami turun lewat jalur berbeda. Katanya sih lebih landai. Tapi sebelum turun kami menyempatkan mengisi perut di warung yang ada di sekitar puncak. Lumayan..ada gorengan tahu dan tempe kemul dan minuman hangat di tengah hawa dingin yang mulai terasa. Iyaaa giliran mataharinya mulai tinggi malah dinginnya terasa…

Oke…perut sudah sedikit terisi…lumayan buat energi turun bukit ..*halahh* Dan ternyata olalaaaa jalur yang katanya lebih landai…hmmmm…curam bangetttt..dan kami harus lebih ekstra hati-hati… Karena selain curam, jalurnya sangat sempit..seperti tangga batu..kanan tebing kiri jurang. Tapi dari jalur ini..kami bisa melihat pemandangan yang mungkin tidak bisa dilihat di jalur berangkat.. Dan alhamdulillah nyampe juga…

SIKUNIR9
Jalur Turun Sikunir

 

SIKUNIR10.jpg
Jalur turun, tampak di bawah adalah Telaga Cebong di desa Sembungan

 

SIKUNIR3
Jalan yang sudah berpaving

Energi dari gorengan dan minuman hangat saat di atas bukit Sikunir tampaknya sudah habis..dan kami tak mau melewatkan kesempatan untuk mencicipi olahan kentang yang sebenarnya sudah ditawarkan pedagang sejak berangkat.

SIKUNIR11.jpg
Di kaki Sikunir

Kentangnya kecil-kecil,warga menyebutnya kentang rindil. Tanpa dikupas..kentang dimasak dan dibumbu semur atau kare.. Ehhmmhhh rasanyaaa..maknyusss..dimakan aja sama kulitnya gitu. Enak banget. Satu kotak 5.000 saja. Cocok untuk santapan pagi..diantara dinginya angin pegunungan yang berbaur dengan hangatnya sinar mentari pagi.

SIKUNIR12.jpg
Kentang Rindil Bumbu Semur

Ada juga yang memesan nasi jagung . Ahh saya pikir nasi jagung mah..makanan sehari-hari saya di rumah. Setelah melihat yang dimakan teman saya..oowhh ternyata beda. Jagungnya warna putih..dan lebih halus remahannya. Disantap bareng sayur urap, ikan asin goreng tepung, dan sambel.. Ohhh itu enaknya paten banget.. Sama aja sih…harganya juga 5000 sajahh. Seneng deh di tempat wisata kalo harga kulinernya masih wajar kayak gitu.

SIKUNIR4.jpg
Nasi Jagung Sikunir

Setelah menyelesaikan santapan ringan di halaman sebuah kafe di jalur turun dari bukit Si Kunir..kami pun bergegas melanjutkan perjalanan. Perlahan meninggalkan kawasan desa tertinggi di Jawa…menuju lokasi berikutnya. Telaga Warna Dieng.

13 Replies to “Sunrise di Sikunir”

  1. Nasi Jagungnya bikin ngilerrrr….

    Saya belum pernah ke Dieng, dan jadi mupeng pengen ke sana. Pengen kemping di sana juga, sambil nunggu sunrise dan papotoan

    1. Kentangnya juga top dah rasanya mbak ? sok atuh diagendakan ke dieng…sekali dayung banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi..

  2. Ini wishlist yg belom kesampean, dari magelang kesana masih bingung kalo sendiri pagi2 gitu 🙁

    1. Ajak temen2 ato keluarga mbak Monic…capeknya gak terlalu berasa ?

  3. aku juga udah pernah ke sana. Tapi medannya ga separah Ungaran.
    aku ga dapet view sunrise karena gerimis.

  4. Serruu….kebayang senang dan lelahnya setelah naik gunung.

    *sayangnya mungkin gak bisa ajak anak balita yaa?
    kebaynang ngos ngosnya…

    1. Bisa lo mbak…banyak kok yang bawa anak kecil ?

      1. tapi kalau ngeliat track nya….hiihi….jiper duluan…

  5. Melihat Telaga Warna Dieng dari Bukit Sidengkeng | dianesuryaman says: Balas

    […] ke Telaga Warna Dieng ini sepulang dari Sikunir dan desa Sembungan. (Baca : Sunrise di Sikunir). Kalau saat berangkat ke Sikunir saya tak bisa melihat apa-apa karena gelap. Nah..balik dari […]

  6. Punthuk Setumbu, Cara Lain Menikmati Borobudur – D I A N E S U R Y A M A N says: Balas

    […] matahari terbit. Hehe harap maklum…sehari sebelumnya saya baru ber sunrise ria di Sikunir (baca : Sunrise di Sikunir). Jadi acara ke Punthuk Setumbu dibuat sesantai mungkin, gak terburu-buru mengejar sunrise. Apalagi […]

  7. kayaknya seru ya lihat sunrise di sikunir sambil makan nasi jagung,,
    kapan ya bisa kesana, hehehe

  8. […] Perjalanan saya saat ke Sikunir bisa dibaca disini : Sunrise di Sikunir  […]

Tinggalkan Balasan