Pantai Lombang, Pantai Paling Indah di Madura

Inilah pantai paling indah di Madura. Pantai Lombang namanya. Pantai Lombang sudah lama dikenal oleh masyarakat lokal dan luar Madura. Pantai yang terletak di timur laut kabupaten Sumenep ini memiliki ciri khas pasir putih yang halus dan deretan pohon Cemara Udang (Casuarina equisetifolia) di sepanjang pantainya.

Lombang4.jpg

Untuk menuju ke pantai ini dari kota Sumenep dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi. Pengunjung harus membayar tiket sekitar 3000 sampai 10.000 per orang. Biasanya hanya pengunjung dewasa yang dikenakan biaya tiket.

Beberapa kali saya mengunjungi pantai ini, paling enak sih menjelang sore. Karena tidak terlalu panas, semakin lama semakin ademโ€ฆ Bisa juga pagi banget. Cuma ya makin lama makin panas ๐Ÿ˜€ Meskipun tergolong pantai yang aman-aman saja alias tidak berbahaya seperti pantai-pantai di wilayah selatan Jawa, pengelola tetap memasang tanda peringatan dan batas aman bermain di pantai. Buat jaga-jagaโ€ฆ.

Lombang 3.jpg

Yang perlu diwaspadai juga adalah ubur-ubur yang kadang muncul. Tahu donk yaโ€ฆkalau sampe tersentuh binatang laut tak bertulang ini akibatnya apaโ€ฆ ๐Ÿ™‚ย ย Minimal kulit panas dan gatal-gatal dalam waktu yang lumayan lama..

Banyak fasilitas yang tersedia di pantai yang landai ini. Mulai parkir mobil dan sepeda motor, musholla, tempat bilas, area bermain anak-anak, gazebo, dan panggung hiburan. Selain bermain air di pantai, pengunjung bisa naik perahu (5.000 per orang) atau naik kuda (10.000 per kuda).

Lombang1.jpg

Lombang 2.jpg

Lombang7.jpg

Lombang8.jpg

Tak heran bila fasilitas di pantai ini termasuk sangat lengkap dibanding pantai lainnya di Madura. Karena pada waktu tertentu, pantai ini menjadi pusat kegiatan warga Madura. Seperti saat Lebaran Ketupat (seminggu sesudah Idul Fitri). Warga berbondong-bondong ke pantai ini dari pagi hingga sore. Jadi sudah bisa dipastikan akses menuju pantai ini macet total.

Bila pengunjung tak membawa bekal makanan dan minuman tak perlu khawatir..Karena di sekitar pantai banyak penjual makanan dan minuman. Salah satu menu khas daerah ini adalah rujak dan kelapa muda, pas dengan suasana pantai yang panas. Sepulang dari pantai ini, pengunjung kadang membeli bonsai Cemara Udang sebagai oleh-oleh atau cinderamata.

Ayo..main ke Pantai Lombang…!!

17 Replies to “Pantai Lombang, Pantai Paling Indah di Madura”

  1. Keren banget mbak pantainya, terawat gitu yah, keliatan bersih dan rapi.
    Btw kalau ngeliat pohon cemara udah berjejeran di pantai jadi inget sama pantai goa cemara di bantul, cuman lebih keren yg ini ๐Ÿ˜€

    1. Iya mbak…Pantainya lebih luas ..landai..ombaknya juga lebih bersahabat ๐Ÿ™‚

  2. Sepertinya gak ada mobil angkutan yang menuju pantai lombang ya mbak? jadi mesti kendaraan pribadi.. coba seandainya ada, bakal lebih ramai wisata disana..

    salam, PulauMadura.com

    1. Ada sih…cuma saya sendiri belom pernah mencoba…masyarakat umumnya juga pake kendaraan pribadi (motor,mobil)

  3. aduh masih kepingin nih ke madura katanya banyak wisata menarik di sana dan pantai ini juga asyik, jadi mupeng deh

    1. hayuk atuh mbak… ๐Ÿ™‚ banyak yang menarik disini…. ๐Ÿ™‚

  4. Madura makin indah, makin berbenah ya? Obyek isata terutama pantainya gak kalah dr tempat lain…
    Terakhir ke Madura saat SMA hehe

    1. Iya mbak April…pelan-pelan mulai sadar kalo pantai di Madura aset penting…yang perlu dikelola dengan baik ๐Ÿ™‚

  5. titialfakhairia says: Balas

    Bagus Mba, bagi info Mba pantai-pantai mana lagi yang bagus di Madura? bagaimana dengan gili labak?

    1. Kalo di Sumenep pantainya bagus-bagus kok mbak…landai…luas..teduh..dan relatif masih sepi…Pantai Badur..Pantai Slopeng..terus ke barat susur pantai gitu.. apik. Gili Labak bagus lah..tapi gak bisa dibandingkan dengan pantai di utara sumenep..karena yang menarik di Gili Labak kan wisata bawah laut nya ๐Ÿ™‚ kalo pulaunya sih ya biasa aja.. Ayo kapan ke Sumenep ๐Ÿ™‚

  6. Pantainya bagus ya, Mbak. Tiket masuknya, juga termasuk murah. Eh, ternyata ada ubur-ubur juga ya…harus ekstra hati-hati main di airnya kalau begitu.

    1. Iya mbak..bagus…terjangkau… Iya kalo ada keliatan ubur-ubur yang terdampar di pasir…berarti lagi ada ubur-ubur di perairannya… ๐Ÿ™‚

  7. Waw! pantainya bagus banget ya mbak. aku belum pernah kesana serius. Nanti deh kalau ke Sumenep lagi semoga ada kesempatan buat datang kesana melihat langsung.

    1. Wahhhh pelanggaran ini kalau mbak Riska belom pernah ke Lombang hahahaha… Kabar-kabari ya…kalo ke Sumenep… ๐Ÿ˜‰

  8. Pantainya keceee….belum kesampaian nih menjejak di Madura. Padahal mupeng banget pengen lewatin jembatannya itu.

    1. Ayo mbak…cuzzzzz ke Madura ๐Ÿ™‚

  9. Indahnya Pantai Lombang, Apalagi saat ini akses jalan ke Pantai Lombang sudah bagus. Penerangan menuju lokasi sudah lumayan.

    Hanya saja Fasilitasnya perlu di perbanyak lagi, terutama penginapan. Karena menikmati pantai lombang sebentar saja tidak enak. Sedangkan Penginapan terdekat di Koat Sumenep dan lumayan jauh juga.

Tinggalkan Balasan