Outbound Bahari

Jalan-jalan lagi….hehehe.. Kali ini jalan-jalannya ke Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di kecamatan Pasongsongan kabupaten Sumenep. Ya maksudnya jalan-jalannya itu nemenin Kinar kegiatan outbound bahari di lokasi tersebut. Wuiisss outbound bahari…sesuai dengan namanya…kegiatannya berupa pengenalan lingkungan nelayan dan pesisir. Aseli nelayan…bukan artificial.. 🙂 Berhubung kegiatan dan lokasinya menarik hati…saya sengaja mengajak Nares untuk ikutan. Ya..bolos dulu hehe…secara kalo Sabtu Nares ada pelajaran bahasa Inggris, cuma 1 mapel …

Sabtu pagi rupanya hujan turun sejak jam 5 pagi… dengan derasnya. Ketar ketir juga acara bakal berantakan. Tapi Alhamdulillah…hujan mereda meski langitnya mendung merata mulai berangkat dari rumah, di sekolah, sampai di lokasi acara. Sepanjang perjalanan (hampir 1 jam ke arah utara Sumenep) gerimis aja.

Sesampai di lokasi.. saya terkagum-kagum…melihat puluhan perahu berjajar apik dan unik. Meriah meski bukan dalam rangka acara petik laut dan sejenisnya. Memang seperti itulah perahu-perahu di dermaga ini. Satu dua perahu merapat ke dermaga dan bongkar muatan ikan hasil tangkapan nelayan.

Dermaga (dok.pri)
Dermaga (dok.pri)

Outbound Bahari-El-Fath

Perahu-perahu yang Cantik (dok.pri)
Perahu-perahu yang Cantik (dok.pri)
Nelayan
Nelayan

Siswa PAUD El-Fath bergabung dengan siswa dari 3 lembaga PAUD sekitar PPI. Kegiatan hari itu ada senam, ada outbound dan acara bebas. Berhubung hujan…kegiatan outboundnya jadi agak terbatas. Tapi anak-anak tetep happy. Kalo saya sih sebenernya pengen eksplore area PPI…dan wawancara dengan pengelola tempat itu. Berhubung siswa harus didampingi ortu terus…jadi gak bisa ngacir curi waktu untuk eksplor atau wawancara.

Senam (dok.El-Fath)
Senam (dok.El-Fath)
Outbound Bahari
Outbound Bahari
Salah satu kegiatan outbound
Salah satu kegiatan outbound
Salah satu Pos Kegiatan (dok. El-Fath)
Salah satu Pos Kegiatan (dok. El-Fath)

Outboundanya sederhana aja…ga pake kegiatan dengan alat-alat mountaineering atau kegiatan fisik yang agak berat. Dalam kegiatan outbound ini anak-anak dan para pendamping juga berbaur dengan siswa lokal. Setelah rangkaian acara selesai…acara bebasnya boleh naik perahu. Per orang bayar 5 ribu.

Nares dan Kinar agak bete karena berharap bisa mandi-mandi di pantai gitu…aplagi sudah bawa baju ganti. Tapi kan lokasinya bukan pantai yang landai….jadi ya…lain kali aja ya nak mandi di pantainya… 🙂

Ada yang bete...hehehe
Ada yang bete…hehehe

*OutBound Bahari, Sumenep 14 Maret 2015*

You may also like

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *