Mengatasi Akun Twitter yang Terkunci

Sejak membuat akun twitter pada tahun 2010, akhirnya saya merasakan sendiri akun twitter terkunci. Padahal selama ini nyaris aman-aman saja..Pernah beberapa waktu lalu diwarning untuk tidak saling follow dalam jumlah banyak sekaligus (misal 100 akun dalam sehari).  Alhamdulillah..aman ..

Akun saya terkunci saat aktif ngetuit tentang informasi event pariwisata. Ngetuitnya malam, saya tinggal tidur..paginya buka twitter udah ‘locked’. Yes.. locked alias suspened..alias disetrap atau diblokir. Waduh 😀 Kebayang gak sih paniknya akun twitter diblokir sementara ada pekerjaan rutin disitu selama beberapa bulan ke depan?Sedih juga ada..karena ngumpulin follower segitu aja buat saya udah susah payah hehe.

Panik tanpa ngapa-ngapain ya tentu saja gak akan menyelesaikan apapun. Langkah pertama ketika mengalami ini, saya lapor ke grup dulu..kalo akun saya terblokir. Tentu saja laporan ini disambut dukacita. Meskipun bukan kasus pertama. Yaa..teman-teman lainnya ada yang udah duluan mengalami. Ada yang berhasil kembali..ada juga yang masih terkunci sampai tulisan ini saya buat.

Setelah itu saya mau tidak mau harus membuat akun baru. Mulai dari nol lagi ya… 😀

Boleh Dibaca Juga : Destinasi Wisata Jember

Bikin akun baru pun harus hati-hati. Pernah saya bikin akun twitter untuk komunitas, salah isi tanggal lahir di profil. Saya isi tahun berdirinya komunitas, yaitu tahun 2018. Dan yang terjadi adalah…terblokir. Haha. Untuk membuka blokiran..oleh Twitter diminta melakukan verifikasi dan menyertakan ID resmi yang berlaku untuk memastikan bahwa saya memenuhi syarat usia untuk membuat akun di Twitter. Ya sudah..saya lakukan dan tak lupa mengirimkan foto KTP. Iyess..sebegitunya..

Tak lama kemudian akun komunitas tersebut akhirnya bisa diakses lagi setelah kurang lebih 24 jam (atau lebih ya..saya lupa).

Akun baru pribadi saya yang saya pakai untuk menggantikan akun lama akhirnya langsung saya pakai aktif menyebarkan informasi event wisata sesuai jadwal. Meskipun saya belum terlalu berani  nge gas. Suatu ketika terlocked juga ini akun baru. Penyebabnya apa ya waktu itu..oiya..saya ngetuit beruntun 20 twit sekaligus. Tapi gak pake lama..hanya verifikasi kode lewat nomer hp. Langsung  terbuka lagi dan masih aman sampai sekarang. Eh..malah jadi punya akun dengan nama yng sama dengan di IG nih.. heheh. Boleh difollow kok akunnya dianesayank 

Bagaimana nasib akun lama?

Nahh..saya bukannya gak berusaha mengembalikan akun ini. Berkali-kali saya mencoba mengakses dengan memasukkan nomer hp. Gak bisa. Pake nomer yang utama, ditolak. Karena sudah dipake akun yang baru. Akhirnya saya masukkan nomer hp lain. Gak bisa juga. Begitu terus..

 

Mampir Kesini Juga Ya.. Cara Beli Token

Setelah sekitar 1 minggu saya mencoba minta bantuan twitter untuk meng-unlocked. Karena bisa jadi kesalahan twitter yang menyangka saya melakukan pelanggaran aturan ngetwit. Caranya gampang sebenarnya..tinggal klik ‘Help’..dan bisa dipilih kendala yang dihadapi, misalnya kalo saya mau minta tolong untuk unlock. Saya diminta mengisi kolom nama akun. Akun saya ditemukan, artinya masih bisa diupayakan untuk kembali aktif. Alhamdulillah. Pilih ‘Still Need Help’ ya..

 

 

Lalu ada semacam kolom yang perlu diisi email dan alasan minta bantuan. Ya saya isi saja kalo saya gak bisa akses akun saya, dan nomer hp saya dengan yang dicantumkan di profil gak sama. Saya isi pake bahasa Inggris. Udah gitu aja.

Setelah itu ada perintah mencentang kolom verifikasi kalo saya bukan orang beneran..bukan orang-orangan sawah. Nahini nih…Pasti drama lagi buntutnya. Hahaha..Secara sudah beberapa purnama saya bermasalah dengan si Captcha. Termasuk urusan saya di Twitter ini..Begitu di klik continue,centang..muncullah gambar-gambar mulai mobil, bis, jembatan, pemadam kebakaran, sepeda, traffic light, zebra cross, rambu lalu lintas..semua muncul tanpa berhenti.

Lelah donk..?Hahaha bohong kalo saya bilang nggak. Itulah kenapa akun saya gak balik-balik sampe sekitar 2 mingguan. Jadi sepertinya bukan karena lamanya akun saya disetrap. Tapi karena si Capcay Cincay ituuu say…. Jadi ceritanya sampe 2 minggu saya gak bisa mengirimkan permintaan bantuan ke twitter karena gak bisa sukses mencentang kolom ‘Saya Manusia Beneran’.

Sampai akhirnya saya ikut acara di Surabaya dan ngobrol dengan teman-teman blogger tentang kasus terkuncinya akun saya ini. Endingnya adalah..saya mencoba meminta bantuan twitter lewat hp mbak Yuni. Yes..HP nya merknya beda ama saya. Dan yang terjadi adalah…Sukses centang saya manusia gaesss…Senang..lega..bahagia…dkk dah pokoknya.

Apalagi tak lama setelah itu..saya mendapat email dari twitter, konfirmasi kalo pengaduan tersebut benar dari saya dan saya diminta mereply. Oke..Saya reply : Yes..Confirm. I have access to this email.

Sekitar 2 hari mungkin setelah mereply, saya mendapat email lagi. Isinya intinya akun saya sudah ‘Unsuspened’. Jumlah follower akan kembali normal setelah beberapa jam. Email tidak perlu dibalas katanya. Langsung saya coba akses dan…BISA!

Alhamdulillah..akhirnya..Setelah merindukan keriuhan cuitan dari akun itu.. 😀 pastinya setelah itu saya lebih berhati-hati memakai twitter sebagai media buzzing.

Kalo menurut saya, akun saya dikira nyepam waktu  itu karena saya posting foto banyak banget hanya dengan hestek. Tanpa caption. Karena sebelumnya saya tidak pernah melakukan postingan yang seperti itu.

Untuk selanjutnya saya masih nge buzzing dan sesekali ngetuit bebas tanpa hestek. Saya lebih banyak ngetuit berantainya dengan memakai fasilitas Add Tweet (kalau di aplikasi android ada tanda plus di kanan bawah). 30 an twit dalam waktu yang beredekatan masih aman sih.. Enaknya kalo pake add tweet kayak gini seperti ngasi jeda.

Pake aplikasi hoot suite juga gak?Kadang pakek kalo emang lagi dibutuhkan. Itu sementara juga masih aman-aman aja sih 30 twitt lebih disetting dalam 1 menit. Makanya saya menyimpulkan penyebab akun saya disuspen ya karena postingan foto tanpa caption itu tadi.. 😀

Semoga pengalaman saya ini bermanfaat ya..Yang terlunci akunnya semoga cepat kembali..Yang belum pernah terkunci..Alhamdulillah..semoga gak perlu mengalaminya.. 🙂

You may also like

21 Comments

  1. Kalah berurusan sama Captcha emang bikin stress mba, sampai buka lewat pc baru dianggap manusia huhu

    Pas buzzing saya sering posting foto acara juga jadi ga dianggap spam sama tuitter ^^

  2. Wah, aku pengen nuis ini juga sebenernya. Hehehe… sama kayak saya nih. Tapi, kalo saya kayaknya dilocked karena jeda yang terlalu deket. Alhamdulillah ya bisa balik. Ke depannya kudu lebih hati-hati lagi. 🙂

  3. Selamaat Mbak, akhirnya akunnya kembali. Jadi pelajaran kalau ngetwit sekarang harus hati-hati. Kalau sudah kelock, cara nyembuhkannya antara lain kalau nggak ganti perangkat, ya ganti provider, hehe

  4. Kalo kejadian sama aku mba, sebelum ngusahain ini itu, hal pertama yang akan terjadi adalah aku nangis. Sscara perjuangan banget ngumpulin follower tuh. Trus tiba tiba hilang kan sedih banget.

    Alhamdulillah ternyata bisa dikembalikan ya mba.

  5. Duh ngeri-ngeri sedap ya kaau akun sampai terkunci, beberapa temen sempat berpesan, akunnya mesti disayang-sayang jangan sampai kena setrap twitter, pengalaman berharga banget ya, Mba

  6. Aku pernah nih kapan hari kelock pdhl aku tu gak ngetwit banyak lho. Kemungkinan besar krn kebanyakan mention. Untungnya gak sampai dibanned, cuma kelock aja dan bisa masuk lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *