Sosok Kartini Zaman Now

 

Setiap memasuki bulan April, pasti yang teringat adalah tanggal 21. Hari Kartini lebih banyak dirayakan dengan memakai baju adat. Tapi ada juga yang merayakan dengan kegiatan lain. Kalo saya sendiri jarang banget sih merayakan Hari Kartini, paling ikut kuis-kuis di medsos yang berhubungan dengan Kartini. Ternyata sekolah anak-anak saya sejak TK juga begitu. Tidak memperingati hari Kartini dengan ikut karnaval baju adat. Ya saya sih setuju-setuju aja..secara karnaval berpakaian baju adat buat anak-anak usia TK dan SD rempong banget. Belum antri rias..belum cari sewaan baju adatnya. 😀

Ya tapi bukan berarti saya gak peduli sih..Saya lebih sering merefleksi ke diri sendiri aja. Ehhh..Kartini Zaman itu ya..mau sekolah aja kok ya susah amat..Sekarang..gak susah..malah bingung mau pilih sekolahnya 😀 Pilihan disesuaikan dengan kemampuan..

Bukan hanya tentang sekolah .. Tentang pekerjaan  ada hubungannya juga dengan Kartini. Emansipasi wanita..masih nempel banget kalo sosok Kartini selalu terkait dengan emansipasi wanita. Kalo dilihat lagi sekarang ..bisa disimpulkan cita-cita Kartini dalam hal emansipasi sudah terwujud dong ya? Iya atau tidak?

Menurut saya sih Iya..karena sudah banyak perempuan yang berpendidikan tinggi, yang bergelar profesor pun banyak. Yang bekerja seperti pekerjaan yang digeluti kaum adam..banyak juga. Menjadi arsitek, desainer web, programer. Emansipasi bukan hanya bisa saya jumpai di tingkat elit, di tingkat ekonomi menengah kebawah pun sangat banyak. Contohnya buruh tani, pekerja batu, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Lantas yang tepat disebut sebagai Kartini Zaman Now yang seperti apa ? hehhe menurut saya sih ya..Kartini Zaman now ya yang aktif berkontribusi di segala bidang saat ini. Mungkin bukan saja yang pinter atau terlihat pantas dengan kain kebaya.. Tapi lebih pada kemampuan perempuan menyampaikan dan mewujudkan ide-ide kreativnya. Melek teknologi iya…peduli lingkungan iya..apalagi yang menomorsatukan keluarga… 🙂 Tapi setidaknya ada 3 hal ini yang penting, yaitu :

  • Memiliki semangat belajar yang tinggi, karena Kartini dikenal mempunyai semangat belajar yang tinggi terutama terhadap hal-hal yang baru.
  • Optimis, ikap ini yang sangat membantu untuk bisa maju dan berkembang. Jika hanya selalu bersikap pesimis tentu akan sulit berkembang.
  • Menghormati orang tua, ini adalah salah satu sifat Kartini. Meskipun orang tua Kartini menentangnya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, ia tetap hormat kepada mereka dan tak pernah melakukan hal kasar. Hal ini perlu banget menjadi contoh Kartini zaman now.

Banyak kan contohnya…Bukan saja yang terkenal dan terekspos media. Yang aktif berjuang tanpa ekspos pun banyak.  Saya sendiri sulit menyebutkan satu contoh saja..saking banyaknya..dan semuanya mempunyai kelebihan yang berbeda-beda.

Lalu apakah saya sendiri termasuk dalam kriteria Kartini Zaman Now?heheheh iya..nggak..iya..nggak.. heheh mudah-mudahan sih iya.. Meksipun mungkin apa yang saya lakukan belum sebanding lah dengan yang dilakukan Kartini atau pahlawan perempuan lainnya di Indonesia. Jauuuhhhh….Tapi setidaknya saya belajar ..untuk bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang di sekitar saya. Syukur kalo bisa lebih dari itu.

Nah..Kalo https://www.akuchichie.comMak ChieChie  punya beberapa contoh sosok Kartini Zaman Now..

Kalo Kartini Zaman Now ala kamu siapa nih? 😉

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *