Pengalaman Mengatasi Anyang-anyangan dengan Uricran

Masih inget gak saya pernah bahas tentang cara mengatasi anyang-anyangan? Mudah-mudahan masih inget ya..heheh.. Kali ini saya juga masih pengen cerita pengalaman pribadi saat dilanda anyang-anyangan. Duhh..padahal dah lama juga sih gak mengalami. Tapi rasanya ayang-anyangan gak mudah dilupakan..Bukan karena enaknya..tapi karena sakitnya.. haha.

Mengenal Penyebab Anyang-anyangan

Setelah saya ingat-ingat..penyebab  anyang-anyangan ada beberapa  sih..

Menahan BAK (buang air kecil), yaa..itulah..sudah jelas ini kan bukan kebiasaan baik..Tapi tetepp aja dilakuin. Apalagi kalo sedang menstruasi..rasanya ntar-ntaran aja deh kalo pengen BAK. Ya kan karena kalo BAK saya wajib ganti pembalut..jadi lah malas BAK nya karena jelas butuh waktu lebih lama di kamar mandi. Apalagi di pagi hari..ahh nanggung bentar lagi juga mau siap-siap nyangkul…Sekalian lah..BAK nya..Gak terasa…menunda BAK nya bisa 30 menitan.

Menahan BAK kadang juga terjadi saat perjalanan jauh. Naini..namanya pake transportasi umum kan kudu ngikut si kendaraan kapan berhenti kapan jalan..Kalo perjalanan 4-5 jam gak brenti, sementara baru jalan aja udah pengen BAK..kan kebayang berapa jam nahan BAK nya..heheh..Apalagi kalo inget toilet umum kan begitu ya..kesannya gak bebas bakteri banget karena yang memakai toilet banyak orang dengan kondisi kesehatan yang kita gak tau..

Baca Juga : Destinasi Wisata Sejarah di Semarang

Kebanyakan duduk..nahh kalo yang ini biasanya terjadi saat di tempat kerja..Ya waktu itu saya lagi banyak kerjaan di balik leptop..mengentry data kebutuhan pupuk ribuan petani. Hoho…meski saya suka kegiatan lapangan..entah ya…saya tuh juga betah duduk lama ngadep laptop. Sampe temen-temen kadang menegur, “hei..jangan lama-lama duduk..laptop terus yang diadepin” Hahha. Yaiyalah kalo gak gitu gak kelar beneran kerjaan kan.. Menahan BKK pas duduk begini emang gak kerasa.. Tau-tau udah lama banget dan anyang-anyangan siap menyerang ..

Minum  minuman yang bersifat dieuretic atau minuman yang bisa merangsang untuk pengen BAK. Bukan cuma sekali..tapi malah jadi berkali-kali ..Contoh minuman yang bersifat diuretic adalah kopi. Hahah duh..yang suka kopi mana suaranyaaa..Apalagi perpaduan dari semuanya..minum kopi..saat menstruasi..di perjalanan..dan lama duduk..komplit.

Kurang minum air putih, yahh ini kan padahal urusan kecil banget. CUMA MINUM. Tapi ada kalanya saya males banget minum.Sehari bisa banget tuh kurang dari 8 gelas.

Anyang-anyangan kan udah pada tahu ya rasanya gemana..Yap..BAK nya udah kayak pengen keluar banyak..eehhh ternyata..keluarnya Cuma sedikit..dan kayak masih muter-muter aja urinnya nyari jalan keluar. Belum lagi rasa sakit buang air kecil..duh itu sampe ke ujung kuku berasa banget.

Sebelum anyang-anyangan melanda sebenarnya sudah muncul gejala ringan, seperti urin keruh, BAK Cuma sedikit..sedikit dan sering. Nh kalo udah begini waspada deh..pastikan gak nahan pipis..dan tidak melakukan hal yang bisa menyebabkan anyang-anyangan.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Gemana cara saya mengatasi susah buang air kecil? Buat sayasih memang bukan perkara sulit mengatasinya. Saya bisa minum air yang banyak dan sering, jangan menahan BAK, jangan terlalu lama duduk, dan biasakan beristinjak dengan benar (dengan air bersih dari arah depan). Sesimpel itu kan?Iyaa..sebenarnya 😀 Tapi saya punya sesuatu kalo memang maunya cepet selesai itu anyang-anyangan. Minum Uri-cran.

Yapp kebetulan saya mencoba sendiri minum Uri-cran yang berupa serbuk ekstrak cranberry dalam sachet. Tinggal diseduh aja..bisa dengan air dingin kok..1 sachet dilarutkan dengan air 250 ml. Aduk sebentar..udah..siap diminum. Saya minum sekali aja Alhamdulillah langsung lah itu gejalanya berkurang. Gak kebelet-kebelet banget..dan sekalinya kebelet..BAK lancar lagi.. Alhamdulillah …Lanjutin algi deh minum Uri-crannya 🙂

Minuman kesehatan berwarna pink ini rasanya asem-asem seger..karena memang kandungan utamanya 375 mg ekstrak cranberry yang rasanya asem seger..Uri-cran mengandung proantocyanidin, vitamin C, dan antioksidan. Proantocyanidin pada cranberry bisa mencegah bakteri e-coli menempel di dinding saluran kemih. Bakteri ini yang juga menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.

Lohh kok ada hubungannya dengan bakteri segala ya?Bakteri E-coli pula..itu kan bakteri yang ada di feses atau tinja?kok bisa nyampe ke dinding saluran kemih..demi apah cobah.. Ya itulah…ada aja yang memicu si bakteri nempel di tempat yang tidak semestinya dan bikin rusuh. Kan udah saya sebutin tadi kayak pipis di toilet umum..nahh..itu salah satu jalan penyebaran bakteri yang tidak diinginkan. Atau ceboknya salah arah..haha gak ngikutin arah mata angin gituh? Ya maksudnya harusnya dari depan ke belakang..ini dari belakang..ya udah…hinggaplah bakteri di saluran kemih..

Boleh Baca Ini Juga : Penyeberangan ke Pantai Sembilan

Itulah kenapa penting meningkatkan kekebalan tubuh..karena bakteri E-coli bisa dari mana saja..tiba-tiba mampir ke tubuh kita. Dengan kekebalan tubuh yang memadai..ya..tentu saja bakteri apa mah lewatttt..Maap..ya bakteri..kamu dicuekin ..gak bakal ngefek..Malah akhirnya ogah mampir lagi si bakteri.

Itulah yang terjadi kalo minum Uri-crannya rutin..Jadi selain mengatasi susah buang air kecil ekstrak cranberry juga berperan mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Ya kan anyang-anyangan ato susah BAK tanda-tanda infeksi saluran kemih juga.

Emang kalo dibiarin aja kenapa..ntar kan bisa sembuh-sembuh sendiri kalo si bakteri udah lelah.. Haha jangan lah..Beneran anyang-anyangan itu gak enak.. Dan yang pasti dampak lebih lanjutnya kalo dibiarkan itu juga serius lo.. ya namanya bakteri dibiarin gemana sih…Pasti semakin menyebar kemana-mana. Bisa jadi penyakit lain..jadi penyakit baru. Bagi ibu hamil..bisa lo menyebabkan keguguran.. Penyakit lain yang siap merenggut kehidupan juga mengintai..ya sebutlah kanker. Serem kan..Ya pastinya kita pengennya sehat terus..jauh dari penyakit.. Makanya..kalo ada gejala ringan ISK..langsung gempur dengan Uri-cran . Dan jangan lupa..jaga kebersihan ya…

 

You may also like

4 Comments

  1. Beneeeer, Mba Di. Anyang-anyagan itu susah dilupakan. Wong sampai sekarang masih inget kok sakitnyaaa itu perut bagian bawah. Sampai jongkok berlama-lama di toilet. Capeeek, bolak-baliknya 🙁

    Makanya sekarang berusaha banget jaga asupan cairan, sama tentu saja kebersihan area intim ya Mba. Semoga kita jangan sampaii terkena ISK. Amiinn.

  2. Saya sering nahan pipis pas naik bis atau travel ke luar kota, Mbak. Udah gitu macet pula. Yawlaaahhh… 🙁 Harus selalu sedia uricran kemana-mana ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *