Asyiknya Belajar Sambil Berlibur di 3 Destinasi Wisata Sejarah Semarang

Ingin mengisi liburan dengan tur wisata sejarah? Tak perlu pergi jauh ke luar negeri, di Semarang Anda bisa memuaskan minat terhadap sejarah dengan mengunjungi tempat-tempat berikut ini. Selain bersejarah, tempat wisata edukasi ini juga mematok harga yang murah meriah. Berikut adalah destinasi wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di semarang.

1. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)

Sumber : mommiesdaily.com

Museum ini tergolong museum yang masih muda, mengingat baru didirikan pada 27 Januari 1990 oleh Jaya Suprana dan diresmikan oleh Soepardjo Roestam yang saat itu menjabat sebagai Menko Polkam serta Gubernur Jawa Tengah HM Ismail. MURI merupakan organisasi pertama di Indonesia yang mengumpulkan data pemecahan rekor secara nasional maupun skala dunia. Pendirian dan operasional MURI sepenuhnya dikelola oleh perusahaan Jamu Jago.

Di museum ini, Anda dapat menjumpai ruang pameran data dan foto pemecahan rekor dan balai pertemuan. Selain itu terdapat ruang pameran Jamu Jago yang berupa benda-benda perusahaan mulai tahun 1918 yang dipindahkan langsung dari Wonogiri. Museum ini dapat dikunjungi secara gratis oleh masyarakat umum seiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Untuk kunjungan berkelompok, seperti rombongan turis dan murid sekolah sebaiknya melakukan reservasi 2 minggu sebelumnya di kantor MURI yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 275 Semarang.

2. Museum Perjuangan Mandala Bakti

Museum yang beralamat di Jalan Soegijapranata No. 1 Semarang ini sangat mudah ditemukan karena berada di pusat kota. Didirikan pada tahun 1985, museum Mandala Bhakti merupakan museum yang mengabadikan berbagai hal terkait perjuangan meraih kemerdekaan oleh bangsa Indonesia. Di dalamnya terdapat beragam benda yang digunakan TNI dalam merebut kemerdekaan, seperti seragam, senjata, alat komunikasi, narasi dan dokumentasi yang disimpan dalam ruangan yang berbeda.

Jumlah keseluruhan ruangan di museum ini adalah 30 ruangan, yakni ruang peristiwa, laskar wanita, ruang seragam, ruang senjata dan amunisi, ruang kerja panglima kodam, perpustakaan, aula, dan laboratorium. Jika Anda datang ke tempat ini di sore hari, Anda dapat menemukan Kafe Wedangan D’Museum, sebuah warung dengan konsep angkringan di sudut halaman museum. Kafe yang buka mulai pukul 17.30 hingga tengah malam ini menyajikan aneka wedang dan nasi bungkus dengan rasa nikmat serta harga yang terjangkau.

3. Museum Ronggowarsito

Sumber : hellosemarang.com

Berkedudukan sebagai tempat pelestarian aset kebudayaan Jawa dan sarana pendidikan membuat Museum Ronggowarsito menjadi destinasi wisata sejarah favorit di Semarang. Koleksi yang terdapat dalam museum, antara lain arkeologi, numismatika, koleksi emas, geologi, keramik, teknologi, dan koleksi seni. Selain itu, museum ini juga memiliki lokasi yang cukup strategis. Berada kurang lebih 4 km dari pusat kota, tepatnya di Jalan Abdurrahman Saleh No. 1 Semarang.

Museum Ronggowarsito beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00-15.00 WIB dengan rincian harga tiket sebagai berikut. Untuk wisatawan lokal, orang dewasa diharuskan membayar Rp4.000 dan Rp2.000 untuk anak-anak. Sedangkan bagi wisatawan asing diharuskan membayar Rp10.000 tiap orangnya.

Tak hanya tempat wisata sejarah, Anda juga bisa dengan mudah menemukan hotel di Semarang yang harganya terjangkau, misalnya Airy Rooms. Memesan kamar di Airy Rooms sangat praktis, Anda tak perlu datang ke hotel, cukup kunjungi laman Airy Rooms atau unduh aplikasinya di Android dan iOS.

Meski murah, hotel—hotel yang ditawarkan memberikan fasilitas layanan yang mumpuni, mencakup kamar yang bersih ber-AC, kamar mandi dengan shower air hangat dan perlengkapan mandinya, televisi layar datar, air minum hingga wifi gratis. Pembayarannya pun sangat fleksibel, Anda bisa menggunakan kartu kredit, transfer, maupun melalui gerai Indomaret terdekat. Segera pesan hotel Airy Rooms dan nikmati jaminan tujuh fasilitas yang akan membuat liburan menjadi menyenangkan.

Selain hotel, Airy juga menyediakan tiket pesawat dengan harga terjangkau. Untuk Anda yang berada jauh dari kota Semarang, segera pesan juga tiket pesawatnya di Airy.

You may also like

9 Comments

  1. Semaraang…
    Dan 2 tempat ini belum kami kunjungi saat berlalu ke kota ini.

    In syaa Allah lebaran besok mau mudik bawa kendaraan sendiri lagi.
    Lewat Semarang lagi dan coba pesan hotel Airy Rooms.

    ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *