Wisata Candi di Kabupaten Malang

Malang sampai sekarang masih menjadi idola untuk berwisata. Banyak sekali obyek wisata yang menarik, termasuk wisata candi. Candi-candi di kabupaten Malang umumnya sangat mudah diakses karena tidak jauh dari jalan utama. Selain itu candi-candi tersebut juga relatif bersih dan terawat.

Candi Singasari

Bila ingin berwisata candi bersama keluarga dan teman..simak dulu daftar candi yang bisa dikunjungi berikut ini :

Candi Singasari : sesuai dengan namanya, candi ini terletak di wilayah desa Candirenggo kecamatan Singosari kabupaten Malang. Aksesnya sangat mudah, hanya beberapa meter dari jalan utama Surabaya – Malang. Kompleks candi tidak terlalu luas dan hanya ada 1 bangunan candi di bagian tengah halaman candi. Di sekitar halaman candi juga terdapat beberapa arca yang dalam kondisi tidak sempurna. Kawasan candi Singasari yang tidak terlalu luas ini termasuk bersih dan terawat.

Sekitar 300 meter dari kawasan utama, terdapat 2 arca berukuran sangat besar, yaitu arca Dwarapala. Tinggi dan lebarnya hampir mencapai 4 meter, dan beratnya diduga mencapai 40 ton.  Kedua arca ini diduga adalah penjaga gerbang masuk istana Raja Kertanegara yang letaknya di bagian belakang patung.

Candi Sumberawan : candi ini masih berada di wilayah kecamatan Singasari, tepatnya di desa Toyomerto, sekitr 6 km dari candi Singasari. Letaknya agak terpencil,  kompleks candinya bersih dan sangat tenang suasananya. Ini adalah satu-satunya candi berbentuk stupa di Jawa Timur dan terdapat sumber mata air yang dipercaya mempunyai khasiat tertentu.

Dalam perkembangannya, di kawasan candi ini disediakan sarana wisata yang dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Sarana tersebut diantaranya  Hutan Batik dan Lampion, Hutan Hammock, dll.

Candi Jago : candi ini berada di dusun Jago desa Tumpang kecamatan Tumpang kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 22 km ke arah timur dari kota Malang. Bentuk candi tidak utuh, berupa punden berundak segi empat dengan luasan sekitar 23×14 m.

Candi Kidal : candi ini masih bagian dari peninggalan kerajaan Singasari. Letaknya di desa Rejokidal kecamatan Tumpang kabupaten Malang, tak jauh dari Candi Jago. Sebagai candi pemujaan tertua di Jawa Timur, candi ini bangunannnya relatif masih utuh. Reliefnya juga terlihat jelas dan dapat dibaca di bagian kaki candi dengan prasawiya (berlawanan arah jarum jam) dimulai dari bagian selatan.

Baca : Wisata Kuliner di Sumenep Madura

Setelah mengetahui beberapa candi di sekitar wilayah kabupaten Malang, tak lupa kita harus mengetahui etika saat berwisata ke candi. Hal ini penting mengingat batuan dan relief yang terdapat dicandi semua dibuat secara manual dan sangat rentan rusak bila pengunjung bersikap seenaknya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berwisata ke candi :

  • Hindari memanjat batuan yang bukan jalur untuk wisatawan. Karena bisa merusak susunan batuan candi. Tahu donk..candi itu berupa susunan batu yang tidak di semen seperti rumah jaman sekarang. Selian itu juga bisa membahayakan diri sendiri kalo sampai terjatuh atau terpeleset.
  • Jangan menyentuh relief atau arca karena juga bisa mempercepat kerusakan relief atau arca. Sangat disayangkan bila relief sampai rusak, karena setiap relief mempunyai cerita sejarah yang sangat penting.
  • Jangan mencorat-coret bagian candi karena selain merusak keindahan juga merusak batuan candi.
  • Jangan berlari atu melompat-lompat di atas batuan candi. Karena memang candi tidak didesain untuk diperlakukan seperti itu sehingga tentu saja bisa merusak bangunan candi.
  • Tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini selain untuk menjaga kebersihan dan keindahan candi, juga untuk mencegah percepatan kerusakan candi.

Untuk bisa menikmati candi di kabupaten Malang bisa sih sehari saja dari pagi sampai sore. Tapi rasanya rugi ya kalo di Malang cuma sehari…hehehe. Jadi kalo ke Malang kudu nginep, entah di wilayah kota Malang atau di kabupaten Malang, atau juga di kota Batu. Pilihan wisata lainnya di kabupaten dan kota Malang bisa dilihat di Blog Traveloka  . Banyak informasi penting disana yang bisa membantu untuk memilih tujuan wisata dan hal lainnya terkait wisata.

Selain itu untuk urusan memilih pesawat dan hotel, ambil praktisnya aja..dan tentu saja lebih hemat. Pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan,  lebih hemat dibanding pesan terpisah. Selain menghemat waktu pencarian dan pemesanan, hemat biaya juga loh… Lebih murahnya itu bisa sampai 20%. Kan lumayan penghematannya bisa untuk keperluan travelling lainnya, misalnya kulineran atau oleh-oleh. Enaknya lagi..gak diperlukan kode promo apapun untuk bisa dapet harga lebih murah seperti itu, pembayarannya juga sesuai dengan yang tertera itu aja..udah.

Gak percaya..?Buktikan aja sendiri..pesan tiket pesawat+hotel sekaligus di aplikasi Traveloka. Yuk..cuzzzz…

 

Sumber Informasi : http://candi.perpusnas.go.id

You may also like

5 Comments

  1. Saya pernah ke Candi Jago. Ketemunya nggak sengaja, lagi jalan-jalan sekitar Pasar Tumpang terus tertarik sama kerumunan delman. Eh ditunjukkin sama kang delmannya ke arah Candi Jago. Kalau cuaca cerah, Gunung Semeru bisa keliatan dari sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *