Memilih Olahraga untuk Anak

Moms..anak-anak suka olahraga apa nih? Olahraganya pake dipaksa atau emang udah pilihannya sendiri?Olahraganya ogah-ogahan apa konsisten rajinnya?hehehe…Saya cerita tentang olahraganya Nares ama Kinar boleh ya? 😉

Awalnya sih..olahraga gak saya perhatikan. Baik untuk saya sendiri maupun untuk anak-anak. Nah..belakangan saya sendiri merasa sangat butuh berolahraga. Apa pun yang penting gerak dan gobyos. Setelah saya mulai aktif berolahraga, saya pun mulai merasa kalau anak-anak sepertinya butuh olahraga juga. Rasanya gak rela liat anak-anak menghabiskan waktu luangnya hanya dengan mager di depan tipi atau goler goler di kamar.

Saya pun mulai punya keinginan anak-anak punya kegiatan selain sekolah. Tapi kegiatannya yang outdoor, rutin, dan fun. Ikut les jelas gak masuk list. Baik itu les matematika, les bahasa inggris..nggak dulu deh. Pengenalan di sekolah menurut saya udah cukup. Apa ya yang kira-kira di sekolah mereka gak dapet..?

Saya berpikir agar Nares dan Kinar punya kemampuan salah satu jenis olahraga. Renang. Yaa..mereka kan suka banget main di kolam renang..dimana pun. Tapi masak iya mainnya di kolam dangkal terus..udah SD mainnya di kolam balita/anak TK. Rasanya perlu deh anak-anak kesayangan ini belajar renang yang sungguh-sungguh, belajar teknik yang bener, gak asal main air.. Kadang sekolah ngadain kegiatan out door di kolam renang..tapi ya tentu gak ada pejaran berenang. Murni main air aja.

Alhamdulillah di tahun 2016 saya dapat informasi kalau ada guru olahraga yang buka les renang untuk anak-anak. Guru olahraganya cewek juga. Ya udah akhirnya saya ikutkan Nares dan Kinar les renang. Mereka mulai bisa mengambang..dan sedikit-sedikit bisa renang.

Tapi karena lokasi latihannya lumayan jauh, jamnya pun kurang sreg..jadi mulai jarang latihan. Otomatis kemampuan renang anak-anak gak berkembang. ..stuck. Lalu vakumlah selama beberapa bulan anak-anak gak berenang lagi.

Memasuki tahun 2017 ada harapan baru..ada kolam renang baru yang dibangun tepat di belakang rumah tempat kami tinggal. Wainiii…bakal sering renang disini nih..Setelah kolam jadi sekitar Agustus 2017, kami juga dapet informasi kalo kolam renang di belakang rumah itu juga ada club renangnya. Cucookkk…

Yasud..akhirnya saya daftarkan Nares dan Kinar ikut club renang di belakang rumah. Alhamdulillah anak-anak juga seneng banget bisa renang lagi..deket pulak. Kadang kami jalan kaki aja..karena memang gak ada pintu penghubung ke kolam renangnya ..jadi harus muter .. 😀 Saya seneng lihat anak-anak semangat latihan. Apalagi perkembangan kemampuan renangnya juga kelihatan banget. Dalam waktu 1-2 bulan sudah bisa gaya bebas dan gaya dada meski dengan kecepatan yang relatif rendah. Bahkan sudah berani ikut kompetisi renang pelajar se madura awal Desember 2017. Teman baru..ilmu baru..dan fun nya dapet banget. Yang terpenting buat saya..anak-anak akhirnya rutin berolahraga..dan sangat enjoy menjalankannya.

Saking enjoynya…tadinya ambil jadwal 1 minggu 1 kali, saya coba 3 kali seminggu. Hehhe..Alhamdulillah gak ada kendala gangguan kesehatan atau anak-anak bosan. Kayaknya mereka malah pengennya tiap hari renang..hahaha.. Melihat semangat dan hasil yang positif ..saya pun tidak terlalu mikir untuk memfasilitasi kebutuhan anak-anak di urusan renang ini. Kompetisi..ikuttt (selama memenuhi kriteria), baju renang baru..beliii (karena yang lama udah mulai sesak dan tentu saja carinya yang murah meski belinya jaouuuhh..heheh), kacamata renang..cap..dan lainnya..

Saya juga menekankan ke anak-anak..kalaupun mereka nanti bisa mengukir prestasi di olahraga ini..ya lebih baik. Karena bisa jadi modal masuk ke sekolah selanjutnya juga kan..Tapi saya gak menargetkan apa-apa sih..Hehhe karena saat nungguin anak-anak latihan..ada ortu yang nanyak ,”targetnya apa nih…” Ya gak ada..karena tujuan utamanya memang agar anak-anak punya aktvitas olahraga rutin yang menyenangkan..sesuai dengan passion mereka..(((PASSION))) 😀

Bahkan ketika Nares bisa ikut Kompetisi Renang Antar Pelajar se Madura Desember lalu pun..saya gak menargetkan apa-apa. Karena ini benar-benar pengalaman baru buat Nares..juga buat emaknya yang sampai sekarang gak bisa renang 😀 Apalagi kompetisi dan persiapannya itu berlangsung saat masa UAS.  Saya bersyukur banget..anak-anak tetap fit dan hasil UAS nya baik-baik saja 🙂

Boleh dibaca juga nih : Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Nah..ada pengalaman tentang anak-anak saat menjelang UAS juga nih dari Mak Ndy Pada. Simak ulasannya DISINI ya…

Punya pengalaman mengolahragakan anak-anak juga?Boleh banget berbagi di komentar 🙂

 

 

 

 

 

You may also like

22 Comments

  1. Fadel pernah minta les renang, tapi blm terwujud karena jadwalnya yg blm pas. Padahal Fadel jg hobi bangeeet main air 😂😂

    Semangat selalu Kak Nares dan Kak Kinar 😉😉

  2. Asyik ya kalau nemu tempat latihan dekat dan cocok.
    Sama dg anak2ku akhirnya dpt jg tempat renang yg dekat rmh. Cukup byr tiket masuk yg murah udah bisa latihan sepuasnya dr pagi smp sore selama sabtu minggu. Pelatihnya jg dr tentara gitu jd tekniknya dpt bgt. Sekali latihan dah keliatan perkembangannya😊

  3. Kebetulan dua anak saya sudah memilih renang. Tapi mereka hobi juga naik sepeda. Saya bersyukur anak-anak suka berolahraga. Apalagi zaman sekarang yang mana anak lebih suka ngendon di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *