Inilah Kuliner Enak dibawah 10 Ribu Rupiah di Madura

Serius ada kuliner seharga dibawah 10.000 an yang enak?Iyap…ada dan banyak. Eits..bukan kuliner instant loya.. Bahannya fresh..diolah dengan baik, gak asal jadi..dan selain kenyang..tentu saja bergizi! Mulai yang isinya sayur mayur ringan, yang bersantan, berbumbu kacang, sampai yang isinya full jeroan juga ada.

Mau tau apa aja? Saya mulai dulu dengan yang harganya di bawah 5.000 ya…

  • Topak Orap (Ketupat Urap), ini makanan murah meriah sehat yang sering saya share di medsos. Makanannya berupa potongan ketupat yang lembut, berisi sayur daun singkong, daun alor/alur (Suaeda maritima, sejenis tanaman sukulen yang tumbuh di sekitar tambak dan rasanya asin). Lalu ada tambahan parutan kelapa dengan 2 bumbu berbeda, kehitaman dan kemerahan. Semua bumbu kelapa parut ini dibakar atau disangrai. Jadi lebih kering dibandingkan urap pada umumnya. Tidak lupa sambal yang terbuat dari kacang dan terasi dengan rasa yang gak terlalu pedas. Beberapa penjual menambahkan lauk berupa pepes kelapa berbumbu namanya pelas. Ada penjual keliling ada juga dijual di  pasar di pagi hari.  Harganya sebenarnya terserah yang mau beli, bisa 3000, 4000, mau 7000 juga boleh. Saya biasanya beli 4000 an itu udah kenyang.

 

 

  • Tajin Orak, ini termasuk menu jajanan sarapan favorit. Berupa bubur nasi putih yang ditambahkan kuah bersantan seperti lodeh. Tapi isinya hanya potongan tahu dan krupuk kulit sapi (madura : karopo’ ora’) atau cecek (jawa). Rasanya gurih nikmat. Apalagi ditambah dengan sambal petis..Endessss! Banyak dijual di pasar-pasar dengan harga yang murah meriah, sekitar 3000-4000 rupiah. Dijamin kenyang.

 

 

  • Tajin Rojek, atau bubur rujak. Kuliner ini berupa bubur nasi putih yang ditambahkan timun cincang dan irisan tahu goreng lalu disiram bumbu rujak (mix kacang dan petis). Biasanya kuliner ini umum dijual saat bulan puasa (untuk takjil). Harganya ya rata-rata dibawah 5000.
  • Apen, atau serabi. Ada beberapa jenis serabi yang umum dijual di daerah saya ini. Serabi atau apen yang plain alias tawar tanpa rasa, tanpa warna, yang disiram kuah gula merah bersantan. Ada 1 wilayah yang banyak ditemui penjual apen ini yaitu Parsanga. Jadi dikenal dengan istilah Apen Parsanga. Ada juga yang apennya kurang lebih sama, tapi kuahnya sangat kental (lebih mirip selai), dan cara makan apennya dicocol (madura : dulit) ke gulanya. Bukan disiram seperti apen parsanga tadi. Itulah sebabnya dikenal juga dengan nama apen dulit.

 

 

Itu adalah contoh makanan dengan harga dibawah 5000 rupiah yang mudah didapatkan di wilayah Sumenep Madura. Bagaimana dengan makanan yang harganya berkisar antara 5000-10000?Wahh ini semakin mudah ditemui dan tentu saja rasanya enak, bergizi, dan mengenyangkan. Berikut ini macam-macamnya :

  • Soto babat Sumenep, ini adalah makanan yang khas banget Sumenep. Di daerah lain soto ini disebut soto Sumenep. Meski beberapa warung soto menjual dengan harga diatas 10.000, masih ada lo..yang menjualnya dibawah 10.000 per porsi. Ya..sekitar 700-8000 an lah. Bedanya besar porsinya dan jumlah daging atau babatnya yang lebih sedikit. Tapi lainnya sih..menurut saya sama saja malah lebih ringan. Mengenyangkan pasti, karena full karbo dan lemak hhehehe. Ada lontong, singkong rebus, bumbu kacang dan pelengkap lainnya.

 

 

  • Rujak, ini juga khas Sumenep. Bedanya dengan yang di Jawa, rujak disini pake petis ikan bukan petis udang, dan cuka aseli dari lontar. Jadi rasanya gurih segar gitu. Harganya sekitar 7000 an, bahkan ada yang menjualnya dengan harga dibawah itu. Ya isinya memang gak terlalu banyak, lontong, singkong, timun, sayur, irisan tahu.
  • Soto Campor, makanan khas Sumenep ini masih ada yang menjualnya dengan harga sekitar 7000 an. Ada yang berkuah santan, ada juga yang tanpa santan. Dibilang soto campor karena memang perpaduan soto dan rujak. Makanan berkuah dan berbumbu kacang plus irisan timun. Tidak sama persisi dengan rujak soto ala Banyuwangi ya..dan tentu saja citarasanya berbeda.

 

  • Nasi romi, nasi ini seperti nasi uduk atau nasi lemak. Yes..rasanya gurih. Ada yang kuning ada yang putih. Lauknya ada yang hanya berupa abon ayam, ada juga yang dengan tambahan lauk lainnya. Harga sesuai request saja..rata-rata sih 6000 sampai 8000, itu udah porsi lumayan besar buat saya.

Itulah beberapa kuliner khas Sumenep-Madura yang bisa dinikmati dengan harga sangat terjangkau. Jadi..gak perlu khawatir kalo jalan-jalan ke Sumenep bakal tekkor untuk urusan kulineran..heheh. Masih banyak kuliner buat sarapan, makan siang atau makan malam dengan harga di bawah 10.000. Nasi pecel, gado-gado, bakso, soto lamongan, mie ayam..banyak kok yang harganya 7000 an.

Punya daftar makanan yang menurutmu murah?silahkan meninggalkan komentar ..siapa tahu ada yang pengen nyobain kan…

 

You may also like

12 Comments

  1. Hi

    I saw you tweet about travel and I thought I’d checkout your website. Looks like Dian has come a long way. Keep up the good work.
    Do checkout my blog TwoSomeLife too.

  2. Murah-murah dan keliatannya enak banget ini mbak. Kapan-kapan kalo ke Madura harus wisata kuliner deh saya hihi. Suka nulis tentang kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk mbak. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya lumayan lho, mbak. Cek belanga dot id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *