AHA Moments Saat Reuni

“Kamu dateng nggak reuni nanti?”tanya seorang senior lewat WA

“Belum tau..kalopun datang saya gak bisa sendiri, harus bawa anak-anak..” Apa adanya saya bilang kalo memang situasinya gak bisa meninggalkan anak-anak di rumah.

“ya sudah..datang aja..sama anak-anak”wahahaha…ide bagus..tapi…udah ketauan donk ya..biayanya berapa..

“iya..insyaallah kalo ada rejeki…” jawab saya sekenanya.

“Doamu terkabul…aku transfer ya untuk biaya perjalanan sama anak-anak..”

Whattt?Ditransfer untuk biaya ikut reuni di Malang?Tadinya saya enggan memberikan nomer rekening. Tapi akhirnya setelah didesak..nomer rekening saya berikan..dan langsung ditransfer. So…dengan begitu saya dipastikan datang ke acara Reuni Akbar Impala Universitas Brawijaya, bersama Nares dan Kinar. Kebetulan waktu itu anak-anak selesai UAS, jadi bisa saya ajak juga.

Memang ini bukan pertama bagi saya ..jalan bertiga aja sama anak-anak. Tapi kalo ke Malang…bertiga..ya baru pertama. Apalagi acaranya Reuni Akbar, yang cuma digelar 5 tahun sekali sekaligus HUT ke 40 Impala Universitas Brawijaya.

Saya sendiri merasa berminat mengikuti acara ini ya selain silaturahmi..ketemu dengan teman-teman lama..juga semacam recharge energi dan pikiran. Bertemu dengan senior, teman sebaya, dan adik-adik junior..bisa jadi sarana refreshing. Karena kita saling bertukar pikiran bahkan menjalin bisnis.

Anak-anak sebelumnya sudah pernah saya ajak ke acara silaturahmi teman-teman Impala ..saat mereka masih balita deh kayaknya..hahaha. Sekarang mereka sudah usia SD..jadi pasti bakal jadi pengalaman seru juga bisa ketemu anak-anak anggota lainnya.

Saat saya beritahu anak-anak kalau mereka bakal saya ajak ke Malang selama 2 hari..waaahh langsung deh…girang banget. Mereka juga penasaran bakal ngapain aja di Malang nanti.

Untuk lebih simpelnya ..saya memilih naik travel aja dari Sumenep ke Malang. Gak perlu naik turun atau ganti moda transportasi seperti kalo saya pergi sendirian. Saya pesan 2 seat aja. Barang pun dipacking serapi mungkin. Sayangnya saya gak jadikan satu, jadi printilannya banyak deh.

Tapi malam sebelum berangkat, saya baca email..kalau ada tes pendamping desa yang memang saya ikuti rekrutmennya. Tes akan diadakan di kampus Universitas Brawijaya Sabtu pagi, sebelum acara reuni dimulai. Weleh..kok pas banget yaaa.. Saya pikir tadinya saya punya banyak waktu untuk ngajak anak-anak jalan-jalan ke kampus sebelum meluncur ke lokasi reuni di daerah Batu. Tapi dengan jadwal tes yang mendadak gini…otomatis ada perubahan sedikit.

AHA Moments
Otewe ke Malang bersama Nares dan Kinar

Jumat pagi saya berangkat sama Nares Kinar. Tenyata dapet seat belakang..ya udah malah leluasa..2 seat buat bertiga. Alhamdulillah perjalanan lancar…anak-anak gak rewel dan sangat menikmati perjalanan. Sampai di Malang siang hari, saya langsung menuju rumah sepupu dan menginap semalam disitu. Eh ini juga pertama kalinya saya menginap di rumah sepupu saya ini.. Alhamdulillah keluarga sepupu saya ini sangat welcome meskipun mereka sendiri tidak terbiasa menginap di rumah saudara kayak saya gini. Nares Kinar juga gampang sekali akrab dengan bude-pakde nya.

Namanya juga bocah yaa…gak ada capeknya setelah perjalanan 7 jam lebih dari Sumenep.. Sebelum sore mereka minta jalan-jalan,  sementara cuaca gerimis mengundang. Dan tau donk Malang dinginnya kayak apa kalo udah gerimis atau hujan begitu. Tapi berhubung saya juga perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk tes besok..akhirnya keluar juga sama anak-anak meski gerimis.

Alhamdulillah, kakak sepupu mempercayakan saya untuk memakai motornya untuk jalan sama anak-anak. Jadi bisa lebih praktis dan efisien. Kebayang dah kalo gak pake motor..macetnya dengan cuaca seperti itu. Sore itu rencananya saya ke kampus Universitas Brawijaya sama ke mall yang dekat sama kampus aja.

Karena cuaca yang gak terlalu bersahabat..saya gak bisa ajak anak-anak keliling kampus. Cuma print dokumen sebentar..ke masjid kampus..ke mall sampe sekitar jam 8..udah..balik lagi ke rumah sepupu di daerah Landungsari. Sampai di rumah.. kami hanya sempat ngobrol sebentar..lalu cepat-cepat istirahat, karena besok pagi saya harus ikut tes di kampus.

Boleh Dibaca-baca : Ke Bali Bareng Pungky

Sabtu paginya saya sendirian ke kampus, Nares dan Kinar stay di rumah sepupu ditemani budenya. Ya karena gak memungkinkan untuk ikut kan..Meskipun ada beberapa informasi dari teman kalau tes pendamping desa ini hanya formalitas dan orang-orangnya udah ada…saya tetep ikuti aja. Gak lolos juga gak papa..karena konsentrasi saya sebenarnya juga sudah bukan ke tes ini lagi. Jadi tes segera saya selesaikan, dan saya pun buru-buru kembali ke rumah sepupu untuk kemudian lanjut ke acara Reuni (beberapa hari kemudian hasil test diumumkan dan saya memang gak lolos).

Menjelang siang saya dan anak-anak diantar ke lokasi reuni..di Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC) Malang. Ternyata di lokasi belum banyak peserta yang datang. Tapi panitia sudah menyiapkan kamar-kamar untuk para tamu yang sudah datang. Yap…acaranya akan berlangsung sampai hari Minggu jadi kami menginap semalam di P-WEC.

Ahhh sejenak saya mencoba mengingat-ingat..kok kayak pernah ke tempat ini ya… Aha!Yaaa saya pernah ke tempat ini sekitar tahun 2003-2005. Waktu itu saya masih jadi jurnalis di radio di Pamekasan, dan ada pelatihan tentang satwa untuk jurnalis se jawa Timur. Saya datang ke tempat itu bareng seorang teman radio di Surabaya. Saya juga ketemu teman seprofesi saat bekerja di radio di Malang. Hahaha dan saya juga ingat..sepulang dari pelatihan..kami turun ke Malang naik motor.. tak jauh dari P-WEC ada jalur yang longsor. Kami yang tetap lewat ya tergelincirlah.. sampe ndlosor motor kawan saya itu. Alhamdulillah sih gapapa..cuma lecet sedikit.. Hahaha jaman segitu saya emang nekat sih..ngejar banget sama pelatihan-pelatihan. Kalo sekarang nekatnya agak direm…maklum..udah ada buntut 2.

Saya dan anak-anak dikasih 1 kamar sendiri sama panitia.. Duh tapi kok tempatnya gak ngumpul..akhirnya minta pindah ke penginapan yang model barak. Lebih seru kayaknya…karena 1 barak isi 20 an tempat tidur. Pasti rame dan bisa ngobrol sama peserta reuni lainnya kan…Kamar yang buat saya ..saya over aja ke peserta yang datang bawa pasangan.

Boleh Dibaca Nih : Island Hopping Gili Raja

Sambil menunggu peserta lain datang..saya dan anak-anak keliling di sekitar  P-WEC yang merupakan pusat pendidikan informal tentang konservasi alam, outbound, dan green adventure ini.

Melihat Sarana untuk Satwa

Semakin malam..peserta semakin banyak. Duhh senengnya ketemu dengan teman-teman lama. Apalagi anggota yang dari daerah Jabodetabek. Karena saat tinggal di Tangerang (2006-2012) saya termasuk sering datang ke acara yang diadakan anggota di sekitar Jabodetabek. Tapi setelah 2012 saya tak lagi bisa ikut acara yang di Jabodetabek…karena saya pindah ke kampung halaman di Sumenep. Jadi ya…bener-bener reuni ini…

Keseruan anggota Impala UB Jabodetabek saat ke Pulau Seribu

Saya pun jadi teringat..saat reuni akbar 2010 yang diadakan di Selorejo kab. Malang, saya datang sendiri, gak bawa anak-anak karena masih kecil-kecil, Nares masih 3 tahun, dan Kinar 1 tahunan. Saya naik pesawat dari Jakarta ke Surabaya..lanjut naik travel dari Surabaya ke Malang. Ya… pake searching-searching tiket pesawat murah juga waktu itu.

Waktu hadir di Reuni Akbar 2010 itu saya cuma mbatin.. “ahh nanti reuni akbar lagi saya ajak anak-anak”. Entah naik apa nanti.. Iya waktu itu saya bener-bener hanya menyebut anak-anak yang akan saya ajak ke reuni akbar 2016. Tanpa pikiran apa-apa, saya tidak memasukkan bapaknya anak-anak dalam daftar yang bakal saya ajak. Aha! Here I am…terrnyaataa…di reuni 2016 beneran saya datang dengan anak-anak aja…tanpa pasangan karena memang sudah single mom. Apakah suara hati saya waktu itu sebenarnya sudah firasat ya?

Ahhh..whatever..biarlah.. toh saya dan anak-anak nyatanya benar-benar bisa hadir ke reuni akbar yang luar  biasa ini. Kami enjoy banget selama acara. Nares dan Kinar bertemu dengan teman-teman baru, anak-anak anggota Impala lainnya. Mereka juga kenal dengan teman-teman ibunya..yang usianya beragam..mulai yang usianya udah kakek-nenek..sampai yang masih berstatus mahasiswa baru pun ada.

New Friends for Nares and Kinar

Meski tak ikut acara api unggun Sabtu malamnya…karena anak-anak udah tidur..Minggu pagi acaranya gak kalah seru..terutama buat anak-anak. Pagi sekali saya dan anak-anak jalan pagi di sekitar penginapan..Ahhh pemandangan yang bikin kangennn…saya bisa lihat Gunung Semeru dari kejauhan. Anak-anakpun menikmati pagi yang sejuk. Setelah makan pagi dan mandi,  mereka berflying fox ria…sementara para ortunya bernostalgia..berinteraksi dengan sesama peserta lainnya.

Menikmati Semeru di Pagi Hari

 

Bersama Teman Baru Bersiap Flying Fox

 

Bersama Sebagian Peserta Reuni

Alhamdulillah setelah acara selesai tak sampai tengah hari… Saya dan anak-anak rencananya langsung balik ke Sumenep. Eh…ada kawan yang menawarkan untuk bareng ke Surabaya..hayuklah… Akhirnya saya transit sebentar di Surabaya, dan melanjutkan perjalanan ke Sumenep dengan moda transportasi yang sama dengan saat berangkat.

Apakah reuni berikutnya saya akan datang?Entahlah..Insyaallah sih..karena kalo reuni akbarnya Impala saya selalu usahakan datang 🙂 Karena organisasi ini tempat saya pernah ditempa berbagai ilmu yang tidak saya dapat di bangku kuliah. Bukan hanya ilmu berkegiatan alam bebas tapi juga manajemen organisasi yang sama sekali gak simpel, ilmu jurnalistik, fotografi, pengabdian masyarakat, networking, dan tentu saja tempat saya mendapatkan teman-teman yang luar biasa. Akankah saya datang dengan anak-anak lagi dan pasangan baru mungkin?hahaha Aminkan saja ya…

Yang pasti untuk perjalanan sih udah ada Skyscanner yang bisa diandalkan untuk pencarian tiket, hotel, dan sewa mobil.

 

Dengan Skyscanner saya bisa bandingkan berbagai penyedia tiket pesawat, jasa pemesanan hotel, dan sewa mobil. Dari situ saya bisa lihat kira-kira yang paling murah…atau setidaknya sesuai dengan budget kita yang mana. Angka yang tertera itulah yang kita bayarkan.

Perbandingan Tiket Pesawat

 

Perbandingan Tarif Hotel

 

 

 

Untuk lebih jelsnya..bisa cek deh video berikut ini :

Wahhh dengan segala kemudahan ini…AHA Momentnya bakal lebih banyak nih…Yuk ahhh siapkan buat perjalanan berikutnya 😉

You may also like

26 Comments

  1. Aha! Moments yang tak terlupakan.

    Aku jarang ke Malang mba Dian..yang ada cuma lewat doaank…sekali-kali mampir, cuma merasakan sensasi makan bakso hits di pinggiran rel KA.

    Asiknya jalan sama teman seperjuangan jaman kuliah dulu…membawa kita kembali ke masa tugas, paper, uts, uas lalu bersenang-senaang nongkronk bareng temens…

    Aah~~
    Berapa tahun yang lalu itu yaa??
    ((kemudian baper))

  2. Dibayarin?! Ditransfer?
    Alhamdulillah mbak. AhA banget moment ini namanya. Luar biasa. Mana bisa terlupakan.
    Semoga aku bisa bayarin orang jalan2 juga ya… hahhaha.
    (Masa’ ngayal ditraktir terus ya kan)

    1. Trims mbak Nurul…Insyaallah…kalo eventnya bagus dan segala sesuatunya mendukung… 🙂 Atau mbak Nurul sama temen2 Surabaya ke Sumenep juga boleh kok..hehhe

  3. Jalan-jalan trus dibayarin rasanya kayak dapat rezeki nomplok ya, Mba Dian. Cita-citaku juga gitu😂. Semoga makin banyak jejak langkah kaki di tempat-tempat kece di Indonesia dan luar negeri. Aku aja pingin main ke Madura lagi. Aha banget itu!😍

    1. aminnnn kak…Luar Negeri adalah impian aku jugaa hehehe…Saling mendoakan ya kak…Ayok kak…keliling Madura lagi 😉

    1. iya Ipeh…karena situasinya emang gak memungkinkan jugak anak-anak ditinggal..dan fasilitas buat anak-anak di reuni sangat mendukung..ya udah..happy with kids dah pokoknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *