Transpulmin, Kehangatan di Kala Capek Melanda

Aktifitas anak-anak sehari-hari bisa dibilang padat. Ya meskipun mereka gak ikut les ini itu…karena sekolahnya full day. Semester ini udah lumayan..Sabtu libur, dan Jumat seperti biasa pulangnya selepas sholat Jumat. Nah..karena Sabtu libur..baru deh saya ikutkan anak-anak les. Tapi bukan les untuk mata pelajaran seperti matematika atau bahasa inggris.. Les nya les renang. Hehhe. Kok les renang?

Les renang-Materi Dasar (Dok. DASC Sumenep)

Ya ada beberapa alasan saya mengikutkan anak-anak les renang, diantaranya :

  • Anak-anak memang suka main air. Jadi ya daripada kalo ke kolam renang Cuma main keceh-keceh(bebasahan) dan main di kolam dangkal untuk balita, sekalian lah ikut les renang.
  • Biar anak-anak suka aktifitas olahraga. Karena kalo les renang..ada pemanasan dulu..peregangan dan lari kecil beberapa putaran mengelilingi kolam renang.
  • Kolam renangnya dekat, ini salah satu alasan penting, karena emaknya yang antar jemput hhehe. Pernah sih les renang di tempat yang agak jauh, tapi karena jadwalnya menurut saya kurang pas..dan jauh..ya udah..jadi jarang datang. Akibatnya…ya kemampuan renang anak-anak gak maju-maju..hehehe. Alhamdulillah sekarang ada kolam renang baru deket banget..di belakang rumah cuma berbatas tembok.. Jadi antar jemput gak bikin males..Jalan kaki aja nyampe..jadwalnya pun pas.
  • Ada ‘bonus’nya pula..berupa latihan fisik setiap Minggu sore..Meski pihak club renang tidak mewajibkan ikut latihan fisik, saya wajibkan anak-anak ikut. Sekali lagi..demi anak-anak terbiasa olah raga. Lumayan sih…latihan fisiknya lari keliling lapangan, skipping, dll.
Latihan Fisik (dok. DASC Sumenep)

Dengan les renang ini..anak-anak jadi punya aktifitas rutin yang beda..selain belajar di sekolah. Karena semangatnya..mereka rutin menyiapkan sendiri semua keperluan untuk berenang, seperti baju ganti, handuk, kacamata renang, minuman dan snack.

Padatnya aktifitas anak-anak ini…kadang bikin mereka kecapekan. Terutama si kecil Kinar. Kalo selesai solat isyak sekitar jam 19.30..biasanya udah teler 😀 Kalo gak cepet-cepet tidur..biasanya muncul gejala kayak flu..bersin-bersin, hidung mampet, dan batuk. Saya jarang sih ngasi obat oral kalo kondisi seperti ini. Karena anak-anak bakal fit lagi setelah cukup istirahat.

Biar si Kecil dan kakaknya badannya segar lagi saat bangun tidur..saya biasa mengoleskan penghangat di hampir sekujur tubuh mereka. Mulai dari dada, punggung, leher, sambil sedikit dipijat. Penghangat yang saya oleskan salah satunya adalah Transpulmin Balsam. Udah pada tau produk ini kan?

Saya mengenal Transpulmin saat anak-anak masih balita. Karena saya termasuk yang jarang sekali memberikan obat oral..jadi setiap anak mengalami gejala kecapekan, masuk angin, atau mau flu..andalan saya ya Transpulmin. Untuk anak-anak dibawah 2 tahun, pakai Transpulmin BB. Karena komposisi bahannya aman untuk anak di bawah 2 tahun yang biasanya kulitnya sensitif.

Transpulmin BB

Transpulmin BB dengan kemasan tube berwarna putih, mengandung Eucalyptus Oil dan Ekstrak Bunga Chamomile. Eucalyptus Oil memberikan efek relaksasi dan anti inflamasi. Sedangkan ekstrak bunga Chamomile dapat memberikan efek menghangatkan badan dan melegakan pernafasan. Transpulmin BB tidak mengandung Camphor dan Menthol. Karena itu Transpulmin BB cocok banget buat anak-anak di bawah 2 tahun, termasuk bayi.

 

Kalo untuk anak diatas 2 tahun bisa nggak?Nahhh untuk yang diatas 2 tahun seperti Nares dan Kinar..bisa pake Transpulmin Balsam Keluarga yang kemasannya tube berwarna kuning. Memang ada beda komposisi Transpulmin BB dan Transpulmin Balsam Keluarga? Iya donk… Bedanya kalo Transpulmin Balsam Keluarga selain mengandung Eucalyptus Oil (10%) dan ekstrak bunga Chamomile (0.744%)..juga mengandung zat aktif Menthol  (5%), Camphor (2,5%), dan Sage Oil (2,5%). Ketiga bahan ini memberikan efek hangat dan aroma terapi.

camphor adalah senyawa terpenoid yang diperoleh dari kayu laurel kamper (Cinnamomum camphora), sejenis cemara yang banyak ditemukan di asia tenggara, khususnya Sumatera dan Kalimantan. Camphor lebih dikenal sebagai kapur barus, yang bisa digunakan untuk aroma, bahan memasak, cairan pembalseman, pengobatan, dan sarana upacara keagamaan. Camphor mudah diserap melalui kulit, menghasilkan rasa sejuk atau hangat. Zat ini juga bersifat anti mikroba yang dapat meredakan batuk dan sebagai dekongestan. di Sumatera sering digunakan untuk mengobati keseleo, bengkak, dan radang.

Nah kalau Sage oil..dari tanaman Clary Sage. Minyaknya memiliki sifat anti depresan, anti infeksi, anti bakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi. Selain itu Sage oil juga memiliki tonik saraf yang akan memberi efek menenangkan pada tubuh.

Transpulmin Balsam Keluarga

Dengan komposisi seperti itu…tentu yang dirasakan saat diusapkan ke tubuh adalah kehangatan yang menenangkan dan meredakan gejala flu. Tidur anak-anak jadi nyenyak.  Kalo tidur anak nyenyak..tentu bukan hanya baik untuk anak yaa..untuk emaknya juga..hehehe..

Mudahnya Transpulmin digunakan sendiri oleh anak-anak..dengan pengawasan orangtua tentunya..

Selain diaplikasikan saat menjelang tidur…anak-anak suka banget diolesin Transpulmin sesudah berenang dan sesudah mandi saat mau sekolah. Ya kan mereka di kolam renang saat les renang lumayan lama…1 jam lebih… Ditambah lagi saat nunggu giliran kan badan basah kena angin.. Kalo sehabis mandi…ya karena hawa disini lagi adem loh…Anak-anak mandi air dingin yang segar…habis itu diolesin Transpulmin..jadi hangat menyegarkan…Hangatnya juga awet loh…Aromanya yang gak nyegrak bikin betah pake Transpulminnya 🙂 Gejala flu jauh-jauh deh yaa pokoknya… Makanya…untuk memberikan kehangatan pengobat lelah sehangat kasih ibu..pakelah Transpulmin 😉

Salam Hangat dan Sehat..

You may also like

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *