Membangun Kota Tertib Lalu Lintas Lewat Pendidikan

Membangun kota yang tertib lalu lintas masih menjadi cita-cita mulia bagi Kota Medan. Meskipun ibu kota provinsi Sumatera Utara ini sudah beberapa kali mendapat Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalu Lintas untuk kota metropolitan dari menteri perhubungan. Karena kenyataannya, angka kecelakaan di kota Medan, tingkat pelanggaran, dan kemacetan masih tinggi. Sebuah media mencatat setidaknya sekitar 20 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lau lintas di wilayah Polrestabes Medan. Wow..bagi saya itu tentu bukan angka yang kecil.

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas adalah rendahnya kesadaran untuk tertib berlalu lintas. Sehingga banyak pelanggara yang dilakukan oleh pengguna jalan, seperti menerobos lampu merah, tidak tertib dalam berkendara, melawan arus, dan tidak melengkapi surat kendaraan. Pelanggar dan korban kecelakaan di wilayah kota Medan umumnya dalam usia produktif, mulai 16 tahun sampai 25 tahun.

Salah satu upaya penting yang menurut saya patut diapresiasi dan menginspirasi adalah dijadikannya Pendidikan Lalu Lintas sebagai kurikulum muatan lokal di sekolah di Medan dan wilayah Sumatera Utara lainnya. Kurikulum ini diterapkan mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menangah Atas (SMA) pada tahun ajaran 2017. Daann ini adalah satu-satunya loh di Indonesia…

Ada beberapa alasan mengapa akhirnya langkah ini yang ditempuh, yaitu :

  • Karena tertib berlalulintas adalah cermin budaya bangsa. Jadi melalui pendidikan formal, harapannya akan membentuk etika dan budaya dalam tertib berlalu lintas….
  • pendidikan berlalulintas bertujuan untuk pendidikan yang berkarakter dan disiplin sehingga generasi muda tertib patuh hukum
  • mengembangkan budaya cegah dan kemampuan pendidikan

Memberikan pendidikan berlalu lintas sejak usia dini adalah solusi ampuh. Setidaknya sejak usia dini dan secara terus menerus, anak-anak tahu pentingnya tertib berlalulintas. Misalnya tentang pentingnya memakai helm saat berkendara roda dua, pentingnya mempunyai SIM, pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dll. Tapi memang perlu diikuti juga dengan upaya aktif lainnya yang menyasar pada pengguna jalan. Seperti  sosialisasi dan internalisasi tata cara dan etika berlalu lintas, serta program keamanan dan keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan.

Nah…ASTRA INTERNATIONAL juga berperan penting dalam kemananan dan ketertiban lalu lintas. Lewat Inspirasi 60 tahun Astra, selain memberikan apresiasi kepada generasi muda yang telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat di sekitarnya, Astra juga aktif berkampanye lewat Indonesia Aman Berlalu Lintas. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2014 dan melahirkan begitu banyak pelopor keselamatan berlalulintas.

Rumah Pintar, salah satu fasilitas dari Astra di bidang pendidikan

Begitu pun kontribusi Astra terhadap dunia pendidikan dan sumber daya manusia. Selain memberikan berbagai fasilitas pendidikan di pelosok negeri, Astra juga mengapresiasi aktivitas yang menginspirasi bagi Indonesia untuk bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, sosial. Nah…Semoga upaya Medan dalam membangun kota Tertib Berlalulintas juga mengisnpirasi daerah lain di Indonesia.

You may also like

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *